Kamis, 01 Juni 2017

Makanan Penyebab Batuk Berdahak Tambah Parah Berkepanjangan

Makanan Penyebab Batuk Berdahak Tambah Parah Berkepanjangan

www.seh4t.com Masalah batuk berdahak yang berkepanjangan perlu diketahui dikarenakan batuk berdahak adalah batuk yang menyiksa. Batuk tersebut mampu membuat dada terasa sakit dan saluran pernafasan menjadi sulit. Alasanya adalah dahak tersebut mampu menyumbat saluran nafas. Sebenarnya batuk dibedakan menjadi dua yaitu batuk berdahak dan batuk kering. Jika tidak kunjung sembuh bisa menjadi tanda bahwa paru-paru sedang mengalami masalah.

Batuk berdahak akan membuat tenggorokan menjadi seperti ada lemnya dan menyebabkan suara menjadi serak. Hal itu dikarenakan letak pita suara ada di dekat tenggorokan yang memiliki banyak dahak. Batuk berdahak parah yang berkeanjangan pun akan lebih menyakitkan jika malam hari sebab frekuensi batuk saat malam hari akan semakin sering. Dahak yang menempel di tenggorokan akan sulit dikeluarkan jika masih kental dan belum encer. Berikut ini adalah Makanan Penyebab Batuk Berdahak Tambah Parah Berkepanjangan Simak Berikut ini :
  • 1. Kafein
Secangkir kopi panas sangat nikmat diminum pada pagi hari. Tetapi, sangatlah tidak baik bagi seseorang yang mengalami batuk. Mengkonsumsi minuman itu apat membuat gatal yang menggelitik pada tenggorokan. Untuk menyiasati keinginanmu itu, konsumsi saja teh jahe herbal yang lebih mendukungmu dalam meredakan batuk. Rasanya akan menenangkan tenggorokan.

Selanjutnya, kamu perlu mengetahui makanan pereda batuk agar mempercepat kesembuhanmu.
Beberapa makanan dan buah yang bisa meredakan batuk adalah nanas, blueberry, tomat dan sup hangat. Selain itu, minum air putih yang banyak selama kondisi ini sehingga tubuhmu terhidrasi dengan baik. Jangan lupa berolahraga untuk meningkatkan kekebalan tubuh.
  • 2. Makanan olahan
Makanan dari karbohidrat atau makanan yang diolah bisa jadi Penyebab Batuk Berdahak Tambah Parah. Ketika Anda batuk maka sistem kekebalan tubuh akan menurun dengan cepat. Kemudian infeksi bisa menyebar dengan cepat atau batuk menjadi lebih parah. Sementara kekebalan tubuh berfungsi untuk menjaga agar tubuh Anda tidak mudah sakit. Makanan olahan yang didapatkan dari sumber karbohidrat putih bisa menyebabkan tubuh menjadi lebih lemah. Beberapa makanan ini termasuk seperti roti putih dengan ragi, kentang goreng, dan pasta. Makanan ini juga bisa memicu selaput lendir menghasilkan banyak lendir sehingga batuk sulit sembuh.
  • 3. Makanan Pedas
Makanan yang pertama adalah makanan pedas. Mengonsumsi makanan pedas saat mengalami batuk berdahak pastinya hal tersebut sangat menyegarkan. Akan tetapi jika Anda sedang batuk sebaiknya Anda mengindari makanan tersebut. Hal ini dikaranakan mengonsumsi makanan pedas seperti lada, pala, cengkeh, cabai dan lainnya dapat membuat tenggorokan dan batuk Anda semakin parah dan akan mengakibatkan batuk tembah parah dan berkepanjangan.
  • 4. Makanan Yang Didinginkan Di kulkas
Semua jenis makanan yang didinginkan sebaiknya juga tidak dikonsumsi saat batuk berdahak. Terlebih jika Anda sedang flu atau terkena serangan asma maka batuk bisa menjadi lebih parah. Semua jenis makanan dan minuman yang didinginkan bisa menyebabkan lapisan pada saluran pernafasan menjadi lebih kering, hasil lendir yang lebih banyak dan bisa menyebabkan oksigen tidak masuk penuh ke saluran pernafasan. Jadi sebaiknya menghindari semua jenis makanan dan minuman yang didinginkan saat batuk termasuk seperti es krim, susu dingin dan semua minuman kemasan.
  • 5. Merokok
Merokok merupakan salah satu Penyebab Batuk Berdahak yang akan berujung pada penyakit bronkitis. Tidak hanya itu saja, merokok akan mengiritasi lapisan tenggorokan, dan juga penundaan pemulihan bahkan dapat meningkatkan risiko kanker. Begitupun dengan perokok pasif, hindari asap rokoknya jika Anda tidak mau batuk Anda semakin mejadi-jadi.
  • 6. Buah Yang Mengandung Zat Asam Sitrat
Semua jenis buah yang mengandung asam sitrat memang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Namun jika dikonsumsi saat batuk maka bisa menyebabkan kenaikan asam hingga ke saluran pernafasan. Kondisi asam yang naik dari lambung ke saluran pernafasan bisa menyebabkan lendir menumpuk di saluran pernafasan. Dampaknya bisa lebih berat karena batuk menjadi lebih parah. Makanan ini juga bisa menghasilkan lendir yang lebih banyak sehingga bisa membuat batuk akibat asma menjadi lebih buruk. Beberapa buah yang mengandung asam sitrat dan sebaiknya tidak dimakan saat batuk adalah seperti pisang, jeruk, mangga. Buah yang mengandung air alami dalam jumlah banyak lebih baik dikonsumsi saat batuk, seperti semangka, nanas, pir,dan anggur.

Cara Mengatasi Batuk Berdahak Berkepanjangan

Kami akan memberikan beberapa contoh ramuan obat tradisional yang bisa dikonsumsi oleh orang dewasa. Meskipun sebenarnya boleh juga dikonsumsi oleh anak-anak, namun biasanya ada batasan umur tertentu yang masih belum boleh mengonsumsi obat-obatan tersebut. Selain itu kami juga menyarankan supaya Anda bisa menyaring informasi yang kami berikan atau bahkan bisa berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu apakah obat tradisional yang akan Anda gunakan benar-benar aman atau tidak. Berikut ini adalah beberapa contoh ramuan obat batuk berdahak tradisional untuk dewasa yang bisa Anda buat sendiri. Berikut Ini :
  • Kencur
Makanan Penyebab Batuk Berdahak Tambah Parah Berkepanjangan
Kencur
Anda bisa memanfaatkan kencur sebagai cara menghilangkan batuk berdahak. Cara pembuatannya juga tidak terlalu sulit. Yang Anda butuhkan adalah kencur dan bunga belimbing masing-masing 10 gram, daun inggu dan parutan temugiring masing-masing 5 gram, dan sebuah jeruk nipis. Cara membuat ramuannya adalah dengan merebusnya, lalu menyaring airnya. Setelah itu Anda juga boleh menambahkan ramuannya dengan gula jawa atau madu supaya rasanya lebih manis. Konsumsi obat kencur ini 3 kali sehari sampai batuk Anda sembuh.
  • Daun Pare
Inilah dia Cara menghilangkan batuk berdahak secara alami dan efektif lain bisa Anda coba menggunakan ramuan dari daun pare. Untuk membuat ramuan obat ini Anda membutuhkan 7 lembar daun pare yang masih segar dan dua sendok makan air matang. Pertama Anda tumbuk terlebih dahulu 7 lembar daun pare yang sudah Anda cuci sampai bersih. Setelah Anda tumbuk, tambahkan dua sendok air matang. Peras hasil tumbukannya tersebut dan saring airnya. Untuk mengobati batuk berdahak, minum ramuan dari daun pare tersebut dua kali sehari. selamat mencoba.
  • Daun Pegagan
Daun pegagan adalah salah satu tanaman herbal yang bisa Anda manfaatkan sebagai cara menghilangkan batuk berdahak. Yang Anda butuhkan untuk membuat ramuan obatnya adalah daun pegagan, kapulaga, kencur, dan daun jinten masing-masing sejumlah 50 gram. Cara meramunya adalah dengan merebus bahan-bahan tadi sampai mendidih, lalu saring airnya. Supaya rasanya lebih manis, Anda bisa mencampurkan madu secukupnya. Minum obat tradisional dari daun pegagan ini sampai batuk berdahak Anda sembuh.
  • Madu Asli
Madu merupakan obat alami yang populer untuk mengatasi batuk. Pada tahun 2007, ABC News melaporkan hasil sebuah studi yang dilakukan oleh Penn State College of Medicine yang menjelaskan bahwa pemberian madu untuk anak-anak antara usia 2 – 18 tahun sebelum tidur bisa membuat mereka tidur lebih baik dan batuk mereka berkurang lebih banyak daripada jika diberikan sirup atau tidak. Dua sendok teh madu bisa diminum langsung atau dapat juga dicampur dengan air hangat atau teh hangat. Namun jangan pernah memberikan madu kepada anak-anak berumur 1 tahun kebawah, karena madu mengandung alergen yang anak seumuran itu masih belum tahan.
  • Bawang Merah Dan Gula
Bawang merah dan gula mungkin terdengar kurang menarik, namun ini merupakan bagian dari obat alami untuk menyembuhkan batuk berdahak. Iris-iris bawang merah dan masukkan ke dalam mangkuk. Kemudian tambahkan gula pasir setengah cup dan biarkan semalaman.Pada saat didiamkan semalam, bawang merah akan menyerap gula dan menjadikannya sirup. Untuk mempercepat prosesnya, didihkan campuran kedalam panci di atas api kecil selama sekitar 1 .1/2 jam. Minum sirup sesendok setiap 2 jam.
  • Minyak Kayu Putih
Minyak kayu putih merupakan hasil penyulingan dari pohon kayu putih(M. leucadendra) yang berkhasiat menghangatkan tubuh, melemaskan otot, dan mencegah perut kembung. Menghirup uap dari minyak atsiri kayu putih bisa cepat membantu meredakan batuk berdahak. Cara menggunakan metode uap adalah dengan menambahkan 2 atau 3 tetes minyak kayuputih ke dalam mangkuk panas dengan uap yang mengepul , hirup uapnya selama 10 – 15 menit. Gunakan minak kayu putih secara hati-hati karena dapat menyebabkan reaksi alergi .
Baca Juga Ini : Cara Meredakan Batuk Berdahak Sampai Hilang Secara Alami


  • Jus Wortel
Wortel sudah diketahui efektif dalam menyembuhkan batuk berdahak. Wortel merupakan sumber vitamin A dan C yang sangat baik , plus antioksidan kuat yang bermanfaat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tahan dari berbagai macam infeksi. Wortel juga banyak nutrisi dan vitamin yang berguna membantu mengurangi batuk yang berdahak. Ambil 4-5 wortel segar, tambahkan air matang secukupnya lalu diekstrak untuk membuat jus. Kemudian tambahkan dua atau tiga sdt madu madu. Minum jus wortel ini sepanjang hari untuk membersihkan dahak yang mengumpul ditenggorokan. Demikian solusi alami untuk menyembuhkan batuk berdahak yang menjengkelkan. Namun jika Anda melihat ada darah di dahak, atau dahak yang berwarna kuning atau hijau, atau tidak sembuh-sembuh sebaiknya berkonsultasi dengan dokter segera.

Sekian Artikel Kami mengenai Makanan Penyebab Batuk Berdahak Tambah Parah Berkepanjangan semoga bermanfaat untuk anda dan selamat mencoba.Terimakasih telah menyimak artikel kami salam www.seh4t.com
Previous Post
Next Post

0 komentar: