Jumat, 09 Juni 2017

Daftar Obat Chikungunya Di Apotik Resep Dokter

www.seh4t.com Sebelum kita membahas apa saja sih daftar Obat Chikungunya Di Apotik? ada baiknya kita harus mengetahui dulu apasih yang dinamakan dengan chikungunya,, nah, silahkan simak baik-baik di bawah ini ya sobat.

Pengertian Chikungunya

Chikungunya itu adalah berasal dari bahasa Swahili berdasarkan gejala pada penderita, yang berarti (posisi tubuh) meliuk atau melengkung (that which contorts or bends up), mengacu pada postur penderita yang membungkuk akibat nyeri sendi hebat (arthralgia). Nyeri sendi ini menurut lembar data keselamatan (MSDS) Kantor Keamanan Laboratorium Kanada, terutama terjadi pada lutut, pergelangan kaki serta persendian tangan dan kaki. Selain kasus demam berdarah yang merebak di sejumlah wilayah Indonesia, masyarakat direpotkan pula dengan kasus Chikungunya. Gejala penyakit ini termasuk demam mendadak yang mencapai 39 derajat C, nyeri pada persendian terutama sendi lutut, pergelangan, jari kaki dan tangan serta tulang belakang yang disertai ruam (kumpulan bintik-bintik kemerahan) pada kulit. Terdapat juga sakit kepala, conjunctival injection dan sedikit fotofobia.

Penyebab Chikungunya

Penyakit demam chikungunya merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus, virus ini masih tergolong kadalam family virus dengue sehingga disebut dengan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Penyakit ini dapat menular melalui gigitan nyamuk jenis Aedes aegypti atau Aedes Albopiqtus yang masuk kedalam tubuh manusia, sehingga menyebabkan penyakit demam berdarah. Penyebab lain dari munculnya penyakit ini yaitu akibat kurangnya menjaga kebersihan lingkungan sekitar dan biasanya nyamuk ini berkembang biak di dalam tempat-tempat yang banyak genangan air seperti tempat sampah, genangan air yang terdapat pada barang-barang bekas dan sebagainya.

Beberapa Gejalanya

Sebagian besar kasus chikungunya akan menampakan berbagai gejala. Gejala cikungunya tersebut akan mulai muncul setelah tiga hingga tujuh hari setelah gigitan oleh nyamuk pembawa virus chikungunya. Berikut berbagai gejala yang akan dirasakan oleh orang yang terjangkit virus chikungunya:

  • Pembengkakan pada persendian.
  • Sakit pada otot-otot.
  • Muncul bintik-bintik merah pada kulit.
  • Sakit punggung.
  • Demam tinggi.
  • Sakit kepala.
  • Sakit persendian parah umumnya tejadi pada lengan dan kaki.
Dari berbagai gejala yang ditimbulkan oleh chikungunya, demam tinggi dan sakit pada persendian merupakan dua gejala yang kuat mengindikasikan jika seseorang terinfeksi virus chikungunya. Gejala chikungunya juga terkadang dapat disalah artikan sebagai gejala sakit DBD. Ini karena kedua penyakit ini sama-sama berasal dari virus yang ditularkan melalui gigitan nyamuk.
Chikungunya sendiri bukan merupakan penyakit yang bisa mengakibatkan kematian. Tetapi gejala yang ditimbulkan karena chikungunya mungkin akan sangat tidak nyaman dan menimbulkan rasa sakit. Setelah kurang lebih satu minggu, biasanya gejala chikungunya akan segera mereda.

Tapi tidak menutup kemungkinan jika beberapa kasus chikungunya mungkin akan memiliki jangka waktu sakit persendian yang lebih lama. Jika seseorang pernah terkena chikungunya, biasanya imun tubuhnya akan membentuk anti bodi yang bisa mencegah terjadinya kembali infeksi chikungunya ini.

Jika merasakan berbagai gejala cikungunya seperti yang sudah disebutkan di atas, segera periksakan ke dokter. Untuk memastikan apakah gejala tersebut merupakan gejala chikungunya atau bukan, dokter biasanya akan menyarankan pasien untuk melakukan tes darah.
Lalu siapa saja yang beresiko tinggi terkena chikungunya? Siapa pun di antara kita memiliki kemungkinan untuk terserang chikungunya. Namun pada beberapa orang, resiko terkena chikungunya bisa lebih tinggi dibandingkan yang lainnya.

Daftar Obat Chikungunya Di Apotik Resep Dokter

Belum ada obat spesifik untuk menyembuhkan penyakit ini, sehingga pengobatan yang diberikan hanyalah pengobatan simptomatis atau mengurangi gejalanya. Misalnya dokter akan memberikan obat demam, obat nyeri sendi, serta menyarankan banyak beristirahat dan makan bergizi. Hal ini karena virus tidak bisa diobati dengan antibiotik seperti halnya infeksi bakteri, tapi tergantung pada sistem kekebalan tubuh penderita sendiri.

Jika penderita adalah orang yang sehat, melakukan olahraga dan diet dengan gizi seimbang, maka biasanya chikungunya akan sembuh lebih cepat dengan sendirinya setelah masa inkubasi virus yaitu setelah 5-7 hari. Namun kasus masa penyembuhannya bisa berbeda bagi orang tua atau orang dengan kekebalan tubuh yang lemah, yaitu bisa sampai berbulan-bulan bahkan hingga sampai 2 tahun. Meskipun begitu, demam tingginya hanya berlangsung sampai 7 hari.
Baca Juga Ini :Gejala,Penyebab Penyakit Biduran Dan Cara Mengatasinya

  • 1. Obat chikungunya Antipiretik Di Apotik
Obat Chikungunya di Apotik adalah obat antipiretik yang diberikan untuk pengidap Chikungunya yg mengalami demam sangat tinggi tinggi. Maka perlu buat diberikan obat antipiretik atau obat penurun panas. Diantaranya yg dapat dipakai seperti obat yg memiliki kandungan parasetamol yakni Pamol, Sanmol, Dumin. Baca juga: Khasiat & Aturan Pakai Imodium Obat Diare dan Harga & Epeknya.
  • 2. Obat chikungunya GOLD-G Sea Cucumber Jelly Gamat Di Apotik
 Obat Chikungunya Di Apotik
 Obat Chikungunya Di Apotik

Obat Chikungunya di apotik  tersebut di atas merupakan obat herbal penemuan para ahli & terbaru. Obat tersebut sudah di klaim menjadi obat yg termujarab dalam mengobati chikumunya. Obat tersebut bisa buat mencegah & mengobati berbagai jenis penyakit, apalagi penyakit degneratitip. Dengan cara klinis baik ilmiah di laboratorium ataupun bukti nyata di lapangan obat tersebut telah teruji paktanya. Terutama buat penyakit seperti terjangkit virus chikungunya ini.
GOLD-G Sea Cucumber Jelly Gamat ini mempunyaki 50 jenis kandungan Aktif didalamnya dan berikut adalah diantaranya :
  1. Protein 86,8%
  2. Kolagen 80,0%
  3. Mineral
  4. Mukopolisakarida
  5. Glucasaminoglycans (GAGs)
  6. Antiseptik alamiah
  7. Glucosamine dan Chondroitin
  8. Saponin
  9. Omega-3, 6, dan 9
  10. Asam Amino
  11. Lektin
  12. Vitamin dan Mineral
  13. Senyawa Gamapeptide
Hasil penelitian dari Universitas di Malaysia selama 8 tahun menunjukkan bahwa Jelly Gamat Gold-G dapat mempercepat penyembuhan luka, baik luka luar maupun luka dalam, melancarkan peredaran darah, mencegah penyumbatan kolesterol pada pembuluh darah, melancarkan fungsi ginjal, meningkatkan kadar metabolisme. Selain mampu meregenerasi sel, teripang juga kaya akan nutrisi. “Senyawa aktif terbanyak berupa antioksidan, baik untuk perbaikan sel tubuh manusia, termasuk berguna untuk pemulihan lambung yang terkena luka akibat peradangan.

Riset yang ditempuh Hassan Yacob merupakan penelitian pertama yang mengungkap khasiat gamat/teripang di Malaysia. Para peneliti mengungkap 11 asam amino pada teripang: miristat, palmitat, palmitoleat, stearat, oleat, linoleat, arakhsidat, eicosapentaenat, behenat, erusat, dan docosahexaenat. Asam lemak itulah yang mempercepat penyembuhan luka luar maupun dalam.

Kemudian hasil penelitian di berbagai Universitas di seluruh dunia, ditemukan bahwa teripang emas sangat berkhasiat sebagai obat multi khasiat dan sebagai antiseptik tradisional. Dari penelitian tersebut terbukti bahwa teripang/gamat memiliki kandungan “Cell Growth Factor” (faktor regenerasi sel) sehingga mampu merangsang regenerasi/pemulihan sel dan jaringan tubuh manusia yang telah rusak/sakit bahkan membusuk, sehingga menjadi sehat/pulih kembali. Contoh yang mudah misalnya pada kasus penderita diabetes melitus. Selain diminum, Gamat juga dioleskan pada luka yang sudah membusuk, bahkan hampir diamputasi. Ternyata, “Cell Growth Factor” mampu bekerja dengan baik sehingga luka menjadi pulih dengan cepat.

Keunggulan Jelly Gamat Gold G

  • Satu-Satunya Produk Jeli Gamat Yang Terdaftar Di Singapura, Sebagai Salah Satu Negara Barometer Health Food Asia, Selain Jepang Dan China.
  • Melalui Proses Destilasi Sebanyak 4 Kali Sehingga Bebas Garam Dan Tidak Terasa Asin.
  • Mengandung 11 Asam Amino Yang Dapat Mebantu Mempercepat Penyembuhan Luka Luar Maupun Dalam.
  • Mengandung Senyawa Glukosaminoglikan Yang Dapta Mencegah Penggumpalan Dan Pembekuan Darah.
  • Kandungan Protein Tinggi Pada Teripang (Mencapai 82%) Berperdan Dalam Regenerasi Sel Beta Pankreas Yang Memproduksi Insulin, Baik Untuk Penderita Diabetes.

Manfaatnya

  1. Membantu Memperlancar Peredaran Darah.
  2. Membantu Mencegah Penyumbatan Kolesterol Pada Pembuluh Darah.
  3. Membantu Mencegah Gangguan Pencernaan.
  4. Membantu Mencegah Gangguan Pernapasan.
  5. Membantu Melancarkan Fungsi Ginjal.
  6. Membantu Mempercepat Proses Penyembuhan Luka.
  7. Membantu Menyembuhkan Berbagai Macam Penyakit.
  8. Membantu Menjaga Daya Tahan Tubuh.

  • 3.Obat ATP & Vit. B Kompleks Di Apotik
Obat Chikungunya di apotek tersebut bermanfaat menurunkan kelelahan di pengidap Chikungunya. Diantara obat yg bisa diberikan seperti ATP (Bio ATP, ATP Dankos) yg dikombinasikan dengan Vit. B kompleks seperti Porneuro, Bioneuron, atau Neurobion.
  • 4.Obat Analgetik Di Apotik
Obat generik Chikungunya tersebut umum diberikan kepada pengidap Chikungunya yg didapati tanda atau gejala berupa sakit-sakit. Maka dari itu buat mengatasinya perlu diberikan obat Analgetik misalnya yang terholong jenis obat ini adalahasam mepenamat (Mepinal, Dentacid), atau meloksicam (Mekspharm, Artriloks) yg epektip buat menurunkan nyeri berupa rasa sakit di persendian.

Obat Chikungunya Tradisional.


  • 1 Dengan Menggunakan Air Kelapa
Air Kelapa
Air Kelapa

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa air kelapa epektif dalam membantu mengobati chikungunya. Obat alami tersebut merupakan pilihan untuk kita yang tak tahan terhadap rasa pahit. Saya yakin, sedikit sekali orang yg tak menyukai air kelapa muda.

Sedangkan penggunaan obat herbal di atas tak memunculkan epek samping yg membahayakan tubuh, jadi aman dipakai. Penting buat diperhatikan supaya selalu merawat kebersihan lingkungan & rumah. Pola hidup sehat sungguh penting buat diterapkan. Tidak boleh biarkan nyamuk berkembang biak di mana-mana. kita tentu tak rela bila salah satu keluarga terserang penyakit berbahaya dampak kelalaian & kurang merawat kebersihan lingkungan. Mari jaga kesehatan keluarga, dengan menanamkan pola hidup yg sehat.

Selain obat-obat ini kita pun dapat melakukan beberapa tindakan buat mengantisipasi sebelum terjangkit chikungunya atau supaya tak terjangkit kedua kalinya. Beberapa tindakan ini ini diantaranya ialah Gerakan 3 M (Menguras, Menutup, Mengubur). Gerakan bakal mencegah nyamuk bersarang & berkembang biak. Tapi bila nyamuk sudah terlanjur berkembang biak, maka tindakan massal pemberantasan nyamuk seperti pogging bisa dilakukan.

Selain itu kita pun dapat mengantisipasinya dengan menggunakan lotion anti nyamuk. Ditambah pun dengan melancarkan gerakan anti pakaian bergantungan. Sebab pakaian yg bergantungan bakal mengundang nyamuk buat hinggap & bersarang.

Chikungunya Tidak Menyebabkan Kematian

Dengan istirahat cukup, obat demam, kompres, serta antisipasi terhadap kejang demam, penyakit ini biasanya sembuh sendiri dalam tujuh hari. Tidak Menyebabkan Kematian atau Kelumpuhan ! Masih banyak anggapan di kalangan masyarakat, bahwa demam Chikungunya atau flu tulang atau demam tulang sebagai penyakit yang berbahaya, sehingga membuat panik. Tidak jarang pula orang meyakini bahwa penyakit ini dapat mengakibatkan kelumpuhan. Memang, sewaktu virus berkembang biak di dalam darah, penderita merasa nyeri pada tulang-tulangnya terutama di seputar persendian sehingga tidak berani menggerakkan anggota tubuh. Namun, perlu diperhatikan bahwa hal ini bukan berarti terjadi kelumpuhan. Melainkan lebih dari sekedar keengganan si penderita melakukan gerakan karena rasa ngilu pada persendian. Masa inkubasi dari demam Chikungunya dua sampai empat hari.

Manifestasi penyakit berlangsung tiga sampai 10 hari. virus ini termasuk self limiting disease alias hilang dengan sendirinya. Namun, rasa nyeri masih tertinggal dalam hitungan minggu sampai bulan. Tak ada vaksin maupun obat khusus untuk Chikungunya. Cukup minum obat penurun panas dan penghilang rasa sakit yang bisa dibeli di warung. Yang penting cukup istirahat, minum dan makanan bergizi.

Cara Pencegahan Terjadinya Chikungunya

Chikungunya
Chikungunya

Cara pencegahan yang sangat efektif yaitu dengan menghindar kontak langsung dengan nyamuk pembawa virus ini, dengan cara menjaga kebersihan lingkungan, kebersihan kamar mandi, menutup tempat penampungan air dan kebersihan tempat lainnya yang dirasa dapat dijadikan sebagai sarang nyamuk. Selain itu, gunakan lotion anti nyamuk untuk melindungi diri anda dan keluarga dari bahaya gigitan nyamuk demam berdarah.

Mulailah menjaga kebersihan lingkungan dan diri anda dari sekarang, kalu bukan kita siapa lagi? Demikianlah informasi yang dapat saya sampaikan mengenai penyakit chikungunya, semoga bermanfaat dan membuat kita menjadi sadar akan pentingnya menjaga kebershan untuk kesehatan.

Sekian Artikel kami tantang Daftar Obat Chikungunya Di Apotik Resep Dokter serta obat tradisionalnya. Semoga bermanfaat ya. salam dari kami www.seh4t.com
Previous Post
Next Post

0 komentar: