Senin, 01 Mei 2017

Makanan Pantangan Yang Dilarang Penyakit Batu Ginjal Dan Yang Dianjurkan

Penyakit Batu Ginjal Batu Ginjal adalah sebuah benda padat seperti batu yang terjadi akibat pengkapuran kristal hasil sekresi tubuh atau zat-zat sisa yang mengendap. Paling sering batu ginjal terbentuk oleh kalsium yang berlebihan didalam tubuh. Adanya batu pada ginjal menyebabkan nyeri yang luar biasa hebat, perdarahan pada urin karena adanya infeksi, dan bahkan bisa terjadi penyumbatan aliran kemih.
Penyakit Batu Ginjal
Ginjal, bagi manusia adalah organ yang sangat penting. Fungsi ginjal dalam tubuh manusia adalah untuk membuang racun atau kotoran yang ada di dalam tubuh yang mengalir bersama dengan darah. Kotoran yang terdapat dalam darah disaring dan kemudian dibuang bersama urine. Batu ginjal terbentuk ketika kotoran-kotoran dari makanan tersebut mengeras dan membentuk kristal di ginjal maupun saluran kencing.

Makanan Pantangan Yang Dilarang Penyakit Batu Ginjal Dan Yang Dianjurkan

Inilah beberapa pantangan makanan untuk penyakit batu ginjal,kami akan menginfokan kepada anda dangan info yang akurat dan benar, silahkan lihat di bawah ini :
  • Jangan Mengkonsumsi Kacang-kacangan
Kedelai dan semua jenis kacang-kacangan bisa menyebabkan produksi asam oksalat yang cukup tinggi dalam tubuh. Makanan yang mengandung asam oksalat tinggi bisa menyebabkan pembentukan batu ginjal menjadi lebih parah. Asam oksalat sangat berbahaya karena bisa mengikat kalsium dan menyebabkan kondisi batu ginjal menjadi lebih parah. Tapi sumber makanan kedelai yang telah difermentasi tetap diperbolehkan dalam jumlah yang kecil.
  • Daging Merah
Daging merah merupakan makanan yang mengandung protein tinggi yang dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal. Hal ini disebabkan karena pemecahan protein bisa menyebabkan ginjal bekerja terlalu keras, sehingga ada banyak racun yang harus disaring oleh ginjal. Selain itu, bahan makanan ini juga bisa meningkatkan kadar asam oksalat dalam tubuh sehingga menyebabkan resiko batu ginjal menjadi lebih tingg
  •  Jangan Biasakan Mengkonsumsi Produk dari Susu
Produk susu merupakan salah satu bahan minuman yang harus dihindari oleh penderita batu ginjal. Hal ini disebabkan karena susu mengandung kalsium yang bisa meningkatkan resiko batu ginjal. Susu juga mengandung beberapa komponen seperti kalsium, magnesium dan kalium. Ketiga mineral ini sangat berbahaya karena bisa mengembangkan batu ginjal yang lebih parah.
  • Garam
Makanan Pantangan Yang Dilarang Penyakit Batu Ginjal Dan Yang Dianjurkan
Garam
Makanan yang mengandung banyak garam akan memperbanyak produksi air dalam tubuh. Sehingga tidak dapat dicerna oleh ginjal, makanan yang asin akan memicu tekanan darah tinggi dimana dapat memperparah ginjal. Para penderita ginjal wajin mengantur tekanan darah untuk selalu dalam keadaan normal.
  • Sayuran Yang Berwarna Gelap
Sayuran yang memiliki warna daun hijau seperti bayam, kacang panjang, dan jenis sayur lain juga banyak mengandung asam oksalat. Kadar asam oksalat yang terlalu tinggi bisa menyebabkan penumpukan jumlah kalsium dalam tubuh sehingga sangat berbahaya untuk penderita penyakit batu ginjal.
  • Kurangi Sayuran Atau Buah Bervitamin C Yang Berlebihan
Vitamin C memang sangat diperlukan oleh tubuh tetap tidak untuk penderita batu ginjal. Pada penderita batu ginjal harus membatasi asupan vitamin C, karena hasil dari metabolisme vitamin C dapat membentuk oksalat. Maka dari itu, sebaiknya jangan terlalu konsumsi makanan yang mengandung vitamin C jika Anda terkena penyakit batu ginjal

Itulah beberapa makanan pantangan yang dilarang penderita batu ginjal. Mengkonsumsi air putih lebih banyak bagi penderita batu ginjal dapat membantu meluruhkan batu ginjal yang terbuang melalui air kencing.

Kemudian kita akan beralih kepada makanan apa saja yang cocok di konsumsi bagi para penderita penyakit batu ginjal agar menjadi sehat dan kuat kembali dan tak akan kembali lagi penyakit batu ginjal pada anda. inilah dia di bawah ini :

Makanan Yang Dianjurkan Bagi Penderita Penyakit Batu Ginjal

  • Konsumsilah Buah Semangka
Buah Semangka Untuk Penyakit Batu Ginjal
Anda termasuk orang yang sangat sulit untuk minum ya ? Buah ini adalah solusi terbaik. perbanyaklah konsumsi buah semangka. Karena semangka merupakan salah satu buah yang kaya akan air. Dengan konsumsi semangka sebanyak 300-500 gr per hari, maka anda akan merasakan khasiatnya yaitu, memudahkan batu ginjal luruh dari dalam saluran kemih serta akan membantu membilas bagian dalam ginjal tanpa rasa sakit.
  • Kentang Yang Sudah Tua
Kentang merupakan makanan yang harus anda masukan ke menu sehari-hari anda. Karena kentang tua yang baik sangat memiliki manfaat yang bagus untuk pasien batu ginjal. Selain itu, perbanyaklah konsumsi air setelah makan kentang. Akan tetapi bagi anda yang menderita penyakit diabetes, alangkah baiknya untuk tidak melakukan hal ini.
Lihat Juga Ini :Nama Obat Batu Ginjal Di Apotik Resep Dokter Paling Manjur
  • Buah Apel Segar
Buah Apel Segar
Selain memiliki rasa yang nikmat dan lezat,buah Apel juga sangat kaya akan khasiat yang bagus untuk kesehatan, salah satunya yaitu untuk penderita penyakit batu ginjal. Konsumsi rutin 2 buah apel segar setiap hari, maka anda akan merasakan khasiatnya yang mana batu ginjal akan larut.

Jika anda bosan dengan mengkonsumsi buah apel yang segar, anda juga dapat meminum sari cuka apel. Akan tetapi perlu anda perhatikan untuk tidak menambahkan gula terlalu banyak.
  • Anggur Segar
Makanan Pantangan Yang Dilarang Penyakit Batu Ginjal Dan Yang Dianjurkan
Anggur Merah
Anggur merah juga bermanfaat untuk meluruhkan batu ginjal. Selain mempunyai rasa enak dan segar, anggur ini ternyata juga memiliki kandungan nutrisi yang dapat menyembuhkan penyakit secara alami. Salah satu penyakit yang dapat disembuhkan dengan anggur adalah batu ginjal. Cara untuk mendapatkan manfaat dari anggur untuk menyembuhkan batu ginjal adalah dengan mengonsumsi anggur beserta kulit dan bijinya. Hal ini karena biji anggur justru lebih banyak mengandung antioksidan yang berfungsi sebagai penyembuh penyakit daripada daging buah anggur sendiri.
  • Bawang Putih
Bawang putih menjadi satu bahan yang baik dikonsumsi bagi penderita penyakit ginjal. Memang tidak sulit menemukan bahan makanan ini di berbagai menu makanan. Namun silahkan perbanyaklah jumlah bawang putih dalam menu makanan diet anda yang menderita Penyakit Batu Ginjal. Karena bawang putih dapat mencegah proses oksidasi juga pembekuan darah. Selain itu bawang putih yang tidak terlalu diolah dapat mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh dan menghindari peradangan. Disarankan untuk memakannya yang mentah ya.
  • Mengkonsumsi Sayur Kubis
Makanan Pantangan Yang Dilarang Penyakit Batu Ginjal Dan Yang Dianjurkan
Sayur Kubis
Kubis merupakan sayuran cruciferous yang penuh dengan phytochemical, yaitu senyawa kimia yang ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran tertentu. Phytochemical berfungsi untuk memecahkan radikal bebas secara efektif. Dengan fungsi tersebut maka kubis secara efektif akan mampu membantu kesehatan ginjal anda. Kubis juga mengandung vitamin K dan C, tinggi serat dan sumber yang baik dari vitamin B6 dan asam folat, serta rendah kalium sehingga hal ini sangat baik untuk ginjal.
  • Ubi Jalar
Tau gak sih guys, ternyata ubi jalar merupakan sayur yang kaya akan beta-karoten dan merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin A dan C. Ubi juga merupakan sumber yang baik dari vitamin B-6 dan kalium. Satu ubi jalar (yang memiliki panjang 5-inch) mengandung 112 kalori dan hampir 4 gram serat, menurut USDA National Nutrient Database yang baik untuk di konsumsi para penderita ginjal kronis. Anda pun bisa memakannya secara langsung atau di olah terlebih dahulu menjadi makanan yang enak untuk di konsumsi.
  • Sayur Kale
Sayur Kale
Kale merupakan sayuran hijau yang kaya akan Vitamin A dan C, kalsium serta memiliki banyak kandungan mineral penting lainnya. Kale juga merupakan salah satu sumber utama dari karotenoid dan flavonoid, yang bermanfaat bagi kesehatan mata , zat anti-kanker dan menjaga fungsi dari ginjal. Sayur ini juga mengandung sumber signifikan dari vitamin K. Apabila puncak musim musim dingin di amerika, kale merupakan pilihan utama sayuran yang segar. Mencoba mengganti cemilan seperti keripik kentang yang tidak sehat di dapur anda dengan olahan keripik yang berasal dari kale panggang akan sangat baik untuk lebih menjaga kesehatan organ ginjal anda.
  • Bawang Merah
Makanan Pantangan Yang Dilarang Penyakit Batu Ginjal Dan Yang Dianjurkan
Bawang Merah
Tidak hanya bawang putih, bawang merah juga baik bagi penderita ginjal. Bawang merah dapat menjadi penghilang racun dalam tubuh dan membersihkan ginjal. Selain itu bawang merah juga dipercaya dapat menjadi obat bagi penderita batu ginjal. Anda bisa mengkonsumsi bawang merah dengan cara dimakan langsung atau dicampurkan dalam makanan.

Kesimpulan

Pada umumnya penderita penyakit ginjal hanya boleh mengkonsumsi kalori sekitar 35kkal/kg/hari (dikalikan berat tubuh). Sedangkan untuk asupan mineral hanya boleh rata – rata 500 mililiter per-hari. Asupan sayur dan buah yang tinggi kalium sangat disarankan untuk tidak dikonsumsi. Begitu pun protein dan karbohidrat yang tinggi, jadi aturlah makanan untuk penderita penyakit ginjal agar tidak berdampak berbahaya.

Terimakasih Telah mengunjungi blog kami semoga bermanfaat ya. untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi situs sehat kami yang mencakup semua masalah kesehatan dan solusi untuk menjadikan hidup sehat serta kepribadian yang sehat luar dalam. Silahkan klik di www.seh4t.com
Previous Post
Next Post

0 komentar: