Jumat, 28 Juli 2017

Penyebab Bayi Cegukan Dan Cara Mengatasinya Dengan Mudah

Bayi Cegukan


Disaat sang buah hati mengalami cegukan pasti orang tua akan merasa khawatir dan juga membuat kita terasa kasihan melihatnya. Sebenarnya penyebab tersebut terjadi dikarenakan saat dia menangis dan marah. Sebenarnya untuk menghentikan cegukan pada orang dewasa cukup mudah yaitu cukup menahan napas untuk beberapa saat. Tetapi jika dilakukan pada bayi maka cukup berbahaya.

Cegukan adalah kondisi yang tidak menyenangkan, baik bayi mapun orang dewasa. Jika cegukan dibiarkan saja pada bayi maka akan menyebabkan jadi muntah, batuk-batuk, rewel, bahkan tidak bisa dikendalikan lagi.

Pada bayi cegukan akan sangat gampang terjadi terutama yang masih berusia di bawah 1 tahun, bahkan sebenarnya mereka sudah mengalaminya ketika masih dalam rahim. Lho, kok bisa kan masih belum bisa bernafas? Memang bisa, karena cegukan itu sendiri tidak ada hubungannya dengan pernafasan, melainkan karena kontraksi otot-otot diafragma. Cegukan pada bayi baru lahir ataupun yang lebih tua umumnya adalah sesuatu yang normal dan tidak berbahaya, jadi ayah bunda tidak perlu terlalu khawatir. Walau demikian, tetap perlu hati-hati karena ada beberapa kondisi serius (jarang) yang dapat menyebabkannya. Oleh karena itu mari kita cermati apakah cegukan yang terjadi merupakan sesuatu yang berbahaya atau tidak dan mengetahui Cara Mengatasinya Dengan Mudah.

. Penyebab Bayi Cegukan Dan Cara Mengatasinya Dengan Mudah


Cegukan pada bayi Anda disebabkan oleh kontraksi diafragma, yaitu otot yang memisahkan dada dan perut. Setiap kontraksi menyebabkan pita suara bayi Anda menutup tiba-tiba, menyebabkan suara cegukan terjadi. Jumlah cegukan yang berlangsung setiap menit dapat sangat bervariasi, antara 4 kali sampai 60 kali.


. Penyebab Bayi Cegukan


Terjadinya cegukan dikarenakan diafragma yang teriritasi atau mendapatkan rangsangan. Ini seringnya terjadi pada saat sedang makan. Namun kadang juga cegukan terjadi begitu saja. Tidak selalu ada penyebab yang jelas mengapa bayi mengalami cegukan. Salah satu peneliti mengatakan bahwa cegukan pada bayi juga dapat berfungsi sebagai pendorong bagi bayi untuk bersendawa.

Cegukan adalah hal umum bagi bayi dan biasanya tidak berbahaya. Cegukan jangka pendek pada bayi yang baru lahir atau orang dewasa biasanya akan hilang sendiri. Namun, ada beberapa Cara Mengatasinya Dengan Mudah yang dapat membantu meringankan bayi cegukan  Anda dirumahan.

Sebagian besar penyebab cegukan terjadi ketika kita melakukan dua hal secara bersamaan, seperti misalnya makan dan minum. Bayi dapat cegukan beberapa kali selama makan, tapi cegukan pada bayi tidak selalu berbahaya atau serius.

Satu teori mengatakan bahwa cegukan lebih besar kemungkinannya terjadi ketika bayi Anda merasa stress.

*Mengapa Bayi Mengalami Cegukan Sehabis Menyusui?


Anda mungkin memperhatian bahwa bayi Anda cegukan segera setelah menyusui. Itu karena bayi menelan udara ekstra dan udara ini terjebak di perut bayi Anda, yang mana dapat menyebabkan diafragma berkontraksi. Juga, karena otot diafragma terletak dekat dengan perut, sehingga perut yang penuh juga dapat menyebabkan bayi cegukan berkali-kali.


*Apakah Bayi Di Dalam Rahim Mengalami Cegukan?


Merupakan hal yang normal dan umum bagi bayi dalam kandungan mengalami cegukan. Ibu hamil mungkin merasakan cegukan bayinya dalam kandungan seperti sentakan kecil yang berulang. Cegukan prenatal ini adalah normal dan disebabkan oleh reaksi refleks bayi karena sedang bernapas dan menelan. Bahkan, beberapa peneliti mengatakan bahwa cegukan adalah refleks pencernaan janin untuk menjaga sistem pernapasannya dari cairan ketuban saat dalam kandungan.

. Cara Mengatasinya Dengan Mudah


  • Pijat Bagian Belakang. Bayi yang cegukan dapat dihentikan dengan menenangkannya. Menenangkan bayi bisa dengan menggosok-gosok punggung bayi dengan lembut hingga bayinya terasa lebih nyaman dan cegukan hilang.
  • Berhenti Makan Ketika Cegukan. Jika saat makan dan bayi cegukan, maka berhentilah untuk menyusui. Jika diteruskan maka bayi akan muntah, rewel dan frustasi. Biarkan sampai cegukan berhenti, lalu lanjutkan makannya.
  • Sendawa. Bersendawa dapat mengeluarkan udara berlebih atau gas pada perut bayi. Dan bersendawapun dapat menghilangkan kejang otot rilis di diafragma dan akhirnya dapat menghentikan cegukan pada bayi.

http://www.seh4t.com/2017/07/bayi-cegukan.html

Orang tua perlu mengetahui beberapa tips untuk meminimalisir timbulnya cegukan dan mencegah keparahan, yang diantaranya: Saat menyusu, jaga kepala bayi agar lebih tinggi dari perutnya. Namun jangan menekuk pada leher. Sendawakan bayi setelah menyusu, jika dia tidak segera bersendawa, maka rangsanglah dengan cara menepuk bagian punggung bayi dengan lembut sambil menggendongnya. Lakukan ini antara satu hingga dua menit sampai bayi bersendawa. Jangan beri bayi makan atau minum ketika masih cegukan, tunggu sampai ia tenang. Jangan coba-coba mengatasi cegukan pada bayi dengan cara mengejutkan (mengagetkannya), menekan bola matanya, mendorong ubun-ubun nya, atau menarik lidahnya. Atau metode menghilangkan cegukan pada dewasa. Karena tidak ada bukti bahwa salah satu metode ini yang bekerja efektif, Justru malah bisa berbahaya pada bayi. Perlu periksa ke dokter apabila: Cegukan mengganggu saat menyusu atau makan dan menganggu tidur Cegukan yang tidak terkendali, terjadi sangat sering, bahkan ketika sudah berusia 1 tahun.


# Peringatan!
Jangan mencoba untuk mengatasi cegukan bayi Anda dengan mengagetkannya.
Jika cegukan bayi Anda disertai dengan meludah atau batuk, bawa ia ke dokter untuk memastikan dia tidak menderita penyakit pencernaan.

# Tips:
Jika semua cara gagal, santai saja. Cegukan pada bayi yang baru lahir adalah normal dan akan hilang dengan sendirinya. Cegukan sebenarnya tidak mengganggu anak Anda dan Anda tidak perlu melakukan apa-apa.

Baca Juga;
Obat Cegukan Di Apotik Tak Kunjung Sembuh Paling Mujarab
Cara Mengatasi Cegukan Terus Menerus Dan Berkepanjangan


Sekian artikel ini kami akhiri semoga dapat bermanfaat dan kami berharap agar anda dapat memaklumi akan kekurangan dan kesalahan yang terdapat didalamnnya. Salam sehat dari kami www.seh4t.com terima kasih.
Previous Post
Next Post

0 komentar: