Jumat, 21 Juli 2017

Cara Menghilangkan Batuk Kering Dengan Cepat Tanpa Obat

Batuk memang sangat mengganggu kenyamanan apa lagi bila Anda sedang berada di antara kerumunan orang banyak secara tidak disengaja, pandangan orang-orang akan terarah kepada Anda seolah-olah Anda adalah sumber virus yang harus dihindari.

Sebelum Anda meelakukan tindakan terhadap batuk yang sedang anda alami, sebaiknya kenali dulu jenis batuk yang akan diobati, apakah benar-benar batuk kering atau malah batuk berdahak yang disangka kering. Kebanyakan dari mereka beranggapan batuk kering adalah batuk yang tidak mengeluarkan dahak ketika batuk, sekilas memang benar, namun pada kasus batuk berdahak tapi dahaknya tidak bisa keluar maka tetaplah itu disebut sebagai batuk berdahak dan bukan batuk kering. Jadi batuk kering itu adalah batuk yang tidak menghasilkan dahak atau lendir dan bukan semata-mata batuk yang dahaknya tidak keluar ketika dibatukkan. Baru setelah itu anda cari tau bagaiman Cara Menghilangkan Batuk Kering Dengan Cepat Tanpa Obat bagi anda yang ingin megobatinya dengan cara alami/tradisional.

Cara Menghilangkan Batuk Kering


. Jenis-Jenis Batuk


Batuk terbagi menjadi dua macam, yaitu batuk kering dan batuk berdahak.
  • Batu berdahak adalah batuk yang disertai munculnya lendir di tenggorokan. Lendir inilah yang harus dikeluarkan, biasanya memakai obat batuk yang mengandung expectorant.
  • Batuk kering adalah batuk yang disertai gatal di tenggorokan, biasanya disebabkan oleh alergi, flu, dan udara kotor. Bahan demulcent adalah yang dibutuhkan untuk mengusir penyebab batuk dan memulihkan selaput lendir yang teriritasi.

Untuk Jenis Batuk Kering Batuk kering dibagi lagi menjadi tiga jenis yaitu:
  1. Batuk kering biasa. Batuk ini paling sering disebabkan oleh infeksi virus dari hidung dan tenggorokan. Di mana Anda akan mengalami batuk terus menerus dengan perasaan ada sesuatu yang mengganjal di tenggorokan. Biasanya akan sembuh dalam 1 atau 2 minggu.
  2. Batuk menggonggong atau croup. Batuk yang begitu gigih dan sampai-sampai suaranya mirip dengan lolongan anjing, terutama terlihat pada penyakit laringitis (Pembengkakan atau infeksi pita suara). Ketika pasien batuk, ada rasa sakit di tenggorokan dan kesulitan bernafas.
  3. Batuk rejan. Batuk ini disebut juga dengan batuk 100 hari atau pertusis, yang disebabkan oleh bakteri. Kondisi ini biasanya hanya terlihat pada anak-anak. Ini adalah batuk di mana pasien batuk terus menerus, setelah itu ada suara teriakan karakteristik dan suara keras tarikan napas.

. Cara Mengatasi Batuk Kering


Ada beberapa hal kecil bagi Anda tetapi penting dilakukan untuk mencegah batuk kerng sejak dini. Yaitu sebagai berikut:
  1. Istirahat secara teratur.
  2. Menjaga stamina dan daya tahan tubuh.
  3. Berhenti mengkonsumsi alkohol dan merokok.
  4. Hindari tempat yang sangat dingin (bagi yang tidak tahan bekerja di ruang AC) atau tempat banyak debu dan polusi.
  5. Serta banyak minum air putih. Air putih membantu suplai cairan ke seluruh tubuh, termasuk suplai cairan di bagian mulut dan tenggorokan.

. Cara Menghilangkan Batuk Kering Dengan Cepat Tanpa Obat


Banyak sekali bahan alami yang bisa kita manfaatkan sebagai obat batuk kering secara alami. Bagi Sobat yang takut atau khawatir menggunakan obat batuk berbahan kimia, maka bisa memilih alternatif menggunakan obat-obatan herbal dan alami yang banyak tersedia bahannya di sekitar rumah.
  1. Daun Kemangi. Caranya: Siapkan 7 lembar daun kemangi dan 3 gelas air. Rebus daun kemangi tadi dalam 3 gelas air hinga mendidih, kemudian diminun secara teratur.
  2. Bunga mawar. Caranya: Ambil bunga mawar segar sekitar 10 gr. Tim bunga mawar tadi dan dicampur dengan gula batu. Kemudian ramuan campuran bunga mawar tadi bisa ditambah sedikit madu.
  3. Buah belimbing wuluh. Caranya; Haluskan buah belimbing wuluh sampai benar-benar halus, lalu peras kemudian dicampur dengan garam. Minum 2 x sekali secara teratur
  4. Ramuan jeruk nipis. Caranya; Ambil 1 – 2 buah jeruk nipis yang banyak airnya atau hampir matang. Belah menjadi beberapa bagian kemudian peras airnya. Air perasan jeruk nipis disaring, lalu dicampurkan dengan kecap. Kalau tidak suka kecap, boleh juga ditambah madu atau digantikan dengan madu. Lalu air perasan jeruk nipis + kecap atau jeruk nipis + madu, diminum secara teratur minimal 2 x sehari sampai batuk kering mereda dan sembuh.
  5. Jahe dan Kencur. Caranya; Sediakan jahe sekitar 3 jari, kencur secukupnya. Lalu iris jahe dan kencur. Kemudian rebus irisan jahe dan kencur tadi dalam air hingga mendidih. Air rebusan jahe dan kencur disaring kemudian diminum sebagai obat batuk kering.
  6. Lidah Buaya. Caranya; Anda cukup Minum air lidah buaya hangat setiap hari.
  7. Obat Batuk Kering

  8. Daun sirih dicampur jahe. Cara ke 1: Ambil daun sirih sekitar 15 lembar, lalu ebus dengan air hingga mendidih. Kemudian rebusan daun sirih dicampur potongan jahe. Kemudian aduk hingga tercampur rata. Air rebusan daun sirih dan jahe bermanfaat menyembuhkan penyakit batuk kering. Cara ke 2: Ambil satu ruas jahe, cuci sampai bersih. Bakar sebentar jahe tadi, lalu memarkan. Seduh dengan air panas, tambahkan sedikit gula lalu minum secara teratur setiap pagi dan sore
  9. Kunyit. Caranya; Tumbuk kunyit yang sudah dicuci bersih sebelumnya. Lalu campurn dengan madu. Kemudian bisa diminum sebagai obat batuk.
  10. Air garam. Caranya; Larutkan garam dalam segelas air matang. Gunakan larutan air garam tadi untuk berkumur kumur secara rutin
  11. Lada Hitam. Caranya; Masukkan lada hitam dan madu (bila Anda ingin menambah rasa manis) ke dalam gelas. Tambahkan air panas, aduk hingga semua larut merata. Diamkan selama 10 menit hinggal agak dingin. Aduk kembali sebelum diminum sampai habis. Lakukan 1-2 kali dalam sehari.
  12. Bawang Putih. Caranya; Rebus beberapa siung bawang, dan minum airnya. Atau makan langsung bawang putih satu atau dua siung sehari.

Itulah beberapa Cara Menghilangkan Batuk Kering Dengan Cepat Tanpa Obat yang bisa anda coba dirumah. Dan bila batuk anda tidak mereda, segeralah memeriksakan diri anda pada dokter karena mungkin ada penyebab lain dengan batuk yang anda alami.

Baca Juga;
Penyebab Batuk Pada Bayi 1 Dan 2 Bulan Dan Cara Mengatasinya

Merk Obat Batuk Paling Ampuh Di Apotik Untuk Anak Dan Dewasa


Sekian artikel ini kami akhiri semoga dapat bermanfaat dan kami berharap agar anda dapat memaklumi akan kekurangan dan kesalahan yang terdapat didalamnnya. Salam sehat dari kami www.seh4t.com terima kasih.
Previous Post
Next Post

0 komentar: