Kamis, 01 Juni 2017

Cara Meredakan Batuk Berdahak Sampai Hilang Secara Alami

Batuk Berdahak


Batuk memang sejatinya merupakan proses alamiah yang dialami oleh setiap orang dan batuk itu sendiri ialah salah-satu bentuk pertahanan tubuh. Dengan dampak negative yang ditimbulkan batuk tidak serius, batuk ini akan sangat baik bagi tubuh.

Adapun penyebab batuk sangatlah beragam dan sangat terkait erat dengan sistem pernapasan. Batuk juga memiliki tingkat keparahannya sendiri, mulai dari batuk ringan, sedang sampai batuk berat yang kerap kali dibarengi dengan keluarnya darah. Secara umum batuk terbagi menjadi dua bagian ada yang disebut dengan batuk berdahak dan batuk tidak berdahak (batuk kering). Dalam kasus batuk berdahak tentu saja sangat mengganggu aktifitas keseharian Anda yang padat dan memiliki mobilitas yang tinggi dan tidak bisa dipungkiri juga terkadang batuk bedahak bisa meruntuhkan kepercayaan diri saat dihadapan umum dengan efek dahak yang dihasilkan.

Batuk tidaklah sesederhana sebagaimana yang disangka banyak orang. Ada beberapa alasan yang menyebabkan seseorang terserang batuk baik berjangka pendek sampai berkepanjangan yang kalau tak segera dibereskan akan bertambah parah dan sangat mengganggu aktifitas, yakni sebagai berikut:
  • Pilek dan Influenza. Terserang pilek dan influenza juga merupakan penyebab yang paling umum terjadinya batuk.
  • Asma. Penyakit batuk yang masih baru bisa disebabkan oleh asma ringan (terjadinya peradangan atau penyempitan pada saluran nafas). Makanya, bagi Anda atau keluarga yang ingin terhindar dari serangan asma, berusahalah semaksimal mungkin menghindarkan diri dari iritan yang dapat menyebabkan gangguan pernapasan, termasuk batuk.
  • Tetesan lendir di belakang hidung. Produksi dahak secara berlebihan bisa terjadi pada beberapa alergi dan sinusitis (lapisan mukus yang meradang di dalam sinus). Mukus yang menetes dari belakang hidung ke tenggorokan akan mengakibatkan iritasi dan biasanya bisa mendatangkan batuk.
  • Obat-obatan. Mungkin Anda belum tahu bahwa batuk bisa jadi adalah efek samping dari obat-obatan yang dihirup misalnya efek dari mengkonsumsi obat kortikostreoid. Batuk juga bisa terjadi karena pemakaian betablocker dan penghambat angiotensin converting enzyme (ACE) yang biasanya diresepkan untuk penyakit jantung.
  • Gastroesophagael reflux. Kondisi batuk yang semakin buruk disaat Anda berbaring bisa disebabkan oleh mengalirnya asam lambung ke dalam esophagus. Gatroeshopagael reflux juga bisa menjadikan batuk akibat asma semakin parah.
  • Lingkungan. Kondisi lingkungan sangatlah berpengaruh besar terjangkitnya batuk seperti debu, asap, asap rokok, udara yang dingin sampai semprotan aerosol bisa menjadi penyebab batuk.

Penyembuhan pada batuk berdahak yang berat haruslah segera dilakukan untuk mencegah batuk semakin parah dan agar Anda bisa menjalani keseharian sebagaimana mestinya. Batuk berdahak ternyata tak hanya bisa diobati dengan obat-obatan yang diproduksi oleh pabrik namun bisa juga diobati dengan bahan-bahan tradisional.

Meminum obat dari apotek atau dokter adalah cara yang lumrah yang dilakukan oleh sebagian besar diantara kita namun terkadang ada juga penderita batuk yang membiarkan penyakitnya tersebut dan memiliki keyakinan bahwa penyakit batuknya akan sembuh sendiri. Selain mengkonsumsi obat yang bersifat kimiawi, ada terdapat banyak cara yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan batuk berdahak dengan cara alami atau tradisional. Bahkan penggunaan bahan alami untuk mengobati batuk hampir tidak memiliki efek samping. Selain itu juga mampu menghilangkan batuk dengan cepat, tidak kalah cepat dengan obat modern/kimiawi.

Dibawah ini kami akan mencantumkan beberapa Cara Meredakan Batuk Berdahak Sampai Hilang Secara Alami yang tanpa ada maksud untuk menafikan obat modern/kimiawi dan hanya berupya memberikan alternatif dalam mengobati batuk berdhak yang anda derita. Mangga dibaca atuuuuhhh gaaann....!!!
  1. Jeruk Nipis. Telah menjadi rahasia umum buah jeruk nipis ini adalah salah satu obat batuk berdahak alami yang dapat menyembuhkan batuk dengan cepat. Caranya; Campurkan perasan air jeruk nipis dengan madu dan air hangat. Perbandingan antara perasan jeruk nipis, madu dan air adalah 1:3:5. Adapun cara yang lebih mudah yaitu dengan mencampurkan perasan jeruk nipis dengan kecap. Metode ini juga cukup efektif untuk mengatasi batuk berdahak pada anak jika dikonsumsi dua kali sehari dengan takaran satu sendok teh.
  2. Daun Kemangi. Obat batuk berdahak alami lainnya adalah dengan bantuan daun kemangi. Tumbuhan dengan bau yang khas ini biasanya dipakai sebagai lalaban apalagi bagi orang sunda yang sangat menyuki lalaban hijau dalam menu makannya. Daun Kemangi ini pun sanagatlah banyak khasiatnya bagi kesehatan tubuh manusia yang diantaranya ialah untuk membantu melegakan tenggorokan yang disebabkan oleh dahak. Caranya; Ambil 2-3 daun kemangi rebus dengan 1-2 gelas air putih. Minum ramuan tersebut selagi hangat agar tenggorokan terasa lebih lega dan batuk berdahak akan lekas sembuh dianjurkan 3x1 dalam mengkonsumsinya (berhasiat juga bagi kejantanan pria lho).
  3. Obat Batuk Berdahak

  4. Belimbing Wuluh. Buah ini memiliki ukuran kecil yang bentuknya seperti belimbing, namun warnanya hijau dan mempunyai rasa masam. Buah belimbing wuluh merupakan obat batuk berdahak tradisional untuk anak-anak hingg dewasa. Caranya; Campurkan belimbing wuluh dengan beberapa butir adas, sedikit gula dan air satu cangkir. Lalu rebus campuran-campuran tersebut hingga mendidih dan airnya tinggal sedikit. Setelah mulai dingin saring dan minum.
  5. Wedang Jahe. Wedang jahe tidak hanya nikmat dan menghangatkan, namun irisan jahe yang dibuat minuman hangat cukup efektif dalam membantu mengobati batuk berdahak. Teh jahe dikenal sebagai obat batuk berdahak tradisional oleh masyarakat Asia sejak lama. Disarankan untum minum wedang jahe sehari dua kali dan bila anda mencampurkan gula kedalamnya diusahakan untuk memakai gula jawa/merah asli.
  6. Kunyit. Obat batuk berdahak tradisional selanjutnya adalah dengan kunyit, rimpang yang sudah sangat tidak asing bagi orang Indonesia. Caranya; Sangatlah mudah yaitu dengan menumbuk kunyit yang telah dibersihkan, lalu campurkan dengan madu ke dalam segelas susu. Minum ramuan kunyit ini cukup efektif dalam mengatasi batuk berdahak secara alami.

Itulah beberapa Cara Meredakan Batuk Berdahak Sampai Hilang Secara Alami yang sangat mudah dan aman untuk alternatif pengobatan dan terdapat banyak keuntungan menggunakan bahan-bahan alami tersebut karena memiliki karakteristik yang sama sekali berbeda dengan obat-obatan yang mengandung bahan kimia. Bahan-bahan alami yang digunakan untuk obat terbebas dari efek samping apapun sehingga bisa digunakan secara berkelanjutan. Sekarang, pilihannya terserah pada Anda sendiri, apakah mau mengobati batuk berdahak dengan obat kimiawi atau memakai obat-obatan berbahan alami.


Baca Juga;
Apa Merk Obat Batuk Anak Yang Bagus Aman Diberikan
Bagaimana Cara Mengobati Batuk Secara Alami Yang Tidak Berdahak?


Sekian artikel ini kami akhiri semoga dapat bermanfaat dan kami berharap agara anda dapat memaklumi akan kekurangan dan kesalahan yang terdapat didalamnnya. Kunjungi kami selalu dan salam sehat dari kami www.seh4t.com terima kasih.
Previous Post
Next Post

0 komentar: