Kamis, 06 Juli 2017

Cara Mengatasi Biang Keringat Di Wajah Pada Anak Usia 2,3 Tahun

Anak balita berusia 2 sampai 3 tahun biasanya merupakan masa yang paling bahagia buat para ibu dimana mereka sedang asyik – asyik nya merawat anak namun kadang kala kondisi tidak dalam kondisi sehat akan membuat sang ibu khawatir dan akan segera melakukan berbagai macam cara agar anak segera sembuh biar bisa beraktifitas kembali, salah satu masalah kesehatan anak yang sering terjadi diantaranya adalah biang keringat. Biang keringat bisa di artikan sebagai ruam kecil yang berawarna merah dan bentuknya kecil namun terasa gatal dan kadang memberikan sensasi yang menyengat terasa perih pada bagian kulit. Istilah lain dari biang keringat adalah malaria atau ruam panas sebenarnya biang keringat tidak hanya terjadi pada bayi ataupun anak-anak melainkan bisa juga terjadi pada orang dewasa. Pada orang dewasa akan mengalami biang keringat apabila kondisi cuaca yang sedang panas atau saat berada pada lingkungan yang bersuhu lembab.
Artikel kali ini akan membahas mengenai cara mengatasi biang keringat di wajah pada anak usia 2, 3 tahun. Biasanya biang keringat tidak memerlukan penanganan medis yang khusus karena biang keringat dapat pulih dengan sendirinya salah satunya dengan cara mendinginkan kulit dan juga dengan cara menghindari panas namun yang harus di perhatikan apabila ruam semakin banyak dan gejala yang muncul lumayan cukup lama dengan tanda demam yang menggigil terus di tambah rasa sakit yang semakin bertambah dan jugaada keluar nanah dan benjolan ruam maka segeralah periksa ke dokter agar mendapat kan penanganan yang cepat dan tepat.
cara mengatasi biang keringat

Ada baiknya sebelum mengetahui cara mengatasi biang keringat kita mengetahui dulu bagaimana cara mencegah biang keringat.ini sesuai dengan pepatah mencegah lebih baik dari pada mengobati. Hal yang perlu di perhatikan untuk mencegah biang keringat pada anak biasanya dengan selalu menjaga kebersihan badan, pakaian dan juga lingkungan sekitar anak caranya dengan selalu memandikan anak dua kali sehari secara rutin, dan bila anak terkena basah maka segeralah lap dengan menggunakan lap kering ataupun handuk karena kondisi badan yang basah ataupun keringat dapat menimbulkan munculnya biang keringat. Langkah selanjutnya pakailah anak pakaian yang tidak terlalu tebal, pakailah juga pakaian yang mudah menyerap keringat contohnya dengan menggunakan pakaian yang berabahan katun yang harus di perhatikan jangan memberinya pakaian yang ketat tujuannya agar udara bebas masuk melewati sela –sela baju.
Banyak cara di lakukan untuk mengatasi biang keringat pada anak usia 2 sampai 3 tahun bisa menggunakan bedak khusus untuk mengobati biang keringat ataupun juga menggunakan obat alami yang ada di rumah kita, para ibu akan merasa sedih apabila anaknya terkena biang keringat lebih sedih lagi apabila biang keringat nya muncul pada daerah wajah bagi anak pun keceriannya menjadi berkurang karena merasa tidak nyaman dengan kondisi tubuhnya, seperti rasa gatal dan perih yang di alami akibat biang keringat. Oleh sebab itu bagi para ibu segeralah obati agar anaknya cepat sembuh dan ceria kembali meskipun biang keringat bukan merupakan penyakit yang berbahaya .
Cara mengatasi biang keringat
Salah satu cara mengatasi biang keeringat pada wajah yaitu dengan menggunakan bedak salicyl, bedak salycil banyak terdapat di apotik- apotik terdekat selain itu ketika kita berobat ke dokter pun biasanya dokter menyarankan menggunakan bedak salycil untuk mengobati biang keringat karena bedak salycil dapt memperingan sakit biang keringat pada bayi maupun anak balita usia 2 atau 3 tahun.

Selain menggunakan bedak salycil para ibu juga bisa menggunakan cara lain untuk mengatasi biang keringat pada anak usia 2 , 3 tahun dengan menggunakan cara alami yang aman dan praktis cara nya adalah :
  •  Dengan mengguanakan tepung kanji
Tepung kanji ataupun tepung tapioca sering di gunakan oleh para ibu sebagai adonan masakan seperti goreng tempe ataupun mau membuat kue, namun tahukah anda kalau tepung kanji atau tepung tapioka ternyata bisa juga di manfaatkan untuk mengatasi biang keringat pada wajah itu di karenakan sifat dari tepung kanji yang bersifat dingin sedang kan biang keringat sifatnya panas oleh sebab itu sudah menjadi hokum alam kalau panas harus di lawan dengan dingin. Cara penggunaannya adalah dengan menaburkan bedak kanji pada daerah yang terkena biang keringat misalnya pada wajah namun yang mesti diperhatikan sebelum menabur tepung tersebut anak harus dalam keadaan sudah di bersihkan terlebih dahulu biasanya setelah mandi atau pun di basuh wajahnya kemudian keringkan dengan menggunakan lap ataupun handuk kering. Setelah di taburi tepung istirahatkan lah anak agar tidak melakukan aktifitas ini bertujuan agar anak tidak berkeringat sehingga membantu peroses penyembuhan biang keringat dengan cepat.
baca juga : cara mengobati biang keringat pada bayi 8 bulan - usia 1 tahun 
                  penyebab, gejala, cara mengobati keringat buntet di pipi 
  • Menggunakan buah mentimun
Buah mentimun yang biasanya di pakai lalaban ternyata menyimpan banyak manfaat lainnya di antaranya untuk kesehatan, kecantikan dan juga pengobatan, salah satu mnfaat buah mentimun di antaranya untuk mengobati biang keringat pada anak usia 2 tahun ataupun 3 tahun ke atas cara mengatasi biang keringat dengan menggunakan buah mentimun adalah dengan cara menghaluskan terlebih dahulu buah mentimun yang sudah di bersihkan setelah itu, haluskan dengan menggunakan blender ataupun dengan cara tradisional yaitu dengan cara di parut setelah itu ambil buah mentimun yang sudah di haluskan tempelkan pada kulit anak yang terkena biang keringat.
  •  Dengan menggunakan daun secang.
Daun secang mungkin terdengar samar di sebagian masyarakat namun ternyata daun secang yang biasanya suka ada di tukang jamu ini bisa di gunakansebagai cara mengatasi biang keringat pada anak secara alami caranya adalah dengan mengambil segenggam daun secang kemudian cuci hingga bersih setelah itu rebus dalam air hingga mendidih dan tunggu hingga air berubah warna menjadi kemerah-merahan setelah itu campurkan dengan air mandi anak dan selanjutnya mandikan anak dengan campuran air rebusan saun secang tersebut.

Selain cara diatas anda juga bisa melakukan kegiatan untuk mengatasi biang keringat dengan cara menghindari panas yang berlebih dan juga tempat yang lembab ini di karenakan lingkungan yang panas menyebabkan keringat semakin banyak dan menimbulkan ruam merah pada anak dan jaga juga kulit anak dalam keadaan dingin agar anak tidak mengeluarkan banyak keringat.
Pada saat kita mengatasi masalah biang keringat pada anak para orang tua juga di haruskan untuk selalu menjaga kebersihan anak dengan baik terutama pada baju yang di kenakan oleh anak dan gunakan lah baju yang bisa menyerap kerinagt anak.

Itulah informasi yang bisa di sampaikan dari www.seh4t.com semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung .salam seh4t.


Previous Post
Next Post

0 komentar: