Sabtu, 06 Mei 2017

Penyebab Sakit Ginjal Dapat Memicu Munculnya Penyakit Lain

Penyebab Sakit Ginjal Dapat Memicu Munculnya Penyakit Lain
Penyebab Sakit Ginjal Dapat Memicu Munculnya Penyakit Lain Ginjal adalah dua buah organ berbentuk menyerupai kacang merah yang berada di kedua sisi tubuh bagian belakang atas, tepatnya di bawah tulang rusuk manusia. Ginjal yang sebesar kepalan tangan orang dewasa ini memiliki fungsi:

  1. Menyaring ampas metabolisme tubuh, hasil sampingan, dan cairan berlebih dari darah.
  2. Menjaga keseimbangan kadar garam dan mineral dalam tubuh.
  3. Menghasilkan renin, yaitu enzim yang membantu mengatur tekanan darah.
  4. Menghasilkan senyawa aktif dari vitamin D untuk menjaga kesehatan tulang.
  5. Menghasilkan senyawa eritropoetin yang berfungsi menstimulasi produksi sel darah merah.
  6. Mengatur kadar senyawa kimia dalam tubuh yang akhirnya membantu jantung dan otot-otot bisa berfungsi dengan baik.

Ketika ginjal mengalami gangguan atau rusak, sisa-sisa metabolisme tubuh dan cairan berlebih bisa tertimbun di dalam tubuh hingga akhirnya menyebabkan terjadinya pembengkakan pada bagian pergelangan kaki, muntah-muntah, merasa lemas, sesak napas, dan kurang tidur. Penyakit ginjal merupakan kondisi yang berbahaya yang mana jika tidak ditangani, ginjal bisa berhenti berfungsi. Jika ginjal berhenti berfungsi, akibatnya bisa mematikan.

Penyebab Penyakit Ginjal

  • Adanya kelainan produksi hormon insulin dalam tubuh.
Disini tubuh tidak mampu memproduksi hormon insulin sendiri seperti kadar hormon yang dibutuhkan oleh tubuh. Jumlah kebutuhan hormon insulin tidak sesuai yang dihasilkan.
Karena itu ginjal fungsinya terganggu.
Faktor genetik juga mempengaruhi penyakit ini.
  • Karena efek keturunan.
Bagi anda yang memiliki keluarga yang menderita gagal ginjal tentunya anda harus mewaspadai penyakit tersebut juga akan menjangkit tubuh anda. Karena faktor pewarisan sifat juga memengaruhi penyakit ginjal seseorang. Namun tidak selamanya penyakit gagal ginjal karena disebabkan faktor genetik. Faktor lain juga dapat memicu terjangkitnya Penyebab Sakit Ginjal dalam tubuh anda.
  • Karena Virus Yang Menginfasi Tubuh
Penyakit gagal ginjal juga dapat disebabkan karena adanya virus yang menginfasi tubuh. Jadi peranan virus juga dapat menyebabkan timbulnya penyakit gagal ginjal. Maka dari itu kebersihan disekitar kita haruslah dijaga agar tubuh tidak mudah terinfeksi oleh virus yang penyebarannya sangat cepat dan mudah.
  • Karena Pola Konsumsi Yang Tak Beraturan
Faktor lain yang memicu munculnya penyakit gagal ginjal adalah pola konsumsi kita sendiri. Pola konsumsi yang tidak teratur, dan konsumsi yang tidak diperhatikan dapat memicu munculny penyakit ginjal. Dalam mengonsumsi makanan kandungan gizi juga harus diperhatikan dalam tubuh. Selain itu mengonsumsi air putih juga harus dilakukan secara rutin.

Penyebab Sakit Ginjal Dapat Memicu Munculnya Penyakit Lain

Organ ginjal walaupun berukuran kecil, tetapi mempunyai fungsi sangat vital. Di antaranya sebagai tempat membersihkan darah dari berbagai zat sisa hasil metabolisme serta racun-racun tubuh. Zat sisa dan racun tubuh tersebut kemudian dibuang menjadi air seni (urine). Selain itu, ginjal juga berfungsi menjaga keseimbangan, mengatur konsentrasi dan komposisi cairan tubuh, dan menghasilkan horomon seperti erithropoetin (EPO), renin, dan vitamin D. Nah, karena banyaknya fungsi ginjal ini maka apabila ada suatu kelainan pada ginjal maka dapat menimbulkan penyakit lain.

Ginjal berfungsi untuk mengeluarkan zat sisa metabolisme dalam tubuh. Jika ginjal tidak dapat berfungsi dengan baik maka zat–zat tersebut akan menumpuk dalam tubuh dan menimbulkan beberapa penyakit seperti :
  • Albuminaria
Albuminaria merupakan kelainan ginjal yang diakibatkan oleh naiknya tingkat permeabilitas membrane glomerulus. Permeabilitas bisa naik karena adanya luka di membrane glomerulus akibat kenaikan darah, iritasi pada sel-sel ginjal akibat eter, bakteri, logam berat, dan zat lainnya. Penyakit ini bisa diketahui dengan adanya protein albumin pada urin.
  • Nefritis Glomerulus
Nefritis glomerulus atau radang ginjal umumnya diakibatkan reaksi alergi terhadap racun yang diproduksi bakteri Streptococcus yang bisa menginfeksi bagian tubuh lainnya seperti tenggorokan. Penyakit ini memungkinkan sel-sel darah merah dan protein tercampur dengan urin. Nefritis glomerulus parah bisa menyebabkan gagal ginjal.
  • Polisistik
Polisistik merupakan kerusakan saluran ginjal yang menyebabkan munculnya kista di sepanjang saluran ginjal. Selain itu, kondisi ini juga menyebabkan bagian ginjal yang berfungsi menyaring darah akan rusak. Kista yang makin membesar dapat memicu terjadinya gagal ginjal. Gagal ginjal akibat Polisistik ini biasanya terjadi pada usia empat puluh tahun ke atas.
  • Anuria
Anuria merupakan kegagalan ginjal dalam memproduksi urin. Anuria diakibatkan oleh kurangnya tekanan untuk melakukan filtrasi darah dalam ginjal. Anuria juga bisa muncul akibat radang di glomerulus, yakni organ penyaring darah pada ginjal. Penyempitan arterial efferent oleh hormon epinefrin dan radang menjadi penyebab utama terjadinya penyakit ini.
  • Pielonefritis
Pielonefritis merupakan radang atau infeksi pada ginjal. Kondisi ini umumnya berawal dari bagian dalam ginjal (pelvis) yang menyebar ke seluruh bagian ginjal. Penyakit ini bisa menyebabkan terjadinya gagal ginjal.
  • Bilirubinaria
Penyakit ini memiliki ciri-ciri zat warna empedu atau bilirubin yang berlebihan pada urin. Kondisi ini bisa diakibatkan adanya penguraian hemoglobin yang berlebihan atau akibat disfungsi hati.
  • Nefrosis
Nefrosis adalah bocornya membrane glomerulus yang menyebabkan sejumlah besar protein dalam darah berpindah ke dalam urin. Pindahnya protein ini mengakibatkan air dan natrium menumpuk di tubuh sehingga mengakibatkan pembengkakan pada bagian tubuh.

Buah Dan Makananan Penyembuh Penyakit Ginjal

Ginjal yang sehat akan menghasilkan tubuh yang sehat dan ginjal yang tidak sehat akan menghasilkan tubuh yang tidak sehat. Berbagai penyakit ginjal dapat datang dengan berbagai sebab seperti pola hidup khususnya dalam hal asupan makanan yang dikonsumsi sehari – hari. Untuk membantu pengobatan, makanan bagi penderita ginjal juga harus diseleksi atau dipilih. Inilah Makanan yang cocok bagi penderita penyakit ginjal:
  • Minyak Zaitun
Ada banyak jenis minyak yang dapat dikonsumsi tetapi minyak dari buah zaitunlah yang baik untuk dikonsumsi bagi penderita penyakit ginjal. Minyak zaitun mengandung anti-inflamasi, anti-oksidan, juga asam lemak di mana membantu menyehatkan organ ginjal. Masaklah menggunakan minyak ini.
  • apel
Buah apel selain terkenal untuk diet, mencegah serangan jantung, dan mencegah kanker, ternyata juga baik untuk ginjal. Apel juga menjadi salah satu buah yang dapat dikonsumsi oleh penderita penyakit ginjal. Disarankan untuk mengkonsumsi apel dengan jumlah setengahnya dari satu buah apel. Karena apel juga mengandung banyak air yang tentu dibatasi untuk masuk ke dalam tubuh penderita penyakit ginjal. Apel dapat membantu keluarkan racun dan membersihkan ginjal. Tetapi bagi penderita penyakit ginjal yang sudah masuk pada tahap kronis lebih baik jauhi mengkonsumsi buah ini.
  • Bawang Putih
Bawang putih menjadi satu bahan yang baik dikonsumsi bagi penderita penyakit ginjal. Memang tidak sulit menemukan bahan makanan ini di berbagai menu makanan. Namun silahkan perbanyaklah jumlah bawang putih dalam menu makanan diet anda yang menderita penyakit ginjal. Karena bawang putih dapat mencegah proses oksidasi juga pembekuan darah. Selain itu bawang putih yang tidak terlalu diolah dapat mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh dan menghindari peradangan. Disarankan untuk memakannya mentah – mentah.
  • Bawang Merah
Tidak hanya bawang putih, bawang merah juga baik bagi penderita ginjal. Bawang merah dapat menjadi penghilang racun dalam tubuh dan membersihkan ginjal. Selain itu bawang merah juga dipercaya dapat menjadi obat bagi penderita batu ginjal. Anda bisa mengkonsumsi bawang merah dengan cara dimakan langsung atau dicampurkan dalam makanan.
  • Aneka Rempah-rempah
Tidak nikmat rasanya bila menyantap makanan tanpa rempah – rempah. Meski penderita penyakit ginjal sangat dibatasi dalam menyantap makanan dan jumlah kalori, tetapi makanan yang dikonsumsi masih dapat dicampur dengan aneka rempah – rempah. Khususnya jahe, kunyit, dan ketumbar. Di mana ketiga rempah – rempah tersebut memiliki fungsi memurnian darah, membersihkan ginjal, dan menjaga kesehatan ginjal.
  • Keluarga Berry
Penderita penyakit ginjal dapat mengkonsumsi aneka buah dari keluarga barries seperti strawberry, blueberry, cranberrie, redberry, dan lain – lain. Buah dari keluarga barries mengandung anti-oksidan dan anti-inflamasi di mana sangat ramah bagi organ ginjal. Penderita penyakit ginjal tidak bisa sembarangan mengkonsumsi buah jadi inilah salah satu buah yang aman dan bisa dikonsumsi. Selain itu buah dari keluarga barries juga dapat meningkatkan fungsi pada kandung kemih.

Tips Untuk Penderita Sakit Ginjal

Mencegah tentu lebih baik daripada mengobati. Dan ketika Anda bisa merawat ginjal Anda sejak dari awal, maka resiko gagal ginjal atau penyakit ginjal lainnya bisa ditekan. Berikut 10 tips cara mencegah penyakit ginjal :
  • Jangan menahan buang air kecil
Penyaringan darah adalah fungsi utama yang dilakukan oleh ginjal Anda. Ketika proses penyaringan dilakukan, maka jumlah kelebihan cairan limbah yang disimpan didalam kandung kemih perlu segera dibuang. Meskipun kandung kemih bisa menampung lebih banyak urin, namun rasa ingin BAK dirasakan saat kandung kemih sudah terisi dengan 120-150 ml urin. Jadi, jika Anda mulai mengabaikan dorongan untuk pergi ke kamar kecil, kandung kemih membentang lebih dari kapasitasnya. Hal ini mempengaruhi proses filtrasi ginjal
  • Makanlah Dengan Benar
Hampir semua proses yang terjadi di dalam tubuh Anda dipengaruhi oleh apa yang Anda makan dan bagaimana cara Anda makan. Jika Anda makan makanan yang tidak sehat, seperti junk food dan makanan cepat saji, maka organ-organ tubuh Anda harus bekerja ekstra keras, termasuk ginjal. Anda harus menyertakan mengkonsumsi makanan yang tepat dalam diet Anda, terutama makanan yang bisamemperkuat ginjal seperti ikan, asparagus, sereal, bawang putih dan peterseli. Buah-buahan seperti semangka, jeruk dan lemon juga baik untuk kesehatan ginjal.
  • Olahraga Rutin
Para ahli dan peneliti yakin bahwa obesitas sangat terkait dengan masalah kesehatan yang berhubungan dengan ginjal terkait. Kelebihan berat badan akan menghadirkan resiko masalah ginjal dua kali lipat. Berolahraga, diet sehat, serta mengatur porsi makan seimbang pasti bisa membantu menurunkan kelebihan berat badan dan meningkatkan kesehatan ginjal. Selain itu, Anda akan selalu merasa segar dan aktif
  • Hindari Mengkonsumsi Obat Tanpa Saran Dari Medis
Apapun jenis obat-obatan yang Anda konsumsi harus melewati ginjal untuk dilakukan penyaringan. Penambahan dosis atau minum obat-obatan tanpa Anda sadari bisa meningkatkan beban racun pada ginjal. Itulah mengapa Anda harus selalu mengikuti resep dan dosis yang diberikan ahli kesehatan, dan menghindari mengobati diri sendiri.

Kesimpulan

Pada umumnya penderita penyakit ginjal hanya boleh mengkonsumsi kalori sekitar 35kkal/kg/hari (dikalikan berat tubuh). Sedangkan untuk asupan mineral hanya boleh rata – rata 500 mililiter per-hari. Asupan sayur dan buah yang tinggi kalium sangat disarankan untuk tidak dikonsumsi. Begitu pun protein dan karbohidrat yang tinggi, jadi aturlah makanan untuk penderita penyakit ginjal agar tidak berdampak berbahaya.

Terimakasih Telah mengunjungi blog kami Tentang Penyebab Sakit Ginjal Dapat Memicu Munculnya Penyakit Lain semoga bermanfaat ya. untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi situs sehat kami yang mencakup semua masalah kesehatan dan solusi untuk menjadikan hidup sehat serta kepribadian yang sehat luar dalam. Silahkan klik di www.seh4t.com
Previous Post
Next Post

0 komentar: