Selasa, 06 Juni 2017

Bagaimana Cara Menyembuhkan Batuk Kering Pada Anak Tanpa Obat

Batuk merupakan salah satu penyakit yang paling umum dan paling sering menyerang siapa saja terlebih saat pergantian cuaca apalagi pada musim hujan maupun musim pancaroba. Dan batuk ini sendiri dapat menyerang siapa saja terutama pada anak yang dikerenakan daya tahan tubuh yang belum begitu kuat. Apapun jenis batuknya, baik itu batuk karena flu, batuk kering, maupun batuk berdahak, pasti sangat mengganggu dan membuat tidak nyaman, beraktivitas tidak maksimal, beristirahat tidak nyenyak dan jika ini terjadi pada anak anda pasti anak anda akan sedik rewel.

http://www.seh4t.com/

Pada umumnya, batuk terjadi karena ada sesuatu benda asing yang umumnya berupa debu atau kuman yang merangsang selaput lendir di tenggorokan. Hal ini yang kemudian membuat rasa gatal dan benda asing tersebut ingin dikeluarkan oleh tubuh dengan cara batuk. Untuk menghilangkan batuk, banyak cara yang bisa dilakukan. Banyak merk obat batuk baik sirup maupun tablet yang tersedia di toko dekat rumah. Namun, mengobati batuk secara alami lebih disarankan karena lebih aman tanpa efek samping pada kesehatan, juga tidak perlu biaya mahal. Oleh karena itu, perlu bagi kita mengetahui Bagaimana Cara Menyembuhkan Batuk Kering Pada Anak Tanpa Obat. Namun sebelum itu mari kita cari tau akan faktor-faktor yang bersangkutan denganya.

. Penyebab Batuk Kering Pada Anak


Biasanya batuk ini disebabkan oleh beberapa hal seperti berikut:
  • Disebabkan oleh alergi terhadap abu, debu dan polusi.
  • Infeksi pernafasan. Infeksi yang dimaksud adalah serangan kuman di sekitar saluran pernafasan.
  • Disebabkan penyakit serius yang sangat berbahaya seperti radang paru-paru, kanker, disebabkan efek samping penggunaan obat.
  • Meningkatnya asam lambung disebabkan meningkatnya asam lambung dalam tubuh dikarenakan mengkonsumsi makanan pedas.


. Cara Mengatasi Batuk Kering dan Gatal


Ada beberapa hal kecil yang harus diperhatikan dan juga dilakukan untuk mencegah batuk kering sejak dini. Yaitu sebagai berikut:
  • Istirahat secara cukup dan teratur,
  • Hindari tempat yang sangat dingin (bagi yang tidak tahan bekerja di ruang AC) atau tempat banyak debu dan polusi,
  • Menjaga stamina dan daya tahan tubuh,
  • Berhenti mengkonsumsi alkohol dan merokok juga hindarkan asapnya rokok itu dari anak,
  • Serta banyak minum air putih. Air putih membantu suplai cairan ke seluruh tubuh, termasuk suplai cairan di bagian mulut dan tenggorokan.

. Perawatan di Rumah Batuk Pada Anak-Anak


Sebagian besar batuk pada anak disebabkan oleh virus. Infeksi yang disebabkan virus dapat berlangsung hingga dua minggu. Dan perlu anda ketahui dan juga penting "Hindari penggunaan antibiotik untuk mengobati kondisi ini karena tidak efektif dalam membasmi virus". Bila saat waktu tidur anak anda tidak terganggu, tidak diperlukan obat untuk mengatasi batuk. Bagi anak usia di bawah 6 tahun, tidak direkomendasikan dalam cara menyembuhkan batuk untuk mengonsumsi obat batuk yang dijual bebas tanpa konsultasi dokter.

Saat anak batuk, orang tua dapat membantu anak merasa lebih nyaman, yaitu dengan cara:
  • Menjaga tubuh anak mendapat cukup cairan, teh hangat, jus jeruk lemon hangat dengan madu dapat membantu mencegah dehidrasi sekaligus mengatasi tenggorokan yang terasa kering. Namun hindari madu pada anak yang berusia kurang dari satu tahun.
  • Jika batuk terjadi terus-menerus, manfaatkan uap air panas. Cobalah duduk bersama anak Anda sambil anak menghirup uap dari semangkok air panas selama sekitar 20 menit. Atau Anda bisa membawa anak ke luar rumah untuk menghirup udara segar sekitar 10-15 menit. Jika tersedia, manfaatkan alat pelembap udara di kamar anak Anda yang tengah batuk dan nyalakan sebelum anak tidur.

Jika batuk anak Anda disebabkan oleh asma, tanyakan kepada dokter mengenai rencana penanganan asma yang tepat pada anak. Sediakan selalu obat asma yang diperlukan dalam jangkauan Anda. Jangan pernah berikan obat antibiotik sisa atau yang pernah diminum anggota keluarga lain untuk anak Anda yang sedang batuk. Jika dokter memberikan obat untuk batuk anak, pastikan Anda mengikuti instruksi dengan benar.

Batuk sering kali menyerang anak-anak. Kondisi ini tentu membuat si kecil menjadi tak nyaman dan jadi rewel, apalagi jika jenis batuknya, batuk kering. Batuk kering umumnya akan bertambah parah saat cuaca sedang panas. Namun, tak perlu khawatir, ada Cara Menyembuhkan Batuk Kering Pada Anak Tanpa Obat  yang bisa dilakukan untuk mengatasi batuk kering pada anak:
  1. Perbanyak minum air putih. Batuk kering akan membuat tenggorokan si kecil menjadi sakit dan kering. Nah, memperbanyak minum air putih dapat melegakan tenggorokan anak yang perih dan kering akibat batuk terus menerus.
  2. Uap dengan air hangat. Menguapkan air hangat kepada anak yang sedang batuk dipercaya dapat membantu melenggakan saluran pernafasan yang terhambat karena batuk. Oleh karena itu, cobalah Mama untuk menghidupkan shower air hangat untuk menghasilkan uap air, kemudian ajak si kecil masuk ke dalam kamar mandi dan tutup pintunya. Biarkan ia menghirup uap air hangat selama beberapa menit.
  3. Berikan sesendok madu. Kandungan yang terdapat pada madu ternyata sama efektifnya dengan dextromethorphan yang biasa terdapat dalam sejumlah obat batuk. Akan tetapi, perlu Mama ketahui untuk tidak memberikan madu kepada anak di bawah usia 1 tahun karena ususnya belum berkembang dengan sempurna.
  4. Jeruk. Tingginya kandungan antioksidan dan fitonutrien pada jeruk ampuh melawan infeksi virus penyebab batuk dan pilek. Selain itu, kandungan flavonoid dan vitamin C-nya juga sangat baik untuk meningkatkan perlindungan tubuh dari radikal bebas.
  5. Mangga. Dengan betakaroten dan vitamin C yang tinggi, buah mangga selalu siap mendorong sistem pertahanan tubuh dan perlindungan dari kerusakan sel.
  6. Aprikot. Buah aprikot menawarkan nutrisi penting seperti vitamin A dan C, betakaroten, serta kalium. Buah ini juga seringkali diberikan kepada penderita demam karena menyediakan vitamin, mineral, kalori dan air yang dapat mendetoksifikasi serta meningkatkan sistem imunitas tubuh.
  7. Obat Batuk Kering
  8. Apel. Satu buah apel memiliki efek antioksidan yang setara dengan 1.500 mg vitamin C. Dengan begitu, proses peningkatan imunitas tubuh berlangsung efektif. Sehingga virus penyebab batuk dan pilek dapat segera diatasi.
  9. Konsumsi sup ayam. Seorang profesor dari University of California, David Becker, MD, mengatakan bahwa sup ayam yang dikombinasikan dengan bawang putih dapat mencegah virus akibat batuk. Tak hanya itu, anak pun juga akan merasa lebih segar dan sehat setelah mengonsumsinya.

Batuk pilek umumnya disebabkan oleh infeksi virus dan tidak memerlukan antibiotik, terkecuali pada kondisi tertentu. Jika si kecil tidak mengalami perubahan setelah melakukan cara alami mengatasi batuk kering pada anak, sebaiknya segera periksakan si kecil ke dokter sebelum memberikan obat. Menurt The Food and Drug Administration (FDA) mengatakan, bahwa pemberikan obat batuk pada anak tanpa resep dokter aman digunakan bagi anak di atas usia 4 tahun. Sedangkan, untuk anak di bawah 4 tahun harus sesuai dengan resep dokter. Hal tersebut untuk mencegah risiko dan efek samping serius yang akan membahayakan kesehatan si kecil.

Baca Juga;
Daftar Obat Pilek Yg Manjur Tradisional Tanaman Herbal
Apa Ciri Dan Penyebab Batuk Kering Terus Menerus Dan Yang Harus Dihindari

 

Sebelumnya dalam Cara Menyembuhkan Batuk Kering Pada Anak Tanpa Obat, Jangan lupa sajikan makanan diatas yang akan dikonsumsi sang buah hati yang kaya akan manfaat ini dengan cara kreatif dan menarik, mengingat biasanya anak cenderung kehilangan selera makan saat sakit seperti itu. Selamat mencoba Mom. Sekian dari kami semoga dapat bermanfaat dan kami harap anda dapat memaklumi akan kekurangan dan keslahan yang terdapat didalamnya. Salam sehat dari kami dan kunjungi terus situs kami www.seh4t.com terima kasih.
Previous Post
Next Post

0 komentar: