Minggu, 14 Mei 2017

Obat Cantengan Di Apotik Jempol Di Jari Tangan Dan Kaki

Cantengan yang dalam bahasa kedokteran dinamai Paronychia (baca = paronikia). Paronikia ini adalah dimana terjadinya infeksi di sekitar tepi kuku atau juga terjadi pada seluruh bagian kuku. Paronychia merupakan jenis infeksi yang paling sering pada tangan, jika hal ini tidak diobati dengan cepat juga tepat, dapat berkembang menjadi infeksi yang lebih parah. Paronikia paling sering terjadi dikarenakan bakteri pada kulit, biasanya memasuki kulit di sekitar kuku yang telah rusak oleh trauma, seperti menggigit kuku, mengisap jari, kesalahan dalam memotong kuku, iritasi kimia, cuci piring, dsb. Infeksi jamur juga dapat menjadi penyebab paronychia, dan harus dicurigai terutama pada orang dengan infeksi kuku berulang dan tak kunjung sembuh.

http://www.seh4t.com/2017/05/obat-cantengan-di-apotik.html

. Tanda dan gejala Cantengan/Paronikia


Gejala awal paronikia dapat berupa kemerahan dan pembengkakan di sekitar kuku, yang disebut cellulitis. Pada kondisi seperti ini jika kuku disentuh akan sangat terasa sakit dan biasanya rasa sakit ini akan menjadi-jadi apabila jari yang cantengan tersentuh atau tertekan sesuatu. Kondisinya kemudian berlanjut pada kondisi kemerahan pada sudut ujung jari lalu kuku atau kulit menjadi berwarna kuning-hijau, dan disertai aroma yang tak sedap yang menunjukkan bahwa terjadi pengumpulan nanah dibawah kuku dan kulit yang disebut dengan abses.

. Penyebab Cantengan/Paronikia


Faktor utama terjadinya centengan ini adalah infeksi dan banyak faktor lain yang bisa menyebabkan Centengan yang salah satunya ialah sisi kuku tumbuh ke dalam kulit, pertumbuhan kuku yang tidak pada mestinya dan yang dapat mengakibatkan centengan adalah tumbuhnya kuku yang menusuk kedalam kulit yang mengakibatkan luka yang terkontaminasi bakteri yang terdapat pada kuku tersebut dan mengakibatkan infeksi dan dengan berjalannya waktu proses ini menjadilah penyakit centengan//Paronikia. Di antara penyebab terjadinya kuku menusuk pada kulit ialah sering mengenakan kaos kaki atau sepatu yang sempit, memotong kuku terlalu pendek atau tidak rapi memotong sisi kuku, secara alami memang memiliki kuku yang melengkung ke dalam, dan karena cedera.

* Penanganan Cantengan di Rumah

Untuk mencegah terjadinya infeksi pada jari yang mengalami cantengan atau mencegahnya menjadi lebih parah, ada langkah-langkah perawatan yang tepat, seperti menjaga kebersihan kulit dengan rutin mencucinya dengan air hangat dan sabun. Lakukan hal ini empat kali sehari, masing-masing selama sekitar 20 menit.

Cobalah untuk menjauhkan sisi kulit dari tancapan kuku dengan bantuan cotton bud. Atau jika perlu, ganjal celah di antara kulit dan kuku dengan kapas agar membantu kuku tumbuh di atas kulit. Metode ini bisa terasa menyakitkan, maka dari itu, Anda harus melakukannya secara perlahan dan dibantu dengan minyak zaitun.

Cara lain untuk menghentikan tekanan kuku pada kulit adalah dengan memotong kuku yang menancap secara lurus. Selain itu, kenakan sepatu dan kaos kaki yang nyaman dan pas sehingga tidak menekan kulit, dan begitu pula dengan mengganti kaos kaki secara rutin.

Anda bisa mengonsumsi obat-obatan pereda rasa sakit, seperti ibuprofen dan acetaminophen, sesuai dengan usia, dosis, dan petunjuk yang tertera pada kemasan.

Anda juga bisa mengoleskan krim antibiotik pada jari yang cantengan untuk mencegah infeksi. Setelah diolesi antibiotik, Anda bisa menutupi jari yang sakit menggunakan perban kasa.

* Penanganan Cantengan oleh Dokter

Temuilah dokter jika cantengan yang Anda alami menunjukkan tanda-tanda infeksi, seperti keluar nanah, pendarahan, atau inflamasi parah. Terlebih lagi jika Anda seorang penderita diabetes, kunjungan ke dokter sangat diperlukan mengingat kondisi diabetes Anda dapat berdampak kepada proses penyembuhan luka.


Pada kasus cantengan yang parah, biasanya dokter akan menempuh jalan operasi pencabutan kuku. Operasi ini terbagi menjadi dua, yaitu operasi pencabutan sebagian kuku dan operasi pencabutan seluruh kuku.

Pemilihan operasi pencabutan kuku akan didasarkan kepada tingkat keparahan cantengan, misalnya apabila kuku sudah sangat tebal dan menekan kulit di sekitarnya. Kondisi semacam ini membutuhkan operasi pencabutan seluruh kuku.

. Obat Cantengan di Apotek


Sangat banyak Obat Cantengan Di Apotik Jempol Di Jari Tangan Dan Kaki yang dapat ditemukan seperti yang akan di bahas pada kesempatan kali ini, tentu dengan banyaknya obat apotik yang dapat ditemukan harus pintar-pintar memilih mana yang lebih baik dan cocok untuk kulit dan kuku anda, karena jika obat salep tidak cocok pada kulit atau pun kuku anda dapat menimbulkan efek samping yang biasa ditimbulkan pada salep. Untuk itu pandai-pandailah dalam memilih salep yang pas untuk kulit dan juga kuku, berikut beberapa salep yang bisa anda dapatkan di apotek-apotek terdekat diantaranya;
  1. Super Green Plus G2; Super green Plus dapat digunakan sebagai obat cantengan juga, sebab super green plus G2 merupakan salah satu obat infeksi kulit. Super green plus G2 jiga memiliki kandungan niggela sativa dan juga alstonia sholaris yang dapat membunuh bakteri. Cara menggunakan obat ini adalah bersihkan terlebih dahulu kaki yang terkena cantengan setelah itu teteskanlah super green plus G2 sekitar 2-3 tetes pada bagian kuku yang terkena cantengan, lakukanah penggunaan obat ini 2 x dalam sehari, dan juga gunakanlah secara teratur.
  2. Garamycin; Garamicin saleb adalah salah satu obat yang ada di apotik dan dapat digunakan untuk mengobati cantengan atau bebagai penyakit kulit lainnya yang disebabkan akibat bakteri dan juga karena infeksi. Harga garamicin ini bervariasi dan unurannya pun memiliki berbagai variasi, namun garamycin ini sangatlah efektif untuk mengobati sakit cantengan. Agar mendapatkan hasil yang maksimal dan cepat sembuh gunakanlah obat ini dengan dosis 3-4 kali dalam sehari. Garamicyn ini berupa saleb jadi obat ini hanya dapat digunakan diluar tubuh saja, jauhkanlah obat ini dari jangkauan anak-anak. Meskipun sangat efektif digunakan namun garamycin dapat menyebabkan kulit terbakat jika digunakan dalam sinar matahari, dan saleb ini tidak dianjurkan untuk penggunaan jangka panjang.
  3. Nail; Nail merupakan salah satu obat yang banyak dijual di apotik, nail merupakan salah satu obat yang dapat digunakan untuk menyembuhkan kuku kaki cantengan . Nail sudah banyak yang menggunakan untuk mengobati cantengan dan bisa dibilang sangat efektif untuk mengobati cantengan. Sebab didalam nail memiliki berbagai kandungan seperti jintan hitam, minyak cengkeh dan juga minyak zaitun. Cara menggunakannya adalah dengan membersihkan kuku yang cantengan terlebih dahulu setelah itu teteskanlah 2-3 tetes ramuan Nail, gunakanlah secara rutin agar luka cepat sembuh.
  4. Sagestam; Harga Sagestam ini biasanya relatif murah, salaep yang satu ini merupakan salep kulit yang memiliki fungsi yang efektif untuk mengatasi penyakit seperti cantengan, biasanya penggunaan salep ini dapat digunakan pada malam hari atau pada pagi hari, diusahakan saat menggunakan salep ini saat tidak akan beraktivitas lagi agar nantinya salep tidak tergores benda lain dan dapat efektif utuk mengobati cantengan. Dalam satu hari kamu dapat menggunakan salep ini sebanyak 3 sampai 4 kali, ingat dalam penggunaannya usahakan saat saat istirahat agar hasilnya lebih maksimal. Namun apabila tidak ada waktu bisa dilakukan saat aktivitas.
  5. http://www.seh4t.com/2017/05/obat-cantengan-di-apotik.html
  6. Emtriks; Emtriks juga dapat digunakan sebagai obat cantengan, emptriks merupakan cairan topikal nonsteril bening, obat ini tidak memiliki warna. Kandungan yang ada didalam obat emtriks ini dapat tedegredasi secara alami, obat ini juga tidak mengandung bahan pengawet ataupun bahan pewangi. Kegunaan saleb ini adlah membantu merawat kuku anda agar menjadi lebih cantik, emtriks juga dapat membantu mencegah terjadinya pertumbuhan jamr dan bakteri yang ada pada kuku, untuk obat ini dapat menempuh waktu yang lama dan diperlukan kesabaran, namun jangan mengeluh dulu hasil yang dihasikan dari perawatan emtriks ini tidak mengecewakan. Adapun cara menggunakan obat emtriks ini adalah dengan mengaplikasikannya pada kuku yang bermasalah satu kali dalam satu hari, agar lebih efektif lakukanlah dimalam hari sebelum tidur. Karena obat ini digunakan secara lokal jadi tidak masalah jika digunakan untuk ibu hamil dan juga menyusui. Untuk keamanan hindarkanlah obat ini diari jangkauan anak-anak dan usahakan jangan sampai terkena mata. Emtriks sangat efektif untuk menyembuhkan penyakit kulit sebab emtriks memiliki kandungan urea, acid, propylene glycol, sodium hydroxide dan juga lactic untuk anda yang mengiginkan kuku bebas dari cantengan dan kuku menjadi cantik maka obat ini sangat dianjurkan.
  7. Gentamisin Sulfat; Sebelum menggunakan obat ini maka bersihkan dahulu kuku yang terkena infeksi atau cantengan. Setelah bersih gunakanlah gentamisin sulfat untuk dioleskan pada luka cantengan secara perlahan. Dosis penggunaan obat iniadalah 3 sampai 4 kali dalam setiap hari, untuk hasil yang maksimal anda bisa juga menutup lika cantengan yang telah diolesi salep tersebut dengan kasa, tujuannya agar dapat menjaga kestrerilan dan kebersihan kaki. Jika tidak cocok obat ini dapat menimbulkan iritasi untuk itu jika sudah terdapat tanda tandanya jangan diteruskan, hentikan pengobatan dengan obat ini dan gunakan obat yang ada diapotik yang lainnya ataupun anda bisa mengkonsultaikannya pada dokter.
  8. Salep 88; Salep ini merupakan salep yang memiliki fungsi untuk membunuh bakteri, salep ini memiliki kandungan Acidum Salicylicus atau yang biasa lebih dikenal dengna nama salisilat dan juga mengandung asam benzoat serta kandungan sulfur, beberapa kandungan ini sangat efektif untuk membunuh dan menghancurkan bekteri yang tumbuh di kuku.
  9. Salep 88 adalah salah satu salep yang biasa digunakan untuk mengobati jamur, sedangkan cantengan biasanya diakibatkan karena adanya jamur yang ada di kuku, dengan demikian anda dapat memanfaatkan salep 88 ini untuk menghilangkan beberapa bakteri yang ada di kuku. Jika salep ini digunakan dengan rutin, akan mengakibatkan kuku menjadi kembali pulih. Cara menggunakan salep ini pun sangat mudah, cukup menggunakannya dengan di oleskan pada kuku secara rutin.
  10. Salep 2-4; Salep yang sangat mudah ditemukan di apotik, salep yang memiliki berbagai kandungan yang bermanfaat untuk membunuh bakteri yang menyebabkan cantengan dan menyebabkan penyakit kulit lainya. Beberapa kandungan dalam salep 2-4 diantaranya adalah sulful sebanyak 4% dan acid sebanyak 2%. cara menggunakan salep ini pun sangat mudah hanya perlu di oleskan seperti salep yang lainnya. Meskipun obat salep 2-4 ini banyak digunakan dan baik digunakan untuk obat cantengan namun yang perlu di ketahui lainya adalah efek samping dari salep 2-4 bahwa salep 2-4 dapat menyebabkan iritasi ringan serta kulit menjadi kering. Tentu hal ini akan terjadi jika salep sudah tidak layak digunakan dan salep tidak cocok pada kulit atau kuku anda.

Tujuan utama pada cara-cara mengobati cantengan pada kuku kaki atau tangan tersebut adalah mengurangi dan menghilangkan bakteri penyebab infeksi yang setelah berhasil haruslah dijaga kebersihannya sehingga tidak lagi terkena cantengan dengan beberapa tindakan pencegahan.

Jari Kuku Tangan Dan Kaki Yang Sehat


. Pencegahan Cantengan


Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah cantengan, di antaranya:
  • Potonglah kuku secara lurus.
  • Jangan memotong kuku terlalu pendek.
  • Jagalah selalu kebersihan kaki dan tangan dan juga gunakan pelembap.
  • Gunakan kaos kaki atau sepatu yang nyaman dan tidak menekan jari kaki.
  • Jangan memotong kuku secara melengkung mengikuti lengkungan ujung jari.
  • Jika perlu, kunjungilah dokter secara rutin untuk memeriksakan kesehatan kaki Anda.
  • Singkirkan kulit-kulit keras atau kulit mati di sekitar kuku dengan menggunakan kikir khusus kuku atau batu apung.
  • Hentikan kebiasaan buruk dan tidak bermanfaat seperti menggigit kuku.
  • Hindari segala penyebab yang kemungkinan menjadi risiko terbesar datangnya infeksi.
  • Bersihkan kuku sebaiknya tidak dengan dikorek-korek, tetapi langsung saja dengan menggunting kuku yang rapi dan tidak terlalu pendek. Atau bila ternyata kuku masih pendek, Anda bisa membersihkan kotoran yang menempel dengan merendam kaki atau tangan yang ingin dibersihkan sembari digosokkan perlahan untuk membersihkan kotoran dan sisa kuman yang terselip di dalam sela-sela kuku. Melindungi tangan dengan sarung plastik atau karet pelindung bila Anda akan berurusan dengan deterjen dan bahan kimia lain.
Baca Juga;
Cara Mengobati Cantengan Bernanah Di Kaki Tanpa Operasi
Apa Penyebab Cantengan Jempol Kaki Bengkak Dan Sakit


Itulah beberapa merek salep obat cantengan diapotek yang anda bisa dapatkan secara mudah. Sekian artikel ini kami akhiri dan kami berharapkan artikel ini dapat bermanfaat. Dan kami meminta agar anda bersedia untuk memaklumi akan kesalahan dan juga kekurangan yang terdapat didalamnya. Salam sehat dari kami www.seh4t.com terima kasih.
Previous Post
Next Post

0 komentar: