Kamis, 04 Mei 2017

Faktor Penyebab Gagal Ginjal Akut Dan Kronik Dari Makanan Dan Kebiasan


Faktor Penyebab Gagal Ginjal Akut Dan Kronik Dari Makanan Dan Kebiasan Gagal ginjal akut merupakan istilah untuk kondisi di mana ginjal seseorang mengalami kerusakan secara mendadak, sehingga tidak bisa berfungsi. Gagal ginjal akut terjadi ketika ginjal tiba-tiba tidak bisa menyaring limbah kimiawi dari darah yang bisa memicu penumpukan atau penimbunan limbah tersebut di dalam tubuh. Penumpukan limbah kimia dan garam dalam tubuh bisa menghentikan organ lain untuk berfungsi dengan benar.
Biasanya, gagal ginjal akut terjadi sebagai komplikasi dari penyakit serius lainnya. Penyakit ginjal seperti ini umumnya diidap oleh lansia atau pasien perawatan intensif di rumah sakit.

Kondisi atau penyakit tertentu yang memberi tekanan pada ginjal menjadi penyebab utama terjadinya penyakit ginjal. Tekanan berlebih yang dialirkan jantung melalui pembuluh darah besar maupun kecil dapat merusak organ tubuh, termasuk ginjal. Penyebab Gagal Ginjal terutama disebabkan oleh tekanan darah tinggi atau hipertensi dan diabetes.

Sakit Gagal Ginjal Akut.

  1. Penurunan aliran darah ke ginjal. Hal ini dapat terjadi karena kehilangan darah, operasi, atau syok.
  2. Adanya obstruksi atau penyumbatan di sepanjang saluran kemih, misalnya batu ginjal.
  3. Sindrom uremik hemolitik – biasanya disebabkan oleh infeksi E. coli, gagal ginjal terjadi sebagai akibat dari obstruksi struktur fungsional terkecil dalam ginjal.
  4. Konsumsi obat tertentu yang dapat menyebabkan kerusakan ginjal.
  5. Glomerulonefritis – jenis penyakit ginjal yang melibatkan glomeruli. 
  6. Selama glomerulonefritis, glomeruli menjadi meradang dan menganggu kemampuan ginjal untuk menyaring urin.Setiap kondisi yang dapat mengganggu aliran oksigen dan darah ke ginjal seperti serangan jantung

Sakit Gagal Ginjal Kronik

  1. Obstruksi atau penyumbatan berkepanjangan saluran kemih.
  2. Sindrom Alport – kelainan bawaan yang menyebabkan ketulian, kerusakan ginjal progresif, dan cacat mata.
  3. Sindrom nefrotik – suatu kondisi yang memiliki beberapa penyebab yang berbeda. 
  4. Sindrom nefrotik ditandai dengan Protein dalam urin, kadar protein dalam darah rendah, kadar kolesterol yang tinggi, dan pembengkakan jaringan.
  5. Penyakit ginjal polikistik – kelainan genetik yang ditandai dengan pertumbuhan banyak kista di ginjal.
  6. Penyakit-penyakit degeneratif seperti darah tinggi dan diabetes

Faktor Penyebab Gagal Ginjal Akut Dan Kronik Dari Kebiasaan

  • Tekanan Darah Tinggi
Tekanan darah adalah besarnya tekanan yang dihasilkan jantung saat memompa darah ke pembuluh arteri dalam tiap denyut nadi. Tekanan darah kerap diasosiasikan dengan penyakit ginjal karena tekanan darah yang berlebihan dapat merusak organ tubuh Anda.
Hipertensi menghambat proses penyaringan dalam ginjal bekerja dengan baik. Kondisi ini merusak ginjal dengan menekan pembuluh darah kecil dalam organ tersebut.

Meski penyebab kasus tekanan darah tinggi tidak diketahui, namun ada kaitan antara kondisi tersebut dengan kesehatan tubuh seseorang secara menyeluruh, termasuk pola makan dan gaya hidup.
Orang yang mengidap kondisi atau memiliki kebiasaan tertentu lebih berisiko mengidap hipertensi, yaitu: kurang berolahraga, kebiasaan merokok, stres, obesitas, mengonsumsi minuman keras berlebihan, usia tua, terdapat anggota keluarga yang dulu mengidap hipertensi, terlalu banyak garam dan lemak dalam makanan yang dikonsumsi.
  • Karena Alkohol
Salah satu hal yang sangat bisa menyebabkan seseorang terkena gagal ginjal adalah minuman keras beralkohol. Orang yang terlalu sering dan sudah terlalu banyak menenggak minuman alkohol bisa memberatkan sistem kerja ginjalnya.

Kandungan yang ada di dalam alkohol ini tidak bisa dicerna ginjal sehingga ginjalnya akan bekerja sangat keras untuk mencerna kandungan yang ada di dalam alkohol. Jika ginjal bekerja keras disetiap harinya, maka fungsi ginjal pun akan mudah rusak dan mudah terganggu.
  • Hipovelemia
Hipovelemia merupakan suatu jumlah darah di dalam tubuh yang kurang. Dan penyebabnya adalah pendarahan yang cukup hebat, pendarahan itu misalnya seperti diakibatkan oleh menstruasi yang hebat, kecelakan, dan operasi atau tindakan bedah. Oleh sebab itu orang-orang yang mengalami hipovelemia ini harus mendapatkan penanganan medis yang lebih lanjut.
  • Saluran Kemih Tersumbat
Salah satu hal yang menyebabkan seseorang bisa terkena gagal ginjal adalah terhambatnya saluran kemih. Alasannya adalah dari aliran urin akan berbalik ke ginjal pada seseorang yang saluran kemihnya sudah tersumbat.

Jika tekanannya akan semakin tinggi maka bisa menjadi penyebab dari kerusakan ginjal dan fungsi ginjalnya menjadi tidak berfungsi lagi.

Penyebab Gagal Ginjal Akut Dan Kronik Dari Segi Makanan

 

  • Karena Kebiasaan Makan yang mengandung zat fosfor
Untuk penderita gagal ginjal awal biasanya tingkat zat fosfor dalam tubuhnya tinggi, dan hal ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kalsium dalam tubuh rendah sehingga tubuhpun akan menarik kalsium dari tulang dan tulang Anda akan semakin lemah. Bagi penderita gagal ginjal perlu membatasi sejumlah makanan yang mengandung fosfor yang besar seperti pada susu, yogurt, keju, jenis kacang-kacangan termasuk selai kacang. Tidak hanya tidak baik bagi penderita gagal ginjal, konsumsi makanan berfosfor tinggi juga memicu penyakit lain seperti lemahnya tulang dan menimbulkan gatal-gatal pada kulit. Jika diet makanan yang berfosfor rendah tidak cukup membantu memulihkan kesehatan dari gagal ginjal maka sebaiknya Anda konsultasikan ke dokter untuk meminta obat seperti pengikat fosfor
  • Karena Kebiasaan Makan Garam Berlebih
Beberapa makanan yang mengandung kadar garam tinggi yaitu makanan beku, sup kalengan, makanan cepat saji, camilan sayuran dan sayuran dalam kaleng. Selain dapat mengungari resiko penyakit aggal ginjal yang semakin ganas, penggunaan garam yang kurang dapat juga mengontrol tekanan darah tinggi.
Kegagalan fungsi ginjal menyebabkan kelebihan garam atau natrium sukar dikeluarkan dari dalam tubuh sehingga penderita sering merasa haus dan akhirnya terjadi penimbunan cairan dalam tubuh. Karena gagal ginjal menyebabka kelebihan garam maka disinilah penderita gagal ginjal tidak boleh mengkonsumsi makanan yang mengandung garam karena akan membuat penimbunan lebih banyak
  • Karena Keseringan Mengkonsumsi makanan yang kaliumnya Tinggi
Pakar nutrisi akan merekomendasikan penderita gagal ginjal untuk menghindari makanan yang tinggi kalium serta direkomendasikan untuk makan makanan yang rendah kalium. Bahan makanan yang tinggi kalium diantaranya pisang, jeruk, kentang, bayam dan tomat sedangkan makanan yang rendah kalium yaitu apel, kubis, buncis, anggur dan stroberi.
  • Karena Kebiasaan Minum Cokelat
Sama seperti keju, cokelat juga mengandung kandungan fosfor dan potasium yang tinggi. Kandungan potasium dalam makanan dan dikonsumsi oleh penderita akan menyebabkan gagal jantung karena tidak dapat dikeluarkan oleh ginjal. Kandungan potasium akan melemahkan denyut jantung, membuat detak jantuk tidak stabil, hingga kematian mendadak akibat serangan jantung.
  • Karena Kebiasaan Memakan Makanan Yang Di awetkan
Tidak sedikit dari kita yang gemar makan makanan yang diawetkan. Khususnya untuk penderita penyakit ginjal, pengawet dalam makanan yang diawetkan seperti sosis, sarden cornet, dan lain – lain banyak mengandung sodium juga potasium. Pengawet tersebut akan menjadi racun yang ampuh untuk memperparah kondisi ginjal yang sudah tidak sehat.
  • Telur Dan Daging Merah
Protein tinggi dalam telur akan memaksa ginjal untuk bekerja lebih berat, untuk menyaringnya. Bagi penderita gagal ginjal, protein dapat menumpuk dan meracuni ginjal itu sendiri. Makanan lain yang mengandung banyak protein termasuk daging sapi dan ayam.
Lihat Juga ini :Tanda Dan Obat Untuk Sakit Ginjal Paling Ampuh Yang Aman

Kesimpulan

Agar ginjal tetap sehat tentu anda harus melakukan pola hidup sehat, berhenti merokok dan minum alkohol, menjaga tekanan darah dan gula darah, melakukan medical cek-up secara rutin dan tidak berlebihan dalam mengkonsumsi berapa Pantangan Makanan Pasien Gagal Ginjal. Karena mungkin saja beberapa Pantangan Makanan tersebut diatas, juga sebagai sumber Penyebab Gagal Ginjal.
Terimakasih Telah mengunjungi blog kami Tentang Faktor Penyebab Gagal Ginjal Akut Dan Kronik Dari Makanan Dan Kebiasan, semoga bermanfaat ya www.seh4t.com
Previous Post
Next Post

0 komentar: