Rabu, 07 Juni 2017

Cara Mengobati Cegukan Terus Menerus Pada Orang Dewasa

Cara Mengobati Cegukan Terus Menerus

www.seh4t.com Cegukan terus menerus bukan hanya mengganggu, tapi juga perlu diwaspadai. Biasanya, cegukan akan berhenti dengan sendirinya setelah beberapa menit. Namun jika cegukan terjadi berkepanjangan, artinya ada yang salah dengan tubuh Anda.

Cegukan adalah suara yang disebabkan oleh kontraksi diafragma. Diafragma sendiri adalah lembaran besar otot yang berada di bawah paru-paru dan bersama dengan otot-otot interkostal membuat kita dapat bernapas. Kontraksi otot-otot tersebut dapat mengisap udara ke paru-paru, dan masuknya udara dengan cepat membuat epiglottis menutup. Epiglottis adalah flap jaringan pada tenggorokan yang menutup saat kita menelan untuk mencegah makanan, minuman, atau air liur terisap ke paru-paru. Penutupan epiglotis yang mendadak inilah yang menyebabkan suara ‘hik’ saat cegukan.

Banyak orang telah mencoba berbagai cara untuk menghentikan atau menghilangkan cegukan yang berulang-ulang namun tetap sia-sia. Kadang-kadang dengan cegukan yang terus menerus dapat menyebabkan sakit perut serta tidak nyaman.

Cegukan bisa menjadi hal yang begitu mengganggu apalagi bila Anda dihadapkan pada situasi yang formal. Simaklah beberapa penyebab terjadinya cegukan dan Cara Mengobati Cegukan Terus Menerus Pada Orang Dewasa yang sudah terbukti ampuh. inilah dia dibawah ini:

Penyebab Cegukan

Sebenarnya perlu anda ketahui bahwa Banyak yang tidak paham apa sajakah yang mengakibatkan seseorang menjadi cegukan. Bahkan banyak juga yang tidak mengetahui mengapa dan kapan tepatnya ia sering cegukan, jadi mereka menganggap bahwa cegukan itu adalah hal yang wajar dan tidak terlalu penting. Di bawah ini adalah hal-hal yang dapat mengakibatkan cegukan:
  • 1 Terburu-Buru Makan
Inilah salah satu yang menimbulkan cegukan pada anda. Makan secara terburu-buru membuat pasokan CO2 di dalam tubuh mengalami penurunan yang drastis. Akibatnya yaitu sedikitnya pasokan CO2 di dalam tubuh dapat membuat seseorang terserang cegukan. Hal semacam itu akan diperparah dengan makan cepat sambil berbicara pada saat makan. Cegukan dapat menyerang mereka, alasannya yaitu oksigen secara mendadak mendesak masuk ke dalam paru-paru sampai berpengaruh pada diafragma. Untuk itu, jangan terburu-buru ketika sedang makan. Makan lah dengan tenang, dan juga pelan-pelan. maka hasil olahan makanan anda akan di cerna dengan baik dan sehat.
  • 2. Emosi Yang Begitu Tinggi
Aneh sungguh aneh kawan,, ternyata Keadaan psikis atau dalam keadaaan emosi dapat juga mengakibatkan seseorang terserang cegukan. Keadaan emosi tinggi umumnya membuat diafragma kembang kempis karena menahan kesal. Diafragma dalam keadaan seperti itu rentan bisa membuat seseorang terserang cegukan, oleh sebab itulah mengatur emosi merupakan salah satu langkah untuk menangani atau menghindari cegukan. oleh sebab itu kurangin emosi mu kawan, biar hidupmu tambah berkah, penuh dengan senyuman.
  • 3. Keseringan Minum Alkohol
Minuman yang satu ini memang harus kita jauhi secara spontan. karna terlalu banyak efek merugi dari alkohol, mulai dari efek rugi dunia, efek rugi badan bahkan efek kerugian di akhirat yang mengahancurkan anda. Alkohol adalah merupakan salah satu penyebab cegukan. Alkohol yang diminum sangat banyak dapat membuat iritasi yang ada pada syaraf. Syaraf itu terkait langsung dengan diafragma. Sehingga syaraf yang terserang iritasi akan membuat munculnya kejang di dalam otot diafragma serta pada akhirnya dapat mengakibatkan cegukan. Selain cegukan, bahaya alkohol juga begitu banyak untuk kesehatan. Maka dari itu, hindari mengkonsumsi alkohol untuk hidupmu yang lebih sehat, karena sehat itu mahal lho harganya., mulai sekarang stop alkohol.
  • 4. Kurangnya Cairan
Kurangnya cairan dalam tubuh kita juga sangat rentan datangnya cegukan. atau Orang yang mengalami dehidrasi dapat membuat orang itu terserang cegukan. Hal semacam itu terjadi karena kurangnya asupan yang masuk ke dalam tubuh dapat mengakibatkan makanan yang masuk ke dalam perut tidak seluruhnya terdorong masuk di dalam perut. Dehidrasi juga membuat pencernaan menjadi terganggu serta tak lancar. maka dari itu kawan, perbanyaklah minum air putih atau makan buah-buahan yang mengandung air. agar cegukan melayang tak kan kembali lagi.
  • 5. Terlalu Banyak Makan
Makan terlalu banyak juga dapat mengakibatkan cegukan. ya astinya Hal tersebut karena makanan yang masuk ke dalam tubuh membuat ruangan diafragma menjadi sempit serta tertekan. Hal ini mengakibatkan orang tersebut akan mengalami cegukan. Maka dari itu jangan berlebihan dalam hal makan, karena suatu yang berlebihan itu juga tidak baik pastinya. maka dari itu kawan, hindarilah terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi makanan.
  • 6. Minum Air Dingin
Yang mengakibatkan seseorang terserang cegukan yaitu saat makan besar, orang itu minum air dingin. Air dingin dapat membuat pencernaan tak lancar. Pencernaan yang tidak lancar dapat menghambat kinerja diafragma akibatnya cegukan juga muncul. Bukan hanya itu saja perubahan suhu yang ada di dalam perut dapat juga mengakibatkan seseorang terserang cegukan.

Cegukan Ada 2 Macam

Dalam medis, cegukan bukan hanya terbagi dalam satu jenis saja. Namun cegukan terbagi dalam 2 jenis. Macam-macam cegukan itu yaitu sebagai berikut ini :

  • 1. Cegukan Ringan
Cegukan yang ringan umumnya tidak akan berlangsung lama. Cegukan ringan hanya terjadi beberapa menit bahkan juga beberapa saat.
  • 2. Cegukan Terus Menerus
Cegukan dengan tipe ini mempunyai suara cegukan yang keras serta berkelanjutan. Cegukan itu tak sembuh dalam satu hari serta berlangsung dalam waktu yang lama. Cegukan dengan jenis ini harus Anda waspadai. Cegukan dengan jenis ini dapat menjadi satu pertanda bila di dalam tubuh seseorang terdapat masalah kesehatan.

Penyebab cegukan ringan adalah :
  • Ada peregangan yang berlangsung pada lambung.
  • Cuaca yang berubah secara mendadak.
  • Makan terlalu tergesa-gesa.
  • Meminum makanan yang serba panas atau serba dingin.
  • Stress.
Penyebab Cegukan Terus Menerus Adalah :
  • Iritasi saraf vagus
  • Radang otak
  • Gangguan sistem saraf pusat
  • Diabetes
  • Anestesi
  • Gagal ginjal
  • Minum minuman berkarbonasi
  • Makan terlalu banyak
  • Stres
  • Perubahan suhu yang tiba-tiba
  • Asam lambung tinggi
  • Tidak seimbangnya elektrolit dalam tubuh
  • dan penyebab lainnya.

Cara Mengobati Cegukan Terus Menerus Pada Orang Dewasa

 Cara mengobati cegukan
Cara Mengobati Cegukan
  • 1. Dengan Menekan Hidung
Menghilangkan cegukan secara efektif bisa dengan cara menekan hidung menggunakan salah satu tangan anda. Setelah itu kelola pernafasan dengan mengambil nafas melalui mulut dan rekatkan mulut rapat-rapat. Pastikan jika tidak ada sedikitpun udara yang masuk ke dalam tubuh atau berhasil terhirup. Lakukan kondisi ini sebanyak satu menit sampai cegukan itu bisa berhenti dengan sendirinya.
  • 2. Mengkonsumsi Makanan Yang Asam
Salah satu makanan yang dapat dipakai untuk menyingkirkan cegukan yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang asam. Makanan yang asam itu misalnya seperti cuka. Rasa asam pada cuka serta pada makanan asam lainnya dapat dipakai sebagai simultan yang baik untuk pernapasan seorang. Saat Anda mengkonsumsi makanan itu, Anda secara tak sengaja akan mengerutkan dahi, proses inilah yang dapat dipakai untuk menyingkirkan cegukan yang terus menerus.
  • 3. Pijat Langit-Langit Mulut
Lakukan cara ini dengan sangat hati-hati menggunakan bola kapas. Pijat perlahan dengan bola kapas tersebut di sekitar permukaan rahang atas hingga ke bagian belakang tenggorokan Anda. Cara yang satu ini akan cepat menghentikan dan menghilangkan cegukan Anda.
  • 4. Menggunakan Korek Kuping
Masukkan ujung jari ke dalam telinga secara bersamaan dan tahan selama lebih kurang lima menit. Dorong sedikit secara pelan-pelan, namun tidak mendorong terlalu keras karena akan merusak telinga Anda. Cabang-cabang urat saraf vagus akan menjadi panjang di dalam telinga dan jari merangsang mereka untuk berhenti cegukan.
  • 5. Es Batu
Cara Mengobati Cegukan Terus Menerus Pada Orang Dewasa
Es Batu
Es batu dapat menenangkan saraf iritasi dan membantu untuk menghilangkan cegukan. Masukkan es batu ke dalam mulut Anda, atau gosokkan dengan lembut pada wajah Anda. Minta bantuan orang lain untuk menggosok-gosokan es batu di wajah namun tanpa sepengetahuan Anda. Perasaan yang tiba-tiba dingin tanpa diantisipasi akan membuat cegukan Anda menyingkir.
Baca Juga Ini :Antibiotik Untuk Batuk Kering Dan Berdahak Yang Dijual Bebas

  • 6. Tahan Napas Dengan Media Kantong Kertas
Cara lainnya yang dapat membantu mengobati cegukan Anda adalah dengan cara menahan napas dengan menggunakan sebuah media, yang tidak lain adalah kantong kertas. Tahan napas dengan kantong kertas selama 10 detik, lalu bernapas kembali seperti biasa tanpa memakai kantong kertas, lakukan cara mudah untuk mengatasi cegukan ini selama beberapa kali.

Namun, apabila semua cara mengatasi cegukan tanpa obat cegukan dalam arti sesungguhnya ini tidak juga memberikan hasil positif, maka jalan tengah yang harus Anda ambil adalah segera mengunjungi dokter yang khusus menangani THT. Periksakan diri Anda dan dengarkan dengan baik arahan yang diberikan oleh dokter sehingga cegukan yang Anda alami bisa segera sembuh.

Sekian Artikel kami mengenai Cara Mengobati Cegukan Terus Menerus Pada Orang Dewasa. semoga bermanfaat. salam dari kami www.seh4t.com
Previous Post
Next Post

0 komentar: