Kamis, 08 Juni 2017

Cara Mengatasi Cegukan Terus Menerus Dan Berkepanjangan

Hampir setiap orang pernah mengalami yang namanya cegukan. Namun, jika cegukan terjadi terus-menerus, Anda harus mewaspadai akan adanya penyakit lain yang mungkin memicunya. Cegukan biasanya terjadi disaat ada spasme diafragma yang secara tidak disengaja dan pita suara yang menutup secara tiba-tiba. Cukup banyak faktor yang menyebabkan seseorang bisa mengalami cegukan, diantaranya adalah kebiasaan makan cepat tanpa minum air, minum alkohol, perubahan temperature pada lambung yang berubah secara tiba-tiba karena minum dingin setelah minum panas sebelumnya, merokok, bahkan perubahan emosi.

Cara Mengatasi Cegukan


Sebagian besar cegukan yang terjadi akan berhenti dengan sendirinya. Jarang sekali cegukan dianggap sebagai kondisi medis yang darurat. Cegukan merupakan efek dari kontraksi otot diafragma yang terjadi secara tiba-tiba. Suara muncul, ketika pita suara menutup pada saat kontraksi otot tersebut.

Cegukan sendiri menurut pandangan medis disebut dengan singultus. Kondisi itu adalah kondisi dimana diafragma mengalami kejang tidak sesuai dengan kemauannya, diafragma yang mengalami pengejangan tidak sesuai dengan kemauannya bisa menimbulkan cegukan. Menurut medis, cegukan terjadi saat kadar karbondioksida di dalam darah mengalami pemerosotan dan berada di tingkat yang paling rendah.

Cegukan bisa amat ringan yang mana akan segera hilang setalah Anda minum beberapa gelas air, namun dalam beberapa kasus ada seseorang yang harus bertahan lebih lama karena cegukan yang dialaminya membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk sembuh. Cegukan bisa menjadi hal yang begitu mengganggu apalagi bila Anda dihadapkan pada situasi yang formal. Sumua hal pasti ada sebab dan akibatnya. Oleh karena itu sebelum kita membahas akan Cara Mengatasi Cegukan Terus Menerus Dan Berkepanjangan terlebih dahulu kita membahas akan penyebabnya agar kita dapat lebih tau akan cegukan ini sendiri.

. Penyebab Cegukan


Secara umum pemicu cegukan berkaitan erat akan pola makan, seperti makan yang terlalu banyak, menelan udara sambil mengunyah permen karet, mengonsumsi minuman bersoda ataupun minuman beralkohol secara berlebihan. Cegukan juga bisa disebabkan oleh perubahan cuaca yang tiba-tiba, stres, ataupun terlalu bersemangat.

Namun, cegukan terus-menerus yang berlangsung lebih dari dua hari, harus segera dicari penyebabnya. Beberapa penyebabnya seperti iritasi pada gendang telinga akibat benda asing, radang tenggorokan, pembesaran kelenjar tiroid, tumor atau kista pada tenggorokan, serta naiknya asam lambung ke kerongkongan (gastroesophageal reflux disease atau penyakit asam lambung).

Kondisi penyakit kronis seperti diabetes, penyakit Parkinson, gagal ginjal, kanker dan kemoterapi juga dapat menjadi faktor yang menyebabkan terjadinya cegukan terus-menerus. Selain itu, cegukan semacam ini dapat disebabkan oleh gangguan sistem saraf pusat, sehingga menyebabkan tubuh tidak mampu mengendalikan cegukan.

Beberapa jenis tindakan medis juga bisa mengakibatkan cegukan terus-menerus, seperti penggunaan kateter pada otot jantung, prosedur bronchoscopy pada paru, dan prosedur tracheostomy pada leher. Bahkan, gaya hidup tidak sehat termasuk konsumsi minuman beralkohol berlebihan dan merokok juga dapat memicu cegukan terus-menerus.

Dan berikut dibawah ini hal-hal yang bisa menyebabkan cegukan lainnya:
  • Makanan Pedas. Makanan yang pedas misalnya saja cabai, lada dan juga makanan kari bisa menyebabkan seseorang terkena cegukan.
  • Terlalu Banyak udara. Terlalu banyak udara atau oksigen di dalam tubuh bisa membuat seseorang terkena cegukan, hal itu dikarenakan pasokan udara yang masuk ke dalam tubuh bisa membuat pasokan CO2 semakin sedikit di dalam tubuh. Akibatnya adalah cegukan akan terjadi pada orang yang menelan banyak udara.
  • Alkohol. Alkohol adalah penyebab cegukan, alkohol yang diminum terlalu banyak bisa membuat iritasi yang ada pada syaraf. Syaraf itu berhubungan langsung dengan diafragma. Sehingga syaraf yang terkena iritasi akan membuat timbulnya kejang di dalam otot diafragma dan akhirnya bisa menyebabkan cegukan. Selain cegukan, bahaya alkohol juga sangat banyak bagi kesehatan.
  • Minum Air Dingin. Yang menyebabkan seseorang terkena cegukan adalah saat makan besar, orang itu minum air dingin. Air dingin bisa membuat pencernaan tidak lancar. Pencernaan yang tidak lancar bisa menghalangi kinerja diafragma akibatnya cegukan pun akan muncul. Tidak hanya itu saja perubahan suhu yang ada di dalam perut juga bisa menyebabkan seseorang terkena cegukan.
  • Makan Dengan Tergesa. Makan dengan cara yang tergesa-gesa membuat pasokan CO2 di dalam tubuh menurun secara drastis. Akibatnya adalah sedikitnya pasokan CO2 di dalam tubuh bisa membuat seseorang terkena cegukan. Hal itu akan diperparah orang yang makan cepat dengan sambil berbicara sewaktu makan. Cegukan bisa menyerang mereka, alasannya adalah oksigen secara mendadak mendesak masuk ke dalam paru-paru hingga berpengaruh pada diafragma.
  • Kurangnya Cairan. Orang yang mengalami kekurangan cairan (dehidrasi) bisa membuat orang tersebut terkena cegukan. Hal itu dikarenakan kurangnya asupan yang masuk ke dalam tubuh bisa menyebabkan makanan yang masuk ke dalam perut tidak semuanya terdorong masuk di dalam perut tersendat dalam prosesnya. Dehidrasi juga membuat pencernaan menjadi terganggu dan tidak lancar.
  • Bumbu Masakan. Salah satu hal yang bisa menjadi penyebab cegukan adalah bumbu masakan. Orang yang tidak tahan terhadap bumbu-bumbu tertentu bisa mengalami cegukan ketika mamakan bumbu tersebut. Bumbu yang biasanya bisa menyebabkan cegukan pada seseorang adalah bumbu yang terlalu asin dan juga bumbu yang terlalu asam.
  • Emosi Tinggi. Kondisi psikis juga bisa menyebabkan seseorang terkena cegukan. Kondisi emosi tinggi biasanya memmbuat diafragma kembang kempis karena menahan kesal. Diafragma dalam kondisi seperti itu rentan bisa membuat seseorang terkena cegukan, oleh sebab itulah mengendalikan emosi adalah salah satu cara untuk mengatasi atau menghindari cegukan.

. Cara Mengatasi Cegukan


Cegukan yang biasa terjadi dapat diatasi di rumah dengan cara sederhana seperti menahan napas beberapa saat, meminum air dengan cepat, berkumur, ataupun mengisap lemon. Selain itu, ada pula cara menghentikan cegukan sederhana yang biasa dilakukan, contohnya bernapas dalam kantung kertas, menyicipi cuka, hingga menarik lutut ke arah dada dan menunduk hingga dada terasa tertekan. Apabila cegukan terus-menerus terjadi melebihi tiga jam segera konsultasi ke dokter.

Selain itu, ada pula kondisi cegukan yang cukup parah dan bersifat kronis, dokter akan memberikan obat seperti chlorpromazine, haloperidol, dan metoclopramide. Tindakan pendukung seperti pemberian oksigen pada penderita pneumonia juga bisa dilakukan.

Jika pengobatan tersebut tidak berhasil, maka dokter akan merekomendasikan suntikan anastesi pada saraf frenik yang ada di antara leher dan dada. Pilihan pengobatan selanjutnya adalah penempatan alat implan untuk memberikan stimulasi elektrik ringan pada saraf vagus agar dapat menghentikan cegukan terus-menerus.

Cegukan merupakan reaksi tubuh yang pada umumnya tidak berbahaya dan mereda dengan sendirinya. Namun, cegukan terus-menerus harus segera mendapat perhatian.

. Cara Menghilangkan Cegukan Terus Menerus


Cara menghilangkan cegukan terus menerus tidaklah terlalu sulit. Cegukan tidak hanya mengganggu kenyamanan, namun cegukan juga bisa menimbulkan masalah bagi orang yang mengalaminya. Oleh sebab itulah orang yang mengalami cegukan terus menerus diharapkan bisa mengatasi cegukannya dengan cepat. Berikut ini cara mengatasi cegukan dengan cepat:
  • Segelas Air. Segelas air yang dibiarkan masuk ke dalam tenggorokan bisa secara perlahan namun bertahap bisa mengembalikan diafragma dan menormalkan diafragma agar diafragma tidak kejang kembali.
  • Menghisap Lemon. Jika anda tidak memiliki banyak waktu untuk membuat air perasan lemon anda bisa menghisap daging lemon menggunakan lidah anda. Banyak penelitian menunjukkan fakta bahwa menghisap daging lemon lebih bermanfaat dibandingkan mengobati cegukan dengan obat kimia.
  • Minum Air Lemon. Salah satu hal yang bisa digunakan untuk menghilangkan cegukan adalah dengan menggunakan perasan air lemon. Perasan air lemon bisa meredakan cegukan yang disebabkan oleh makanan-makanan tertentu.
  • Obat Cegukan
  • Menahan Nafas. Salah satu cara untuk menghilangkan cegukan adalah dengan menahan nafas baik melalui hidung maupun dengan melalui mulut.
  • Gula. Salah satu cara untuk menghilangkan cegukan adalah dengan menggunakan gula. Caranya adalah anda bisa mengunyah maupun menelan kembang gula. Gula yang dikunyah dan dikonsumsi mampu memberikan sinyal kepada syaraf yang berhubungan dengan diafragma untuk menghentikan pemicu cegukan.
  • Menekan Hidung. Menghilangkan cegukan secara efektif bisa dengan cara menekan hidung menggunakan salah satu tangan anda. Setelah itu kelola pernafasan dengan mengambil nafas melalui mulut dan rekatkan mulut rapat-rapat. Pastikan jika tidak ada sedikitpun udara yang masuk ke dalam tubuh atau berhasil terhirup. Lakukan kondisi ini sebanyak satu menit sampai cegukan itu bisa berhenti dengan sendirinya.
  • Berbaring. Salah satu hal yang bisa digunakan untuk menghilangkan cegukan adalah dengan berbaring. Caranya adalah dengan membaringkan tubuh anda dan posisikan lutut ditekuk ke arah perut. Jangan mengubah posisi ini setidaknya satu menit.
  • Bernafas Di Dalam Plastik. Untuk menghilangkan cegukan anda bisa melakukan pernafasan di dalam plastik. Bernafaslah sepuasnya di dalam plastik, setelah plastik menggembung cobalah untuk meletuskannya. Bernafas di dalam plastik kemudian meletuskannya dipercaya bisa untuk menghilangkan cegukan secara cepat.
  • Es Batu. Salah satu cara yang bisa digunakan untuk menghilangkan cegukan adalah dengan mengunyah es batu namun es yang memiliki massa kecil. Rasa segar dari es batu itu dipercaya bisa menghilangkan cegukan. Sebelum dikunyah biarkan es batu itu berada di dalam mulut anda, setelah itu barulah anda bisa mengunyah es batu tersebut kemudian menelannya.
  • Mengunyah Roti Kering. Sama halnya dengan mengunyah es batu, mengunyah roti kering bisa digunakan untuk menghilangkan cegukan dikarenakan remahan roti kering di dalam mulut bisa membuat otot diafragma menjadi lentur dan tidak tegang kembali. Otot diafragma yang lentur bisa menyebabkan cegukan menjadi hilang.
  • Meletakkan Kaki Di Atas Kepala. Untuk menghilangkan cegukan anda bisa menggunakan cara berupa memposisikan kaki untuk berada di atas kepala. Posisi kaki di atas kepala bisa membuat peredaran darah menjadi lancar sehingga cegukan pun bisa diatasi dengan cara tersebut.
  • Minum Air Tanpa Bernafas. Salah satu cara yang bisa digunakan untuk menghilangkan cegukan adalah meminum air tanpa menggunakan nafas. Meminum air tanpa menggunakan nafas ini bisa membuat seseorang menahan nafas, sedangkan menahan nafas adalah cara efektif untuk membuat cegukan menjadi hilang dan reda.
  • Minum Madu. Salah satu cara untuk menghilangkan cegukan adalah dengan minum madu, minum madu bisa melemaskan syaraf yang berhubungan dengan diafragma. Jika tidak suka dengan efek pekat yang ditimbulkan anda bisa menambahkannya dengan segelas air hangat. Air hangat dan madu bisa membuat perut menjadi nyaman sehingga cegukan bisa teratasi.
  • Membungkuk Dan Menyentuh Ibu Jari Kaki. Salah satu hal yang bisa digunakan untuk menghilangkan cegukan adalah dengan membungkuk dan tangan menyentuh jari kaki. Cara seperti itu akan membuat perut menjadi tertekan dan diafragma menjadi tertekan. Tertekannya diafragma bisa membuat cegukan hilang.
  • Menekan Langit-Langit Mulut. Salah satu cara untuk menghilangkan cegukan adalah dengan menekankan jari pada langit-langit mulut, pijatlah langit-langit mulut secara perlahan jangan sampai langit-langit mulut anda tergores dengan kuku anda.
  • Selai Kacang. Menggunakan selai kacang dipercaya bisa digunakan untuk meredakan cegukan. Hal itu dikarenakan kepekatan dan kelengketan pada selai kacang bisa digunakan untuk penyeimbang irama dalam pernafasan sehingga diafragma menjadi lebih teratur.
  • Minyak Kayu Putih. Minyak kayu putih bisa digunakan untuk meredakan cegukan, caranya adalah denganmengoleksan kayu putih itu di bagian leher. Rasa hangat yang dihasilkan dari minyak kayu putih bisa digunakan sebagai penormal organ-organ di dalam tubuh dan di dalam perut.
  • Makanan Asam. Salah satu makanan yang bisa digunakan untuk menghilangkan cegukan adalah dengan memakan makanan yang asam. Makanan yang asam itu misalnya saja adalah cuka. Rasa asam pada cuka dan pada makanan asam bisa digunakan sebagai simultan yang baik bagi pernafasan seseorang. Ketika anda memakan makanan tersebut anda secara tidak sengaja mengernyitkan dahi, proses inilah yang bisa digunakan untuk menghilangkan cegukan.
Baca Juga;
Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi Baru Lahir 0 Bulan
Penyebab Bayi Sering Cegukan Setelah Minum Asi Dan Tertawa



Sekian artikel ini kami akhiri semoga dapat bermanfaat dan kami harapkan anda dapat memaklumi akan kekurangan dan kesalahan yang terdapat didalamnya. Kunjungi selalau situs kami dan salam sehat dari kami www.seh4t.com terim kasih.
Previous Post
Next Post

0 komentar: