Minggu, 30 Juli 2017

Cara Menghilangkan Cegukan Tanpa Minum Saat Puasa

Cegukan yang sering kita alami adalah hal yang lumrah terjadi dan secara umum tidak akan menimbulkan efek negative yang sangat serius. Akan tetapi, cegukan memang sangat mengganggu dan bikin Anda jadi tak nyaman dan pasti anda akan mencari tau Cara Menghilangkan Cegukan Saat Berpuasa. Apalagi bila Anda sedang berpuasa. Anda tidak bisa minum banyak air untuk mengatasi cegukan saat puasa.

Cara Menghilangkan Cegukan Tanpa Minum Saat Puasa


Hal yang menandai akan cegukan ini ialah dengan keluarnya suara “hik” yang disertai dengan rasa tersendatnya pernafasan kita. Penyebab terjadinya cegukan atau yang lebih dikenal dalam dunia medis dengan nama singultus ialah kontraksi tiba-tiba yang tak disengaja pada diafragma, dan umumnya terjadi berulang-ulang setiap menitnya. Udara yang tiba-tiba lewat ke dalam paru-paru menyebabkan glottis (ruang antara pita suara) menutup, serta menyebabkan terjadinya suara hik. Hal ini bisa terjadi diantaranya disaat kita sedang makan minum yang dingin atau dengan cara yang tergesa-gesa, perut yang kembung, rasa stres, serta merokok, suhu udara yang dingin, dll.

Baca Juga:

Apa Penyebab Cegukan Terus Menerus Dan Sering Pada Orang Dewasa

Salah satu ibadah kaum muslimin ialah berpuasa apakan itu wajib maupun sunnah. Berkaitan dengan keluhan cegukan pada saat seseorang sedang dalam keadaan berpuasa pasti tidak bisa menanggulanginya dengan hal memakan atau meminum obat karena dapat membatakan puasanya. Karena dengan masuknya sesuatu kedalam lubang asal seperti mulut, hidung, telinga, mata, dan kedua lubang kemaluan maka puasanya menjadi batal (tidak sah). Namun, Anda tak perlu khawatir. Masih banyak cara lain yang bisa Anda coba untuk mengatasi cegukan saat puasa. Silahkan anda menyimak baik-baik berbagai Cara Menghilangkan Cegukan Tanpa Minum Saat Puasa.


. Cara Menghilangkan Cegukan Tanpa Minum Saat Puasa


  • Menggunakan Minyak Kayu Putih. Persediakan selalu minyak kayu putih di rumah karena akan sangat bermanfaat sekali untuk menanggulangi disaat kita mendapati keluhan kesehatan kita seperti masuk angin dan yang salag satunya bisa digunakan sebagai Cara Menghilangkan Cegukan, silakan gunakan dengan mengoleskannya ke bagian leher sampai dengan perut supaya organ dalam dapat berfungsi kembali dengan normal terutama bagian diafragma.
  • Simulasi Pernapasan. Melakukan cara ini yaitu dengan mengambil napas secara dalam-dalam dan kemudian menahannya, sementara tetap menjaga mulut dan hidung tetap tertutup. Mulailah dengan menggerakkan diafragma seperti ketika Anda mengambil dan membuang napas secara cepat. Ulangi cara ini bila cegukan masih terjadi.
  • Pijat Area Ulu Hati. Cara yang paling mudah untuk dilakukan ialah dengan memijat dengan lembut area ulu hati Anda. Otot-otot diafragma letaknya persis di bawah ulu hati, di atas perut. Beri tekanan lembut pada area tersebut dengan ujung jari-jari Anda selama 20-30 detik.
  • Bernapas Dalam Kantong Kertas/Plastik. Siapkan kantong kertas kosong yang cukup kuat dan pastinya bersih. Tempelkan leher kantong kertas ke mulut dan hidung Anda, jangan ke seluruh wajah. Pastikan mulut dan hidung Anda sudah tertutupi oleh kantong kertas. Kemudian, bernapaslah dalam kantong tersebut. Tanpa disadari, lama-lama Anda akan menghirup karbon dioksida. Otot-otot diafragma yang tadinya berkontrasi tersebut pun akan melemas kembali. Pastikan Anda tidak pakai kantong plastik karena justru akan menempel di mulut dan hidung ketika Anda mengambil napas.
  • Cara Menghilangkan Cegukan

  • Meletakkan Jari ke Langit-langit Mulut. Caranya anda cukup memberikan pijatan lembut di area tersebut yang diyakini cukup efektif dalam menghentikan cegukan.
  • Tahan Napas. Hirup udara dalam - dalam dengan hidung Anda, kemudian tahan napas selama kira-kira sepuluh detik. Kemudian hembuskan pelan-pelan dan ulangi lagi sampai tiga atau empat kali. Ulangi setiap dua puluh menit bila cegukannya belum hilang.
  • Duduk Memeluk Lutut. Posisikan badan anda dalam posisi jongkok dengan kaki ditekuk. Kemudian peluk lutut Anda sambil mencondongkan badan ke depan seperti mau meringkuk. Tahan posisi ini selama kira-kira dua menit. Posisi ini akan memberikan tekanan pada area diafragma Anda agar udara yang terjebak bisa keluar.
  • Sengaja Batuk. Sengajakan anda berbatuk dengan menghitung berapa detik jarak terjadinya cegukan. Sebelum cegukan selanjutnya, dan Anda merasa cegukan akan muncul lagi, saat itulah Anda bisa batuk sekeras mungkin. Bila perlu, ulangilah cara ini hingga 4 kali.
  • Menelan Air Liur. Sambil melakukan tahan napas cobalah selingi juga dengan menelan air liur. Ini adalah cara yang simpel dan akan membuat cegukan segera berhenti.
  • Menggunakan Telinga dan Lidah. Tarik dan buang anda napas secara perlahan di awal lalu lanjutkan dengan mendorong sebanyak mungkin udara yang keluar saat membuang napas. Tarik napas lagi disertai dengan lidah yang dijulurkan. Napas lalu ditahan dengan kedua jari telunjuk masing-masing tangan Anda menutup bagian lubang telinga selama 40 detik, baru buang napas pelan-pelan.
  • Tutup Hidung, Telinga dan Mata. Kedua jempol tangan Anda disimpan ke flap kecil yang ada di bagian depan saluran telinga, lali tekanlah ke dalam untuk menutup kanal. Kemudian kedua jari kelingking bisa menutup hidung dari 2 sisi juga, lalu tutuplah mata Anda. Ambil napas dalam-dalam yang baru bisa ditahan selama Anda mampu, cegukan bisa hilang dengan mudah.
  • Bersendawa. Tentu cara ini adalah sangat aman bagi yang sedang berpuasa karena Anda hanya perlu menelan udara sebanyak mungkin sampai bersendawa. Cegukan seharusnya dapat berhenti ketika Anda telah berhasil bersendawa karena dengan cara ini diafragma kembali pada kondisi normal.
  • Metode Penumpang Pesawat. JIka kebetulan anda sedang berada dalam pesawat, silahkan anda coba cara yang satu ini. Duduklah di kursi yang bagian sandarannya tegak lalu posisikan tubuh dengan punggung ditekan ke belakang kursi sepenuhnya. Membungkuklah pelan-pelan dengan menyilangkan lengan di atas tubuh; ikuti seperti apa yang dicontohkan oleh pramugari ketika Anda tengah ada di pesawat. Perlahan cobalah meremas lengan Anda dan memeluk tubuh Anda sambil menahan napas 5-10 detik sebelum membuangnya, dan kembalilah ke posisi duduk normal.
  • Mengagetkan Tubuh Anda. Lakukan sesuatu secara tiba-tiba untuk membuat tubuh Anda awas di mana biasanya efektif menghentikan cegukan, seperti misalnya berbaring agak lama di tempat tidur. Kemudian, berdirilah tiba-tiba.
  • Menarik Lutut Hingga ke Dada. Silahkan anda berbaring ditempat tidur atau tempat lain yang permukaannya rata. Duduk juga boleh. Lalu kedua lutut dapat Anda tarik sampai akhirnya menyentuh dada. Ini akan membantu cegukan cepat berhenti.
  • Melakukan Peregangan Tubuh. Posisi berdiri tegal di mana kaki dibuka selebar pinggul. Angkat dagu Anda dan lihatlah ke atas. Regangkan kedua lengan Anda dengan mengangkatnya tinggi-tinggi serta tarik otot perut sambil bernapas dalam-dalam beberapa kali. Peregangan tidak hanya bisa mengatasi leher terasa kaku dan pegal, tapi juga cegukan.
  • Minta Tolong Orang Lain Menggelitiki Anda. Mintalah tolong orang yang ada di dekat Anda untuk menggelitiki karena sensasi geli yang diciptakan tersebut mampu mengalihkan Anda dari cegukan. Melakukan hal ini selama 30 detik atau lebih lama biasanya justru lebih manjur. Cara kerjanya hampir sama dengan mengageti karena efeknya akan membuat Anda terkesiap.
  • Menjulurkan Lidah. Saraf vagus akan dirangsang dan otomatis kejang yang terjadi pada bagian diafragma akan menjadi ringan sehingga cegukan otomatis bisa dihentikan.
  • Menekan Dada ke Lantai. Dengan mencoba memosisikan tubuh berbaring di lantai dengan posisi telungkup atau tengkurap. Lalu tekanlah dada sampai menyentuh lantai. Cara ini bisa dijadikan alternatif ketika cara-cara lainnya tak berhasil.


Baca Juga;
Penyebab Bayi Cegukan Dan Cara Mengatasinya Dengan Mudah

Sekian artikel ini kami akhiri semoga dapat bermanfaat dan kami berharap agar anda dapat memaklumi akan kekurangan dan kesalahan yang terdapat didalamnnya. Salam sehat dari kami www.seh4t.com terima kasih.
Previous Post
Next Post

0 komentar: