Minggu, 21 Mei 2017

Gejala,Penyebab Penyakit Biduran Dan Cara Mengatasinya

  • Pengertian Biduran/ Urtikaria
Urtikaria, lebih dikenal dengan kaligata atau biduran adalah kondisi di mana kulit memiliki ruam yang menonjol dan gatal, muncul di salah satu bagian tubuh atau menyebar ke area yang lebih besar. Kondisi ini bukanlah penyakit yang membahayakan, namun membuat pasien merasa tidak nyaman saat tidur atau sepanjang hari.
Gejala,Penyebab Penyakit Biduran Dan Cara Mengatasinya 
Biduran merupakan penyakit kulit yang sering di jumpai dan merupakan hal biasa terjadi. Biduran atau kaligata atau urtikaria dalam istilah kedokterannya merupakan kelainan kulit yang ditandai dengan bentol-bentol kemerahan, sangat gatal, sering disertai rasa tertusuk dan panas.
Biduran bisa datang tanpa permisi dan tak kenal waktu, dapat terjadi di bagian tubuh mana saja dengan bentuk dan ukuran yang beraneka ragam. Karena gatalnya terkadang seseorang yang mengalami biduran sering menggaruk sehingga bentol-bentol tersebut menjadi makin meluas.

Biduran bisa berlangsung dari beberapa menit sampai beberapa hari. Umumnya tidak berbahaya dan tidak meninggalkan bekas, namun biduran bisa saja menjadi penyakit serius bila bersamaan dengan angioedema (urtikaria yang mengenai lapisan bawah kulit dan mukosa), karena jika terkena saluran nafas bisa menyebabkan sulit bernafas sehingga menyebabkan kematian. Sekitar 40% penderita urtikaria kronis akan menderita angioedema.



Sekitar 10-25% orang pernah mengalami biduran, paling tidak sekali dalam hidupnya. Biduran akut lebih sering terjadi pada anak muda, umumnya laki-laki lebih sering dari perempuan. Sedangkan biduran kronik lebih sering pada wanita usia pertengahan (60%). Orang-orang dengan riwayat atopi, akan lebih mudah terkena biduran.
Survey dari National Ambulatory Medical Care USA, dari 1990 - 1997 di temukan wanita 69% dari semua pasien urtikaria yang datang berobat. Distribusi usia paling sering adalah 0-9 tahun dan 30-40 tahun. Kejadian urtikaria pada populasi umumnya 1-5 %.
Baca Juga ini :Cara Menghilangkan Biduran Dengan Cepat Selamanya

Gejala biduran

  • Beberapa bagian kulit yang berbekas merah atau putih (bercak) yang muncul biasanya pada bagian muka, batang, lengan atau kaki.
  • Bekas yang bervariasi dalam ukuran, perubahan bentuk, frekuensi muncul dan menghilang yang berangsur berulang kali merupakan reaksi gejala atau tanda dari biduran ini.
  • Gatal-gatal yang parah
  • Terjadi pembengkakan yang menyebabkan rasa sakit atau terbakar (angioedema), terutama pada daerah tenggorokan, sekitar mata, pipi, bibir, tangan, kaki dan alat kelamin.
  • Kecenderungan untuk tanda-tanda dan gejala yang parah dapat dipicu oleh terik panas matahari, olahraga dan stres.
  • Gejala kambuh seringkali tidak terduga untuk penyababnya, terkadang selama berbulan-bulan atau tahunan.

Penyebab Biduran

Penyebab biduran tidak kunjung sembuh bisa jadi sangat memusingkan anda, namun tahukah anda jika penyebabnya padahal masalah sepele. Apakah Anda pernah terkena biduran? Ya, biduran merupakan salah satu jenis reaksi alergi yang paling sering terjadi pada semua orang. Biduran berbentuk seperti kulit yang mengembang pada beberapa sisi dan menyebabkan rasa gatal yang sangat buruk. Bulatan-bulatan merah akan menyebabkan rasa gatal, panas dan kurang nyaman. Biasanya biduran akan hilang dalam beberapa jam atau butuh waktu yang lebih lama lagi. Biduran bisa muncul di tangan, kaki, wajah dan semua bagian tubuh.
  • Pengaruh Obat-Obatan
Biduran juga bisa terjadi karena pengaruh obat-obatan. Beberapa jenis obat yang bisa menyebabkan reaksi biduran adalah seperti aspirin, obat penekan rasa sakit, obat penghilang rasa sakit, ibuprofen, obat anti inflamasi dan obat pengatur tekanan darah. Kondisi ini biasanya sering terjadi pada pasien setelah menjalani prosedur operasi. Tes alergi bisa diberikan untuk mengetahui reaksi alergi terhadap obat dan mencegah biduran.
  • Akibat terkena gigitan serangga
Biduran juga bisa terjadi akibat terkena gigitan serangga seperti nyamuk atau jenis serangga lain. Awalnya gigitan serangga hanya akan menyebabkan rasa gatal ringan pada bagian yang terkena gigitan. Namun reaksi gatal bisa menyebar ke bagian sekitarnya dan menjadi area yang lebih luas lagi. Untuk mencegah biduran ini maka ketika terkena gatal maka langsung bisa diobati.
  • Pengaruh dari perubahan cuaca
Biduran juga bisa terjadi akibat pengaruh dari perubahan cuaca yang memiliki tekanan dan perubahan tinggi. Beberapa penderita biduran bisa kambuh ketika masuk ke daerah dengan cuaca yang sangat panas atau terlalu dingin. Tubuh memberikan reaksi yang lebih kuat sehingga menjadi biduran. Biduran seperti ini biasanya akan hilang sendiri dan butuh waktu sembuh hingga empat jam. Jika lebih dari empat jam tidak sembuh maka harus mengunjungi dokter untuk mendapatkan obat.
  • Pengaruh Bahan Pewarna Makanan
Beberapa orang juga bisa terkena biduran setelah mengkonsumsi makanan yang mengandung bahan pewarna makanan. Bahan pewarna makanan mengandung bahan kimia khusus yang memang bisa menyebabkan reaksi alergi. Kondisi ini paling sering terjadi pada anak-anak yang memang tidak bisa menerima makanan dengan banyak bahan tambahan. Snack dan beberapa jenis keripik sering menyebabkan reaksi seperti ini.
  • Pengaruh Penyakit Influenza
Biduran juga bisa terjadi pada penderita influenza yang sedang memiliki sistem kekebalan tubuh yang sangat lemah. Reaksi ini bisa terjadi ketika tubuh tidak bisa meningkatkan sistem antivirus untuk melawan penyakit flu. Biduran seperti ini paling sering terjadi pada anak kecil namun biasanya akan sembuh setelah dewasa. Setelah dewasa ketika tubuh sudah kuat maka bisa melawan sumber infeksi dengan baik.
  • Stres
Beberapa orang juga bisa terkena biduran karena stress. Stres menyebabkan reaksi alergi yang berlebihan. Pengaruh dari tingkat perubahan hormon dalam otak menyebar ke semua bagian tubuh, termasuk ketika tubuh tidak bisa melawan infeksi. Terlebih jika ditambah dengan reaksi alergi makanan seperti ikan dan telur. Perawatan untuk biduran ini bisa dicegah dengan cara alami yaitu menghilangkan stress itu sendiri.

Cara Mengatasi Penyakit Biduran

  • Temulawak
Temulawak merupakan obat tradisional yang tidak perlu diragukan lagi khasiatnya. Obat tradisional ini sudah banyak digunakan untuk mengatasi berbagai macam penyakit dan gangguan kesehatan. Temulawak untuk anak kecil sering dijadikan sebagai obat herbal untuk menambah nafsu makan. Saat anak anda menjadi tidak nafsu makan, cobalah untuk membuat ramuan herbal menggunakan temulawak ini. Manfaat lainnya dari temulawak ini adaah temulawak bisa dijadikan sebagai obat tradisional biduran. Cara mengobati biduran menggunakan temulawak ini sangat mudah sekali yaitu sebagai berikut ini :
  • Bahannya :
Yang harus disiapkan pertama kali adalah bahan bahannya terlebih dahulu. Jika bahan bahan tidak lengkap, obat tradisional itu tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Bahan yang disiapkan adalah 5 gram temulawak, 1 batang buah asam jawa dan juga gula aren secukupnya.
  • Caranya :
Membuatnya pun cukup mudah yaitu anda tinggal mencuci bersih bahan bahan tersebut, setelah dicuci bersih anda bisa mengiris iris temulawak tipis tipis. Rebus temulawak dan bahan bahan lainnya menggunakan dua gelas air. Tunggu samai mendidih, saat sudah mendidih sisakan air rebusannya menjadi satu gelas saja. Minum obat herbal ini sebanyak dua kali dalam sehari dengan takaran masing masing setengah gelas.
  • Daun Jombang

Gejala,Penyebab Penyakit Biduran Dan Cara Mengatasinya
Daun Jombang
Obat herbal biduran lainnya adalah daun jombang. Apakah anda tahu apa itu daun jombang?, daun jombang merupakan daun yang melekat pada tanaman jombang. Tanaman jombang sejenis rumput liar dan sering berada di pinggir jalan atau di pinggir sungai. Ciri khas adari tanaman ini adalah memiliki bunga seperti bunga matahari namun bunganya kecil. Daun maupun tangkai dari bunga terdapat lapisan seperti bulu yang halus. Cara mengobati biduran menggnakan daun jombang ini sangat muda sekali yaitu sebagai berikut ini :
  • Caranya :
  1. Cuci bersih daun jo,bang menggunakan air yang mengalir.
  2. Merebusnya menggunakan 400 cc air.
  3. Tunggu sampai mendidih kemudian sisakan menjadi setengahnya.
  4. Mmeinumnya saat air rebusan ini berubah menjadi hangat.
  5.  Jangan minum air rebusan ini saat dingin, sebab saat dingin air rebusan ini fungsinya menjadi menurun.
  • Jahe
Selama ini obat herbal jahe banyak digunakan untuk mengatasi perut kembung dan masuk angin. Kini jahe bisa digunakan untuk mengatasi biduran secara efektif. Di dalam jahe terdapat banyak sekali senyawa dan mineral yang berguna untuk kesehatan. Senyawa dan mineral itulah yang nantinya bisa digunakan untuk mengatasi biduran. Berikut ini adalah cara mengatasi biduran menggunakan jahe
  • Caranya :
  1. Bahan yang disiapkan adalah 30 gram jahe dan juga 100 cc cuka yang terbuat dari beras hitam.
  2. Membuatnya pun tergolong mudah yaitu dengan menumbuk jahe sampai benar benar halus.
  3. Saat sudah halus rebus jahe tersbeut menggunakan tiga gelas air, setelah itu anda bisa menmbahkan cuka beras hitam.
  4. Sisakan air rebusan menjadi setengahnya.
  5. Saat air rebusan berubah menjadi dingin anda bisa meminum air rebusan itu sebanyak dua kali dalam sehari
  • Daun sirih
Daun sirih sebagai obat herbal tidak perlu diragukan lagi keampuhannya. Selama ini daun sirih banyak digunakan untuk mengatasi berbagai macam gangguan kesehatan terutama gangguan kesehatan pada wanita. Daun sirih banyak digunakan untuk mengatasi keputihan, gatal gatal di daerah kewanitaan dan masih banyak lagi lainnya. Di dalam daun sirih terdapat banyak senyawa kimia dan sifatnya sebagai antiseptik mampu mengatasi berbagai macam penyakit. Cata mengobati biduran menggunakan daun sirih adalah sebagai berikut ini :
  • Caranya:
  1. Siapkan daun sirih sebanyak 20 lembar, selain itu siapkan pula daun ketepeng sebnyak 20 lembar.
  2. Cuci bersih kedua bahan bahan tersebut menggunakan air yang mengalir.
  3. Rebus menggunakan empat gelas air.
  4. Tunggu sampai mendidih dan sisakan setengahnya.
  5. Minum air rebusan itu sebanyak dua kali dalam sehari. Minum air rebusan itu masing masing satu gelas saat pagi dan menjelng tidur malam hari.
  • Minyak Zaitun
Minyak zaitun di dunia herbal dan pengobatan tradisional sudah banyak diketahui. Selama ini minyak zaitun banyak digunakan sebagai cara mengatasi bibir kering kering, telapak kaki pecah pecah dan maih banyak lagi lainnya. Selain itu minyak zaitun ini juga bisa digunakan untuk mengatasi biduran. Untuk mengatsi biduran, minyak zaitun ini perlu dicampurkan dengan minyak kayu ptih dan menthol kristal dengan takaran masing masing satu sendok makan. Cara mengobati biduran menggunkan cara ini sangat mudah sekali sebab cara ini digunakan sebagai obat luar, cara pembuatannya adalah sebagai berikut ini :
  • Caranya :
  1. Campurkanlah semua bahan bahan tersebut.
  2. Setelah semua bahan tercampur dengan baik gosokkanlah obat luar tersbeut ke bagian kulit yang terkena biduran.
  3. Obat luar dari campuran minyak zaitun, kayu putih dan menthol kristal itu berguna untuk menghilangkan gatal akibat biduran.
Sekian Ulasan info tentang Gejala,Penyebab Penyakit Biduran Dan Cara Mengatasinya semoga bermanfaat. salam sehat
www.seh4t.com
Previous Post
Next Post

0 komentar: