Jumat, 02 Juni 2017

Apa Ciri Dan Penyebab Batuk Kering Terus Menerus Dan Yang Harus Dihindari

Apa Ciri Dan Penyebab Batuk Kering Terus Menerus Dan Yang Harus Dihindari

www.seh4t.com Beberapa orang menganggap batuk adalah penyakit yang tidak perlu diobati sebab dapat sembuh dengan sendirinya. Hal itu memang benar, batuk adalah penyakit yang dapat sembuh dengan sendirinya dalam kurun waktu 2 minggu. Tetapi batuk akan memberikan gangguan pada aktivitas sehari – hari, dan memberikan rasa tidak nyaman pada tenggorokan.
Terus-menerus terjadi batuk kering bisa menjadi kondisi yang sangat menjengkelkan, karena mengganggu Anda berkonsentrasi pada tugas-tugas harian Anda dan membuat tidur Anda tidak nyenyak. Juga, batuk terus-menerus di tempat yang tak terduga seperti bioskop dan perpustakaan bisa sangat memalukan.
Batuk kering yang persisten biasanya mengikuti setelah pilek atau disebabkan karena alergi, tapi kadang-kadang bisa menjadi gejala yang mengarah pada kondisi serius.

Inilah Ciri-Ciri Dan Penyebab Batuk Kering Terus Menerus

kita perlu tahu apa saja yang menjadi gejala batuk kering. Di bawah ini dapat Anda lihat apa saja gejala batuk kering yang bisa diwaspadai.
  • Tenggorokan Terasa Sakit
Masih juga ada hubungannya dengan kondisi tenggorokan, ketika batuk kering tenggorokan akan terasa sakit. Hal ini biasanya diawali dari adanya rasa mengganjal seperti yang disebutkan di atas. Lama-kelamaan, rasa mengganjal tersebut berubah menjadi lebih sakit dan nyeri bila tak segera diatasi.

Paling tidak ketika muncul rasa mengganjal pada tenggorokan, kita perlu lebih banyak minum air putih. Dengan demikian kondisi tenggorokan akan lebih baik. Namun saat diabaikan, maka rasa nyeri akan muncul mengikuti gejala tenggorokan yang terasa mengganjal tersebut. Teorinya, di dalam tenggorokan kita telah ada lukanya.
  • Tenggorokan Terkadang Terasa Gatal
Orang yang menderita batuk kering, sebelumnya pasti akan merasakan rasa gatal di bagian tenggorokannya. Biasanya gejala gatal pada tenggorokan ini bakal berlangsung cukup lama dan terus-terusan hingga ada gejala-gejala berikutnya. Sensasi seperti ini diketahui juga sebagai sensasi menggelitik sehingga kita akan merasa ingin batuk demi menyingkirkan rasa gatal tersebut. Namun walau sudah batuk berkali-kali pun rasa gatal tersebut tidak akan mudah hilang dan terus menggelitik tenggorokan kita. Ketika tenggorokan mulai gatal, bisa coba dilegakan dengan mengonsumsi permen pelega tenggorokan yang meskipun tidak selalu efektif tapi layak dicoba.
  • Batuk Terus Menerus
Batuk kering akan cenderung memunculkan gejala batuk yang secara terus-menerus. Berbeda dari batuk basah atau berdahak di mana sekalinya batuk, kita seperti merasa ingin mengeluarkan lendir tersebut. Sesudah lendir atau dahak dikeluarkan, kita akan merasa sedikit lebih lega meski beberapa saat kemudian akan batuk-batuk lagi.

Batuk kering akan cenderung memunculkan gejala batuk yang secara terus-menerus. Berbeda dari batuk basah atau berdahak di mana sekalinya batuk, kita seperti merasa ingin mengeluarkan lendir tersebut. Sesudah lendir atau dahak dikeluarkan, kita akan merasa sedikit lebih lega meski beberapa saat kemudian akan batuk-batuk lagi.

Khusus untuk batuk kering ini, rasa gatal atau menggelitik tadi itulah yang menyebabkan kita kemudian rasanya ingin batuk terus-terusan. Untuk meredakan rasa gatal tersebut, biasanya kita bisa atasi dengan minum air putih atau mengonsumsi permen dengan rasa pedas, seperti rasa mint. Walau nantinya akan kembali ingin batuk lagi, setidaknya kedua cara tersebut mampu meredakan sejenak.
Terkait Batuk? Penting ! anda Jangan Lewatkan Membaca Ini: Makanan Penyebab Batuk Berdahak Tambah Parah Berkepanjangan


  • Rokok
Menghisap asap rokok bisa menyebabkan batuk kering. Hal ini terjadi ketika paru-paru menerima sebuah zat dari asap rokok yang menyebabkan sangat sensitif. Paru-paru akan menolak asap yang kemudian akan membuat tenggorokan menjadi tidak nyaman. Biasanya batuk memang tidak lama dan tidak membutuhkan obat. Jika Anda mengalami kondisi ini maka harus cepat keluar dari udara yang dipenuhi asap rook dan cobalah untuk menghirup udara segar.
  • Alergi
Batuk kering juga bisa menjadi reaksi alergi terhadap debu atau partikel kecil seperti serbuk sari dan bulu binatang. Alergi bisa menyebabkan reaksi sesaat dari peradangan yang terjadi pada bagian hidung dan mata. Kemudian peradangan bisa menjalar hingga ke bagian dalam yang menyebabkan paru-paru menerima reaksi dan membuat batuk kering. Batuk kering karena alergi sering sembuh sendiri dalam waktu yang pendek dan Anda hanya perlu keluar atau jauh dari penyebab alergi.
  • Stres
Orang yang memiliki tekanan berat dan menyebabkan stres juga bisa menjadi batuk. Batuk kering terjadi ketika Anda merasa stres atau tertekan maka ruang pernafasan menjadi lebih sempit. Paru-paru kemudian akan mengembangkan reaksi berupa batuk yang bisa menyebabkan pernafasan jauh menjadi lebih nyaman. Jika batuk kering bisa sembuh sendiri ketika stres sudah berkurang maka tidak memerlukan perawatan. Namun ketika batuk tidak bisa berhenti dan lebih memburuk maka terapi untuk mengatasi stres memang sangat diperlukan.
  • Makan Es Krim
Anak-anak yang baru makan es krim atau terlalu sering makan es krim maka bisa terkena batuk kering. Es krim diolah dari berbagai bahan seperti susu, es, perasa makanan, gula tambahan dan pengawet. Bahan-bahan inilah yang akan menyebabkan tenggorokan menjadi sangat sensitif. Bahkan susu dan gula pemanis akan bisa menyebabkan peradangan yang membuat batuk kering menjadi lebih parah. Untuk anak-anak sebaiknya bisa diberikan es krim namun tidak terlalu sering dan usahakan untuk memberikan es krim organik yang sehat dan tidak menimbulkan batuk kering.
  • Makan Yang Di Goreng
Semua jenis makanan yang digoreng bisa menyebabkan batuk kering. Makanan yang digoreng banyak mengandung minyak dan lemak yang bisa membuat pernafasan dan tenggorokan menjadi tidak nyaman Pada awalnya Anda mungkin hanya akan merasa gatal dan tekanan pada tenggorokan, namun setelah itu bisa menjadi batuk kering. Jika sudah terjadi seperti ini maka jauhi semua makanan yang digoreng dan minum banyak air mineral untuk membuat tenggorokan menjadi lebih nyaman dan lembut.
  • Debu
Debu juga bisa menyebabkan batuk kering yang berlebihan. Orang yang menderita alergi debu bisa menerima akibat yang lebih besar karena partikel kecil dari debu menyebabkan rongga hidung dan tenggorokan menjadi lebih sensitif. Debu yang terdiri dari partikel kecil bisa menyebabkan saluran pernafasan bereaksi dan menjadi tidak nyaman. Anak-anak dan orang lanjut usia biasanya sangat rentan dengan debu. Biasanya batuk akan sembuh sendiri tanpa perawatan. Anda bisa mencegah batuk kering ini dengan menggunakan masker ketika berada di tempat umum.
  • Daya Tahan Tubuh Lemah
Bayangkan saja batuk kering yang menyebabkan seseorang menjadi batuk terus-terusan tanpa mudah berhenti. Tentu hal ini akan membuat penderitanya menjadi cepat lelah dan tubuhnya bakal menjadi lemas karena kecapekan. Kondisi lelahnya tubuh biasanya disertai juga dengan wajah yang memerah tadi. Maka ada baiknya untuk segera mencari cara mencegah batuk pada anak dan orang dewasa yang tepat.

Ada 3 Jenis Batuk Kering
  1. Batuk Kering Biasa.
  2. Batuk Menggonggong
  3. Batuk Rejan

  • 1. Yang Dimaksud Dengan Batuk Kering Biasa
Penyakit batuk Jenis ini memang adalah yang paling biasa dan penyebab utama dan umumnya diketahui adalah infeksi virus yang berasal dari tenggorokan serta hidung. Batuk kering biasa ini pada umumnya ditandai dengan kondisi batuk yang terus-terusan tanpa dahak dan terasa ada yang mengganjal di bagian tenggorokan. Dibutuhkan waktu sekitar 1-2 minggu untuk sembuh dari penyakit batuk kering jenis ini. itulah sekilas tentang batuk biasa.
  • 2. Yang Dimaksud Dengan Batuk Kering Menggongggong
Anda pun pasti sudah familiar dengan jenis batuk ini karena ini merupakan jenis batuk yang terbilang gigih. Jenis batuk ini suaranya bahkan bisa mirip dengan lolongan anjing, oleh karena itu namanya disebut dengan batuk menggongong. Kondisi ini justru lebih utama akan tampak pada penderita infeksi pita suara atau laringitis atau pembengkakan pita suara. Pasien yang batuk akan merasakan nyeri pada bagian tenggorokan dan ini bakal disertai juga dengan rasa sulit bernafas atau sesak nafas.
  • 3. Yang Dimaksud Dengan Btuk Rejan
Jenis batuk satu ini diketahui juga sebagai batuk 100 hari atau nama lainnya pertusis. Dan biasanya bakterilah yang menjadi pemicu dari jenis batuk ini. Karena sudah ada program imunisasi DPT yang pemerintah Indonesia canangkan, maka kasus batuk rejan ini sudah cukup jarang. Kalaupun masih ada, rata-rata kasus cenderung dialami oleh anak-anak dan pasien biasanya akan batuk terus-menerus disertai dengan tarikan napas melengking dan keras.

Tips Pengobatan Batuk Kering

Meskipun langkah terbaik sebelum melakukan pengobatan adalah mengetahui penyebabnya terlebih dahulu, namun jika Anda belum sempat ke dokter dan batuk yang Anda alami begitu mengganggu maka tidak ada salahnya melakukan pengobatan rumahan atau menggunakan obat yang dijual bebas, tapi harus dipastikan bahwa batuk Anda memang batuk kering dan bukan batuk berdahak.
  • Umbi Bidara Upas
Apa Ciri Dan Penyebab Batuk Kering Terus Menerus Dan Yang Harus Dihindari

Obat Penyebab Batuk
Inilah Dia Bidara Upas...Bidara Upas  adalah salah satu jenis umbi-umbian. Bidara Upas ini enak juga kalau dimakan, seperti singkong rebus ternyata umbi yang satu ini juga sangat berkhasiat dalam menyembuhkan penyakit, salah satunya batuk kering. Untuk membuat ramuan ini kamu hanya perlu mengambil umbi bidara upas sebanyak satu jari saja. Lalu dipotong-potong tipis, kemudian kunyah dan telah airnya. Sementara ampasnya kamu buang ya. silahkan mencoba. semoga batuk kering yang anda derita akan segera sembuh dan takkan kambuh lagi
  • Kencur
Untuk mengobati batuk secara alami dan ampuhnya telah teruji secara medis,inilah dia si jago kencur. kencur juga sangat manjur untuk mengobati batuk kering jika dipadukan dengan jahe. Caranya juga sangat mudah, kamu siapkan beberapa jahe dan kencur secukupnya. Lalu parutlah keduanya hingga halus lalu campur hingga merata. Rebus campuran kencur dan jahe tadi pada segelas air mendidih. Kemudian saring, buang ampasnya dan minum hasil rebusan tadi selagi masih hangat. Minumlah setidaknya dua atau tiga kali dalam sehari. maka batuk anda akan segera minggat dari tenggorokan anda secara total.
  • Bubuk Kunyit
Bubuk Kunyit ternyata ampuh juga loh untuk menghilangkan batuk kering. Caranya pun sangat mudah, kamu hanya perlu memanaskan air di dalam panci, kemudian masukkan satu sendok teh bubuk kunyit dan satu sendok teh black pepper, serta kayu manis. Rebuslah bahan-bahan tadi selama kurang lebih 2-3 menit dan tambahkan madu murni kedalamnya. Setelah jadi, minumlah ramuan tadi dua kali dalam sehari hingga batuk kamu benar-benar hilang.

Apa Saja Yang Harus Di Hindari Bagi Penderita Batuk Kering Yang Terus Menerus?

Dibawah ini adalah makanan yang dilarang saat batuk, baik untuk orang dewasa atau anak-anak.
  • Mkananan Yang Di Dinginkan
Semua jenis makanan yang didinginkan sebaiknya tidak dikonsumsi saat batuk. Terlebih jika Anda sedang flu atau terkena serangan asma maka batuk bisa menjadi lebih parah. Semua jenis makanan dan minuman yang didinginkan bisa menyebabkan lapisan pada saluran pernafasan menjadi lebih kering, hasil lendir yang lebih banyak dan bisa menyebabkan oksigen tidak masuk penuh ke saluran pernafasan. Jadi sebaiknya menghindari semua jenis makanan dan minuman yang didinginkan saat batuk termasuk seperti es krim, susu dingin dan semua minuman kemasan.
  • Hindari Merokok
Merokok merupakan salah satu Penyebab Batuk yang akan berujung pada penyakit bronkitis. Tidak hanya itu saja, merokok akan mengiritasi lapisan tenggorokan, dan juga penundaan pemulihan bahkan dapat meningkatkan risiko kanker. Begitupun dengan perokok pasif, hindari asap rokoknya jika Anda tidak mau batuk Anda semakin mejadi-jadi.
  • Tidur Terlentang
Posisi tubuh ketika tidur menjadi faktor penting pada pantangan saat batuk yang harus dipatuhi, jika memang ingin batuk Anda cepat pulih. Dengan tidur telentang, akan memicu batuk di malam hari, terutama jika Anda memiliki batuk produktif. Semua lendir dan dahak yang akan dikumpulkan sepanjang hari, mengalir ke atas menuju tenggorokan ketika Anda tidur elentang. Sebaliknya, tidur dengan posisi miring akan menjaga dahak menetap dan menghindari serangan batuk di malam hari.
  • Susu Dan Produk Olahan Susu
Semua jenis susu dan produk olahan susu sudah terbukti bisa menyebabkan kelenjar lendir bekerja dengan cepat. Hasilnya maka penumpukan lendir bisa terjadi di bagian paru-paru, tenggorokan dan juga saluran pernafasan. Jika Anda minum susu atau mengkonsumsi produk olahan susu maka batuk bisa menjadi lebih buruk. Untuk batuk yang disertai dengan peradangan dan infeksi maka batuk juga menjadi sulit untuk disembuhkan. Bahkan susu bisa menyebabkan kelenjar dan saluran pernafasan bekerja lebih lambat sehingga ada resiko sesak nafas mendadak.

Sekian Info Tentang Apa Ciri Dan Penyebab Batuk Kering Terus Menerus Dan Yang Harus Dihindari Semoga Artikel ini Bisa Membantu anda dalam proses penyembuhan batuk yang anda derita. sehingga batuk anda bisa reda bahkan sembuh secara total. dan jangan lupa, Untuk mencari info tentang obat kesehatan mencakup segala penyakit secara umum, artinya bukan cuma penyakit batuk saja, anda bisa mengunjungi blog kami di www.seh4t.com terimakasih. salam seh4t dari kami.
Previous Post
Next Post

0 komentar: