Kamis, 08 Juni 2017

Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi Baru Lahir 0 Bulan

Cegukan bayi disebabkan oleh kontraksi diafragma dan penutupan cepat pita suara. Penutupan pita suara yang cepat inilah yang menciptakan suara cegukan.
cegukan
Karena cegukan cenderung mengganggu orang dewasa, banyak orang menganggap mereka juga mengganggu bayi. Namun, bayi biasanya tidak terpengaruh olehnya. Sebenarnya, banyak bayi bisa tidur melalui cegukan tanpa terganggu, dan cegukan jarang mengganggu atau memberi efek pada pernapasan bayi.

Jika bayi Anda cukup umur, beri mereka minuman. Banyak orang menganjurkan air minum dari "sisi yang salah" (yaitu membungkuk, setengah terbalik), tapi ini jelas sangat sulit dan berbahaya untuk membuat bayi Anda melewatinya. Sebaiknya beri bayi Anda sebotol air (dengan adaptor puting susu, misalnya) atau bahkan cangkir sippy jika anak Anda sudah cukup umur.

Tapi jika Anda ingin menyingkirkan cegukan bayi Anda, berikut beberapa tipnya:
  1. Sendawa bayi Anda.
  2. Beri mereka dot.
  3. Biarkan cegukan menjalankan jalan mereka.
  4. Pakan bayi Anda mengendus air.
  • 1. Istirahat dan bersendawa
Mengambil istirahat dari makanan untuk bersendawa bayi Anda dapat membantu menyingkirkan cegukan, karena bersendawa bisa menyingkirkan kelebihan gas yang mungkin menyebabkan cegukan. Burping juga akan membantu karena menempatkan bayi Anda pada posisi tegak. American Academy of Pediatrics menyarankan untuk memberi makan bayi yang diberi susu botol setelah setiap 2 sampai 3 ons. Jika bayi Anda disusui, Anda harus bersendawa setelah mereka beralih ke payudara.

Berhenti dan bersendawa bayi Anda setengah jalan melalui makan. Cara lain untuk memperlambat asupan susu bayi Anda adalah dengan melakukan istirahat setengah jalan saat menyusui. Bila Anda siap untuk mengalihkan bayi dari satu payudara ke payudara lainnya, jeda dan bersendawa dia dengan lembut sebelum melanjutkan menyusui dengan payudara yang lain. Jika Anda memberi makan botol, ambillah bayi untuk bersendawa saat botol sudah setengah selesai. Ini memberi bayi Anda kesempatan untuk mencerna sebagian dari susu, mengurangi kemungkinan bahwa dia akan terlalu kenyang dan mulai cegukan.

Tips:
Gosok atau tepuk lembut punggung bayi Anda saat mereka mengalami cegukan. Jangan menampar atau memukul area ini secara kasar atau dengan terlalu banyak kekuatan.

  • 2. Gunakan dot
Cegukan bayi tidak selalu dimulai dari menyusui. Ketika bayi Anda mulai cegukan sendiri, cobalah membiarkan mereka mengisap dot, karena ini akan membantu mengendurkan diafragma dan mungkin membantu menghentikan serangan cegukan.
cegukan
 Jika Menyusui dudukan  bayi Anda tegak saat menyusui. Perut bayi Anda mungkin juga semakin membesar karena menelan terlalu banyak udara saat menyusui. Terkadang posisi bergeser bisa memperbaiki masalah ini. Pergeseran dia ke posisi yang lebih tegak (30 - 45 derajat sudut) saat menyusui agar udara tidak mendapat kesempatan untuk menetap di perut dan menyebabkan diafragma berkontraksi.

  • 3. Biarkan mereka berhenti sendiri
Lebih sering daripada tidak, cegukan bayi Anda akan berhenti sendiri. Jika mereka tidak mengganggu bayi Anda, maka Anda bisa membiarkannya berjalan sesuai keinginan mereka.

Jika Anda tidak terganggu dan cegukan bayi Anda tidak berhenti sendiri, beri tahu dokter mereka. Meski jarang terjadi, cegukan menjadi pertanda adanya masalah medis yang lebih serius.

  • 4. Cobalah mengatasinya
Jika bayi Anda tampak tidak nyaman karena cegukannya, maka Anda mungkin ingin mencoba memberi mereka makan air. Air putih adalah kombinasi ramuan dan air yang dipercaya oleh beberapa orang untuk membantu kolik dan ketidaknyamanan usus lainnya.

Pelajari lebih lanjut: Cara Menghentikan Cegukan Pada Bayi Dengan Cepat

Jenis tumbuh-tumbuhan dapat bervariasi dan mungkin termasuk jahe, adas, chamomile, dan kayu manis. Meskipun air mengeluh belum terbukti membantu cegukan pada bayi, ini adalah produk yang berisiko rendah.

Sebelum memberi bayi sesuatu yang baru, selalu disarankan agar Anda membicarakannya dengan dokter bayi Anda.

Tips:
Periksa daftar bahan sebelum memberi makanan yang dibeli di toko kepada bayi Anda.
Mencegah cegukan
Ada beberapa cara untuk mencegah episode cegukan. Namun, sulit untuk mencegah cegukan bayi Anda sama sekali karena penyebabnya tidak selalu jelas. Cobalah metode ini untuk mencegah cegukan:
  1. Pastikan bayi Anda tenang saat memberi makan mereka. Ini berarti tidak menunggu sampai bayi Anda sangat lapar sehingga mereka kesal dan menangis sebelum makan mereka dimulai.
  2. Setelah menyusui, hindari aktivitas berat dengan bayi Anda, seperti memantul naik turun atau berenergi tinggi.
  3. Jaga bayi Anda dalam posisi tegak selama 20 sampai 30 menit setelah makan.
  • Menggunakan solusi yang belum diverifikasi
Cobalah sedikit gula. Saran ini mungkin sudah dimulai sebagai kisah istri tua, namun beberapa dokter benar-benar berada di belakangnya. Masukkan sedikit gula ke dot atau jari Anda. Jilat saja jari / empeng dan masukkan ke dalam mangkuk gula. Minta bayi mengisapnya selama beberapa menit, dan cegukan kemungkinan besar akan pudar.  Pemikiran (yang belum benar-benar tidak ilmiah) adalah bahwa usaha yang diperlukan untuk menelan gula dalam bentuk butirannya mengganggu diafragma kembali menjadi normal, karena tidak ada frase yang lebih baik.

Catatan: cobalah hanya memasukkan sedikit gula di bawah lidah bayi dan dorong mereka untuk menelan gula dengan cepat, sebelum larut, Cara lain untuk melakukannya adalah dengan mencelupkan dot di gula memasukkannya ke mulut anak Anda.

Pijat punggung bayi Anda. Gosok punggung yang lembut bisa melonggarkan otot anak Anda, memberi diafragma oke untuk rileks. Dengan gerakan ke atas, gerakkan tangan Anda dari punggung kecil sampai ke bahu, sebaiknya saat bayi masih tegak. Teknik ini mungkin memerlukan waktu beberapa menit untuk mulai bekerja.

Cara lain untuk melakukan ini adalah dengan menempatkan bayi Anda di tanah pada perutnya, dan biarkan dia bergerak sedikit. Ini akan membantu menyingkirkan gelembung udara yang menyebabkan cegukan di tempat pertama. Sekarang gosok perlahan punggung bayi Anda sampai cegukan mereda.

Jangan mencoba salah satu metode berikut. Metode berikut, sementara pengobatan rakyat yang populer, sebenarnya bisa menyakiti bayi Anda secara tidak sengaja dan sebaiknya dihindari.

Pengobatan ini meliputi:
  1. Mengejutkan bayi Anda (apa yang bekerja untuk orang dewasa sering tidak bekerja untuk anak-anak)
  2. Menekan fontanel mereka
  3. Menekan bola mata mereka
  4. Menarik lidah mereka
  5. Menampar punggung bayi Anda.

  • Kapan cegukan menimbulkan kekhawatiran?
Cegukan dianggap normal untuk bayi yang berusia kurang dari 12 bulan. Mereka juga bisa terjadi saat bayi masih dalam kandungan.

Namun, jika bayi Anda mengalami banyak cegukan, terutama jika mereka juga kesal atau gelisah saat tersedak, ada baiknya Anda berbicara dengan dokter bayi Anda. Ini bisa jadi pertanda adanya masalah medis lainnya.

Juga, bicarakan dengan dokter jika cegukan bayi Anda mengganggu tidur mereka atau jika cegukan terus terjadi sering setelah ulang tahun pertama anak Anda.

Penting untuk dicatat bahwa dokter menyarankan agar Anda menghindari banyak penyembuhan stereotip untuk cegukan saat bayi Anda mendapatkannya. Misalnya, jangan mengejutkan bayi Anda atau tarik lidah mereka. Metode ini biasanya tidak bekerja untuk bayi, dan hal itu mungkin lebih berbahaya daripada kebaikan.

Cukup sekian pembahasan dari kami dalam artikel ini semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda terimakasih salam www.seh4t.com
Previous Post
Next Post

0 komentar: