Jumat, 09 Juni 2017

Bagaimana Cara Menghilangkan Cegukan Pada Bayi Yang Terus- Terusan

Bagaimana Cara Menghilangkan Cegukan Pada Bayi Yang Terus- Terusan

www.seh4t.com Kali ini kita akan membahas tentang cegukan ya gays,, yaitu cegukan pada bayi kita yang masih mungil dan lagi lucu-lucunya, Pada bayi yang mengalami cegukan seringkali dapat hilang dengan sendirinya dan tidak akan membahayakan kondisi kesehatan. Meskipun demikian yang menyebabkan bayi cegukan dapat anda kenali yaitu dari usia bayi anda yang berusia 3 bulan seringkali mengalami hiccups atau yang dikenal dengan cegukan. Kondisi bayi yang mengalami cegukan dapat terjadi dikarenakan belum matangnya fungsi saraf yang dapat mengatur diafragma bayi. Diafragma yang dapat memberi sekat antara dada dan perut pada bayi.

Apakah Sebenarnya Cegukan Itu?

Secara medis, cegukan dapat dijelaskan sebagai kontraksi dari otot diafragma yaitu otot antara dada dan perut yang terletak persis di bawah tulang rusuk. Otot ini berfungsi untuk mengendalikan pernapasan. Walaupun begitu, cegukan sama sekali tidak ada hubungannya dengan pernapasan. Cegukan terjadi ketika diafragma berkontraksi atau mengencang secara tiba-tiba dan tanpa disadari, kemudian menutup pita suara di kerongkongan sehingga akan menimbulkan suara seperti yang biasa kita dengar saat seseorang cegukan.

Cegukan tidak hanya terjadi pada orang dewasa melainkan pada bayi. Cegukan yang terjadi pada bayi seringkali membuat orang tua cemas padahal cegukan pada bayi bukanlah kondisi yang harus anda cemaskan. Cegukan yang terjadi pada bayi disebabkan karena masalah ketika bayi mengalami perubahan emosi. tapi jika cegukan si bayi secara terus menerus? Bagaimana Cara Menghilangkan Cegukan Pada Bayi Yang Terus- Terusan Nah di sini kita akan bahas secara terperinci dan detile. Mulai dari penyebab cegukan pada bayi, sampai kepada pembahasan Cara Mengobati Cegukan Pada Bayi. Berikut ini :

Penyebab Cegukan Pada Bayi

Cegukan Pada Bayi adalah saat otot-otot diafragma secara tiba-tiba berkontraksi yang disebabkan oleh stimulasi atau iritasi pada otot. Beberapa dokter anak berpendapat jika cegukan yang terjadi pada bayi biasanya dikarenakan oleh aktifitas makan ataupun minum misalnya saat meminum ASI, susu formula atau mengkonsumsi makanan yang lainya. Bisa juga dikarenakan penurunan suhu yang mendadak, contohnya mandi dengan air dingin atau terkena udara yang dingin. Cegukan pada bayi biasanya tidak berbahaya kecuali jika cegukan terjadi cukup parah sampai mengganggu ia saat makan ataupun tidur. Bayi yang memiliki penyakit gastroesophageal reflux (GERD) mungkin akan lebih sering cegukan, disertai dengan batuk, muntah dan juga rewel.

Penyebab Cegukan Lainnya adalah akibat bayi tertawa di saat makan dan minum. Antara menelan makanan dan air disertai senda gurau yang membuat bayi tertawa bisa membuat si bayi cegukan. Sobat jangan khawatir, cegukan merupakan hal normal dan biasanya sembuh sendiri dalam beberapa menit. Tanggapi cegukan bayi dengan tepat yaitu mengistirahatkan bayi dan jangan menjahilinya ketika tengah makan, minum atau tengah menyusui ASI. Karena acapkali rasa kasih sayang ditunjukkan dengan mengajak si bayi aktif bercanda. Tapi di saat makan dan minum, biarkan si bayi kenyang dulu dan jangan diganggu ya.

Cara Menghilangkan Cegukan Pada Bayi Yang Terus- Terusan


  • 1. Atur Posisi Bayi Saat Menyusui
Agar tidak sering cegukan lagi, maka bunda juga harus memperhatikan posisi menyusui. Meskipun terdengar sepele, namun dengan menyusui yang benar maka kemungkinan bayi untuk cegukan lebih kecil. Saat menyusui pastikan tidak dalam keadaan berbaring miring. Kebanyakan ibu yang sedang menyusui malas untuk bangun, salah satu akibatnya adalah bayi mengalami cegukan. Selain itu posisikan bayi menghadap puting susu ibu dan pastikan mulut bayi masuk sampai ke bagian aerola (bagian luar puting).
  • 2. Menepuk Bunggung Bayi
Jika sang buah hati tiba tiba mengalami cegukan, hal yang bisa bunda lakukan yaitu gendong si kecil dengan posisi sang bayi seperti berdiri, letakkan kepala si kecil di pundak bunda, lalu tepuk tepuk punggung bayi jangan terlalu keras tapi juga jangan terlalu lembut. Tepuk hingga bayi bersendawa.
  • 3.Membuat Jadwal Makan yang Teratur
Membiasakan dengan memberikan makanan secara teratur pada bayi akan membuatnya mengurangi kebiasaan cegukan. Pemberian makanan teratur dimaksudkan adalah ketika bayi anda berusia enam bulan ke atas maka anda memiliki jadwal dalam pemberian makanan pendamping ASI untuk dapat menyesuaikan kondisi bayi anda. Pemberian makanan yang baik adalah sebelum lapar dan menghentikan makanan setelah kenyang. Cegukan yang dialami oleh anak anda dapat menjadi masalah lambung apabila cegukan yang dialami oleh anak anda disertai dengan muntah.

  • 4. Usahakan Bayi Bersendawa Setelah Mendapatkan ASI
Membuat bayi anda bersendawa setelah mendapatkkan ASI merupakan salah satu cara untuk mengurangi bayi anda dari cegukan. Dengan bersendawa maka bayi anda dapat mengeluarkan udara yang berlebihan di dalam perutnya. Selain itu dengan bersendawa dapat melepaskan kejang otot sehingga dapat menghentikan cegukan yang dialami oleh bayi anda. Untuk membuat bayi anda bersendawa cara yang anda lakukan adalah dengan membuat bayi anda berdiri kemudian anda posisikan badan bayi anda berada dibagian pundak, sehingga badan bayi anda sejajar dengan pundak anda.
  • 5. Alihkan Perhatian Bayi
Untuk mengalihkan perhatian bayi agar tidak terlalu fokus kepada hal yang mengganggunya yaitu cegukan, Anda bisa mengajaknya bermain. Biasanya pengalih perhatian akan membuat cegukan berangsur hilang. Beri bayi mainan kesukaannya atau mainan yang bisa ia kunyah.
  • 6. Berikan Minum
Pada bayi yang sudah memasuki masa MPASI, Anda bisa memberinya air hangat untuk diminum. Air yang akan menghangatkan tubuh bagian dalam bayi agar cegukan yang dialaminya bisa berhenti. Mengunyah sebenarnya juga bisa menjadi cara mengatasi cegukan. Anda juga bisa memberinya makanan sedikit seperti kue yang lembut dan mudah dikunyah, dan yang tidak akan membuat bayi tersedak.
  • 7. Waspadai Gejala Lain
Terkadang cegukan yang dialami bayi bisa disebabkan karena gastroesophageal reflux atau GERD, yaitu kondisi umum dimana bayi memuntahkan isi antara perut dan kerongkongannya atau juga bisa disebut gumoh. GERD terjadi jika sebagian isi lambung naik kembali ke saluran tenggorokan, menyebabkan cegukan. Jika bayi Anda sangat sering mengalami cegukan, mungkin saja ini adalah penyebabnya. Beberapa gejalanya yaitu:
  • Bayi gelisah dan bahasa tubuhnya seperti sedang menahan sakit perut
  • Bayi merasa sakit perut
  • Banyak mengeluarkan ludah.

Kondisi Yang Harus Di waspadai

Cara Menghilangkan Cegukan Pada Bayi
Cara Menghilangkan Cegukan Pada Bayi

Bagi bayi sehat, cegukan merupakan hal yang biasa. Hanya saja untuk sebagian bayi, cegukan dapat mengganggu pernapasan normal.
Selain itu, bayi yang mengalami gastroesophageal reflux disease atau refluks asam lambung kemungkinan akan cegukan lebih sering. Perhatikan juga ketika bayi cegukan, jika disertai dengan dengan upaya meludah atau bayi batuk dan rewel, konsultasikan ke dokter tentang kondisi tersebut.
Anda juga perlu mewaspadai apabila cegukan tidak terkendali, terlalu sering atau terjadi terus-terusan setelah anak berusia satu tahun ke atas. Meski sangat jarang, ini bisa jadi tanda dari penyakit yang lebih serius.
Cegukan pada bayi prematur yang tengah menggunakan alat bantu pernapasan atau ventilasi mekanis bisa menyebabkan komplikasi. Ini disebabkan karena kemungkinan bayi memiliki masalah sumbatan saluran pernapasan bagian atas dan berkurangnya frekuensi pernapasan.
Baca Juga Ini : Cara Menghentikan Cegukan Pada Bayi Dengan Cepat

Periksa Kedokter

Apabila sang buah hati mengalami cegukan secara terus-menerus bawalah ke tenaga medis (dokter) cegukan secara terus-menerus bisa menjadi tanda awal suatu masalah kesehatan. Cegukan yang terus menerus pada bayi dapat mengganggu aktivitas bayi sehingga menimbulkan rasa ketidaknyamanan, selain itu cegukan pada bayi akan mengganggu tidurnya.

Oleh karena itu bila kondisi cegukan terus menerus dan berlangsung lama, segera periksakan sang buah hati anda sehingga masalah yang dialami buah hati dapat dengan cepat ditangani.
Meskipun cegukan adalah proses yang normal, dikarenakan organ dalam tubuh bayi yang belum sempurna, namun bunda di rumah sebaiknya perlu menghilangkan cegukan pada bayi. Karena cegukan yang terlalu lama dan tidak di atasi, bisa mengganggu sang buah hati.

Sekian Artikel tentang Bagaimana Cara Menghilangkan Cegukan Pada Bayi Yang Terus- Terusan Semoga bermanfaat ya, dan selamat mencoba caranya. Salam dari kami www.seh4t.com
Previous Post
Next Post

0 komentar: