Jumat, 28 Juli 2017

Apa Penyebab Cegukan Terus Menerus Dan Sering Pada Orang Dewasa

Cegukan,,,,,,,,,???? Ya semua orang hampir pernah mengalami hal ini. Cegukan bisa dialami oleh segala kalangan usia, termasuk bayi. Durasi waktu ketika seseorang mengalami cegukan sangat bervariasi, namun kebanyakan hanya beberapa menit dan kondisi ini sendiri sering terjadi dengan cara tiba-tiba. Namun, jika cegukan terjadi terus-menerus, Anda harus mewaspadai akan adanya penyakit lain yang mungkin memicunya. Oleh karena itu, anda perlu mengetahui akan Apa Penyebab Cegukan Terus Menerus Dan Sering Pada Orang Dewasa agar anda sendiri dapat mengatasinya.

http://www.seh4t.com/2017/07/cegukan.html

Sebagian besar cegukan yang terjadi akan berhenti dengan sendirinya. Jarang sekali cegukan dianggap sebagai kondisi medis yang darurat. Cegukan merupakan efek dari kontraksi otot diafragma yang terjadi secara tiba-tiba. Suara muncul, ketika pita suara menutup pada saat kontraksi otot tersebut.

. Cegukan Menurut Pandangan Medis


Cegukan atau yang dikenal dengan nama singultus adalah keluarnya suara khas seperti ‘hik’ akibat menutupnya pita suara secara tiba-tiba yang dipicu oleh konstraksi pada diafragma. Diafragma adalah membran otot pemisah rongga dada dan perut yang memiliki peran penting di dalam sistem pernapasan, Cegukan terjadi saat kadar karbondioksida di dalam darah mengalami pemerosotan dan berada di tingkat yang paling rendah.


. Penyebab Cegukan Terus Menerus


Pada umumnya pemicu cegukan berkaitan dengan pola makan dan hal lain yang dapat menyebabkan diafragma mengalami kontraksi sehingga memicu terjadinya cegukan, diantaranya seperti;
  • Minuman bersoda
  • Minuman panas
  • Minuman beralkohol
  • Makanan pedas
  • Rokok
  • Perut kembung
  • Perubahan suhu yang terjadi tiba-tiba
  • Makan terlalu banyak
  • Makan terlalu cepat
  • Menelan makanan yang terlalu panas atau terlalu dingin

Dan dibawah ini sedikit penjelasan dari sebagian penyebab cegukan terus menerus;
  • Makanan Pedas. Makanan yang pedas misalnya saja cabai, lada dan juga makanan kari bisa menyebabkan seseorang terkena cegukan.
  • Alkohol. Alkohol adalah penyebab cegukan, alkohol yang diminum terlalu banyak bisa membuat iritasi yang ada pada syaraf. Syaraf itu berhubungan langsung dengan diafragma. Sehingga syaraf yang terkena iritasi akan membuat timbulnya kejang di dalam otot diafragma dan akhirnya bisa menyebabkan cegukan. Selain cegukan, bahaya alkohol juga sangat banyak bagi kesehatan dan sama sekali tidak memberikan manfaat pada tubuh. Terlebih bagi yang beragama islam, alkohol sangatlah dilarang dan minuman yang satu ini dihukumi haram.
  • Terlalu Makan Banyak. Terlalu makan banyak bisa menyebabkan cegukan. Hal itu dikarenakan makanan yang masuk ke dalam tubuh membuat ruang diafragma menjadi sempit dan tertekan. Akibatnya adalah orang tersebut akan mengalami cegukan.
  • Makan Dengan Tergesa. Makan dengan cara yang tergesa-gesa membuat pasokan CO2 di dalam tubuh menurun secara drastis. Akibatnya adalah sedikitnya pasokan CO2 di dalam tubuh bisa membuat seseorang terkena cegukan. Hal itu akan diperparah orang yang makan cepat dengan sambil berbicara sewaktu makan. Cegukan bisa menyerang mereka, alasannya adalah oksigen secara mendadak mendesak masuk ke dalam paru-paru hingga berpengaruh pada diafragma.
  • Penyebab Cegukan

  • Terlalu Banyak Udara. Terlalu banyak udara atau oksigen di dalam tubuh bisa membuat seseorang terkena cegukan, hal itu dikarenakan pasokan udara yang masuk ke dalam tubuh bisa membuat pasokan CO2 semakin sedikit di dalam tubuh. Akibatnya adalah cegukan akan terjadi pada orang yang menelan banyak udara.
  • Minum Air Dingin. Yang menyebabkan seseorang terkena cegukan adalah saat makan besar, orang itu minum air dingin. Air dingin bisa membuat pencernaan tidak lancar. Pencernaan yang tidak lancar bisa menghalangi kinerja diafragma akibatnya cegukan pun akan muncul. Tidak hanya itu saja perubahan suhu yang ada di dalam perut juga bisa menyebabkan seseorang terkena cegukan.
  • Emosi Tinggi. Kondisi psikis juga bisa menyebabkan seseorang terkena cegukan. Kondisi emosi tinggi biasanya memmbuat diafragma kembang kempis karena menahan kesal. Diafragma dalam kondisi seperti itu rentan bisa membuat seseorang terkena cegukan, oleh sebab itulah mengendalikan emosi adalah salah satu cara untuk mengatasi atau menghindari cegukan.
  • Kurangnya Cairan. Orang yang mengalami dehidrasi bisa membuat orang tersebut terkena cegukan. Hal itu dikarenakan kurangnya asupan yang masuk ke dalam tubuh bisa menyebabkan makanan yang masuk ke dalam perut tidak semuanya terdorong masuk di dalam perut. Dehidrasi juga membuat pencernaan menjadi terganggu dan tidak lancar.
  • Bumbu Masakan. Salah satu hal yang bisa menjadi penyebab cegukan adalah bumbu masakan. Orang yang tidak tahan terhadap bumbu-bumbu tertentu bisa mengalami cegukan ketika mamakan bumbu tersebut. Bumbu yang biasanya bisa menyebabkan cegukan pada seseorang adalah bumbu yang terlalu asin dan juga bumbu yang terlalu asam.


Namun, cegukan terus-menerus yang berlangsung lebih dari dua hari, harus segera dicari penyebabnya. Beberapa penyebabnya seperti iritasi pada gendang telinga akibat benda asing, radang tenggorokan, pembesaran kelenjar tiroid, tumor atau kista pada tenggorokan, serta naiknya asam lambung ke kerongkongan (gastroesophageal reflux disease atau penyakit asam lambung).

Kondisi penyakit kronis seperti diabetes, penyakit Parkinson, gagal ginjal, kanker dan kemoterapi juga dapat menjadi faktor yang menyebabkan terjadinya cegukan terus-menerus. Selain itu, cegukan semacam ini dapat disebabkan oleh gangguan sistem saraf pusat, sehingga menyebabkan tubuh tidak mampu mengendalikan cegukan.

Beberapa jenis tindakan medis juga bisa mengakibatkan cegukan terus-menerus, seperti penggunaan kateter pada otot jantung, prosedur bronchoscopy pada paru, dan prosedur tracheostomy pada leher. Bahkan, gaya hidup tidak sehat termasuk konsumsi minuman beralkohol berlebihan dan merokok juga dapat memicu cegukan terus-menerus. Dan bila hal ini terjadi, maka segeralah anda menemui dokter agar secepatnya mendapatkan penanganan medis yang perlu dilakukan.

. Pengobatan Cegukan


Apabila cegukan bukan disebabkan oleh kondisi yang mendasari atau reaksi obat-obatan, maka cegukan tersebut biasanya akan reda dengan sendirinya tanpa perlu mendapatkan penanganan medis. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membantu menghentikan cegukan lebih cepat, di antaranya:
  • Membungkuk ke arah depan sehingga dada Anda terasa seperti tertekan.
  • Tarik kedua lutut hingga menyentuh dada.
  • Bernapas di dalam kantong yang terbuat dari kertas.
  • Mengecap cuka.
  • Menelan gula pasir.
  • Menggigit lemon.
  • Menahan napas dalam waktu yang relatif singkat.
  • Minum air dingin secara perlahan-lahan.

Namun pada kasus cegukan yang berlangsung lama, dokter perlu mengatasi masalah yang mendasari agar cegukan bisa berhenti. Contohnya, jika cegukan merupakan komplikasi dari penyakit asma berdasarkan hasil diagnosis, maka penanganan penyakit asma akan menjadi prioritas utama dokter. Secara alami, cegukan akan reda setelah asma berhasil dikendalikan. Jika cegukan timbul akibat reaksi dari suatu obat yang digunakan, maka dokter perlu menyesuaikan dosis obat tersebut atau bahkan menggantinya dengan obat lain yang tidak menyebabkan efek samping cegukan.

Baca Juga;
Bagaimana Cara Menghilangkan Cegukan Pada Bayi Yang Terus- Terusan
Ramuan Obat Cegukan Tradisional Dengan Herbal Alami Di Rumah


Sekian artikel ini kami akhiri semoga dapat bermanfaat dan kami berharap agar anda dapat memaklumi akan kekurangan dan kesalahan yang terdapat didalamnnya. Salam sehat dari kami www.seh4t.com terima kasih.

Previous Post
Next Post

0 komentar: