Minggu, 16 Juli 2017

Obat Alami Sariawan Di Pinggir Bibir Dan Gusi Yang Mudah

Sariawan Di Pinggir Bibir Dan Gusi


Stomatitis Apthous yang lebih kita kenal dengan sariawan ini ialah semacam bisul mulut misterius yang telah melanda sebagian. Dikatakan “misterius” karena tidak benar-benar diketahui penyebab bintik-bintik itu di bagian dalam mulut. Meskipun tidak sengaja menggigit pipi / bibir anda, gosokan kawat gigi, genetika, stres, dan respon kekebalan tubuh tidak berfungsi dapat menjadi penyebab sariawan.

Berawal dari sebuah titik merah kulit berbentuk oval, sariawan biasanya akan menjadi semakin meradang dan berkembang menjadi bercak putih atau kuning di bagian tengah, jika tidak ditangani bisa jadi semakin parah dan yang pastinya menimbulkan ketidaj nyamanan pada saat kita makan, minum, berbicara dan yang lainnya karena rasa nyeri yang diakibtkan oleh sariawan tersebut.

. Penyebab Sariawan Di Pinggir Bibir Dan Gusi


Umumnya sariawan ini disebabkan oleh pertumbuhan berlebihan dari jamur Candida, yang membuat pecah-pecah dan sakit pada sudut mulut. Selain itu, ada beberapa faktor yang kemungkinan bisa menyebabkan munculnya Sariawan Di Pinggir Bibir Dan Gusi yaitu:
  • Sering muntah.
  • Cuaca yang dingin.
  • Faktor keturunan.
  • Paparan matahari.
  • Sering mengelap mulut.
  • Menggunakan gigi palsu.
  • Kekurangan protein dan kalori.
  • Sering menjilat dan menggigit bibir.
  • Kelebihan vitamin A atau minyak ikan.
  • Tekanan berlebih pada mulut akibat kehilangan gigi.
  • Menggunakan produk yang tidak cocok seperti lipstik atau pasta gigi.
  • Keluar air liur saat tidur sehingga membuat bibir mudah terinfeksi kuman.
  • Mengalami kekurangan riboflavin, kekurangan zat besi, atau kekurangan seng.
  • Obat-obatan yang dapat membuat kulit kering seperti isotretinoin untuk jerawat dan acitretin untuk psoriasis.

. Gejala Sariawan Di Pinggir Bibir Dan Gusi

  • Sudut bibir kering.
  • Luka di sudut bibir.
  • Sudut bibir pecah-pecah.
  • Sakit pada saat membuka mulut.
  • Bahkan sudut bibir dapat sampai berdarah.


. Pengobatan Sariawan Di Pinggir Bibir Dan Gusi

  1. Daun Sirih. Daun sirih memang sejak dulu dipercaya mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit dan menekan pertumbuhan bakteri. Caranya; Berkumurlah dengan rebusan air daun sirih setiap hari untuk menekan pertumbuhan bakteri.
  2. Kunyit Dan Madu. Dua bahan ini merupakan antiseptik alami yang akan melawan kuman yang menyebabkan sariawan. Madu menenangkan dan menyembuhkan kulit yang rusak. Proses ini mengurangi rasa sakit & peradangan yang disebabkan oleh sariawan. Caranya; Campurkan 1 sendok teh madu dengan sendok teh bubuk kunyit untuk membuat pasta. Terapkan untuk sariawan dan biarkan 5 menit lalu bilas dengan air dan ulangi 2 kali sehari sampai sakit itu hilang.
  3. Ketumbar. Ketumbar memiliki sifat anti-inflamasi, antiseptik, dan antijamur. Ini membantu untuk mengurangi kemerahan, nyeri, dan bengkak. Minum jus daun ketumbar segar dan ikuti proses di bawah. Caranya; Aduk 1 sendok teh biji ketumbar atau beberapa daun ketumbar segar. Kecilkan api dan biarkan didihkan 5 menit. Hapus dari panas dan biarkan curam 10 menit. Saring larutan dan menggunakannya sebagai pencuci mulut 3 kali sehari.
  4. Teh Celup. Asam tannin dalam teh adalah zat alami yang mengurangi rasa sakit dan peradangan. Membuat secangkir teh dan meminumnya perlahan-lahan, dan ikuti proses di bawah. Caranya; Dinginkan kantong teh basah selama 5 menit.Terapkan ke sakit Anda, gunakan tekanan lembut, dan biarkan 20 menit. Ulangi 3 kali sehari untuk menyingkirkan sariawan.
  5. Bawang Merah. Kandungan belerang pada bawang menimbulkan rasa sakit dari sakit kanker dan membantu menyembuhkan kulit yang rusak. Caranya; Iris bawang merah organik mentah lalu terapkan potongan langsung ke sakit dan biarkan 3 menit. Ulangi 3 kali sehari.
  6. Cabai Rawit. Kandungan Capsaicin dalam cabai rawit membantu saraf mati rasa untuk menumpulkan rasa sakit dari sakit sariawan. Caranya; Potong cabe menjadi beberapa bagian lalu terapkan langsung ke sakit Anda dan biarkan menyerap ke dalam kulit. Ini akan menyebabkan iritasi pada awalnya, tetapi ini akan mereda.
  7. Jus Plum. Jus Plum mengurangi rasa sakit, kemerahan, dan bengkak. Caranya; Gunakan 1-2 sendok makan jus plum untuk berkumur selama 2 menit setiap hari. Atau rendam bola kapas di dalamnya dan tahan terhadap kanker sakit selama 5 menit setiap hari.
  8. Obat Alami Sariawan

  9. Bawang Putih. Bawang putih kaya senyawa, yang disebut Kyolic, yang memiliki sifat antivirus. Hal ini dikenal untuk penyembuhan cepat dari luka dingin. Caranya; Potong satu siung bawang putih menjadi dua bagian. Tempatkan satu bagian langsung pada luka dingin.

Itulah beberapa Obat Alami Sariawan Di Pinggir Bibir Dan Gusi Yang Mudah untuk kita lakukan dan aman juga bagi kesehatan kita. Namun disaat penyakit sariawan yang menjakiti anda tidak kunjung sembuh dengan obat alami diatas, segeralah anda mengunjungi dokter karena mungkin ada faktor lain penyebab sariawan anda.

Baca Juga;
Obat-Sariawan-Anak Usia 3 Tahuh Di Mulut Secara Tardisional
Obat Sariawan Alami Yang Paling Ampuh Untuk Ibu Hamil


Sekian artikel ini kami akhiri semoga dapat bermanfaat dan kami berharap agar anda dapat memaklumi akan kekurangan dan kesalahan yang terdapat didalamnnya. Salam sehat dari kami www.seh4t.com terima kasih.
Previous Post
Next Post

0 komentar: