Kamis, 18 Mei 2017

Tanda Tanda Asma Dan Penyebab Sesak Nafas Serta Cara Mencegahnya

Asma merupakan salah satu penyakit yang lumayan sulit di sembuhkan dan sering kambuh. Penyakit ini menyerang saluran pernapasan tandanya oleh hiperaktivitas bronkus, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai tanda –tanda asma terus penyebabnya dan cara mencegah asma dan sesak nafas itu kambuh lagi.
penyebab sesak nafas

Tanda Tanda Asma Dan Penyebab Sesak Nafas Serta Cara Mencegahnya

Tanda –tanda asma

Banyak sekali tanda-tanda asma dan di sini hanya akan di bahas sebagiannya saja yang sering terjadi tanda-tanda nya adalah sebagai berikut :
  • Batuk. 
Batuk adalah kondisi dimana terjadi radang pada tenggorokan di tambah lagi dengan munculnya pilek, namun apabila batuk itu tidak di sertai dengan masuk angina dan flu maka anda harus waspada karena ini adalah salah satu tanda dari penyakit asma. Apabila batuk ini terjadi sering dan lebih dari sebulan maka anda harus segera memeriksakan diri agar cepat terobati.
penyebab sesak nafas


  •  Bersin. 
Biasanya bersin adalah gejala orang yang sedang mengalami flu namun anda harus hati –hati jika anda sering bersin lebih dari biasanya maka anda harus waspada karena bisa jadi ini merupakan tanda dari penyakit asma karena kebanyakan orang menganggap sepele dengan munculnya bersin yang sering ini mereka menganggapnya sebagai bersin yang biasa.
  • Tenggorokan terasa gatal. 

Tanda asma ini merupakan tanda yang orang anggap hanya sebagai penyakit dari flu dan batuk biasa namun bila gatal pada tenggorokan ini berlangsung secara terus menerus dan berlangsung lama maka bisa jadi itu merupakan tanda asma.
  • Susah tidur,
 insomnia atau susah tidur sangat mengganggu kita untuk istirahat, susah tidur bisa di karenakan karena tadi siang kebanyakan tidur atau karena batuk flu atau pun bersin dan setelah minum obat biasanya langsung bisa tidur dengan lelap nya namun bila sudah minum obat tetap saja tidak bisa tidur maka bisa jadi ini adalah tanda kalau kita menderita asma
  •  Dada nyeri,
 bila dada kita nyeri maka itu bisa jadi merupakan tanda kita mempunyai penyakit asma oleh sebab itu segeralah periksa ke dokter agar dapat penanganan yang cepat.

Penyebab sesak nafas

Setelah tanda –tanda asma selanjutnya akan di jelaskan mengenai penyebab asma antara lain:
Alergi. Alergi dapat di alami oleh siapapun baik anak –anak maupun orang dewasa, alergi ini adalah respon daya tahan tubuh terhadap suatu hal yang di anggap bahaya meski sebenarnya tidak selalu demikian, selain sesuatu yang masuk ke dalam tubuh bisa juga sesuatu yang bersentuhan langsung dengan tubuh. Alergi merupakan salah satu penyebab asma, selain sesak nafas alergi juga dapat membuat ruam kulit menjadi merah, batuk, mata gatal dan juga bersin –bersin. Alergi dapat di picu oleh serbuk sari, debu, gigitan serangga bulu hewan dan juga makanan tertentu oleh karene itu hindarailah makanan yang mengakibatkan alergi karena alergi merupakan salah satu penyebab sesak nafas.
Pilek. Penyebab sesak nafas selanjutnya adalah pilek, pilek merupakan gangguan pernafasan yang sering terjadi dan termasuk ringan namun karena pilek ini mengakibatkan hidung tersumbat dan kadang berair dengan kejadian ini menyebabkan paru –paru kurang mendapatkan asupan oksigen yang cukup hal ini menyebabkan sesak nafas.
penyebab sesak nafas
PPOK (penyakit paru obstruktif kronis). Penyakit ini lumyan umum terjadi di Indonesia dan di pakai untuk penyakit pada bagian paru –paru, penykait ini juga termasuk kronis karena merupakan penyakit jangka panjang. Akibat penyakit ini aliran udara dari dalam paru –paru menjadi terhalang sehingga menyebabkan sesak nafas. Seain sesak nafas ini bisa menjadikan gejala mengi , batuk berdahak yang tidak sembuh-sembuh, tubuh lemas nafsu makan berkurang, penyakit ini juga bisa merupakan penyebab sesak nafas. baca juga : penyebab penyakit asma dan obat herbal untuk sesak nafas 
Serangan jantung.serangan jantung merupakan salah satu penyakit kronis yang mana pasokan darah mengalami hambatan saat menuju jantung, faktor yang menjadi penghambatnya itu antara lain penumpukan kolestrol ataupun lemak yang ada dalam pembuluh darah. Selain itu penggumpalan darah juga bisa menyebabkan aliran darah menjadi terganggu akibatnya darah tidak sampai ke jantung dengan lancar. Bila aliran darah mengalami gangguan maka otot jantung akan terganggu dan rusak dan ini sangat berakibat fatal akibat dari serangan jantung mengakibatkan sesak nafas, tubuh lemah, gelisah dan juga pusing. Sakit dada tidak selalu menentukan penderita mengalami serangan jantung karena sakit dada bukan merupakan serangan jantung saja mungkin juga adalah gejala penyakit yang lain. Selain itu banyak lagi yang menyebabkan sesak nafas seperti kanker paru-paru, anemia, tekanan darah rendah obesitas dan lain –lain .

Cara mencegahnya

Setelah mengetahui tanda-tanda dan penyebab asma dan sesak nafas selanjutnya kita akan menerangkan mengenai cara mencegah asma atau sesak nafas kambuh lagi cara yang bisa di lakukan adalah:

a. Olahraga
Pakar pakar kesehatan pasti menyarankan cara mencegah berbagai macam penyakit dan agar selalu sehat adalah dengan berolahraga, kenapa bisa di katakana demikian ? karena dengan olahraga badan kita akan selalu bergerak dan saluran nafas pun menjadi lancar selain itu dengan berolaraga dapat mencegah penyakit seperti sesak nafas dan asma bisa di hindari, makanya mulai sekarang bagi yang mempunyai sesak nafas dan asma mulailah berolahraga dengan teratur dan jangan berlebihan karena berlebihan itu gak baik bukannya sehat yang ada malah tubuh kita jadi sakit karena melakukan olahraga yang berlebihan di luar batas kemampuan tubuh kita.
b. Olah nafas
Selanjutnya cara mencegah sesak nafas atau asma adalah dengan melakukan senam pernafasan atau mengolah nafas kita tujuannya agar dengan melakukan senam pernafasan organ paru-paru kita menjadi lega sehingga saluran pernafasan menjadi normal tidak tersumbat lagi selain itu manfaat lain dari olah nafas atau senam pernafasan adalah membuat pikiran kita menjadi rileks dan juga tidak mudah terkena gangguan mental.
c. Selalu jaga kebersihan.
Ada istilah yang mengatakan rumah yang kotor adalah sarangnya penyakit. Oleh karena itu penting sekali agar kita selalu menjaga kebersihan agar kita selalu sehat terhindar dari penyakit dan juga merupakan salah satu cara mencegah penyakit asma dan sesak nafas. Rumah yang kotor akan banyak sekali debu dan juga bakteri yang akan membuat saluran pernafasan kita iritasi jika bakteri itu menempel di tubuh kita.
d. Makan makanan yang bergizi.
Cara mencegah asma dan sesak nafas selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi dan sehat seperti alpukat apel, dan juga wortel karena sanagt bermanfaat sekali untuk melancarakan saluran pernafasan sehingga kita terhindar dari penyakit asma dan juga kita selalu menghindari makanan yang dapat menimbulkan asma seperti telur kacang dan lain-lain.
Selain cara di atas anda juga bisa mencegah asma dengan cara berhenti merokok, minum alkohol, dan juga hindarilah bantal dan juga kasur yang banayk debu nya dan selalu budayakan hidup sehat.
Itulah yang bisa di sampaikan mengenai tanda- tanda asma dan penyebab sesak nafas serta cara mencegahnya yang dapat www.seh4t.com sampaikan semoga informasi ini bermanfaat dan kita selalu sehat.
Previous Post
Next Post

0 komentar: