Rabu, 05 Juli 2017

Gejala Ginjal Bermasalah Dan Cara Mengatasinya Dengan Obat

Organ tubuh manusia di antaranya terdiri dari jantung, hati, lambung, dan ginjal yang mana sangat penting sekali untuk aktivitas tubuh dan bila salah satu organ tubuh manusia itu bermasalah maka akan cukuo menganggu aktivitas tubuh, salah satu organ tubuh yang akan kita bahas yaitu ginjal. Ginjal merupkan organ tubuh yang letaknya berada dekat bagian tengah punggung, lebih tepatnya lagi adalah berada dibawah tulang rusuk. Ginjal banyak sekali fungsinya sama dengan pentingnya organ tubuh lain dalam tubuh kita.

Dalam tubuh kita terdapat ginjal yang terdiri dari satu pasang yaitu ginjal sebelah kanan dan juga ginjal sebelah kiri. Ukuran ginjal yaitu sebesar kepalan tangan dan ukurannya sekitar 10 -12 cm,dalam ginjal mengandung sejuta nefron yang mana nefron itu merupakan saringan darah yang sangat kecil.ginjal sangat penting sekali bagi tubuh dan fungsinya banyak sekali bagi kesehatan tubuh.
gejala ginjal bermasalah

Pada kesempatan kali ini akan membahas mengenai gejala ginjal yang bermasalah dan cara mengatasinya dengan menggunakan obat. Sebelum menjelaskan mengenai gejala masalah pada organ ginjal kita akan menjelaskan dulu sedikit mengenai fungsi ginjal dimana kalau ginjal tidak berfungsi dengan baik maka tandanya ginjal kita bermasalah dan harus segera di obati dengan cara di periksa ke dokter atau langsung di obati sendiri baik menggunakan obat apotek atau obat dokter dan juga obat tradisional.

Fungsi ginjal banyak sekali di antaranya adalah menyaring darah. Ginjal selalu di aliri oleh darah selama beberapa kali dalam sehari, saat darah di saring oleh ginjal maka terciptalah urin yang berasal dari zat sisa ataupun dari kelebihan cairan dalam tubuh kita. Urine yang telah di hasilkan tersebut lalu di proses lagi melalui ureter dan di bawa ke kandung kemih selanjunya di buang melalui air kencing atau air seni.

Gejala ginjal bermasalah

Ginjal merupakan organ yang sangatvital bagi kesehatan tubuh, diantaranya dapat membersihkan tubuh dari racun-racun yang berbahaya bagi tubuh kemudian membuangnya keluar tubuh. Oleh sebab itu di saat kinerja ginjal terganggu maka ginjal tidak bisa bekerja secara sempurna akibatnya racun-racun yang ada di dalam tubuh tidak dapat di bersihkan secara sempurna akibatnya dengan adanya kandungan racun dalam tubuh maka maka mengakibatkan tubuh mengalami masalah secara keseluruhan. Gejala yang muncul pada ginjal dapat dimulai dari level yang rendah sampai level yang semakin parah apabila sakit ginjal nya tidak segera di obati. Gejala ginjal tersebut biasanya antara lain :
  • Keadaan urin berubah

Pada tahap pertama ketika ginjal mengalami gangguan adalah perubahan urin (buang air kecil )yang di keluarkan oleh tubuh misalnya kita bangun pada malam hari untuk buang air kecil karena biasanya kalau keadaan ginjalnya lagi normal biasanya tidak akan buang air kecil pada malam hari kecuali kalau sebelum tidurnya minum yang terlalu banyak.selain itu juga perubahan urin yang lainnya adalah berbusa itu di karenakan fungsi ginjal sebagai alat penyaring tidak sempurna. Jumlah air kencing menjadi berkurang dari biasanya itu juga bisa menjadi faktor awal gejala ginjal bermasalah juga warnanya pun berubah kalau orang sehat warnanya bening maka ketika ginjal nya bermasalah warnanya berubah menjadi gelap dan bila sudah semakin parah maka air urin dapat mengandung darah dan berwarna kemerah-merahan. Pada tahap ini berarti ginjal sudah mengalami kerusakan yang cukup serius dan harus segera di tangani dokter atau segera bawa ke rumah sakit.
  • Pembengkakan
Selanjutnya gejala ginjal bermasalah adalah adanya pembengakakan pada tubuh misalnya pada bagian kaki, bagian tangan dan juga bagian wajah ini di karenakan karena ginjal tidak bekerja secara sempurna sehingga tidak dapat membuang kelebihan air yang ada pada tubuh dengan baik kalau ginjal dalam keadaan normal maka kelebihan cairan di buang melalui urin namun karena bermasalah maka urin tersebut pada tubuh sehingga menimbulkan pembengkakan.
  • Hilangnya nafsu makan
Saat racun bersikulasi dalam tubuh maka indra pengecapan menjadi berubah ini membuat mulut terasa aneh rasanya seperti ada sesuatu yang asing ini menyebabkan hilangnya nafsu makan. Kalau nafsu makan sudah hilang makanan yang enak pumn akan terasa tidak enak dan bila asupan makanan berkurang maka kalau di biarkan terlalu lama menagkibatkan berat tubuh pun berkurang.
  •  Mudah lelah
Saat ginjal sedang mengalami masalah maka kita akan merasa mudah lelah hal ini di karenakan ginjal mengatur terbentuknya sel darah merah, ginjal yang sehat mengahasilkan hormone EPO yang berfungsi mengatur pembentukan sel darah merah. Apabila EPO yang berkurang karena kondisi ginjal yang sedang bermasalah maka jumlah sel yang dihasilkan pun berkurang ini mengakibatkan tubuh kekurangan oksigen sehingga tubuh pun cepat merasa lelah yang amat sangat.

Cara mengatasinya dengan menggunakan obat

Banyak cara untuk mengatasi gejala ginjal bermasalah salah satunya dengan menggunakan obat baik obat kimia maupun obat tradisional. Dan pada kesempatan ini kita akan mengobati ginjal yang bermasalah dengan menggunakan obat tradisional obat itu antara lain :

  1.  Daun sirsak
    Daun sirsak banyak di gunakan oleh para orang tua terdahulu karena banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh salah satunya untuk mengobati sakit ginjal. Daun sirsak mengandung acetogenins yang di percaya sebagai senyawa penyembuh yang dapat mengurangi tumpukan cairan dalam tubuh selain itu juga bisa menghilangkan munculnya sesak nafas pada orangyang menderita masalah ginjal. Caranya yaiu dengan mengambil 10 lembar daun sirsak kemudian cuci sampai bersih rebus dengan menggunakan 3 gelas air hingga mendidih dan tersisa 1 gelas. Setelah itu tunggu sampai dingin lalu saring dan minum dua kali sehari. 
  2. Daun binahong 
     Obat untuk gejala ginjal bermasalah selanjutnya adalah daun binahong, obat ini sangat manjur dapat di gunakan sebagai anti oksidan kuat dan juga anti bakteri yang aktif, manfaat daun bianahong dapat memperbaiki kerusakan pada struktur dinding ginjal, antara lain asam oleanolik, alkoid, polifenol dan juga minyak atsiriu. Lalu bagaimana cara penggunaannya, cara nya adalah dengan membersihkan segenggam daun binahong dan rebus dalam air 3 gelas tunggu sampai mendidih dan tersisa satu gelas saja. Minumlah ramuan daun binahong ini 2 sampai 3 kali sehari.
  3. Daun ki beling
    Daun ki beling banyak sekali di temukan di perkampungan biasanya di temukan di pekarangan rumah ataupun di depan rumah yang berfungsi juga sebagai pagar rumah, biasanya daun kibeling di gunakan untuk mengatasi ginjal yang bermasalah akibat kadar gula darah yang tinggi atau juga karena serangan virus tertentu.daun kibeling kaya akan vitamin B1, B2 dan juga vitamin C yang berfungsi sebagai anti oksidan dan mempercepat proses penyembuhan selain itu juga mengandung fosfor, natrium kalium.caranya adalah ambillah segenggam daun kibeling lalu cuci sampai bersih dan rebus dalam air 3 gelas tunggu sampai mendidih dan tersisa sampai satu gelas. Konsumsilah dua kali sehari secara rutin.

Itulah yang bisa di sampaikan mengenai gejala ginjal bermasalah dan cara mengatasinya dengan obat. Terima kasih sudah berkunjung ke www.seh4t.com semoga informasi nya bermanfaat.

Previous Post
Next Post

0 komentar: