Jumat, 09 Juni 2017

Obat Cegukan Di Apotik Tak Kunjung Sembuh Paling Mujarab

Dalam bahasa medisnya cegukan adalah singultus. Singultus ialah dimana keadaan yang lazim terjadi disetiap manusia, dari bayi sampai dewasa. Cegukan adalah kontraksi tiba-tiba yang tak disengaja pada diafragma, dan umumnya terjadi berulang-ulang setiap menitnya. Udara yang tiba-tiba lewat ke dalam paru-paru menyebabkan glottis (ruang antara pita suara) menutup, serta menyebabkan terjadinya suara hikx. Namun anda jangan terlalu khawatir karena pada umumnya Cegukan akan reda dengan sendirinya, meskipun ada beberapa pengobatan rumah tangga (home remedy) untuk mempercepat penyembuhan cegukan, dan ada beberapa pengobatan yang dibutuhkan seperti Obat Cegukan Di Apotik Tak Kunjung Sembuh Paling Mujarab.

Cegukan


. Penyebab Cegukan


Makan dalam porsi besar, minum minuman bersoda atau beralkohol, perubahan suhu udara secara tiba-tiba serta perasaan terlalu bersemangat atau sangat tertekan adalah penyebab umum terjadinya cegukan. Anda bisa juga mengalami cegukan setelah makan makanan yang terlalu panas atau terlalu dingin, serta makanan pedas.

Cegukan yang berlangsung lebih dari 48 jam dapat disebabkan oleh alasan yang lebih serius. Misalnya kerusakan atau iritasi pada sistem saraf pusat, serta gangguan metabolisme dan penggunaan obat-obatan tertentu.

Dalam kebanyakan kasus, cegukan disebabkan oleh cedera dan iritasi pada vagus atau saraf frenikus—yang berfungsi untuk mengendalikan gerakan diafragma. Contohnya iritasi gendang telinga, iritasi atau sakit tenggorokan. Gondok, penyakit refluks gastroesofageal (GERD) dan tumor atau kista pada esofagus adalah beberapa hal yang mengakibatkan kerusakan pada vagus atau saraf frenikus.

Penyebab lainnya berkaitan dengan gangguan di sistem saraf pusat. Sistem saraf pusat terdiri dari otak dan saraf tulang belakang. Jika terjadi gangguan atau kerusakan, tubuh akan kehilangan kemampuan untuk mengendalikan cegukan. Gangguan atau kerusakan tersebut mencakup stroke, multiple sclerosis, tumor, meningitis dan ensefalitis, cedera kepala atau otak, hidrosefalus, serta neurosifilis atau infeksi otak lain.

Jika menggunakan obat-obatan tertentu misalnya steroid, obat tidur dan obat penenang, Anda berpotensi mengalami cegukan yang berlangsung lebih dari 48 jam. Sama halnya dengan perawatan medis tertentu seperti penggunaan kateter untuk mengakses otot jantung, pemasangan stent pada esofagus, bronkoskopi (alat untuk melihat ke dalam paru-paru), serta trakeostomi (pemasangan tabung di dalam leher untuk membantu pernapasan).

Beberapa orang mungkin cegukan setelah menjalani anestesi umum atau setelah menjalani operasi yang melibatkan organ perut. Jenis kelamin diyakini juga berpengaruh, pria lebih cenderung mengalami cegukan dalam jangka waktu lama dibandingkan dengan wanita.

Biasanya cegukan akan menghilang dengan sendirinya. Namun, jika cegukan disebabkan oleh kondisi lainnya, Anda perlu mengatasi kondisi penyebab terlebih dahulu untuk menghilangkan cegukan. Apabila perawatan lainnya tidak berhasil, atau tidak ditemukan penyebab, dokter dapat memberikan obat untuk mengatasi cegukan Anda. Dibawah ini adalah beberapa Obat Cegukan Di Apotik Tak Kunjung Sembuh Paling Mujarab, diantaranya:
  • Chlorpromazine
  • Haloperidol
  • Metoclopramide
  • Gabapentin
  • Baclofen

Obat Cegukan Di Apotik


Baclofen adalah pelemas otot dan agen antispastic.

Baclofen digunakan untuk mengobati gejala otot yang disebabkan oleh multiple sclerosis , termasuk kejang, nyeri, dan kekakuan.

Baclofen kadang-kadang digunakan untuk mengobati kejang otot dan gejala lainnya pada orang dengan luka atau penyakit pada sumsum tulang belakang .
Informasi penting

Jangan gunakan baclofen pada saat Anda membutuhkan nada otot untuk keseimbangan dan gerakan yang aman selama aktivitas tertentu.
Kram Otot: Adakah yang Harus Dikhawatirkan?
Slide
Kram Otot: Adakah yang Harus Dikhawatirkan?

Jangan berhenti menggunakan baclofen secara tiba-tiba, atau Anda bisa memiliki gejala penarikan yang tidak menyenangkan.
Sebelum minum obat ini

Anda sebaiknya tidak menggunakan baclofen jika Anda alergi terhadapnya.

Untuk memastikan obat ini aman untuk Anda, beritahu dokter Anda jika Anda memilikinya:
  • Penyakit ginjal.
  • Epilepsi atau gangguan kejang lainnya.
  • Riwayat stroke atau pembekuan darah.

Jika Anda juga menggunakan obat narkotika (opioid).

Menggunakan baclofen selama kehamilan bisa membahayakan janin. Dalam penelitian hewan, ini menyebabkan berat lahir rendah dan cacat lahir. Namun, tidak diketahui apakah efek ini akan terjadi pada manusia. Beritahu dokter Anda jika Anda hamil atau jika Anda hamil saat menggunakan obat ini.

Tidak diketahui apakah baclofen masuk ke dalam ASI atau jika bisa membahayakan bayi yang sedang menyusui. Anda seharusnya tidak menyusui saat Anda menggunakan obat ini.

Menggunakan baclofen dapat meningkatkan risiko Anda terkena kista ovarium. Bicarakan dengan dokter Anda tentang risiko spesifik Anda.

Baclofen tidak disetujui untuk digunakan oleh siapa pun yang berusia kurang dari 12 tahun.
Bagaimana saya harus minum baclofen?

Ambil baclofen persis seperti yang ditentukan oleh dokter Anda. Ikuti semua petunjuk pada label resep Anda. Dokter mungkin sesekali mengubah dosis Anda untuk memastikan Anda mendapatkan hasil terbaik. Jangan gunakan obat ini dalam jumlah yang lebih besar atau lebih kecil atau lebih lama dari yang dianjurkan.

Hubungi dokter Anda jika gejala otot Anda tidak membaik, atau jika memburuk.

Jangan berhenti menggunakan obat ini secara tiba-tiba, atau Anda bisa memiliki gejala penarikan yang tidak menyenangkan seperti halusinasi atau kejang. Tanyakan kepada dokter bagaimana cara berhenti menggunakan obat ini dengan aman.

Simpan pada suhu kamar dari kelembaban dan panas.

Lihat juga: Informasi Dosis (secara lebih rinci)
Apa yang terjadi jika saya melewatkan satu dosis?

Ambillah dosis yang terlewat begitu Anda ingat. Lewati tak terjawab jika sudah hampir waktunya untuk dosis terjadwal berikutnya. Jangan minum obat tambahan untuk mengganti dosis yang tidak terjawab.

Gejala overdosis meliputi kelemahan otot, muntah, kantuk, pupil yang melebar atau tajam, pernapasan lemah atau dangkal, kejang, atau koma.

Apa yang harus saya hindari saat mengkonsumsi baclofen?

Jangan gunakan baclofen pada saat Anda membutuhkan nada otot untuk keseimbangan dan gerakan yang aman selama aktivitas tertentu. Dalam beberapa situasi, mungkin berbahaya bagi Anda untuk mengurangi tonus otot.

Minum alkohol dengan obat ini bisa menimbulkan efek samping.

Obat ini dapat mengganggu pemikiran atau reaksi Anda. Hati-hati jika Anda menyetir atau melakukan apapun yang mengharuskan Anda untuk waspada.
Efek samping Baclofen

Dapatkan bantuan medis darurat jika Anda memiliki tanda reaksi alergi terhadap baclofen : gatal-gatal; Sulit bernafas; Pembengkakan wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.

Hubungi dokter Anda sekaligus jika Anda memiliki:
  1. Pernapasan lemah atau dangkal.
  2. Kebingungan, halusinasi.
  3. Kejang (kejang).
  4. Efek samping baclofen yang umum dapat meliputi.
  5. Mengantuk, pusing, lemah, perasaan lelah.
  6. Sakit kepala
  7. Masalah tidur (insomnia).
  8. Mual.
  9. Sembelit.
  10. Kencing lebih sering dari biasanya.

Ini bukan daftar lengkap efek samping dan lainnya mungkin terjadi. Hubungi dokter Anda untuk mendapatkan saran medis tentang efek samping. Anda dapat melaporkan efek samping pada FDA di 1-800-FDA-1088.

Lihat juga: Efek samping (lebih detail)
Apa obat lain yang akan mempengaruhi baclofen?

Mengambil baclofen dengan obat lain yang membuat Anda mengantuk atau memperlambat pernapasan Anda bisa menyebabkan efek samping berbahaya atau kematian. Tanyakan kepada dokter Anda sebelum minum pil tidur, obat sakit narkotika, resep obat batuk, pelemas otot, atau obat untuk kecemasan, depresi, atau kejang.

Obat lain dapat berinteraksi dengan baclofen, termasuk resep dan obat bebas, vitamin, dan produk herbal. Beritahu setiap penyedia layanan kesehatan Anda tentang semua obat yang Anda gunakan sekarang dan obat apa pun yang Anda gunakan atau hentikan penggunaannya.

Baca Juga;
Bagaimana Cara Menghilangkan Cegukan Pada Bayi Yang Terus- Terusan

Cara Mengatasi Cegukan Terus Menerus Dan Berkepanjangan


Sekian artukel ini kami akhiri semoga dapat bermanfaat. Dan kami harap anda dapat memaklumi akan kekurangan dan kesalahan yang terdapat didalamnnya. Kunjungi selalu situs kami dan salam sehat dari kami www.seh4t.com terima kasih.
Previous Post
Next Post

0 komentar: