Rabu, 03 Mei 2017

Obat Sakit Ginjal Kronis Dari Tumbuhan Paling Ampuh

Obat Sakit Ginjal Kronis Dari Tumbuhan Paling Ampuh


Sakit Ginjal Kronis

Penyakit ginjal kronis atau yang lebih dikenal di masyarakat dengan istilah gagal ginjal kronis (GGK) adalah kondisi saat fungsi ginjal mulai menurun secara bertahap. Indonesia Renal Registry mendefinisikan gagal ginjal kronis sebagai kerusakan ginjal, dapat berupa kelainan jaringan, komposisi darah dan urine atau tes pencitraan ginjal, yang dialami lebih dari tiga bulan.

Status GGK berubah menjadi gagal ginjal tahap akhir (End-Stage Renal Disease/ESRD) ketika ginjal tidak lagi berfungsi. Pada stadium ini biasanya telah terjadi penumpukan limbah tubuh, cairan, dan elektrolit yang bisa membahayakan tubuh jika tanpa dilakukan penyaringan buatan (dialisis/cuci darah) atau transplantasi ginjal.

GGK sendiri, biasanya tidak menimbulkan gejala sehingga membuat pengidap penyakit ini biasanya tidak menyadari gejalanya hingga mencapai stadium lanjut. GGK biasanya terdeteksi pada stadium dini ketika dilakukan pemeriksaan darah atau urine.

GGK stadium lanjut umumnya mengalami gejala pada keSEHATan seperti: mual, sesak napas, kelelahan, mengalami pembengkakan pergelangan kaki, kaki, atau tangan karena terjadi penumpukan cairan pada sirkulasi tubuh, sesak napas, serta munculnya darah dalam urin.

Pemeriksaan darah dan urin secara teratur setiap tahun sangat disarankan bagi orang-orang yang berisiko tinggi mengidap penyakit ginjal kronis. Anda termasuk berisiko tinggi, antara lain jika memiliki tekanan darah tinggi, mengidap diabetes, dan memiliki riwayat keluarga pengidap penyakit ginjal kronis.

Baca Juga;
Obat Penghancur Batu Ginjal Di Apotik Tanpa Operasi
 

. Fungsi Ginjal dan Penyebab Gagal Ginjal Kronis


Ginjal terletak di bawah tulang rusuk. Bentuknya menyerupai sepasang kacang di kedua sisi tubuh. Ginjal berfungsi menyaring limbah dan kelebihan cairan dari darah sebelum dibuang melalui cairan urine. Ginjal juga memiliki berbagai fungsi lain yang tidak kalah penting, yaitu:
  1. Membantu mengatur tekanan darah.
  2. Memproduksi zat sejenis vitamin D yang menjaga kesehatan tulang.
  3. Mengatur kadar bahan kimia dalam tubuh sehingga membantu jantung dan otot agar bekerja dengan baik.
  4. Memproduksi hormon glikoprotein disebut erythropoietin yang membantu merangsang produksi sel-sel darah merah.

Beberapa kondisi seperti diabetes dan tekanan darah tinggi menjadi beberapa penyebab terjadinya gagal ginjal kronis. Dalam jangka panjang, kondisi-kondisi ini menyebabkan kerusakan pada ginjal sehingga fungsi ginjal menurun.

Pengidap Penyakit Gagal Ginjal Kronis di Indonesia. Berdasarkan hasil Riset Kesehatan Dasar tahun 2013 oleh Kementrian Kesehatan RI, sebanyak 0.2% dari total jumlah penduduk Indonesia mengalami kondisi ini. Provinsi Sulawesi Tengah merupakan daerah dengan angka tertinggi yaitu, 0.5% dari total jumlah penduduk di provinsi tersebut.

Dari data 7th Report of Indonesian Renal Registry tahun 2014, pasien gagal ginjal yang melakukan cuci darah paling banyak disebabkan karena hipertensi (37%). Diikuti diabetes (27%), dan kelainan bawaan (10%). Terdiagnosis mengidap GGK dapat membuat Anda dan kerabat merasa cemas. Berkonsultasi dengan dokter dan sesama pengidap dapat membuat anda menemukan cara agar penyakit ini tidak mengambil alih hidup anda.

Ini dikarenakan memang tidak ada obat yang dapat menyembuhkan gagal ginjal. Perawatan terhadap penyakit ini hanya berfokus memperlambat atau menghentikan perkembangan penyakit dan mencegah munculnya kondisi serius lain. Selain itu, terapi juga bertujuan untuk mengurangi gejala yang timbul akibat GGK. Perubahan yang terjadi dalam sirkulasi tubuh membuat pengidap penyakit ginjal kronis menjadi lebih berisiko menderita stroke atau penyakit jantung. Pada penderita gagal ginjal stadium akhir (End-Stage Renal Disease/ESRD) harus dilakukan cuci darah atau transplantasi ginjal untuk menggantikan fungsi ginjal yang telah rusak.

. Agar Terhindar dari Gagal Ginjal Kronis


Pengidap kondisi-kondisi tertentu yang berisiko mengarah ke penyakit ginjal kronis seperti diabetes dan tekanan darah tinggi disarankan untuk mewaspadai perkembangan penyakit mereka. Perubahan gaya hidup seperti pola makan sehat, berolahraga teratur, menghindari konsumsi obat-obatan yang dapat merusak ginjal dan menghindari kelebihan konsumsi minuman keras akan membantu mencegah terjadinya gagal ginjal.

. Obat Sakit Ginjal Kronis


Ginjal adalah organ penting bagi manusia meskipun ukurannya sangat kecil bukan berarti ginjal tidak memiliki peranan penting. Fungsi ginjal salah satunya adalah sebagai penyaring darah agar tidak ikut dikeluarkan bersama dengan urin. Oleh sebab itu tanda penyakit ginjal yang parah atau gagal ginjal kronis adalah saat berkemih air urin tercampur bersamaan dengan darah. Jika sudah gagal ginjal kronis, pengobatan yang dilakukan seperti cuci darah hanya bisa dilakukan untuk memperpanjang umur pasien bukan untuk mengobatinya. Untuk pasien yang sudah mengalami gagal ginjal, pengobatan yang bisa dilakukan untuk mengobatinya adalah cangkok ginjal. Meski organ yang kecil, penyakit ginjal bermacam-macam, ada batu ginjal, gagal ginjal, ginjal bocor dan masih banyak lagi lainnya. Berikut ini obat sakit ginjal adalah Tumbuhan Paling Ampuh untuk ginjal yang efektif untuk mengatasi berbagai macam penyakit ginjal :

Obat Ginjal Alami


. Daun Sirsak;

Selama ini daun sirsak banyak diketahui bisa digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit, misalnya saja adalah untuk mengobati kanker, tumor dan juga penyakit kronis lainnya. Antioksidannya yang tinggi dan juga berbagai jenis senyawa yang terkandung didalam daun sirsak dipercaya bisa digunakan untuk mengobati peradangan ginjal. Sifat anti inflamasi pada daun sirsak juga bisa membantu peradangan yang terjadi di ginjal.

*Caranya; 

Bahan bahan yang disiapkan adalah 7 lembar daun sirsak dan juga 5 lembar daun sirih merah. Kedua bahan tersebut dicuci bersih sampai tidak ada kotoran yang menempel di daun itu.
Cara pembuatannya adalah rebus semua baan bahan tersebut menggunakan empat gelas air. Saat merebusnya sisakan air rebusannya menjadi setengahnya.
Saring kemudian minum air rebusannya saat masih hangat.
Minum air rebusan itu sebanyak dua kali dalam sehari dan rutin dilakukan setiap hari. ( Baca : Efek samping daun sirsak )

. Daun Sukun

Obat herbal pertama yang bisa digunakan untuk mengobati penyakit ginjal adalah daun sukun Selama ini orang hanya memanfaatkan buah sukunnya saja, namun siapa sangka jika daun tanaman sukun pun bisa digunakan untuk mengatasi penyakit ginjal. Mengobati penyakit ginjal menggunakan daun sukun bukan sebagai ide asal asalan saja, namun sudah dilakukan penelitian yang begitu rumit. Penelitian mengatakan bahwa senyawa kimia yang ada daun sukun seperti hidrosianat, tannin dan flavonoid bermanfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit salah satunya mengobati gagal ginjal yang ringan. Orang yang menderita gagal ginjal ringan, bisa diobati menggunakan daun sukun. Daun sukun juga bisa digunakan untuk mengobati penyakit jantung seperti gagal jantung.

*Caranya:

Siapkan daun sukun sebanyak 5 lembar, setelh itu cuci bersih daun sukun tersebut. Rebuslah daun sukun tersebut menggunakan 4 gelas air yang mentah. Saat direbus, sisakan air rebusannya menjadi setengah gelas saja dan usahakan untuk menghancurkan daun sukun tersebut di dalam air rebusan. Diamkanlah air rebusan sampai dingin, saat sudah dingin saringlah air rebus itu agar yang tersisa hanyalah air rebusannya.
Agar bisa mengobati ginjal dengan efektif sebaiknya penderita ginjal meminum air rebusan itu sebanyak dua kali dalam sehari. Mengkonsumsi minuman itu saat pagi dan sore hari. Jangan mengkonsumsi ramuan daun sukun sebelum makan, sebab senyawa yang ada di dalam daun sukun bisa mengikis lambung yang ada di dalam organ pencernaan. Efeknya jika dikonsumsi sebelum makan akan menyebabkan perut menjadi perih dan panas. Oleh sebab itu alangkah baiknya jika ingin mengobati sakit ginjal menggunakan daun sukun mengkonsumsi makanan berat terlebih dahulu

. Kumis Kucing

Obat herbal lainnya yang bisa digunakan untuk mengobati penyakit ginjal seperti batu ginjal adalah daun kumis kucing. Daun kumis kucing ini selama ini banyak dgunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit salah satunya adalah untuk mengobati penyakit ginjal. Mengobati batu ginjal menggunakan daun kumis kucing ini sudah dibuktikan keefektifannya melalui berbagai macam penelitian.

*Caranya;

Siapkan daun kumis kucing secukupnya kemudian cuci bersih. Rebus daun kumis kucig menggunakan 3 gelas air. Saat merebusnya, sisakan air rebusannya menjadi setengahnya. Minum air rebusan itu sebanyak tiga kali dalam sehari. Meminumnya masing masing adalah setengah gelas. Minum ramuan tersebut saat pagi hari, siang hari dan juga malam hari sebelum tidur. Malam hari sebelum tidur sangat efektif untuk membantu memulihkan keadaan ginjal seperti sedia kala. Oleh sebab itu jangan pernah lewatkan untuk meminum ramuan sebelum tidur.

. Daun Sendok

Pernahkah anda melihat daun sendok?, jika iya berarti anda telah menemukan salah satu obat herbal untuk ginjal. Penelitian yang dilakukan oleh negara Malaysia mengungkapkan bahwa senyawa yang ada di daun sendok bernama terpenoid mampu digunakan untuk mengobati batu ginjal. Negara Malaysia melakukan penelitian dengan memasukkan sari daun sendok ke dalam tabung untuk eksperimen. Sari dari daun sendok yang mengandung senyawa tersebut bisa menghambat pembentuan kristal di dalam ginjal sehingga massa dai batu ginjal itu bisa bertambah. Senyawa tersebut juga bisa digunakan untuk memperkecil ukuran batu ginjal yang ada di dalam ginjal manusia.

*Caranya;

Siapkan daun sendok sebanyak 7 lembar. Haluskan daun sendok tersebut, bisa dengan cara ditumbuk atau di blender. Saring dan juga peras daun sendok yang telah dihaluskan tersebut agar sarinya keluar. Campurkan satu sendok teh madu untuk menetralisir rasa hambar dari daun sendok tersebut. Minum sari daun sendok itu secara teratur tiga kali dalam sehari agar massa batu ginjal segera mengecil.

. Daun Meniran

Obat herbal yang bisa digunakan untuk mengobatii penyakit batu ginjal adalah daun meniran. Daun meniran yang bisa digunakan untuk mengobati batu ginjal adalah daun meniran yang warnanya adalah hijau. Tanaman ini dipercaya bisa memperlambat dan mengganggu terjadinya pembentukan batu kristal yang ada di dalam ginjal manusia.

*Caranya;

Siapkan 8 lembar daun meniran yang berwarna hijau, kemudian cuci bersih daun meniran tersebut. Setelah itu blender dau meniran menggunakan satu gelas air. Blender sampai lembut selama 3 menit.Setelah di  blender, saring dan pisahkan dari ampasnya. Minum sari daun meniran tersebut sebanyak dua kali dalam sehari.Rutin mengkonsumsi sari dari daun meniran dipercaya bisa memecah batu ginjal sehingga ukurannya tidak besar lagi.

. Tanaman Tanjung

Tanaman tanjung atau tanaman yang memiliki nama latin mimusops elengi dipercaya bisa meredakan dan mengobati penyakit batu ginjal. Hal itu sesuai dengan penelitian yang dllakukan di India dimana tikus dirangsan untuk bisa membentuk batu ginjal di dalam tubuhnya. Setelah batu ginjal terbentuk, ilmuwan mengambil ekstra alkohol yang ada di tanaman tanjung. Alkohol pada tanaman tanjung itu mampu menurunkan massa dari batu ginjal dan dapat menurunkan kaar kereatinin ginjal.

*Caranya;

Membuat tanaman tanjung untuk ramuan penyakit batu ginjal sama dengan ramuan herbal lainnya yaitu dengan mengambil sari dari daun tanjung tersebut. Di dalam sari daun tanjung ada alkohol yang mampu mencgah pembentukan masa batu ginjal.


. Rumput Upas

Obat herbal untuk ginjal yang bisa dicoba untuk penderita batu ginjal adalah rumput upas. Memang rumput upas merupakan tanaman yang sdikit asing dikarenakan tidak semua masyarakat tahu apa itu rumput upas. Rumput ini dipercaya mampu sebagai pengurang enzim pensitensis oksalat. Enzim itu mampu membuat batu di ginjal semakin besar. Tidak hanya itu saja, senyawa yang ada di rumput upas bisa digunakan untuk mengurangi massa dari batu ginjal. Manfaat lainnya dari rumut upas ini adalah bisa digunakan untuk meringankan gejaala penyakit saluran kemih. Saluran kemih yang di dalamnya ada batu ginjal bisa diringankan gejalanya menggunakan rumut ini.

*Caranya;

Siapkan rumput upas yang sudah dicuci bersih sebanyak 10 gram. Rebus rumput upas tersebut menggunakan empat gelas air. Biarkan sampai mendidih, saat sudah mendidih sisakan air rebusannya menjadi setengahnya. Minum air rebusan itu sebanyak dua kali dalam sehari yaitu pagi hari dan malam hari sebelum tidur.

. Mentimun

Obat untuk batu ginjal yang bisa digunakan untuk menghilangkan batu ginjal adalah menggunakan mentimun. Mentimun ini tidak hanya berguna untuk kesehatan saja namun juga bisa digunakan untuk kecantikan. Masker timun bisa digunakan untuk mencerahkan wajah dan mengurangi produksi minyak yang ada di wajah. Manfaat mentimun untuk kesehatan adalah menurunkan tekanan darah yang tinggi dan juga bisa digunakan sebagai penghancur batu ginjal yang ada di dalam ginjal. Cara kerja mentimun untuk mengobati batu ginjal adalah kandungan mineral dan vitamin pada mentimun bisa membuat batu ginjal larut dan hancur dengan cepat. Mengkonsumsi mentimun ini tidak dianjurkan bagi penderita tekanan darah rendah, hal itu dikarenakan efek samping dari mengkonsumsi mentimun ini adalah membuat tekanan darah menjadi rendah.

*Caranya;

Untuk mengkonsumsi mentimun ini untuk jadi obat sangatlah mudah. Anda bisa langsung memakannya atau dijus, diparut, dll. Untuk hasil yang lebih maksimal waktu mengkonsumsinya minimal 1 jam sebelum makan berat.

. Daun Alpukat

Selama ini orang hanya mengetahui khasiat biji alpukat dan juga khasiat dari buah alpukat itu sendiri. Namun siapa sangka jika daun alpukat juga memiliki khasiat untuk kesehatan. Salah satu manfaat daun alpukat yang belum banyak diketahui masyarakat luas adalah daun alpukat bisa digunakan sebagai obat herbal untuk ginjal. Daun alpukat memiliki kandungan senyawa dan juga memiliki berbagai macam mineral didalamnya. Semua kandungan tersebut bisa digunakan untuk mengobati sakit ginjal seperti radang ginjal dan juga batu ginjal.

*Caranya;

Siapkan daun alpukat sebanyak 10 lembar. Cuci bersih daun alpukat itu sampai tidak ada kotoran yang menempel di daun tersebut. Setelah itu rebuslah menggunakan empat gelas air. Tunggu sampai mendidih. Saat sudah mendidih sisakan air rebusannya menjadi setengahnya. Minum air rebusan itu dua kali dalam sehari pagi dan juga malam hari.

. Daun Sambiloto

Daun sambiloto selama ini banyak digunakan untuk pengobatan herbal, selain bisa digunakan untuk mengobati asam urat dan kolesterol tinggi, daun sambiloto ini bisa digunakan untuk meringankan gejala sakit ginjal. Kandungan senyawa kimia dan juga antioksidannya yang tinggi bisa membuat daun sambiloto ini berguna untuk meringankan sakit ginjal seperti infeksi ginjal.

*Caranya;
Siapkan daun sambiloto sebanyak 7 lembar, cuci bersih daun sambloto tersebut. Setelah dicuci bersih, masukkan daun sambiloto ke dalam panci. Masukkan empat gelas air ke dalam panci. Rebus sampai mendidih. Biarkan air rebusannya menyusut menjadi dua gelas. Minum air rebusan itu sebanyak dua kali dalam sehari pagi dan juga malam hari.


. Lobak

Pernahkah anda melihat sayur lobak? sayur lobak merupakan sayur yang bentuknya mirip dengan wortel namun warnanya putih. Sayangnya citarasa lobak berbeda jauh dengan sayur wortel. Lobak ini tidak hanya sebagai sayur saja namun bisa juga digunakan untuk mengobati berbagai macam gangguan ginjal. Kandungan antioksidan, mineral dan vitamin yang ada pada lobak bisa digunakan untuk mengobati sakit ginjal seperti peradangan ginjal.

*Caranya;

Siapkan lobak sebanyak 200 gram. Cuci bersih lobak tersebut.Setelah dicuci bersih, kupas kulit lobak tersebut. Potong-potong kecil lobak tersebut kemudian masukkan lobak tersebut ke dalam blender. Tambahkan satu gelas air ke dalam blender. Blender selama 3 menit. Minum jus lobak itu secara teratur tiga kali dalam sehari agar ginjal bisa berfungsi seperti sedia kala atau setidaknya ginjal kembali sehat tanpa terganggu oleh apapun.

Baca Juga;
Gejala Awal Penyakit Ginjal Dan Menu Makanan Untuk Penyakit Ginjal
Nama Obat Batu Ginjal Di Apotik Resep Dokter Paling Manjur


Sekian artikel ini kami akhiri dan kami minta maaf atas kekurangan dan kesalahan yang terdapat pada artikel ini. Dan kami berharap artikel ini dapat bermanfaat bagi anda, keluarga dan orang disekitar anda juga. Salam sehat dari kami www.seh4t.com terima kasih.
Previous Post
Next Post

0 komentar: