Minggu, 14 Mei 2017

Penyebab Batuk Berdarah Dari Mulut Saat Bangun Tidur Di Pagi Hari

Batuk berdahak yang disertai dengan darah memanglah sangat mengagetkan bagi yang mengalaminya. Batuk Berdarah janganlah dianggap enteng, pasalnya batuk berdarah merupakan indikasi dari penyakit yang serius. Penyakit ini harus segera diketahui penyebabnya dan juga mendapatkan penanganan yang cepat dan tepatt. Batuk berdarah merupakan tanda atau salah satu ciri dari penyakit Turbekulosis atau TBC.

Dalam bahasa kedokteran batuk berdarah dikenal dengan istilah hemoptisis atau hemoptoe yaitu Keluarnya darah atau dahak berdarah dari paru-paru dan tenggorokan (saluran pernapasan) ketika batuk. Batuk darah tidak sama dengan pendarahan dari mulut, kerongkongan (esofagus), atau saluran pencernaan yang biasanya dikeluarkan melalui muntah (harus dibedakan) Pada batuk berdarah, darah keluar ketika batuk dan sering terlihat bergelembung seperti berbusa karena bercampur dengan udara dan lendir. obat batuk berdarah contoh batuk dahak berdarah warna darah biasanya merah cerah, meskipun mungkin berwarna karat. Kadang-kadang lendir hanya berisi coretan (garis) darah. Hemoptisis dapat menjadi tanda kondisi medis yang serius. Infeksi, kanker, dan masalah pada pembuluh darah paru-paru bisa menjadi penyebabnya.

Batuk Berdarah


.  Gejala Batuk Berdarah


Pada batuk berdarah, gejala pertamanya berupa rasa gatal pada tenggorokan dan juga terasa ingin batuk. Saat batuk itulah dahak disertai darah akan keluar. Darah yang dikeluarkan biasanya berbuih dan juga warnanya merah terang. Dalam bahasa medis, batuk berdarah disebut dengan “hemoptisis” atau disebut dengan “hemoptoe”. Batuk berdarah tidak bisa disamakan dengan pendarahan yang berasal dari mulut, kerongkongan atau berasal dari saluran pencernaan. Buih yang dikeluarkan saat batuk berdarah disebabkan oleh darah yang bercampur dengan lendir dan juga udara. Dan beberapa ini gejala lainnya;
  1. Sesak nafas atau nafas menjadi berat.
  2. Malam hari akan muncul banyak keringat dingin.
  3. Muka menjadi pucat saat batuk berdarah terjadi.
  4. Merasakan demam dan suhu tubuh menjadi tidak normal.
  5. Saat batuk, keluar lendir atau dahak yang disertai degan darah yang berwarna merah segar.
  6. Nafsu makan menjadi berkurang, akibatnya orang yang mengalami batuk berdarah akan merasakan lesu dan kurang bertenaga.

. Penyebab Batuk Berdarah


Ada banyak hal yang bisa menjadi Penyebab Batuk Berdarah Dari Mulut Saat Bangun Tidur Di Pagi Hari, untuk mengobatinya anda harus mengetahui apa yang menjadi penyebab batuk berdarah tersebut. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa mengakibatkan batuk berdarah yang harus anda ketahui :

Tumor; Batuk berdarah juga bisa disebabkan oleh adanya tumor. Tumor itu melekat pada pru-paru dan disebut degan tumor karsinoma paru.
  1. Infeksi;Penyebab Batuk Berdarah adalah adanya infeksi. Infeksi tersebut ada di saluran pernafasan. Infeksi saluran pernafasan inilah yang bisa menyebabkan berbagai macam penyakit, salah satunya adalah bronchitis, TBC, pneumonia, abses paru dan masih banyak lagi lainnya. Tingkat kesembuhan bagi penderita batuk berdarah jika masih dalam tahap infeksi bisa disembuhkan dengan jangka waktu yang cepat, namun saat sudah menjadi penyakit lainnya maka penyembuhannya cenderung sulit dan jangka waktunya lama.
  2. Bronkitis; Hal yang menyebabkan seseorang terkena batuk berdarah adalah adanya penyakit bronkitis. Bronkitis merupakan penyakit paru-paru yang harus diwaspadai dikarenakan penyakit menular ini, sulit untuk disembuhkan. (Baca : Cara mengatasi bronkitis & Penyebab bronkitis)
  3. Penyakit Kardiovaskular; Salah satu hal yang menyebabkan seseorang terkena batuk berdarah adalah adanya penyakit jantung atau penyakit kardiovaskular di dalam tubuhnya. Penyakit itu semuanya berhubungan dengan jantung penyebab dada sakit, penyakit yang menyebabkan seseorang terkena batuk berdarah adalah aneuremia toraksis, mitral stenosis, maformasi arteriovenous.
  4. Radang Paru-Paru; Salah satu penyebab batuk berdarah adalah adanya radang paru-paru. Radang itu disebabkan oleh adanya kuman penyebab TBC. Orang yang menderita TBC sebaiknya masuk ke dalam ruangan isolasi agar tidak menyebar ke orang lain. Radang paru-paru ini pun bisa menular melalui udara. Oleh sebab itulah, sebaiknya kita jaga jarak dengan orang yang mengalami penyakit paru-paru.
  5. Penyebab Batuk Berdarah

  6. Kanker Paru-Paru; Batuk berdarah bisa disebabkan oleh kanker paru-paru, saat orang mengalami batuk berdarah hal pertama yang akan dilakukan adalah melakukan rontgen pada bagian paru-parunya setelah itu melakukan tes laborat.
  7. Kelainan Pembuluh Darah; Salah satu Penyebab Batuk Berdarah adalah adanya kelainan di pembuluh darah, terutama pembuluh darah yang ada di paru-paru. Pembuluh darah yang digunakan untuk aliran darah jika ada kelainan bisa menimbulkan batik berdarah.
  8. Iritasi Tenggorokan; Batuk berdarah bisa disebabkan oleh adanya iritasi di bagian tenggorokan. Iritasi itu bisa disebabkan oleh adanya rasa gatal dan batuk yang tidak sembuh selama dua minggu. Akibatnya gatal tersebut bisa membuat iritasi di tenggorokan, tenggorokan yang terdapat iritasi bisa membuat batuk yang dikeluarkan menjadi berdarah.
  9. Kelainan Hematologi; Kelainan hematologi bisa menjadi penyebab batuk berdarah. Kelainan itu misalnya saja adalah disfungsi dari trombosit, penyakit trombositopenia dan juga DIC atau disserminated intravascular coagulatio.

. Pemeriksaan Batuk Berdarah


Untuk menentukan secara pasti Penyebab Batuk Berdarah, maka diperlukan beberapa pemeriksaan, yang meliputi:
  1. Anamnesis dan Pemeriksaan Fisik. Dengan bertanya seputar keluhan dan melakukan pemeriksaan, dokter akan mengumpulkan petunjuk untuk membantu mengidentifikasi Penyebab Batuk Berdarah.
  2. X-ray Thorax atau rongsen dada. Untuk melihat apakah ada massa (tumor) di dada, cairan atau sumbatan pada paru-paru.
  3. Computed tomography (CT scan). Menghasilkan gambar yang lebih rinci dibanding rongsen, CT scan dapat mengungkapkan beberapa Penyebab Batuk Berdarah.
  4. Bronkoskopi. Pemeriksaan dengan menggunakan tabung fleksibel (seperti selang) dengan kamera pada ujungnya, dimasukkan melalui hidung atau mulut ke dalam tenggorokan dan saluran pernapasan hingga paru-paru. Menggunakan bronkoskopi, dokter mungkin dapat mengidentifikasi penyebab hemoptisis.
  5. Hitung darah lengkap (CBC). Pemeriksaan darah untuk melihat jumlah sel darah putih dan merah, serta trombosit (sel yang membantu penggumpalan darah, kekurangan trombosit mempermudah batuk berdarah).
  6. Tes koagulasi. Tes pembekuan darah karena jika pembekuan darah terganggu dapat mempermudah pendarahan dan batuk dengan dahak berdarah.
  7. Urinalisis. Pemeriksaan kencing atau urin rutin.
  8. Profil kimia darah. Untuk mengukur elektrolit darah dan fungsi ginjal, yang mungkin memberikan hasil abnormal pada beberapa penyebab hemoptoe.
  9. Gas Darah Arteri. Sebuah tes kadar oksigen dan karbon dioksida dalam darah. Kadar oksigen bisa rendah pada orang dengan batuk darah.

Kebanyakan pasien dengan batuk berdarah memerlukan perawatan di rumah sakit, sampai Penyebab Batuk Bedarah nya diketahui, dan tidak ada lagi ancaman perdarahan yang serius.

Baca Juga;
Ciri2 Dan Gejala Asma Pada Anak Bayi Dan Orang Dewasa
Obat Sesak Nafas Alami Yang Ampuh Karena Jantung Dan Maag



Disaat anda mulai mengalami gejala batuk berdarah, sebaiknya anda segera memeriksakan diri kepada dokter dengan mengambil sampel cairan atau dahak yang anda keluarkan. Dari situlah anda bisa mengetahui sebenarnya apa yang sedang terjadi pada anda. Pemeriksaan dini lebih baik dibandingkan dengan pemeriksaan yang terlambat, agar dilakukan penanganan yang cepat dan tepat juga kondisi yang tidak tambah memburuk. Sekian dari kami semoga bermanfaat, salam sehat dari kami www.seh4t.com terima kasih.

Previous Post
Next Post

0 komentar: