Minggu, 04 Juni 2017

Obat Pilek Alami Untuk Anak Bayi 1 Tahun Yang Aman

Obat Pilek Alami Untuk Anak Bayi 1 Tahun Yang Aman

www.seh4t.com Pada kebanyakan Orang Tua, akan merasa sedih jika bayinya mengalami sakit. Salah satu contohnya adalah pilek. Pilek akan sering menyerang pada bayi dan anak usia balita, hingga tumbuh dewasa. Jika mengalami sakit dalam hal ini pilek, akan membuat bayi merasa tidak nyaman bahkan menjadi rewel karena hal tersebut. Selain itu, akibat pilek, biasanya hidung bayi tersumbat, kondisi tubuh bisa lemas, dan bayi akan sulit ditenangkan.

Beberapa Orang Tua akan segera membawa bayinya ke tempat kesehatan atau klinik. Namun hal ini bisa terhambat jika kita tidak sedang berada di dekat klinik atau rumah sakit, atau mungkin dokter kliniknya sedang libur atau tutup praktek. Oleh karenanya kita dapat menerapkan beberapa metode sederhana untuk membantu mengurangi pilek pada bayi kita.

Meski memang terdorong oleh niat baik, sayangnya pemberian obat pilek untuk bayi bukan pilihan yang direkomendasikan. Apalagi jika obat tersebut merupakan obat pilek yang dijual bebas di pasaran. Bagi bayi, terutama yang berusia dua tahun ke bawah, obat dapat memberikan efek samping yang serius. Tidak tanggung-tanggung, nyawa bayi menjadi taruhannya maka menurut saya ada baik nya ada lebih mengutamakan Obat Pilek Alami Untuk Anak Bayi Yang Aman tanpa ada efek samping dan telah teruji secara medis inilah dia di bawah ini :
  • Gosok Tubuh Bayi Dengan Minyak Kelapa
Jika Anda memiliki persediaan minyak kelapa organik, maka gunakan minyak kelapa untuk menggosok tubuh bayi. Minyak kepala bisa membantu tubuh bayi menjadi lebih nyaman dan membuat saluran pernafasan bekerja lebih bayi. Gosokkan minyak kelapa perlahan pada bagian telapak kaki bayi, kaki bayi lalu ke semua bagian punggung bayi dan perut bayi. Jangan memberikan minyak kelapa terlalu dekat ke bagian wajah dan hidung bayi karena akan terasa menyengat. Jika hidung bayi tersumbat maka berikan aroma minyak kelapa sedikit ke bagian hidung bayi. Lakukan perlahan sehingga bayi Anda merasa lebih nyaman.
  • Uap
Rebus air, lalu tempatkan di sebuah wadah semacam baskom atau ember. Letakkan di tempat yang agak rendah, seperti meja. Gendong bayi Anda menggunakan gendongan kain, lalu gunakan handuk untuk menutup kepala Anda dan juga bayi, dengan baskom berisi air panas di bawahnya. Pastikan Anda berada dalam handuk bersama si kecil, agar dapat merasakan tingkat kepanasan yang masih dapat ditolerir oleh si kecil. Jangan sampai ia terlalu kepanasan.

  • Larutan Salin (Garam Fisiologis)
Larutan ini telah terbukti pada beberapa Orang Tua yang memiliki bayi. Larutan ini membantu dalam mencairkan lendir hidung yang telah mengering di rongga hidung. Oleh karena itu, dengan menggunakan larutan salin, kita dapat membersihkan hidung dengan cara yang reltif mudah. Hal ini juga sudah beberapak kali dianjurkan oleh dokter kepada Orang Tua. Cara penggunaannya adalah bersihkan permukaan lubang hidung dengan lembut, lalu teteskan larutan salin (dengan menggunakan pipet/alat tetes khusus atau alat tetes obat untuk bayi) ke dalam rungga hidung secara perlahan. Biasanya kepala dimiringkan agar larutan salin tidak langsung keluar dari hidung. Setelah itu, isap kembali larutan dari hidung dengan pipet tetes yang digunakan.

Larutan salin bisa di dapatkan di apotik atau bisa dibuat sendiri di rumah, dengan mencampurkan ½ sendok teh garam dapur dalam 8 sendok teh air hangat. Pencampuran sebaiknya menggunakan wadah dan sendok atau pengaduk yang steril untuk menghindari kontaminasi mikroorganisme. Setelah itu, larutan ditunggu dingin untuk digunakan pada bayi. Pembuatan larutan dari garam dapur sebaiknya jika dalam keadaan darurat, dan sebaiknya membeli yang langsung tersedia di apotik. Hal ini bertujuan menghindari kontaminasi bakteri pada larutan yang akan kita berikan pada bayi dengan daya tahan tubuh yang masih rendah
  • Membuat dekongestan alami dengan bawang putih
cara selanjutnya adalah Membuat bawang sebagai dekongestan alami. Dekongestan membantu dalam mengurangi radang pada hidung, sehingga bisa mengobati pilek dan mengurangi produksi lendir. Bawang pertama-tama di iris lalu diletakkan pada piring dan didekatkan dekat tempat tidur bayi. Mungkin bau bawang akan terasa kurang nyaman sebagai aroma terapi. Namun kandungan sulfur dalam bawang dapat menarik keluar lendir dari hidung serta memmbuat hidung menjadi terasa lega. Perlu diingat, jangan meletakkan bawang ini terlalu dekat dengan bayi, karena bisa saja di raih dan akan dimasukkan kemulutnya, sebagaimana tingkah laku bayi pada umumnya. silahkan mcoba pada bayi anda dengan tata cara yang telah kami rekmendasikan semoga berhasil.
  • Pijat Bayi
Dengan cara melakukan pijat pada sang buah hati yang benar juga bisa membantu meringankan pilek secara alami. Pijat dengan menekan pada titik titik tubuh bayi tertentu bisa membantu bayi merasa lebih nyaman. Bayi Anda bisa tidur nyenyak setelah dipijat sehingga bayi bisa istirahat dengan baik. Selain itu gerakan pijatan yang baik juga bisa membantu mengeluarkan dahak, membantu bayi bisa batuk dan merangsang bagian tubuh bayi agar bisa memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik. Jika Anda tidak bisa melakukan pijat bayi sendiri maka lakukan dengan bantuan terapis khusus bayi. Pijat bayi juga sangat efektif untuk mengatasi bayi sering menggeliat dan sebagai cara mengatasi sembelit pada bayi
  • Berikan Asi
Hal yang paling penting untuk diberikan ketika bayi Anda pilek adalah ASI. Bagi ibu yang memberikan ASI eksklusif maka ASI menjadi obat alami untuk meredakan pilek sehingga perlu menjauhi pantangan ibu menyusui. Pertama ASI akan mengatasi bayi dari dehidrasi sehingga tidak membuat pilek bayi menjadi lebih parah. Sementara itu ASI juga mengandung jenis antibodi khusus yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi. ASI adalah obat yang paling menguntungkan untuk bayi Anda. Jika bayi Anda tidak mau minum ASI secara langsung maka cobalah cara memerah ASI dengan tangan dan melakukan cara memperbanyak ASI perah. Bayi Anda bisa menjadi lebih nyaman dengan cara ini.
  • Madu
Obat batuk pilek untuk bayi yang dapat Anda berikan adalah pemberian madu. Namun, madu tidak dapat diberikan pada bayi berumur kurang dari 1 tahun karena dapat menyebabkan penyakit botulisme yang berbahaya. Untuk anak usia 1 – 5 tahun berikan setengah sendok teh madu. Lebih baik madu langsung dimakan dari sendok. Bila mau, dapat juga dicampurkan dengan air putih. Madu mempunyai efek melegakan dan meringankan gejala batuk.
  • Makanan Yang Lembut
Untuk bayi di atas usia 6 bulan,Khususnya umur 1 tahun makanan lembut dan dingin dapat menjadi obat batuk pilek untuk bayi, terutama bila batuk, karena batuk biasanya menyebabkan nyeri tenggorokan. Berikan makanan seperti pudding atau agar-agar yang dingin untuk melegakan nyeri tenggorokan. Selain itu, dapat juga memberikan kuah sop sayuran. Dan, bertentangan dengan kepercayaan masyarakat, berikan es krim dalam jumlah sedikit karena rasa dingin dan lembutnya akan membuat tenggorokan menjadi lega.itulah salah satu Obat Pilek Alami Untuk Anak Bayi 1 Tahun Yang Aman
  • Kurangi Penggunaan AC Dan Merokok
Selanjutnya adalah Penggunaan AC dalam ruangan dapat membuat udara kering dan memperparah gejala batuk dan pilek bayi Anda. Penggunaan AC dalam suhu yang terlalu dingin juga dapat melumpuhkan sebagian besar sistem pertahanan tubuh bayi. Rokok merupakan zat iritatif yang dapat merusak saluran nafas, terlebih lagi saluran nafas bayi. Jadi jauhkan bayi Anda dari AC dan rokok sebagai obat batuk pilek untuk bayi Anda.
Baca JUga Ini : Apa Merk Obat Batuk Anak Yang Bagus Aman Diberikan


  • Buat Posisi Kepala Bayi Agak Tinggi Saat Tidur
Ketika bayi tidur saat terkena pilek maka biasanya bayi tidak nyaman dan sering terbangun. Untuk mencegah bayi tidak cukup tidur maka tinggikan bagian kepala bayi saat tidur. Posisi ini bisa membantu mengalirkan lendir dari hidung bayi sehingga bayi bisa bernafas dengan baik. Untuk itu Anda bisa mencoba menempatkan beberapa handuk yang lembut dibawah kepala bayi. Jangan mengganjal kepala bayi dengan bantal karena bisa menyebabkan bayi tidak bisa bernafas dengan baik. Selama bayi tertidur maka jaga agar kepala bayi tidak tegak karena posisi yang kepala yang tidak nyaman.

Tips Menghindari Pilek Pada Bayi

Sebagai orang tua Anda tentu tidak ingin si kecil mengalami penyakit apapun, meskipun hanya sekadar penyakit ringan seperti pilek. Untuk itu diperlukan tindakan pencegahan supaya si anak bisa terhindar dari berbagai penyakit. Pertama, jika ada bayi lain atau orang lain di sekitar si kecil yang sedang terserang pilek, usahakan jangan didekatkan dengan si kecil. Kalau mereka orang dewasa, minta mereka untuk mengenakan masker.

Untuk cara perawatan anak yang sedang mengalami pilek, paling tidak Anda harus menjaga pola makan bayi Anda. Terutama untuk bayi yang sudah mulai bisa mengonsumsi makanan tambahan. Anda juga bisa mengatur jadwal makan si bayi, berikan makanan dengan porsi yang lebih sedikit namun lebih sering. Tujuannya adalah supaya si kecil tidak merasa mual dan muntah.

Akan tetapi apabila kondisi bayi sudah tidak bisa lagi diatasi dengan beberapa cara mengatasi batuk pada bayi seperti yang tadi kami sampaikan, lebih baik segera bawa anak Anda ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis lebih lanjut. Hal ini bisa Anda lakukan apabila bayi Anda juga mengalami demam, kondisinya lesu, lidahnya membiru, batuk berlendir yang warnanya hijau, kuning atau coklat, atau sulit makan. Jadi semoga apa yang baru saja kami sampaikan bisa Anda coba di rumah dan bisa bermanfaat bagi Anda.

Demikian artikel kami mengenai Obat Pilek Alami Untuk Anak Bayi 1 Tahun Yang Aman serta tips untuk menghindari ilek pada bayi. semoga bermanfaat dan selamat mencoba. salam dari kami www.seh4t.com
Previous Post
Next Post

0 komentar: