Senin, 01 Mei 2017

Gejala Awal Penyakit Ginjal Dan Menu Makanan Untuk Penyakit Ginjal

Gejala Awal Penyakit Ginjal Dan Menu Makanan Untuk Penyakit Ginjal

Penyakit Ginjal Tak jarang orang menganggap gejala penyakit ginjal sebagai gejala biasa yang juga mungkin banyak dialami oleh banyak orang. Akan tetapi jika dibiarkan terus menerus, gejala-gejala tersebut akan menjadi semakin parah dan fungsi ginjal yang berperan penting dalam tubuh pun akan terganggu. Oleh karena itu sudah sepatutnya Anda mempelajari dan mengetahui ciri ciri gejala sakit ginjal yang bisa terjadi pada wanita ataupun pria sedini mungkin agar Anda bisa menanganinya juga lebih dini dan terhindar dari gangguan atau sakit ginjal yang lebih parah kedepannya.
Coba Baca Ini :Makanan Pantangan Yang Dilarang Penyakit Batu Ginjal Dan Yang Dianjurkan
Gejala Awal Penyakit Ginjal harus diketahui sejak awal, supaya gejala kerusakan ginjal tersebut bisa mendapatkan penanganan lebih lanjut. Mengingat ginjal merupakan salah satu organ vital di dalam tubuh, maka akan sangat berbahaya akibatnya jika ginjal mengalami kerusakan. Ciri ciri ginjal bermasalah mungkin sering diabaikan karena tidak terlihat seperti gejala yang serius. Tapi terkadang justru gejala yang tidak terlihat serius itulah yang kemudian menyebabkan penyakit serius, bahkan hingga menyebabkan kematian. Pasalnya disfungsi organ vital yang satu ini bisa menimbulkan banyak masalah kesehatan

 Gejala Awal Penyakit Ginjal Dan Menu Makanan Untuk Penyakit Ginjal

Beberapa gejala sakit ginjal mungkin mirip dengan gejala-gejala penyakit lain. Tapi kalau Anda sudah mengetahui apa saja gejalanya dan apa sebabnya bisa timbul gejala tersebut, mungkin Anda bisa tahu penyakit apa yang sedang Anda rasakan. Seperti halnya penyakit ginjal, biasanya penyakit ini punya gejala yang awalnya disebabkan oleh suatu kebiasaan, yang mungkin tidak Anda sadari sebelumnya. Berikut ini adalah beberapa ciri ciri ginjal bermasalah yang perlu diwaspadai sejak dini

  Inilah Beberapa Gejala Awal Penyakit Ginjal

  • Mudah Kelelahan
Gejala Awal Penyakit Ginjal Dan Menu Makanan Untuk Penyakit Ginjal
Kecapean
Jika Anda mengalami mudah lelah dan tubuh sering terasa lemah, mungkin ini adalah salah satu ciri-ciri sakit ginjal di awal. Salah satu tugas utama ginjal adalah menghasilkan hormon erythropoietin. Di mana hormon tersebut adalah hormon yang membantu produksi sel darah merah yang berguna untuk membawa oksigen ke sel-sel di seluruh tubuh. Jika kadar hormon tersebut berkurang, maka jumlah sel darah merah tentu akan berkurang. Dengan demikian suplai oksigen ke sel-sel tubuh pun juga akan berkurang sehingga membuat penderita lebih mudah lelah dan sering merasa lemah.
  • Kemih Jadi Berubah
Fungsi ginjal yang lain adalah menjadi salah satu bagian vital dalam sistem sekresi urin. Oleh karena itu ciri ciri ginjal bermasalah juga bisa ditandai dengan fungsi kemih yang tiba-tiba berubah. Jika terjadi sesekali, mungkin bukan menjadi masalah serius. Tapi jika gejala ini terjadi berulang kali, ada kemungkinan itu adalah ciri-ciri sakit ginjal. Adapun perubahan kemih yang biasanya terjadi adalah, penderita menjadi sulit buang air kecil, sering buang air kecil, atau bahkan urin bisa bercampur darah. Fase ini menandakan kerusakan ginjal yang sudah lebih parah.
  • Rasa Gatal Yang Bersangatan
Saat ginjal Anda udah tidak lagi berfungsi secara normal, hal ini bisa mengakibatkan adanya tumpukan kotoran dari sisa metabolisme tubuh. Hal ini akan menyebabkan Anda merasa gatal yang berlebihan dan tidak sewajarnya. Bahkan rasa gatal ini bisa terjadi secara terus menerus sampai menimbulkan luka dan pendarahan karena terlalu sering digaruk. Gejala sakit ginjal pada wanita ini biasanya dirasakan pada bagian tangan, pergelangan kaki atau pergelangan tangan, dan bisa juga dirasakan di bagian tubuh lain. Jadi jika Anda merasakan gejala gatal yang terlalu berlebihan berulang kali, periksakanlah diri Anda ke dokter.
  • Muntah Dan Mual
Gejala Awal Penyakit Ginjal Dan Menu Makanan Untuk Penyakit Ginjal
Rasa Mual Dan Muntah
Disebut sebagai silent killer karena gejalanya yang sulit dideteksi, seperti mual dan muntah. Banyak sekali penyakit ringan yang gejalanya ditunjukkan dengan mual dan muntah, misalnya maag dan vertigo. Sebetulnya, gejala ini juga termasuk ke dalam indikator sakit ginjal. Penyebabnya adalah penumpukan sampah dalam darah yang tidak berhasil dikeluarkan.
  • Sakit Dibagian Pinggang
Beberapa orang yang bermasalah dengan ginjal biasanya mengalami sakit pada bagian pinggang. Kondisi ini berkaitan dengan penyakit batu ginjal. Meski terkadang penyakit batu ginjal tidak menunjukkan gejal, namun bisa saja terasa sakit bila batu ginjal terjebak dalam ureter. Rasa nyeri pada awalnya hanya sesekali saja, setelah itu rasa sakit tersebut akan berlanjut lebih lama dan sering.
  • Kekurangan Hormon
Ginjal yang tidak berfungsi dengan baik bisa mengakibatkan ginjal memproduksi lebih banyak hormon atau ekstra hormon. Dampaknya hormon tekanan darah akan meningkat. Sebaliknya, hormon lainnya jadi berkurang produksinya. Hal ini mengakibatkan tubuh menjadi lelah, kekurangan darah, dan tulang rapuh.
  • Sesak Nafas
Gejala selanjutnya adalah Anda akan merasakan sesak napas atau sulit bernapas. Ginjal yang tidak berfungsi secara normal akan membuat penumpukan cairan di dalam tubuh Anda. Bahkan cairan tersebut juga memungkinkan akan menumpuk di paru-paru Anda sehingga paru-paru Anda seolah tertutup dan Anda akan merasa sesak napas atau sulit bernapas. Kurangnya pasokan oksigen yang membawa sel darah merah pun membuat tubuh Anda juga akan kekurangan oksigen atau napas yang mudah habis.

Setelah melihat paparan ringkas tentang gejala Awal Penyakit Ginjal, Anda harus waspada dan jangan mengabaikan sesuatu yang bersifat buruk apabila terjadi pada tubuh Anda sendiri. Ingat, penyakit ginjal termasuk pembunuh yang tidak bisa ditebak kapan datangnya, oleh karena itu Anda harus rutin melakukan pemeriksaan jika pernah mengalami salah satu gejala penyakit ginjal di atas.

Sekarang kita akan beralih kepada menu makanan apa yang bagus dan cocok untuk penderita penyakit ginjal. Inilah dia :

Menu Makanan Untuk Penyakit Ginjal

  1. Bawang Putih

    Memang tidak sulit menemukan bahan makanan ini di berbagai menu makanan. Namun silahkan perbanyaklah jumlah bawang putih dalam menu makanan diet anda yang menderita penyakit ginjal. Karena bawang putih dapat mencegah proses oksidasi juga pembekuan darah. Selain itu bawang putih yang tidak terlalu diolah dapat mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh dan menghindari peradangan.

  2. Paprika Merah

    Para ahli kesehatan banyak yang menyarankan untuk memasukan bahan makanan yang satu ini ke dalam menu makanan kita sehari-hari. Sebab paprika berwarna merah dapat membatu meringankan penyakit ginjal dan jga mencegah penyakit kanker tumbuh dalam tubuh kita.

  3. Apel

    Apel menjadi salah satu buah yang dapat dikonsumsi penderita ginjal bengkak karena dapat membantu mengeluarkan racun dan membersihkan ginjal. Dengan catatan, konsumsi apel harus dengan jumlah setengahnya dari satu buah, karena apel mengandung banyak cairan.

  4. Buah Chery

    Cherry juga menjadi salah satu buah yang dapat dikonsumsi bagi penderita penyakit ginjal. Buah ini sangat baik mencegah antioksidan dan dapat bertindak sebagai anti inflamasi.Para penderita penyakit ginjal disarankan untuk tidak terlalu banyak mengkonsumsi protein dan buah cherry tidak memiliki banyak portein. Mengkonsumsi cherry dapat mengurangi kadar kalium dalam tubuh dan menyehatkan ginjal.

  5. Keluarga Berries

    Selain ceri, Penderita penyakit ginjal dapat mengkonsumsi aneka buah dari keluarga barries seperti strawberry, blueberry, cranberrie, redberry, dan lain – lain. Buah dari keluarga barries mengandung anti-oksidan dan anti-inflamasi di mana sangat ramah bagi organ ginjal. Penderita penyakit ginjal tidak bisa sembarangan mengkonsumsi buah jadi inilah salah satu buah yang aman dan bisa dikonsumsi. Selain itu buah dari keluarga barries juga dapat meningkatkan fungsi pada kandung kemih.

  6. Kecambah Atau Togeh

    Penderita penyakit ginjal tidak boleh sembarang mengkonsumsi sayur. Tapi touge bisa menjadi salah satu sayur yang dapat dikonsumsi bagi penderita penyakit ginjal. Touge atau kecambah dapat membantu membersihkan ginjal dan menghindari pembentukan batu ginjal. Disarankan untuk dikonsumsi dalam bentuk mentah dan tidak diolah menjadi apapun. Tenang, rasa touge cukup nikmat bila belum diolah.

  7. Minyak Zaitun

    Ada banyak jenis minyak yang dapat dikonsumsi tetapi minyak dari buah zaitunlah yang baik untuk dikonsumsi bagi penderita penyakit ginjal. Minyak zaitun mengandung anti-inflamasi, anti-oksidan, juga asam lemak di mana membantu menyehatkan organ ginjal. Masaklah menggunakan minyak ini.

Jika anda peduli dengan kesehatan ginjal anda, jenis makanan sehatn diatas wajib berada dalam keranjang belanjaan anda setiap hari. Ketika membeli buah-buahan dan sayuran, usahakan untuk mendapatkan yang segar karena buah segar mengandung lebih banyak enzim dan gizi yang baik untuk kesehatan ginjal.

Menjadi sebuah keharusan bagi anda yang divonis menderita sebuah penyakit berat untuk melakukan diet atau menyeleksi asupan makanan dalam tubuh. Begitupun bagi anda penderita penyakit ginjal. Ginjal yang merupakan organ vital dalam tubuh sangat mempengaruhi kondisi kesehatan kita selama kita hidup.

Itulah beberapa makanan yang dianjurkan untuk penderita ginjal dan bisa Anda tambahkan dalam menu makanan sehari-hari. Tetapi dalam mengkonsumsi jenis makanan tersebut harus tetap dalam batas normal agar tidak menimbulkan dampak yang buruk bagi kesehatan.

Untuk Anda yang ingin melakukan pengobatan ginjal bengkak, kami pastikan Anda berada di website yang tepat dalam menyembuhkan Penyakit Ginjal yang sedang Anda derita. Untuk informasi lebih lanjut Anda bisa kunjungi
www.seh4t.com
Previous Post
Next Post

0 komentar: