Selasa, 06 Juni 2017

Resep Obat Flu Tradisional Untuk Anak Bayi Yang Mujarab

Resep Obat Flu Tradisional Untuk Anak Bayi  Yang Mujarab

www.seh4t.com Penyakit pilek atau flu memang bisa terjadi pada siapapun, termasuk dewasa dan anak-anak. Bahkan pilek juga bisa terjadi pada bayi yang baru dilahirkan atau bayi yang sudah berumur beberapa bulan. Merawat bayi yang pilek tentu akan membuat orang tua merasa sedih. Biasanya bayi yang pilek akan menangis terus menerus karena tidak nyaman, demam, batuk, tidak nafsu minum dan tubuh bayi terlihat sangat lemah. Jika tidak segera diatasi, maka pilek pada bayi bisa menyebabkan komplikasi kesehatan lain seperti penyebab berat badan bayi tidak naik.

Pilek yang dalam istilah medis dikenal dengan sebutan common cold merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus. Anak – anak terutama bayi sering mengalami pilek karena sistem pertahanan tubuh mereka yang belum sempurna. Pilek pada bayi dapat berlangsung hingga lebih dari 10 hari tergantung pada daya tahan tubuh bayi dan penanganan yang dilakukan orang tua terhadap pilek yang dialami bayi.

Pilek Atau Flu pada bayi dapat terjadi 8 – 12 kali dalam setahun dalam bentuk yang ringan. Gejala yang ditimbulkan pada pilek dapat berupa hidung tersumbat, batuk berdahak, bersin-bersin dan sakit tenggorokan. Hidung yang tersumbat dapat menyebabkan bayi menjadi sulit bernapas, sulit tidur dan rewel. Dan semua ini sebenarnya dapat kita atasi dengan cara-cara yang sederhana Dengan menggunakan Resep Obat Flu Tradisional Untuk Anak Bayi Yang Mujarab telah terbukti secara medis

  • Bersihkan Hidung Bayi Dari Lendir Yang Menyumbat
Umumnya bayi masih menggunakan hidung sebagai saluran utama untuk bernafas. Ketika bayi Anda terkena pilek maka biasanya bayi akan sulit untuk bernafas dan membuat bayi tidak bisa tidur. Terlebih untuk bayi yang baru lahir dan sering tidur dengan posisi telentang sesuai dengan posisi tidur bayi yang baik. Sebab bayi tidur tengkurap setelah lahir memang tidak diperbolehkan dalam dunia medis. Bayi umumnya belum bisa membersihkan lendir dari hidung sehingga Anda perlu membantu.

Caranya adalah dengan menarik lendir bayi menggunakan alat khusus. Anda bisa mencoba beberapa alat yang biasanya digunakan untuk anak-anak namun gunakan secara hati-hati. Jika Anda ingin mengeluarkan lendir secara alami maka teteskan sedikit air ke bagian hidung bayi lalu miringkan bayi. Kemudian biasanya lendir akan keluar dan bisa ditarik dengan handuk yang bersih. Selain itu ketika bayi sedang pilek maka jangan sebaiknya ibu jangan menyusui sambil tiduran.
  • Air Larutan Garam
Sejak dari dulu air larutan garam dipercaya bisa mencairkan ingus pada bayi. Juga memperlancar sumbatan yang terjadi pada hidung dan juga mengembalikan kealamian selaput di bagian hidung. Anda dapat melakukan cara seperti melarutkan setengah sendok makan garam pada gelas yang berisi air hangat. Kemudian masukan larutan tadi dalam semprotan untuk hidung bayi atau anda dapa menggunakan pipet bayi. Teteskan larutan tersebut ke dalam hidung bayi sebanyak dua kali. Lakukan setiap harinya minimal 3 kali. Disarankan sangat berhati hati dalam melakukannya apalagi untuk ibu baru sebaiknya meminta bantuan orang tua anda yang telah berpengalaman melakukan ini.
  • Penguapan Secara Alami
Salah satu cara mengatasi flu pada bayi adalah dengan cara penguapan atau inhalasi. Anda dapat melakukan cara inhalasi yang alami ini di rumah. Caranya anda dapat memberikan uap dari air panas yang sudah ditetesi oleh minyak telon. Ini sangat mudah, anda hanya harus meletakan ember kecil yang berisi air panas dan telah ditetesi sedikit minyak telon di pojokan ruangan. Biarkan bayi anda menghirup uap dari air tersebut. Hal ini sedikitnya bisa membantu bayi anda dalam melegakan hidung yang tersumbat. Dan juga dapat menggendong bayi anda dengan membantunya untuk telungkup pada kedua tangan anda serta posisikan bayi anda dengan wajah berada di atas ember yang berisi air hangat. Hal tersebut dapat membantu bayi untuk menghirup uap dari air hangat tersebut.
  • Buat Posisi Kepala Bayi Agak Tinggi Saat Tidur
Ketika bayi tidur saat terkena pilek maka biasanya bayi tidak nyaman dan sering terbangun. Untuk mencegah bayi tidak cukup tidur maka tinggikan bagian kepala bayi saat tidur. Posisi ini bisa membantu mengalirkan lendir dari hidung bayi sehingga bayi bisa bernafas dengan baik. Untuk itu Anda bisa mencoba menempatkan beberapa handuk yang lembut dibawah kepala bayi. Jangan mengganjal kepala bayi dengan bantal karena bisa menyebabkan bayi tidak bisa bernafas dengan baik. Selama bayi tertidur maka jaga agar kepala bayi tidak tegak karena posisi yang kepala yang tidak nyaman. Cara ini bisa membantu bayi tidur cukup sesuai dengan pola tidur bayi 0-12 bulan.
Lihat Juga Ini : Bagaimana Cara Menyembuhkan Batuk Kering Pada Anak Tanpa Obat

  • Berikan Susu Formula Untuk Bayi
Untuk bayi yang telah terbiasa menerima susu formula, maka Anda harus tetap memberikan susu formua selama bayi pilek atau flu. Susu formula memang tidak mengandung antibodi alami seperti pada ASI, namun bisa mencegah bayi terkena dehidrasi seperti pada manfaat susu formula untuk bayi. Susu formula akan menyumbangkan berbagai jenis vitamin dan mineral dari susu olahan. Dengan berbagai nutrisi ini maka tubuh bayi Anda setidaknya lebih kuat untuk mencegah agar badan bayi tidak terlalu lemah. Namun hentikan pemberian susu formula jika pilek bayi disertai dengan diare. Ketika hal ini terjadi maka segera bawa bayi Anda ke dokter anak. Waspadai jika ada gejala alergi susu sapi pada bayi yang memerlukan cara mengatasi bayi alergi susu sapi.
  • Menggunakan Minyak Pijat
Obat flu tradisional untuk bayi 6 bulan. Minyak pijat yang bisa digunakan seperti minyak kayu putih, peppermint, maupun rosemary. Minyak tersebut dapat membantuk menyembuhkan batuk pada bayi anda.
Walaupun dengan menggunakan bahan alami sedikit lebih lama penyembuhannya daripada menggunakan obat yang mengandung bahan kimia, namun tidak ada salahnya untuk mencobanya. Sebaiknya menggunakan obat-obatan tradisional daripada menggunakan obat yang mengandung kimia.
Karena resiko terkena efek samping yang buruk lebih kecil dan juga dengan menggunakan bahan yang alami jauh lebih aman.
  • Asi
Inilah Obat Flu Tradisional Untuk Anak Bayi paling jitu Hal yang paling penting untuk diberikan ketika bayi Anda pilek adalah ASI. Bagi ibu yang memberikan ASI eksklusif maka ASI menjadi obat alami untuk meredakan pilek sehingga perlu menjauhi pantangan ibu menyusui. Pertama ASI akan mengatasi bayi dari dehidrasi sehingga tidak membuat pilek bayi menjadi lebih parah. Sementara itu ASI juga mengandung jenis antibodi khusus yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi. ASI adalah obat yang paling menguntungkan untuk bayi Anda. Jika bayi Anda tidak mau minum ASI secara langsung maka cobalah cara memerah ASI dengan tangan dan melakukan cara memperbanyak ASI perah. Bayi Anda bisa menjadi lebih nyaman dengan cara ini.
  • Pijat Hidung Bayi
Pijatlah dengan lembut hidung bayi pada area atas hidung dan alis dengan sedikit mengoleskan minyak telon, ini sangat membantu dalam melegakan tersumbatnya hidung bayi. agar lendir yang ada di dalam hidung bayi keluar, anda dapat menekan secara lembut dengan memakai sapu tangan atau cotton bud di sekitar hidung bayi. Namun anda harus berhati-hati, gunakan sapu tangan yang sangat lembut dan jangan memasukan cotton bud terlalu dalam ke hidung bayi.

Tips Mencegah Flu Pada Bayi


  • Tutup Mulut Bayi Waktu Bersin
Waktu bersin,untuk menjaga kesehatan bayi anda tutup mulut serta hidung dengan tissu atau sekurang-kurangnya dengan tangan Anda. Namun sebisa mungkin jangan menutupnya dengan telapak tangan lantaran malah dapat menjadikan bakteri serta virus semakin menyebar. Karenanya siapkan tissu ketika Anda terkena flu.
  • Jaga Kebersihan Tangan
Biasakan Anda dan seluruh keluarga untuk selalu menjaga kebersihan tangan dengan seniantiasa mencuci tang dengan sabun, terlebihketika akan bermain atau memegang bayi Anda. Membersihkan tangan setiap akan makan, sesudah dari toilet, serta sesudah lakukan aktivitas yang lain sangatlah penting untuk mencegah penyebaran berbagai virus dan bakteri.
  • Jangan Membawa Bayi Berpergian
Jangan membawa bayi berpergian ke tempat-tempat yang padat pengunjung di musim flu. Ke mal atau resepsi pernikahan misalnya. Urungkan pula niat mengundang para sepupu yang sudah heboh berlarian dengan hidung beringus –atau memboyong bayi Anda ke arisan keluarga besar. Hampir pasti, si kecil akan jadi ‘piala bergilir’ yang diciumi dan dioper ke sana ke mari, kan? Wah, sama artinya dengan jadi sasaran empuk ketularan flu!
  • Menyusui Selama Mungkin
Lupakan target menyusui hingga 6 bulan pertama saja. Menyusuilah selama mungkin, selagi si kecil ingin. ASI mengandung begitu banyak zat pelawan infeksi. Tak heran, bayi yang disusui jarang terserang pilek atau flu

Sekian Artikel kami tentang Resep Obat Flu Tradisional Untuk Anak Bayi Yang Mujarab semoga bermanfaat ya salam dari kami www.seh4t.com
Previous Post
Next Post

0 komentar: