Kamis, 11 Mei 2017

Letak Ginjal Dan Struktur Ginjal Manusia Dan Penjelsannya Masing-Masing

Letak Ginjal Dan Struktur Ginjal Manusia Dan Penjelsannya Masing-Masing Ginjal menjadi salah satu organ yang paling penting di dalam tubuh manusia. Umumnya manusia memiliki ginjal 2 buah yang ada di bagian kanan dan kirinya. Ginjal menjadi salah satu organ manusia yang berguna sebagai filter atau alat penyaring. Apa yang bisa di saring ginjal? Tentu saja darah manusia yang mengandung bahan bahan lain. Jika bahan tersebut penting, maka akan di serap kembali oleh organ penyerap. Namun jika bahan tersebut tidak penting, akan di buang melalui urin atau kencing. Bentuk ginjal yang mirip seperti kacang merah ini terletak di bawah perut sebelah kanan dan kiri tulang vertebrate.
Letak Ginjal Dan Struktur Ginjal Manusia Dan Penjelsannya Masing-Masing
Struktur Ginjal
Pada ginjal manusia terdapat beberapa bagian utama yang dapat membantu proses berjalannya fungsi ginjal secara sempurna, yang dapat melindungi ginjal agar tidak mudah terjadi kerusakan ke bagian organ tubuh yang lainnya. Ginjal memiliki ukuran yang bervariasi yang tergantung dari jenis kelamin, umur dan ada tidaknya ginjal pada sisi yang lain. Ginjal juga memiliki organ yang lainnya yang memiliki fungsi masing-masing untuk membantu proses pencernaan di dalam tubuh.

Bagian Utama Ginjal Dan Penjelasannya

Untuk mengenali anatomi ginjal, kita sebaiknya memulainya dengan mengetahui apa saja bagian-bagian ginjal dan fungsinya yang utama terlebih dulu yang dibedakan menjadi 3, yaitu korteks, medula, dan pelvis renalis.

  • korteks

Yang pertama adalah korteks, bagian terluar pada ginjal yang terletak antara kapsul ginjal dan juga medula ginjal. Fungsi korteks adalah sebagai tempat terjadinya filtrasi dan ultrafiltrasi. Di dalam korteks terdapat jutaan nefron yang terdiri dari badan malphigi. Setiap badan malphigi itu sendiri tersusun dari glomerulus yang diselimuti oleh kapsula Bowman dan juga beberapa saluran yang terdiri dari tubulus kontortus proksimal dan tubulus kontortus distal. Jutaan nefron yang berada pada korteks ini membuat permukaan kapiler ginjal menjadi lebih luas

  • Mendula

Bagian utama ginjal selanjutnya adalah medula atau sumsum ginjal yang bentuknya seperti piramid. Bagian utama medula sendiri adalah terdiri dari 8-12 piramida renalis, yang yang berfungsi untuk menyalurkan sisa hasil filtrasi dari tubulus kolektivus ke kaliks. Di dalam medula terdapat nefron yang memanjang dari bagian korteks. Bagian nefron yang ada di medula adalah lengkung henle dan tubulus kolektivus.

  • Pelvis Renalis

Yang terakhir pelvis renalis atau rongga ginjal, yaitu bagian atas ureter yang melebar. Pelvis sendiri adalah tempat penampungan urine dan selanjutnya akan mengalirkan urin menuju ke kandung kemih atau vesika urinaria melalui saluran ureter. Dan di dalam kandung kemih, urin disimpan untuk sementara waktu sebelum akhirnya urin dikeluarkan dari tubuh melalui uretra.
Baca Juga Ini : Tanda Tanda Penyakit Ginjal Dan Pencegahannya Agar Tidak Makin Parah

Bagian-Bagian Dalam Ginjal dan Fungsinya

  • Tubulus Kolektivus 
Sedangkan bagian ini berbentuk seperti tabung yang panjang dan sempit yang menampung urin untuk disalurkan ke pelvis menuju ke kandung kemih sebelum akhirnya dikeluarkan dari tubuh.
  • Lengkung henle 
Sedangkan bagian ini adalah penghubung antar tubulus kontortus proksimal dan tubulus kontortus distal.

  • Nefron
Bagian ini adalah bagian yang menyaring darah, dan seperti yang tadi sudah dibahas sebelumnya, di dalam korteks ada jutaan nefron. Setiap nefron terdiri dari glomerulus, kapsula bowman, tubulus kontortus proksimal, distal, kolektivus dan juga lengkung henle yang kan dibahas pada poin selanjutnya.

  • Kapsula Bowman
Bagian-bagian ginjal dan fungsinya selanjutnya adalah kapsula bowman, sebuah kantong atau kapsul yang menyelimuti glomerulus.

  • Tubulus kontortus distal
setelah menjadi urine sekunder, zat-zat yang tidak berguna dilepaskan oleh tubulus kontortus distal dan menghasilkan urin sesungguhnya.

  • Glomerulus

Bagian ini berfungsi sebagai tempat penyaringan darah yang menyaring air, garam, asam amino, glukosa dan juga urea. Setelah itu glomerulus akan menghasilkan urin primer yang akan dilanjutkan ke bagian selanjutnya.

  • Tubulus kontortus Proksimal

Seperti yang sudah dibahas tadi, bagian ini berfungsi untuk reabsorbsi urin primer untuk menghasilkan urin sekunder.

Proses Terbentuknya Urin yang Terjadi pada Bagian-Bagian Ginjal


  • Augmentasi
Proses augmentasi di mana urin sekunder yang berasal dari lengkung henle akan disalurkan ke tubulus kontortus distal. Pada bagian itulah urin sekunder akan mengalami proses augmentasi, di mana urin sekunder akan ditambahkan beberapa zat yang tidak dibutuhkan tubuh. Proses ini akan menghasilkan urin sesungguhnya yang akan dikeluarkan melalui ureter. Urin tersebut terdiri dari 96% air, 1,5% garam, dan 2,5 urea, sedangkan sisanya terdiri dari substansi lainnya.

  • Reabsorbsi

Proses reabsorbsi terjadi pada tubulus kontortus proksimal yang nantinya akan menghasilkan urin sekunder. Pada proses ini akan terjadi penambahan beberapa zat sisa serta urea yang ada pada tubulus kontortus distal. Sedangkan zat-zat yang masih berguna pada urin primer yang melalui proses reabsorbsi akan dikembalikan lagi ke darah melalui pembuluh kapiler.

  • Filtrasi

Proses filtrasi ini terjadi pada kapiler glomerulus dan kapsul bowman. Ada beberapa faktor yang bisa memantu melancarkan proses filtrasi ini, yaitu tekanan hidrolik dan juga pemeabilitas yang tinggi pada glomerulus itu sendiri. Pada glomerulus juga terjadi beberapa proses lain diantaranya adalah pengikatan kembali sel-sel darah, keping darah, dan juga sebagian besar protein plasma yang ada di dalam tubuh. Proses ini akan menghasilkan urin primer.

Bagian Penting Ginjal Untuk Saluran Pencernaan

Ginjal juga memiliki bagian-bagian terpenting di dalam ginjal yang berupa jaringan-jaringan untuk membantu pemprosesan berjalannya saluran-saluran pencernaan yang ada di dalam tubuh serta memiliki fungsi masing-masing dari setiap organ yang akan bekerja secara maksimal untuk membantu proses pencernaan pada manusia.

  • Diafragma

Ini merupakan organ yang terletak di atasnya ginjal. Tidak berperan langsung dalam ginjal, namun dalam proses pernapasan. Fungsi diafragma adalah Saat darah yang mengalir ke tubuh (darah mengandung oksigen yang berasal dari pernapasan) masuk ke dalam ginjal, akan di olah sedemikian rupa sehingga menghasilkan urin yang berupa zat pembuangan dan racun tubuh.

  • Kelenjar adrenal

Merupakan salah satu kelenjar endokrin yang berada di atas ginjal dengan bentuk pyramid. Sangat berperan dalam control stress tubuh dalam sintesis kortikosteroid dan katekolamin. Stress dalam tubuh juga mempengaruhi produksi urin yang ada di dalam tubuh.

  • Vena cava inferior

Merupakan pembuluh balik terbesar yang ada di bagian bawah (dari badan sampai ke dua kaki). Pembuluh ini berfungsi sebagai penerima darah kotor atau yang mengandung CO2 (karbon dioksida)

  • Aorta Abdominalis

Merupakan pembuluh arteri terbesar yang ada, letaknya di civitas abdominalis atau di bagian rongga perut. Pembuluh ini yang membawa darah kiriman dari aorta decendens.

  • Kandung kemih

Merupakan organ tubuh yang berfungsi sebagai penyalur dan tempat penampungan air urin sementara sebelum di buang. Di kandung kemih, urin masuk ke dalam kantung yang mana ketika sudah mulai penuh akan mengirimkan sinyal sinyal dari bagian otot dan syaraf yang di lanjutkan ke otak. Nantinya akan muncul respond an hasrat ingin ‘pipis’. Otot akan menahan air tersebut keluar, sampai individu tersebut menemukan tempat yang pas untuk membuang air kencing. Jika air urin yang ada di dalam tubuh sudah mencapai batas maksimal, otot tidak akan mampu untuk menahan kontraksi tersbut. Maka mau tidak mau akan keluar dengan sendirinya.

  • Uretra

Merupakan saluran yang menyampungkan antara kandung kemih dengan lingkunga di luar tubuh. Uretra inilah merupakan satu satunya jalan air urin jeluar dari tubuh manusia. Selain berguna sebagai alat sistem ekskresi, uretra juga berperan dalam sistem seksual manusia.

Diatas adalah penjelasan mengenai Letak Ginjal Dan Struktur Ginjal Manusia Dan Penjelsannya Masing-Masing Untuk mengatasi agar tidak terjadinya kerusakan pada ginjal atau kerusakan tubuh yang lainnya

Tips Untuk Menghindari Sakit Ginjal

Inilah beberapa cara kita untuk menghindari penyakit ginjal dengan baik dan benar serta tak ada efek sampingya

  • Pola Hidup Sehat

Kesehatan tubuh pada dasarnya dapat tetap terjaga apabila pola hidup yang kita terakan sehari-hari benar. Pola hidup sehat dapat ditempuh dengan cara olah raga teratur, terutama meluangkah waktu untuk melakukan gerakan-gerakan yang baik bagi ginjal. Selain itu, menunjang dengan makanan atau minuman sehat yang kita konsumsi juga penting. Apabila pola hidup sehat telah diterapkan tentunya resiko menderita penyakit ginjal dapat diminimalisir bahkan dihindari.

  • Jangan Menahan Air Kencing Terlalu Lama

Kencing atau buang air kecil yang selalu ditahan akan berdampak tidak baik bagi kinerja ginjal. Bahkan proses filterisasi darah yang dilakukan oleh ginjal dapat terhambat. Pada saat proses filterisasi berlangsung maka cairan urin yang berada didalam kandung kemih harus segera dibuang ketika telah melebihi jumlah penampungan cairan limbah. Secara medis, seseorang akan merasakan gejala ingin buang air kecil ketika kandung kemih telah terisi sebanyak 120 hingga 150 ml cairan urin.

Pada jumlah cairan ini, kandung kemih sebenarnya masih mampu menahan cairan dalam jumlah yang lebih banyak lagi. Meskipun demikian apabila dilakuakan dalam jangka waktu yang lama akan membuat kandung kemih merenggang melebihi kapasitas tampungan urin. Dampak dari hal tersebut yakni terpengaruhnya proses filter darah ynag dilakukan oleh ginjal. Untuk itu, sebaiknya ketika tubuh telah merasakan panggilan alam, sebaiknya tidak menahannya terlalu lama.

  • Hindari Makanan Berlemak

Makanan yang mengandung lemak jenuh tidak hanya berpotensi menyebabkan seseorang mengalami obesitas atau kelebihan berat badan namun dapat juga berdampak buruk bagi fungsi ginjal. Kadar kolesterol didalam tubuh akan meningkat jika kita mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak dalam jumlah yang banyak serta dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama. Fungsi ginjal akan terganggu karena kadar darah didalam tubuh mengalami peningkatan akibat kadar kolesterol yang tinggi.

Terimakasih Telah mengunjungi blog tentang Letak Ginjal Dan Struktur Ginjal Manusia Dan Penjelsannya Masing-Masing  semoga bermanfaat ya. untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi situs sehat kami yang mencakup semua masalah kesehatan dan solusi untuk menjadikan hidup sehat serta kepribadian yang sehat luar dalam. Silahkan klik di www.seh4t.com
Previous Post
Next Post

0 komentar: