Senin, 31 Juli 2017

Cara Mengobati Batuk Kering Pada Anak Dan Orang Dewasa

Cara Mengobati Batuk Kering Pada Anak Dan Orang Dewasa

www.seh4t.com Batuk merupakan kondisi kesehatan yang umum terjadi, biasanya batuk terjadi saat tubuh berusaha memblokir iritasi pada tenggorokan yang membuat napas di hidung tersumbat. Mengobati batuk bisa dilakukan dengan menggunakan obat rumahan, karena cukup banyak bahan-bahan alami yang ada di sana.
Batuk juga bisa terjadi akibat dari infeksi, flu, kebiasaan merokok, asma dan masih banyak lagi. Agar batuk kering yang Anda alami tidak berlarut-larut

Batuk kering yang disertai dengan gatal pada tenggorokan memang sangat menyebalkan, terlebih jika terjadi pada anak-anak. Cara Mengobati Batuk Kering Pada Anak Dan Orang Dewasa
Bukan hanya waktu istirahat mereka saja yang terganggu karena sering bangun akibat batuk, tapi nafsu makan mereka juga ikut terpengaruhi. Apalagi kalau batuknya disertai dengan pilek dan demam.
Batuk sendiri adalah kondisi paling umum yang bisa menyerang semua golongan usia. Meskipun begitu, batuk tetap harus mendapatkan penanganan dengan segera agar kondisinya tidak semakin parah.

Obat batuk kering khususnya pada anak, memanglah sangat diperlukan oleh para ibu sebagai penyembuh penyakit pada buah hati kesayangannya. Batuk adalah respon tubuh dari suatu hal yang membahayakan kesehatan. Jika ada suatu hal yang di anggap oleh tubuh bisa membahayakan bagi kesehatan tubuh, dapat meresponnya dengan batuk. Meskipun masih ada banyak respon tubuh lainnya. Batuk kering dapat dialami oleh siapa saja, anak-anak maupun orang dewasa.

Batuk memang sering sekali menyerang anak-anak. Kondisi seperti ini tentu membuat anak Anda menjadi tidak nyaman dan rewel, apalagi kalau jenis batuknya itu adalah batuk kering. Pada umumnya, batuk kering akan bertambah parah saat cuaca sedang panas. Batuk kering membuat tenggorokan terasa tidak nyaman, cepat kering dan terasa sakit. Mengatasi batuk kering bisa dilakukan dengan cara mengkonsumsi obat batuk kering yang secara alami.

Penyebab utama batuk kering

  1. Post Nasal Drip.
  2. Batuk rejan
  3. Laringitis
  4. Obat-obat
  5. Bronkitis kronis
  6. Asma
  7. Refluks asam
  8. Batuk pasca-virus
  9. Alergi
  10. Merokok
  • 1. Post Nasal Drip.
Batuk dapat disebabkan karena post nasal drip atau sinusitis. Produksi ekstra lendir cenderung menetes ke bagian belakang tenggorokan yang menyebabkan batuk. Meskipun Anda merasa lendir menetes ke bawah tenggorokan Anda, jenis batuk ini tidak menghasilkan dahak apapun.
  • 2. Batuk rejan
Batuk kering, demam ringan, hidung pilek, bersin, dan mata berair adalah gejala umum dari batuk rejan. Namun setelah satu atau dua minggu infeksi, gejala-gejala menjadi lebih buruk dan serangan batuk tak terkendali terjadi.
  • 3. Laringitis
Laringitis, yaitu peradangan pada tenggorokan, adalah penyebab lain untuk batuk kering terus-menerus. Selain batuk, hal itu juga dapat menyebabkan suara lemah atau suara serak, sakit tenggorokan, sensasi gatal-gatal di tenggorokan, dan tenggorokan kering.
  • 4. Obat-obat
Obatseperti ACE inhibitor, yang digunakan untuk mengobati gangguan seperti hipertensi, juga bertanggung jawab untuk batuk kering. Pastikan, Anda memberitahu dokter Anda tentang obat Anda ketika mencari pengobatan untuk batuk.
  • 5. Bronkitis kronis
Bila saluran bronkial tetap meradang cukup lama, maka dapat menyebabkan batuk dengan atau tanpa lendir. Gejala lain termasuk kemacetan, kesulitan bernapas, mengi, dan kelelahan.
  • 6. Asma
Batuk kronis yang berhubungan dengan asma sebagian besar terjadi pada malam hari. Jenis batuk diamati antara orang-orang yang mengembangkan asma atau pasien yang memiliki asma yang tidak terkontrol. Batuk terkait asma bisa lebih buruk ketika seseorang terkena udara kering, udara dingin, bau tertentu, atau uap kimia.
  • 7. Refluks asam
Dalam kondisi ini ada aliran mundur dari asam lambung menuju kerongkongan. Hal ini menyebabkan spasme saluran udara yang memicu batuk kering berkepanjangan.
  • 8. Batuk pasca-virus
Infeksi seperti pilek dan flu adalah penyebab umum dari batuk terus-menerus pada anak-anak dan orang dewasa. Namun, jenis batuk akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa minggu. Juga, batuk ini bisa sangat sulit untuk diobati. Salah satu alasan di balik kondisi ini adalah bahwa batuk merangsang titik terinfeksi menjadi sensitif dan terus distimulasi bahkan setelah infeksi telah berlalu.
Batuk kebiasaan/psikogenik - Batuk kering ini diamati terutama pada anak-anak dan terjadi setelah infeksi virus. Batuk dapat menjadi keras. Batuk diamati pada siang hari, tetapi intensitasnya mengurangi ketika seseorang sedang tidur.
  • 9. Alergi
Alergi akibat debu, serbuk sari atau biji-bijian juga dapat memicu batuk kering persisten. Oleh karena itu, orang yang memiliki batuk alergi harus menghindari iritasi ini.
  • 10. Merokok
Ini adalah salah satu penyebab paling umum dari batuk kering kronis. Oleh karena itu, orang yang menderita batuk kering harus berhenti merokok. ‘Batuk Perokok’ dapat berupa kering atau batuk dengan sedikit dahak.

Cara Mengobati Batuk Kering Pada Anak Dan Orang Dewasa

  • 1. Madu Dan Susu Murni
Cara Mengobati Batuk Kering Pada Anak Dan Orang Dewasa
Madu Dan Susu
Obat batuk kering alami yang cocok untuk anak berikutnya adalah susu hangat dan madu murni. Susu hangat dan madu murni akan meredakan batuk kering dan mengatasi dada yang sakit di akibatkan oleh terlalu seringnya anak batuk. Anda bisa membuatkan susu hangat untuk diminumkan ke anak Anda di malam hari sebelum tidur. tidak terkecuali juga dengan usia dewasa.silahkan mencoba dengan racikan ini.

Untuk khasiat tambahan, bisa menambahkan madu murni sebagai analgesik. Dan Anda dapat menggunakan Madu Antariksa sebagai madu murni tersebut, Madu Antariksa sangat berkhasiat untuk mengobati batuk kering pada anak Anda, selain itu Madu Antariksa juga dapat berguna sebagai asupan vitamin bagi anak Anda. Agar kesehatan anak lebih terjaga dan lebih optimal.

Kandungan yang terdapat pada madu ternyata sama efektifnya dengan dextromethorphan yang biasa terdapat dalam sejumlah obat batuk. Akan tetapi, perlu diketahui untuk tidak memberikan madu kepada anak di bawah usia 1 tahun, Karena ususnya belum berkembang dengan sempurna.
Baca Juga Ini : Gejala Dan Cara Menyembuhkan Batuk Kering Terus Menerus Tak Kunjung Sembuh
  • 2. Jeruk Lemon
Karena anak-anak maupun dewasa yang mengalami batuk kering tentunya upaya untuk mengobatinya jauh lebih sulit, apalagi jika anak Anda termasuk anak yang tidak suka makan dan minum obat batuk kering tradisional untuk anak. Untuk mengatasi batuk kering pada anak, Anda bisa menggunakan jeruk lemon. Buah yang satu ini kaya akan vitamin C yang efektif untuk mencegah dan melawan infeksi dan infalamasi.

Ada dua cara jitu mengobati batuk kering dengan jeruk lemon, yang pertama dengan membuat sirup simpel dari jeruk lemon dengan mengombinasikan jus lemon dan 1 sdm madu murni, aduk campuran bahan alami ini dan minumkan pada anak beberapa kali setiap hari atau dengan cara lainnya, yakni memblender jus jeruk lemon dengan madu murni dan lada merah, setelah halus, minumkan ramuan obat ini pada anak.

Mengatasi batuk kering harus segera dilakukan baik di rumah maupun di luar rumah karena batuk kering dapat membuat penderitanya merasa sangat tidak nyaman dan tersiksa karena batuk kering lebih sering berkontraksi dengan dada, getaran batuknya bisa membuat dada terasa nyeri. Maka dari itu, segera atasi batuk kering dengan mengkonsumsi salah satu obat batuk kering tradisional khas rumahan di atas dan semoga sembuh.
  • 3. Menguap Dengan Air Hangat
Cara Mengobati Batuk Kering Pada Anak Dan Orang Dewasa
Uap Air
Menguapkan air hangat kepada anak Anda yang sedang batuk, dipercaya dapat membantu melegakan saluran pernafasannya yang terhambat karena batuk. Sebab itu, cobalah Anda untuk menghidupkan shower air hangat untuk menghasilkan uap air yang lebih banyak, kemudian ajak anak Anda untuk masuk ke dalam kamar mandi dan tutup rapat pintunya. Lalu biarkanlah ia untuk menghirup uap air hangat tersebut selama beberapa menit.

Obat Batuk Dari Apotik Untuk Dewasa

Jika yang kamu mengalami penyakit batuk kering, maka kamu harus bisa menghindari produk yang mengandung kombinasi dekongestan dan ekspektoran, karena obat batuk tersebut untuk batuk berdahak dan hanya berguna untuk membantu mengeluarkan dahak yang sulit keluar. Dekongestan seperti pseudoefedrin juga bisa menyebabkan insomnia dan juga kegelisahan. Berkumur obat kumur antiseptik / kumur anti-inflamasi atau air garam juga bisa membantu meringankan batuk kering.

Inilah dibawah ini beberapa jenis nama Obat Batuk Dari Apotik Untuk Dewasa
  1. klorfeniramin maleat (CTM, chlor-trimeton)
  2. Difenhidramin
  3. Difenhidramin
  4. Fenirami
  5. Doksilamin
  6. Tripolidin

Nama Jenis Sirup Untuk batuk Kering Untuk Dewasa

  • Vicks Formula 
Vicks Formula 44 DT Obat Batuk Sirup (Sachet 6.7mL, Botol 27mL, Botol 54mL)
Bahan aktif: Dekstrometorfan HBr
Rasa Menthol
Indikasi VICKS Formula:
Untuk meringankan batuk yang tidak berdahak yang disertai bersin-bersin/alergi, bisa Melegakan batuk kering, Untuk pelega batuk sehari penuh
  •  Actived Plus DM 120 ml
Indikasi: Meringankan pilek dan batuk kering dan gatal
Kontra Indikasi Actived Plus DM 120 ml: N/A
Deskripsi: Bisa meringankan suatu gejala yang penyebabnya sebagian ataupun secara keseluruhan tergantung pada pelepasan histamine. Senyawa dari golongan pyrolidyne ini bekerja dan berfungsi sebagai antagonis kompetitif untuk reseptor histamine dan bisa / mampu menekan saraf pusat

Sekian artikel kami kali ini yaitu tentang Cara Mengobati Batuk Kering Pada Anak Dan Orang Dewasa semoga bermanfaat untuk anda,dan semoga batuk yang di derita oleh anda atau anak anda, dengan perantaraan obat yang kami sarankan di atas dapat membantu proses penyembuhan batuk kering yang anda derita. selamat menikmati proses penyembuhannya ya,. salam dari kami www.seh4t.com
Previous Post
Next Post

0 komentar: