Kamis, 01 Juni 2017

Cara Mengatasi Batuk Kering Pada Anak Tidak Berdahak

Batuk sering kali menyerang anak-anak terlebih disaat pergantian cuaca. Kondisi ini tentu membuat si kecil menjadi tak nyaman dan menjadi rewel, apalagi jika jenis batuknya batuk kering. Batuk sendiri terbagi menjadi 2 bagian yaitu batik kering dan batuk berdahak. Batuk kering kondisi pada umumnya akan bertambah parah saat cuaca sedang panas dan kondisi ini akan menambah penderitaan sang buah hati. Namun, anda para orang tua tak perlu khawatir, ada Cara Mengatasi Batuk Kering Pada Anak Tidak Berdahak yang akan kami paparkan dibawah ini. Monngo disimak.......!!!!

 Batuk Kering Pada Anak

Sebelum lebih lanjut kita membahas tentang Cara Mengatasi Batuk Kering Pada Anak Tidak Berdahak, penting bagi kita mengetahui faktor yang bersangkutan dengan batuk itu sendiri.

. Jenis Batuk Kering


Batuk kering dibagi lagi menjadi tiga jenis yaitu:
  1. Batuk kering biasa. Batuk jenis ini adalah paling sering disebabkan oleh infeksi virus dari hidung dan tenggorokan. Di mana Anda akan mengalami batuk terus menerus dengan perasaan ada sesuatu yang mengganjal di tenggorokan. Biasanya akan sembuh dalam 1 atau 2 minggu.
  2. Batuk menggonggong atau croup. Batuk yang begitu gigih dan sampai-sampai suaranya mirip dengan lolongan anjing, terutama terlihat pada penyakit laringitis (Pembengkakan atau infeksi pita suara). Ketika pasien batuk, ada rasa sakit di tenggorokan dan kesulitan bernafas.
  3. Batuk rejan. Btuk ini disebut juga dengan batuk 100 hari atau pertusis, yang disebabkan oleh bakteri. Saat ini kejadiannya sangat jarang karena adanya program imunisasi (DPT) yang dijalankan oleh pemerintah Indonesia. Kondisi ini biasanya hanya terlihat pada anak-anak. Ini adalah batuk di mana pasien batuk terus menerus, setelah itu ada suara teriakan karakteristik dan suara keras tarikan napas.

. Penyebab Batuk Kering


Penyebab Batuk Kering dapat disebabkan oleh berbagai kondisi dan yang paling sering terjadi ialah:
  • Asma,
  • Reaksi alergi,
  • Radang tenggorokan,
  • Terhirupnya iritan seperti debu atau asap.

Sealin itu, ada kondisi yang lebih serius yang dapat menimbulkan batuk kering, walaupun hal ini tergolong sangat langka seperti :
  • PPOK (penyakit paru obstruktif kronik).
  • GERD (gastro oesophagal reflux disease).
  • Penyakit jantung (dalam kasus yang jarang).

. Pencegahan Batuk Kering


Berikut adalah beberapa cara sederhana dan mudah untuk mencegah agar batuk kering tidak menyebar terhadap orang lain:
  • Selalu mencuci tangan secara menyeluruh dengan air dan sabun.
  • Jika Anda menderita batuk, tutup hidung dan mulut saat batuk atau bersin.

Selain itu, ada beberapa hal yang harus Anda hindari ketika Anda sedang menderita batuk kering:
  • Hindari asap rokok
  • Hindari minuman berkafein
  • Hindari makan makanan yang digoreng
  • Hindari mengonsumsi makanan dingin (es)
  • Hindari makan berlebihan pada malam hari
  • Hindari tidur dengan kepala datar dengan punggung

Disaat anak anda telah terlanjur menderita batuk kering, para orang tua janganlah terlalu khawatir karena ada Cara Mengatasi Batuk Kering Pada Anak Tidak Berdahak yang sangat mudah dan bisa dilakukan dirumah dan yang pastinya andalah para orang tua yang menjadi perawat + dokter pertama bagi buah hati anda. Berikut ini cara mengatasi batuk kering yang diantaranya;
  1. Uap air panas. Anda dapat mencoba menghidupkan shower air panas di kamar mandi agar dapat menghasilkan uap air, lalu tutup rapat kamar mandi dan biarkan anak anda agar dapat menghirup uap yang dihasilkan dari air panas tersebut selama beberapa menit. Apabila anda tidak memiliki fasilitas shower air panas, anda dapat mendidihkan air dan cobalah agar anak anda menghirup uap dari air panas tersebut dan jangan sampai kelamaan juga lho.
  2. Makan sup hangat. Menurut pendapat David Becker, MD, professor yang berasal dari Universitas California, Departemen Ilmu Kesehatan Anak, mengungkapkan bahwa dengan memberikan kombinasi sup ayam yang diberi tambahan bawang putih dapat membantu membunuh virus, sehingga batuk pada anak pun akan berangsur-angsur sehat dan merasa lebih segar setelah mengkonsumsinya.
  3. http://www.seh4t.com/2017/05/obat-batuk-anak-yang-bagus.html
  4. Perbanyak minum air putih hangat. Pada saat buah hati anda sedang di landa batuk kering, sebaiknya perbanyaklah memberiberi minum air putih hangat agar dapat melegakan tenggorokan pada anak. Karena pada saat anak anda mengalami batuk kering, tenggorokannya akan terasa perih dan kering yang disebabkan batuk yang terus menerus.

Atau anda dapat memilih cara lain diantaranya dengan;
  • Berkumur dengan air garam hangat.
  • Minum Cairan Hangat.
  • Tablet hisap pelega tenggorokan.
  • Gunakan Vaporubs.
  • Tidur Dengan kepala ditinggikan.
  • Menggunakan kunyit.
  • Mengonsumsi Madu.
  • Ramuan wedang jahe.
  • Ramuan bawang putih.

. Komplikasi Batuk kering


Jika batuk kering ini terjadi dalam rentan waktu yang cukup lama, segeralah anda untuk mengobatinya dengan langkah-langkah diatas. Dan jika tidak kunjung sembuh Biasanya, ketika batuk berlangsung selama lebih dari seminggu dan obat bebas yang Anda gunakan tidak berhasil, maka itu berarti Anda perlu dokter. Karena bila tidak cepat-cepat ditangani, batuk kering ini dapat menyebabkan banyak masalah. Seseorang dapat mengembangkan komplikasi karena kondisi yang mendasar seperti ketidak mampuan untuk bernapas, pingsan, atau bahkan kematian. Komplikasi lain adalah sifat fisik dari batuk itu sendiri. Terkadang sifat batuk begitu parah sehingga dapat menyebabkan muntah, patah tulang rusuk, nyeri otot di belakang dan inkontinensia urin atau feses (kencing tanpa sadar).

Baca Juga;
Cara Meredakan Batuk Berdahak Sampai Hilang Secara Alami
Apa Merk Obat Batuk Anak Yang Bagus Aman Diberikan



Sekian artikel ini kami akhiri semoga dapat bermanfaat dan kami harap anda dapat memaklumi akan kekurangan dan juga kesalahan yang terdapat didalamnya. Kunjungi situs kami selalu dan salam sehat dari kami www.seh4t.com terima kasih.
Previous Post
Next Post

0 komentar: