Kamis, 04 Mei 2017

Gejala Dan Penyebab Penyakit Gagal Ginjal Dan Disebabkan Oleh Apa?

Penyakit gagal ginjal adalah suatu penyakit dimana fungsi organ ginjal mengalami penurunan hingga akhirnya tidak lagi mampu bekerja sama sekali dalam hal penyaringan pembuangan elektrolit tubuh, menjaga keseimbangan cairan dan zat kimia tubuh seperti sodium dan kalium didalam darah atau produksi urin. Penyakit gagal ginjal berkembang secara perlahan kearah yang semakin buruk dimana ginjal sama sekali tidak lagi mampu bekerja sebagaimana fungsinya. Dalam dunia kedokteran dikenal 2 macam jenis gagal ginjal yaitu gagal ginjal akut dan gagal ginjal kronis.
Gejala Dan Penyebab Penyakit Gagal Ginjal Dan Disebabkan Oleh Apa?

Penyakit Gagal Ginjal

Pada manusia normal, terdapat sepasang ginjal yang terletak dibelakang perut, atau abdomen. Ginjal tersebut terletak di kanan dan kiri tulang belakang, di bawah hati dan limpa. Pada orang dewasa, setiap ginjal memiliki ukuran 11 cm dan ketebalan 5 cm dengan berat sekitar 150 gram. Darah manusia melewati ginjal sebanyak 350 kali setiap hari dengan laju 1,2 liter per menit, menghasilkan 125 cc fitrat glomerular per menitnya. Laju glomerular inilah yang sering dipakai untuk melakukan tes terhdap fungsi ginjal. Penyakit Gagal Ginjal adalah suatu penyakit dimana fungsi organ ginjal mengalami penurunan hingga akhirnya tidak lagi mampu bekerja sama sekali dalam hal penyaringan pembuangan elektrolit tubuh, menjaga keseimbangan cairan dan zat kimia tubuh seperti sodium dan kalium didalam darah atau produksi urine.
Baca Juga Ini :Gejala Awal Penyakit Ginjal Dan Menu Makanan Untuk Penyakit Ginjal
Penyakit gagal ginjal ini dapat menyerang siapa saja yang menderita penyakit serius atau terluka dimana hal itu berdampak langsung pada ginjal itu sendiri. Penyakit gagal ginjal lebih sering dialamai mereka yang berusia dewasa, terlebih pada kaum lanjut usia.

Gejala Penyakit Gagal Ginjal.

Adapun tanda dan gejala terjadinya gagal ginjal yang dialami penderita secara akut antara lain
  1. Tekanan darah yang sulit dikendalikan
  2. Meningkatnya frekuensi berkemih, terlebih pada saat malam hari
  3. Sesak nafas
  4. Mengalami gangguan tidur
  5. Pada pria, gangguan ereksi bisa menjadi pertanda ada kerusakan pada ginjal
  6. Mual dan muntah
  7. Kelelahan dan tubuh sering terasa lemah
  8. Kram dan kejang otot
  9. Edema atau pembengkakan pada beberapa bagian tubuh akibat penumpukan cairan, misalnya pada kaki, pergelangan kaki, atau tangan
  10. Penumpukan garam akibat fungsi ginjal yang terganggu dapat menyebabkan gatal pada kulit
  11. Kehilangan nafsu makan yang disertai dengan penurunan berat bada
  12. Nyeri pada dada, akibat cairan menumpuk di sekitar jantung
  13. Nyeri pinggang belakang yang dapat merambat sampai ke punggung
  14. Saat melakukan pemeriksaan urine, terindikasi darah atau protein pada urine.
Itulah beberapa gejala penyakit ginjal yang sering terjadi, maka dari itu untuk terhindar dari resiko penyakit ginjal haruslah kita melakukan gaya hidup sehat dengan asupan gizi yang seimbang, pola makan yang teratur, minum air mineral yang cukup, berolahraga teratur, dan istirahat yang cukup.

Penyebab Penyakit Gagal Ginjal

Penyebab terjadinya gagal ginjal disebabkan oleh beberapa penyakit serius yang di dedrita oleh tubuh yang mana secara perlahan-lahan berdampak pada kerusakan organ ginjal. Adapun beberapa penyakit yang sering kali berdampak kerusakan ginjal diantaranya
  • Diabetes
Ketika tubuh memiliki kadar gula yang terlalu tinggi atau lebih sering disebut dengan kondisi diabetes maka akan menyebabkan ginjal bekerja terlalu keras. Ginjal akan menyerap darah dalam jumlah yang lebih tinggi sehingga menyebabkan pembuluh darah yang bertugas menyaring darah bisa bekerja terlalu banyak. Kemudian setelah beberapa lama ginjal tidak mampu menyaring semua bagian limbah dari darah dan menyebabkan kebocoran. Akibatnya maka urin mengandung protein yang seharusnya tinggal dalam tubuh. Ginjal akan kehilangan fungsinya dengan ditandai penemuan protein tinggi dalam urin. Ginjal tidak bisa bekerja lagi kemudian terjadilah gagal ginjal.
  • Refluks Nefropati
Penyakit ini disebabkan karena semua zat yang telah melewati proses penyaringan dalam ginjal dan keluar bersama urin kembali masuk ke bagian ginjal. Penyebabkan bisa terjadi karena kandung kemih mengalami masalah tidak bisa memeras sehingga katup yang seharusnya menuju ureter tidak bisa bekerja. Secara perlahan penyakit ini akan menyebabkan gagal ginjal. Kelainan ini juga sering terjadi pada anak-anak dan menjadi salah satu kondisi sejak lahir.
  • Serangan Jantung
Ketika penderita mengalami serangan jantung maka aliran darah yang menuju jantung akan mengalami masalah atau bahkan ginjal tidak menerima darah dari jantung. Jika kondisi ini terus terjadi maka ginjal tidak dapat berfungsi dan terjadi penumpukan aliran limbah pada jantung. Jika tidak mendapatkan perawatan yang cepat dan tepat maka gagal jantung akan menyebabkan gagal ginjal.
  • Dehidrasi
Dehidrasi merupakan penyebab sakit ginjal nomor satu. Beberapa hal yang dapat menyebabkan dehidrasi adalah diare (BAB lebih dari 3x sehari), perdarahan yang banyak, muntah-muntah hebat dan demam tinggi. Seseorang yang menderita keadaan di atas tidak boleh kurang minum karena dapat memperparah keadaan dehidrasinya.
  • Konflikasi Obat.
Jenis obat tertentu membuat rentan menderita gagal ginjal akut.Atau bisa terjadi karena konflikasi obat dan Tidak semua obat dapat menyebabkan sakit ginjal. Obat yang dimaksud di sini adalah obat penahan nyeri, obat kanker, beberapa macam antibiotik dan obat anti darah tinggi. Penggunaan obat ini menjadi lebih berisiko bila dimakan secara bersamaan pada saat tubuh kekurangan cairan. Namun jangan takut mengkonsumsi obat ini bila sudah berkonsultasi dengan dokter.
  • Sumbatan Saluran Kencing
Sumbatan di salah satu saluran kencing (mulai dari ginjal ssaluran kencing yang paling akhir) yang bersifat kronis dapat membuat air kencing sulit dibuang dan akhirnya kembali ke organ ginjal sehingga merusak ginjal. Sumbatan dapat dalam bentuk apa saja. Sebab yang paling sering ialah pria dengan pembesaran prostat yang tidak diobati. Penyebab lainnya adalah batu ginjal yang tidak diobati dan penyembuhan yang tidak sempurna dari saluran kencing yang pernah sakit sebelumnya sehingga terjadi penyempitan.
  • Penyebab Luka Bakar
Penyebab sakit ginjal kali ini adalah luka bakar yang luas, biasanya lebih dari 30% luas tubuh. Luka bakar akan merusak kulit sehingga kulit tidak dapat menjalani fungsinya dengan optimal. Hal ini rentan menyebabkan air mudah menguap dari kulit yang terbakar sehingga rentan menyebabkan terjadinya gagal ginjal.
  • Infeksi
Contoh penyakit infeksi yang menjadi penyebab Penyakit Gagal Ginjal adalah malaria, demam berdarah dengue dan leptospirosis. Keadaan infeksi ini dapat sedemikian rupa membuat tubuh menjadi dehidrasi serta merusak ginjal secara langsung hingga menyebabkan gagal ginjal. Maka, bila Anda menderita sakit di atas jangan ragu membawa diri Anda ke rumah sakit.

Obat Ampuh Untuk Penyakit Gagal Ginjal

  • Mengkonsumsi Minyak Zaitun
Minyak zaitun sudah sangat terkenal akan manfaatnya yang segudang untuk kesehatan, bahkan juga rupanya sangat berguna menyehatkan ginjal. Minyak zaitun yang benar-benar murni dan asli adalah yang terbaik karena di dalamnya kaya akan antioksidan yang bisa Anda gunakan juga untuk memasak sehari-hari. Dalam proses pengobatan gagal ginjal, diet adalah salah satu cara alami yang disarankan dan minyak zaitun termasuk sumber makanan tepat supaya diet berhasil dan ginjal dapat pulih kembali.

1 sendok makan minyak zaitun adalah takaran yang pas di mana dengan takaran tersebut, Anda akan mendapatkan berbagai kandungan terbaik untuk tubuh, seperti lemak tak jenuh tunggal, asam lemak anti-inflamasi serta asam oleat yang akan memberikan perlindungan tubuh dari oksidasi. Peradangan dan segala yang membuat ginjal tak sehat akan dicegah dengan baik oleh kandungan polifenol di dalam minyak ini. Selain memperbaiki ginjal, risiko penyakit jantung dan kanker juga dapat dikurangi.
  • Mengkonsumsi Daun Binahong
Daun binahong bisa ditanam oleh siapa saja dan manfaat dari tanaman ini juga begitu luar biasa banyak serta manjur. Tumbuhan merambat ini jika diambil bagian daunnya akan mampu memberikan manfaat baik bagi penderita ginjal untuk mengobati kondisi serius tersebut. Caranya tidak sulit, karena Anda hanya perlu merebus sekitar 10-15 gram daun binahong yang masih segar dengan air 1 gelas saja.

Setelah mendidih, air rebusan bisa langsung diminum. Atau cara lain yang bisa dipraktikkan adalah dengan menyeduh 1,5 gram daun binahong kering dengan menggunakan air mendidih 1 gelas. Untuk proses pengeringan daunnya sendiri, Anda bisa memanfaatkan oven yang suhunya mencapai 50 derajat Celsius dan biarkan sampai tersisa air 10 persennya. Mengonsumsi air rebusan atau seduhan daun binahong sehari 3 kali sebelum makan akan membawa dampak positif.
  • Mengkonsumsi Mahkota Dewa
Mahkota dewa memiliki 4 kandungan penting untuk meningkatkan kesehatan tubuh yang juga baik untuk cara mengobati gagal ginjal secara alami, yaitu saponin, alkaloid, polifenol, serta flavonoid. Alkaloid adalah senyawa yang mampu membantu proses detoksifikasi di mana racun-racun bakal terminimalisir. Polifenol adalah senyawa yang berperan sebagai anti alergi dan flavonoid memiliki peran sebagai antioksidan. Sementara untuk saponin, senyawa ini adalah anti-bakteri yang berguna meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Dengan mengonsumsi mahkota dewa, gagal ginjal dapat dicegah dan kondisi pun akan dapat dibuat membaik. Bila gagal ginjal disertai dengan penyakit hepatitis B dan juga ada komplikasi penyakit hati atau liver, mahkota dewa bisa jadi solusinya. Mengonsumsi madu mahkota dewa, teh racik mahkota dewa, yang juga diimbangi dengan teh racik temulawak serta teh racik akar alang-alang.

Kesimpulan

Kebiasaan gaya hidup sehat menjadi salah satu hal penting untuk menjaga kesehatan ginjal. Gagal ginjal banyak disebabkan karena beberapa masalah kesehatan lain seperti gangguan pada jantung, tingginya kadar kolesterol, diabetes, hipertensi dan penyebab lain. Pola hidup sehat untuk mengendalikan penyebab gagal ginjal menjadi langkah paling penting untuk mencegah gagal ginjal.
Sekian yang dapat kami infokan semoga bermanfaat ya www.seh4t.com
Previous Post
Next Post

0 komentar: