Kamis, 04 Mei 2017

Penyebab Penyakit Ginjal Dan Perbedaan Gagal Ginjal Akut Dan Kronik

Penyebab Penyakit Ginjal Dan Perbedaan Gagal Ginjal Akut Dan Kronik-Mengetahui ciri-ciri sakit ginjal yang umum terjadi dapat membantu Anda ataupun orang di sekitar Anda untuk mendapatkan perawatan lebih dini. Penyakit ginjal memang penyakit yang serius dan biasanya membutuhkan bantuan dalam waktu secepatnya, keterlambatan penanganan penyakit ini dapat mempersulit penyembuhannya. Sebenarnya banyak sekali macam penyakit ginjal yang dapat terjadi, namun artikel ini akan membahas dua macam penyakit ginjal yang paling sering terjadi pada masyarakat. Macam penyakit ginjal yang perlu Anda ketahui adalah sakit ginjal akut dan sakit ginjal kronis.
penyebab penyakit ginjal

Ciri-ciri sakit ginjal akut dan kronis akan memberikan gambaran yang berbeda. Ciri-ciri sakit ginjal akut biasanya lebih nyata dibandingkan dengan ciri-ciri sakit ginjal kronis. Cara penanganan yang dibutuhkan pun berbeda. Sakit ginjal akut selalu membutuhkan intervensi medis yang bersifat darurat. Sedangkan sakit ginjal kronis tidak selalu membutuhkan intervensi medis yang darurat. Namun baik sakit ginjal akut dan kronis, keduanya membutuhkan penanganan dan pengobatan yang tepat.

Perbedaan Gagal Ginjal Akut Dan Kronik

  • Gagal Ginjal Kronik
Sakit gagal ginjal kronik merupakan kondisi salah satu atau kedua ginjal yang mengalami kerusakan. Kerusakan pada ginjal menyebabkan ginjal tidak bisa berfungsi dengan baik sehingga akan ada gangguan kesehatan tubuh. gagal ginjal kronik bisa dialami oleh siapa pun, dari segala usia tetapi lebih banyak dialami oleh orang dewasa. fungsi ginjal sangat penting bagi seluruh tubuh, karena ginjal juga salah satu bagian tubuh yang fungsinya menjaga keseimbangan kesehatan. fungsi ginjal yang bisa membantu untuk menyaring darah dari zat zat kimia yang mengalir di dalam darah sehingga jantung bisa berfungsi dengan baik. atau bisa juga akan membantu untuk mengatur tekanan darah tetap normal.

Bahkan salah satu fungsi ginjal yang tidak kalah penting ialah untuk menghasilkan vitamin d yang dibutuhkan oleh tubuh, dan juga bisa menghasilkan hormon. Maka dari itu jika mengalami masalah pada ginjal seperti sakit gagal ginjal kronik fungsi pentingnya tersebut tidak akan berjalan lagi, dan akan menyebabkan keseimbangan tubuh terganggu.

Penyebab Gagal Ginjal Kronik

Sakit ginjal kronik akan menyebabkan kondisi tubuh banyak memiliki penumpukan limbah, penumpukan limbah di dalam tubuh akibat dari ginjal yang tidak bisa berfungsi sangatlah bahaya. Sakit gagal ginjal pun tidak bisa diketahui dengan mudah, jika kondisinya sudah sangat parah sampai ginjal tidak lagi bisa mengatasinya baru mengetahuinya. Ada penyebab gagal ginjal kronik karena penurunan fungsi ginjal tidak akan dialami apabila tidak ada penyebabnya. Sakit gagal ginjal kronik bisa dialami akibat dari masalah pada jantung.

Permasalahan pada jantung yang ada pemblokiran darah sehingga hanya sedikit jumlah darah yang masuk ke dalam jantung bukan hanya akan menyebabkan serangan jantung saja tetapi juga bisa menyebabkan penurunan fungsi pada ginjal. Karena darah yang mengalir ke dalam pembuluh darah ginjal pun hanya sedikit sehingga hal ini jika berlangsung lama pun akan menyebabkan sakit gagal ginjal kronik atau penurunan fungsi ginjal yang sangat parah.Selain dari jantung, pemicu sakit gagal ginjal kronik pun bisa di akibatkan dari kadar gula darah yang tidak terkontrol.

Kadar gula darah yang terlalu tinggi atau mengalami penyakit diabetes bisa memberatkan fungsi ginjal dan jantung. jika masih belum mengontrol kadar gula darah sampai berlangsung lama hal ini akan menyebabkan ginjal tidak bisa berfungsi secara maksimal. dan lama kelamaan kerusakan pada ginjal pun bisa dialami oleh penderitanya penyakit diabetes. akibat konsumsi makan makanan yang manis dalam jumlah banyak dan tidak terkontrol setiap harinya. 
  • Gagal Ginjal Akut
Gagal ginjal akut merupakan istilah untuk kondisi di mana ginjal seseorang mengalami kerusakan secara mendadak, sehingga tidak bisa berfungsi. Gagal ginjal akut terjadi ketika ginjal tiba-tiba tidak bisa menyaring limbah kimiawi dari darah yang bisa memicu penumpukan atau penimbunan limbah tersebut di dalam tubuh. Penumpukan limbah kimia dan garam dalam tubuh bisa menghentikan organ lain untuk berfungsi dengan benar.

Biasanya, gagal ginjal akut terjadi sebagai komplikasi dari penyakit serius lainnya. Penyakit ginjal seperti ini umumnya diidap oleh lansia atau pasien perawatan intensif di rumah sakit.
Jika tidak ditangani dengan cepat, gagal ginjal akut bisa menimbulkan cidera permanen (ginjal berhenti berfungsi) atau bahkan membahayakan nyawa. Tetapi, jika diobati tepat waktu dan kondisi kesehatan pasien secara umum baik, maka ia memiliki kemungkinan pulih sepenuhnya.
Lihat Juga Ini :Faktor Penyebab Gagal Ginjal Akut Dan Kronik Dari Makanan Dan Kebiasan

Penyebab Penyakit Gagal Ginjal Akut

Penyebab gagal ginjal akut secara umum adalah tidak berfungsinya ginjal secara tiba-tiba untuk menyaring kotoran di dalam darah. Gagal ginjal akut ini juga dapat terjadi jika ada kerusakan pada ginjal anda atau bahkan adanya kondisi lain yang menyebabkan aliran darah yang menuju ginjal menjadi terhambat. Gagal ginjal akut ini dapat juga terjadi jika kotoran yang telah tersaring tidak dapat dikeluarkan dari tubuh bersamaan dengan urine

Pada gagal ginjal akut, fungsi ginjal hilang dengan sangat cepat dan dapat terjadi dari suatu luka tubuh yang bervariasi.Penyebab Penyakit Ginjal ini seringkali dikatagorikan berdasarkan dimana luka terjadi.

Terjadinya gagal ginjal disebabkan oleh beberapa penyakit serius yang diderita oleh tubuh yang mana secara perlahan-lahan berdampak pada kerusakan organ ginjal. Adapun beberapa penyakit yang sering kali berdampak kerusakan ginjal diantaranya  :

  1. Penyakit tekanan darah tinggi (Hypertension)
  2. Penyakit Diabetes Mellitus (Diabetes Mellitus)
  3. Adanya sumbatan pada saluran kemih (batu, tumor, penyempitan/striktur)
  4. Kelainan autoimun, misalnya lupus eritematosus sistemik
  5. Menderita penyakit kanker (cancer)
  6. Kelainan ginjal, dimana terjadi perkembangan banyak kista pada organ ginjal itu sendiri (polycystic kidney disease)
  7. Rusaknya sel penyaring pada ginjal baik akibat peradangan oleh infeksi atau dampak dari penyakit darah tinggi.Istilah kedokterannya disebut sebagai glomerulonephritis.

Adapun penyakit lainnya yang juga dapat menyebabkan kegagalan fungsi ginjal apabila tidak cepat ditangani antara lain adalah ; Kehilangan carian banyak yang mendadak ( muntaber, perdarahan, luka bakar), serta penyakit lainnya seperti penyakit Paru (TBC), Sifilis, Malaria, Hepatitis, Preeklampsia, Obat-obatan dan Amiloidosis.

Penyakit gagal ginjal berkembang secara perlahan kearah yang semakin buruk dimana ginjal sama sekali tidak lagi mampu bekerja sebagaimana funngsinya.

Cara Mengatasi Penyakit Gagal Ginjal Akut

  • Ace Max
Ace Max
Di sini kami mempunyai solusi yang tepat untuk mengobati penyakit ginjal ginjal akut dengan Obat Herbal yang terbuat dari bahan-bahan alami yaitu Ace Maxs Obat Herbal Multi Khasiat yang aman tanpa efek samping karena terbuat dari Kulit Manggis, Daun Sirsak, dan Madu yang sehat untuk tubuh anda. Dapat Di konsumsi oleh anak-anak minimal dari usia 5 tahun, remaja, orang dewasa, dan lanjut usia serta telah teruji secara benar
  • Kulit Manggis
Penyebab Penyakit Ginjal Dan Perbedaan Gagal Ginjal Akut Dan Kronik
Kulit Manggis
Kulit manggis memiliki senyawa Xanthone yang bermanfaat sebagai anti inflamasi, anti kanker serta merupakan antioksidan tinggi. alfamangostin yang merupakan salah satu senyawa xanthone pada kulit manggis merupakan antitumor, Manfaat lainnya adalah sebagai anti virus, anti bakteri, anti tumor, anti kanker, anti inflamasi, dan dapat membunuh virus yang menyebabkan Infeksi. Daun sirsak mengandung acetogenins, annocatin, annocatalin, annohexocin, annonacin, annomuricin, anomourine, anonol, caclourine, gentisic acid, gigantetronin, linoleid acid, muricapentosin. Senyawa ini sangat berguna untuk mengobati penyakit maupun meningkatkan kekebalan tubuh. Madu Memiliki Kandungan glukosa dan fruktosa, protein, asam amino, enzim, asam-asam organik, mineral, tepung sari bunga, sukrosa, maltosa, melezitosa dan oligosakarida. Perpaduan Ketiga Bahan-bahan alami tersebut yang dapat mengobati Gagal Ginjal Akut. Itulah Kandungan Dalam Ace Maxs Yang Dapat Mengobati Berbagai Penyakit, Termasuk Penyakit Ginjal Akut.

Pantangan Makanan Untuk Penyakit Ginjal Akut Dan Kronik

Penderita penyakit ginjal harus mengatur asupan makanan dalam tubuh dan banyak makanan yang disarankan untuk dihindari. Dari mulai aneka karbohidrat hingga berbagai macam protein. Meski makanan – makanan tersebut terdengar biasa dan bahkan memiliki kandungan nutrisi yang melimpah, penderita penyakit ginjal tidak bisa memakan makanan tersebut karena alasan tertentu.
  • Keju
Olahan susu salah satunya keju juga tidak boleh dikonsumsi oleh penderita penyakit ginjal. Sebab keju mengandung kalium juga fosfor dan kaya akan potasium. Bagi penderita penyakit ginjal, kalium memang harus dihindari. Sedangkan makanan yang mengandung banyak fosfor akan menumpuk dalam aliran darah dan menyedot kalsium dalam tubuh.
  • Cokelat
Sama seperti keju, cokelat juga mengandung kandungan fosfor dan potasium yang tinggi. Kandungan potasium dalam makanan dan dikonsumsi oleh penderita akan menyebabkan gagal jantung karena tidak dapat dikeluarkan oleh ginjal. Kandungan potasium akan melemahkan denyut jantung, membuat detak jantuk tidak stabil, hingga kematian mendadak akibat serangan jantung.
  • Makanan Yang Di Awetkan
Tidak sedikit dari kita yang gemar makan makanan yang diawetkan. Khususnya untuk penderita penyakit ginjal, pengawet dalam makanan yang diawetkan seperti sosis, sarden cornet, dan lain – lain banyak mengandung sodium juga potasium. Pengawet tersebut akan menjadi racun yang ampuh untuk memperparah kondisi ginjal yang sudah tidak sehat.
  • Terlalu Banyak Makan Gula
Begitupun dengan makanan yang mengandung gula. Mengkonsumsi makanan yang manis akan menimbulkan rasa haus sehingga tentu perlu dihindari dan dijauhi.
Makanan yang wajib dihindari bagi penderita penyakit ginjal memang sangatlah banyak. Dan setiap penderita memiliki pantangan yang berbeda – beda sehingga harus terlebih dahulu konsultasi pada dokter. Seperti asupan kalori hingga mineral. Tidak sedikit penderita penyakit ginjal yang tidak nafsu makan karena menu yang dibatasi. Maka dari itu harus paham mengapa makanan tersebut dilarang untuk dikonsumsi agar nafsu makan tetap berjalan baik.

Kesimpulan

Pada umumnya penderita penyakit ginjal hanya boleh mengkonsumsi kalori sekitar 35kkal/kg/hari (dikalikan berat tubuh). Sedangkan untuk asupan mineral hanya boleh rata – rata 500 mililiter per-hari. Asupan sayur dan buah yang tinggi kalium sangat disarankan untuk tidak dikonsumsi. Begitu pun protein dan karbohidrat yang tinggi, jadi aturlah makanan untuk penderita penyakit ginjal agar tidak berdampak berbahaya.

Terimakasih Telah mengunjungi blog kami semoga bermanfaat ya. untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi situs sehat kami yang mencakup semua masalah kesehatan dan solusi untuk menjadikan hidup sehat serta kepribadian yang sehat luar dalam. Silahkan klik di www.seh4t.com
Previous Post
Next Post

0 komentar: