Kamis, 04 Mei 2017

Tanda Dan Obat Untuk Sakit Ginjal Paling Ampuh Yang Aman

Tanda Dan Obat Untuk Sakit Ginjal Paling Ampuh Yang Aman -Tanda-tanda penyakit ginjal harus diketahui oleh masyarakat luas agar banyak masyarakat yang mengetahui jika ada penyakit ginjal dalam dirinya. Mendeteksi dini penyakit ginjal akan lebih mudah mengatasinya dibandingkan mengobati ginjal ketika kronis. Sayangnya banyak orang yang baru tahu jika dirnya terkena ginjal saat memasuki tahapan kronis. Saat sudah kronis, penyakit ginjal akan sulit disembuhkan.

Tanda Dan Obat Untuk Sakit Ginjal Paling Ampuh Yang Aman

Penderita ginjal di Indonesia dari tahun ke tahun meningkat, pola hidup dan pola makan yang tidak
terkontrol memudahkan seseorang terkena ginjal. Ginjal kronis akan menyebabkan gagal ginjal, pengobatan untuk penyakit gagal ginjal harus seumur hidup. Oleh sebab itu pencegahan lebih efektif dibandingkan dengan pengobatan gagal ginjal.

Penyakit ginjal ada banyak sekali jenisnya, sayang yang diketahui masyarakat hanyalah batu ginjal dan gagal ginjal saja. Setiap penyakit yang diderita oleh manusia pasti menimbulkan gejala dan ada ciri-cirinya Inilah dia pertandanya :
  • Rasa Nyeri Dibagian Pinggang
Orang yang menderita penyakit ginjal akan merasakan sakit pinggang meski tidak beraktivitas menggunakan otot. Ciri satu ini sudah sering dibahas di forum kesehatan dan masyarakat sudah mengetahui ciri penyakit ginjal yang satu ini. Sayangnya masih banyak masyarakat yang tidak tahu mana sakit pinggang yang disebabkan oleh penyakit ginjal dan mana yang merupakan sakit pinggang biasa. Penyebab sakit pinggang dan rasa nyeri bisa muncul karena batu ginjal yang terjebak di saluran kemih atau ureter. Batu ginjal tersebutlah yang menyebabkan rasa nyeri berada di pinggang Pada Sakit Ginjal yang ukurannya semakin membesar, rasa nyeri pada pinggang akan sering terasa. Sakit pinggang sering kambuh dan hilangnya bisa berhari-hari atau berminggu-minggu.
  • Urin Terasa Berkurang
Fungsi ginjal yang berkurang bisa menyebabkan seseorang memiliki urin yang berkurang. Hal itu dikarenakan ginjal tidak mampu mengeluarkan cairan sisa metabolisme berupa urin dengan sempurna, sehingga urin yang dikeluarkan akan cenderung sedikit. Sisa urin yang tidak dikeluarkan tersebut akan menumpuk di dalam tubuh dan menyebabkan komplikasi kesehatan salah satunya adalah sesak nafas. Anda perlu waspada jika anda berkemih namun urin yang anda keluarkan jumlahnya hanya sedikit. Observasi medis yang dilakukan untuk mendeteksi penyakit ginjal adalah melalui urinnya atau tes urin dan menganalisa volume urin yang dikeluarkan. Volume urin yang dikeluarkan tersebut akan disesuaikan dengan jumlah cairan yang masuk sebanding atau tidak. Jika jumlah cairan yang masuk banyak sedangkan urinnya sedikit bisa jadi penyakit ginjal ada di dalamnya.
  • Sering Melamun Dan Mengantuk
Hal ini merupakan ciri-ciri ginjal bermasalah yang umum terjadi. Biasanya penderita akan menjadi kurang responsif bila dipanggil atau diajak bicara, menjadi lebih sering melamun. Kehilangan kesadaran ini dapat disebabkan oleh beberapa hal, terutama penumpukan racun yang berlebih dan tidak dapat dibuang ke urin dan infeksi yang biasa menyebabkan penyakit ginjal.
  • Mual Dan Muntah
Ini sebenarnya bukanlah ciri-ciri sakit ginjal. Namun bila Anda menemui gejala seperti berkurangnya air urin yang diikuti dengan gejala diare serta muntah hebat, Anda perlu curiga akan kemungkinan terjadinya sakit ginjal akut. Diare dan muntah hebat seringkali menjadi penyebab sakit ginjal akut karena banyaknya cairan yang dikeluarkan ketika BAB atau muntah.
  • Tubuh Gembung
Penumpukan cairan sisa metabolisme yang tidak bisa dikeluarkan bisa menyebabkan penderita sakit ginjal mengalami bengkak. Tubuh penderita ginjal akan seperti menggembung karena penumpukan cairan tersebut. Tubuh yang biasanya bengkak adalah kaki, tangan dan juga perut.
  • Bengkak Disekitar Mata
Pembengkakan yang terjadi pada penderita ginjal bisa sampai ke peulupuk mata. Hal itu merupakan ciri seseorang terkena penyakit radang ginjal. Radang ginjal ini bsia disebabkan oleh bakteri, bakteri tersebut merusak nefron pada ginjal sehingga urin bisa kembali masuk ke dalam darah. Air yang dimasukkan ke dalam tubuh tidak dapat diserap secara maksimal. Pembengkakan pun bisa terjadi di pelupuk mata. Orang yang menderita radang ginjal harus melakukan cuci darah seumur hidupnya.
  • Mata Sembab
Anak-anak yang menderita Sakit Ginjal akan mengalani mata sembab terutama saat pagi hari, hal itu dikarenakan penumpukan cairan dan juga penyerapan air yang kurang maksimal pada anak-anak. Saat siang hari mata sembab tersebut akan menghilang dan muncul lagi keeseokan paginya.
lihat Juga Ini :Obat Sakit Ginjal Kronis Dari Tumbuhan Paling Ampuh

Inilah Obat Sakit Ginjal Yang Paling Ampuh

  • Daun Sukun
Obat herbal pertama yang bisa digunakan untuk mengobati penyakit ginjal adalah daun sukun Selama ini orang hanya memanfaatkan buah sukunnya saja, namun siapa sangka jika daun tanaman sukun pun bisa digunakan untuk mengatasi penyakit ginjal. Mengobati penyakit ginjal menggunakan daun sukun bukan sebagai ide asal asalan saja, namun sudah dilakukan penelitian yang begitu rumit. Penelitian mengatakan bahwa senyawa kimia yang ada daun sukun seperti hidrosianat, tannin dan flavonoid bermanfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit salah satunya mengobati gagal ginjal yang ringan. Orang yang menderita gagal ginjal ringan, bisa diobati menggunakan daun sukun. Daun sukun juga bisa digunakan untuk mengobati penyakit jantung seperti gagal jantung.
Caranya:
  1. Siapkan daun sukun sebanyak 5 lembar, 
  2. Setelh itu cuci bersih daun sukun tersebut. 
  3. Rebuslah daun sukun tersebut menggunakan 4 gelas air yang mentah. 
  4. Saat direbus, sisakan air rebusannya menjadi setengah gelas saja dan usahakan untuk menghancurkan daun sukun tersebut di dalam air rebusan. 
  5. Diamkanlah air rebusan sampai dingin, saat sudah dingin saringlah air rebus itu agar yang tersisa hanyalah air rebusannya.
  6. Agar bisa mengobati ginjal dengan efektif sebaiknya penderita ginjal meminum air rebusan itu sebanyak dua kali dalam sehari. 
  7. Mengkonsumsi minuman itu saat pagi dan sore hari. 
  8. Jangan mengkonsumsi ramuan daun sukun sebelum makan, sebab senyawa yang ada di dalam daun sukun bisa mengikis lambung yang ada di dalam organ pencernaan. 
  9. Efeknya jika dikonsumsi sebelum makan akan menyebabkan perut menjadi perih dan panas. Oleh sebab itu alangkah baiknya jika ingin mengobati sakit ginjal menggunakan daun sukun mengkonsumsi makanan berat terlebih dahulu
  • Dengan Mengkonsumsi Buah Timun
Obat untuk batu ginjal yang bisa digunakan untuk menghilangkan batu ginjal adalah menggunakan mentimun. Mentimun ini tidak hanya berguna untuk kesehatan saja namun juga bisa digunakan untuk kecantikan. Masker timun bisa digunakan untuk mencerahkan wajah dan mengurangi produksi minyak yang ada di wajah. Manfaat mentimun untuk kesehatan adalah menurunkan tekanan darah yang tinggi dan juga bisa digunakan sebagai penghancur batu ginjal yang ada di dalam ginjal. Cara kerja mentimun untuk mengobati batu ginjal adalah kandungan mineral dan vitamin pada mentimun bisa membuat batu ginjal larut dan hancur dengan cepat. Mengkonsumsi mentimun ini tidak dianjurkan bagi penderita tekanan darah rendah, hal itu dikarenakan efek samping dari mengkonsumsi mentimun ini adalah membuat tekanan darah menjadi rendah.
Cara Pemakaiannya :
Untuk mengkonsumsi mentimun ini untuk jadi obat sangatlah mudah.
  1. Anda bisa langsung memakannya atau dijus, diparut, dll. 
  2. Untuk hasil yang lebih maksimal waktu mengkonsumsinya minimal 1 jam sebelum makan berat.
  • Buah Ceri
Cherry juga menjadi salah satu buah yang dapat dikonsumsi bagi penderita penyakit ginjal. Buah ini sangat baik mencegah antioksidan dan dapat bertindak sebagai anti inflamasi.
Para penderita penyakit ginjal disarankan untuk tidak terlalu banyak mengkonsumsi protein dan buah cherry tidak memiliki banyak portein. Mengkonsumsi cherry dapat mengurangi kadar kalium dalam tubuh dan menyehatkan ginjal.
Selain ceri, ternyata buah yang termasuk keluarga beri ini cukup ampuh untuk dimakanan para penderita ginjal. Untuk itu sangat penting jika anda hobi makan buah buahan untuk mengkonsumsi jenis buah ceri ini.
  • Yoghurt
Penderita penyakit ginjal sangat dibatasi asupan mineral dalam tubuhnya. Dan semua asupan mineral tergantung pada kondisi ginjal sang penderita termasuk mineral dari makanan maupun minuman. Yoghurt dapat dimasukan menjadi salah satu mineral karena mengandung prabiotik yang mampu menyehatkan ginjal dan mengusir bakteri jahat. Tetapi tentu harus perlu diperhatikan takarannya.
  • Peprika Merah
Paprika merah rendah kalium dan tinggi dalam rasa, tapi itu bukan satu-satunya alasan paprika dimasukkan dalam diet ginjal. Ini sayuran lezat yang merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin C dan vitamin A, serta vitamin B6, asam folat dan serat. Paprika merah mengandung lycopene, antioksidan yang melindungi tubuh terhadap kanker tertentu.

Untuk menyertakan paprika merah dalam diet ginjal, memakannya mentah dengan saus sebagai camilan atau makanan pembuka, atau mencampurkannya sebagai salad tuna atau salad ayam. Anda juga dapat mengkonsumsi paprika panggang dan menggunakannya sebagai topping pada sandwich atau salad selada, dan ditambahkan ke telur dadara atau daging sapi. Ini sangat membantu untuk menyembuhkan penyakit ginjal yang sedang Anda alami.
  • Blueberry
Blueberry tinggi antioksidan fitonutrien disebut anthocyanidins, yang memberikan mereka warna biru, dan penuh dengan senyawa alami yang mengurangi peradangan. Blueberry merupakan sumber yang baik dari vitamin C, mangan, senyawa yang membuat tulang Anda sehat, dan serat. Blueberry dan juga dapat membantu melindungi otak dari beberapa efek penuaan. Antioksidan dalam blueberry dan berry lainnya telah ditunjukkan untuk membantu kerusakan tulang.
  • Buah Strowberry
Strowberry kaya akan dua jenis fenol: anthocyanin dan ellagitannins. Anthocyananins memberikan warna merah Strowberry dan merupakan antioksidan kuat yang membantu melindungi struktur sel tubuh dan mencegah kerusakan oksidatif. Strowberry merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin C, mangan serta sumber yang sangat baik dari serat. Strowberry memberi perlindungan terhadap jantung, serta anti-kanker dan komponen anti-inflamasi.
  • Anggur Segar
Tanda Dan Obat Untuk Sakit Ginjal Paling Ampuh Yang Aman
Anggur Merah 
Anggur merah mengandung flavonoid yang memberikan warna kemerahan. Flavonoid membantu melindungi tubuh terhadap penyakit jantung dengan mencegah oksidasi dan mengurangi pembentukan bekuan darah. Resveratrol, sebuah flavonoid yang ditemukan dalam anggur, juga dapat merangsang produksi oksida nitrat yang membantu relaksasi sel-sel otot di pembuluh darah untuk meningkatkan aliran darah. Flavonoid ini juga memberikan perlindungan terhadap kanker dan mencegah peradangan.
  • Ikan Salmon
Ikan menyediakan protein berkualitas tinggi dan mengandung lemak anti-inflamasi yang disebut omega-3. Lemak sehat dalam ikan membantu memerangi penyakit seperti penyakit jantung dan kanker. Omega-3 juga membantu menurunkan low-density lipoprotein atau kolesterol LDL, yang merupakan kolesterol jahat, dan meningkatkan high-density lipoprotein atau kolesterol HDL, yang merupakan kolesterol baik.
  • Kubis
Kubis merupakan sayuran cruciferous. Kubis menandung banyak fitokimia, senyawa kimia dalam buah atau sayuran yang memecah radikal bebas. Kubis juga mengandung phytochemical yang berfungsi melawan penyakit ginjal, kanker, serta kesehatan jantung. Sulforaphane, fitokimia dalam sayuran, dapat mencegah atau menghentikan pertumbuhan sel kanker di paru-paru, usus besar, payudara, kandung kemih, prostat dan kanker ovarium.

Selain itu, sayuran ini juga tinggi vitamin K, vitamin C dan serat. Kubis juga merupakan sumber yang baik dari vitamin B6 dan asam folat, serta rendah kalium. Dan yang pasti kubis harganya murah sehingga dapat dinikmati semua kalangan.

Tips Mencegah Sakit Ginjal

  • Seringlah Berolah Raga
Para ahli dan peneliti yakin bahwa obesitas sangat terkait dengan masalah kesehatan yang berhubungan dengan ginjal terkait. Kelebihan berat badan akan menghadirkan resiko masalah ginjal dua kali lipat. Berolahraga, diet sehat, serta mengatur porsi makan seimbang pasti bisa membantu menurunkan kelebihan berat badan dan meningkatkan kesehatan ginjal. Selain itu, Anda akan selalu merasa segar dan aktif.
  • Hati-Hati Minum Obat Atau Jamu
Jika Anda mengambil suplemen vitamin atau beberapa suplemen herbal, Anda harus mempertimbangkan dengan kebutuhan Anda. Berlebihan mendapatkan asupan vitamin dan herbal tertentu atau jamu terkait dengan kerusakan ginjal. Anda harus berkonsultasi dengan dokter mengenai risiko penyakit ginjal sebelum mengambil suplemen dan jamu.
  • Minum Air Banyak Setiap Harinya
Air sangat penting untuk membantu Anda agar tetap terhidrasi, serta membantu ginjal untuk membuang semua racun dari dalam tubuh Anda. Air juga membantu tubuh untuk mempertahankan volume dan konsentrasi darah. Hal ini juga membantu pencernaan dan mengontrol suhu tubuh. Jadi pastikan Anda terhindar dari dehidrasi dengan mendapatkan jumlah cairan yang cukup setiap hari.

Kesimpulan

Pada umumnya penderita penyakit ginjal hanya boleh mengkonsumsi kalori sekitar 35kkal/kg/hari (dikalikan berat tubuh). Sedangkan untuk asupan mineral hanya boleh rata – rata 500 mililiter per-hari. Asupan sayur dan buah yang tinggi kalium sangat disarankan untuk tidak dikonsumsi. Begitu pun protein dan karbohidrat yang tinggi, jadi aturlah makanan untuk penderita penyakit ginjal agar tidak berdampak berbahaya.
Terimakasih telah mengunjungi blog kami semoga bermanfaat www.seh4t.com
Previous Post
Next Post

0 komentar: