Jumat, 21 Juli 2017

Obat Batuk Anak 2 Tahun Keatas Tradisional Yg Aman

Obat Batuk Anak 2 Tahun Keatas Tradisional Yg Aman

www.seh4t.com Salah satu gangguan kesehatan yang rentan dialami oleh anak-anak selain pilek dan masuk angin adalah batuk. Batuk yang tidak segera diatasi akan membuat anak Anda merasa tidak nyaman sehingga menjadi lebih rewel. Mengatasi batuk memang mudah karena ini termasuk gangguan kesehatan ringan yang tidak mematikan, namun jangan dianggap remeh karena batuk bisa menjadi penyakit komplikasi yang lebih berbahaya. Mengobati batuk anak jangan dengan obat-obatan kimia karena banyak Obat Batuk Anak 2 Tahun Keatas Tradisional Yg Aman mampu mengobati batuk anak dengan cepat.

Obat batuk tradisional untuk anak akan memberikan banyak efek positif apabila digunakan dengan komposisi yang tepat. Apabila anak anda sakit dan anda sudah bosan mengunakan obat-obatan kimia maka anda bisa membuat obat batuk tradisional untuk anak anda.

obat-obatan kimia yang ada di pasaran kadang dibuat dengan bahan yang tidak cocok untuk anak anda. apabila anak anda tidak cocok dengan obat tersebut dan anda memaksanya untuk mengkonsumsi obat tersebut maka akan memberikan efek yang cukup berbahaya untuk anak anda.

Bahaya Obat Batuk Anak Dipasaran

Para ahli menganjurkan para orang tua agar lebih berhati-hati saat berupaya meredakan batuk pada anak dengan memberikan obat batuk yang dapat dibeli dengan mudah di pasaran dengan selalu membaca baik-baik keterangan yang terdapat pada label obat tersebut.

Obat batuk yang mengandung dekstromethorpan dan guaifenesin sebaiknya dihindari karena terlalu keras untuk anak, apalagi yang berusia di bawah 4 tahun.
Sebaliknya, para ahli merekomendasikan sejumlah obat alternatif yang dapat Anda gunakan untuk meredakan batuk pada anak. Anda dapat memberikannya ketika keadaan tak memungkinkan bagi Anda untuk pergi ke dokter, misalnya karena cuaca buruk, dsb.
Kabar baiknya, Anda dapat menemukan obat alternatif untuk meredakan batuk pada anak ini dengan mudah di sekitar rumah Anda

Obat Batuk Anak 2 Tahun Keatas Tradisional Yg Aman


  • 1. Jeruk Nipis Dan Kecap
Salah satu obat pereda batuk yang sudah diyakini sejak lama adalah campuran kecap manis dengan air perasan jeruk nipis, banyak orang tua yang meyakini jika kandungan alami yang dimiliki oleh jeruk nipis sangat berkhasiat untuk meredakan batuk, termasuk batuk anak. Berikan 1 sdt atau 1 sdm kecap manis yang telah ditambahkan dengan tetesan air perasan jeruk nipis pada anak, anak Anda pasti menyukainya karena rasanya yang manis.

Meredakan batuk anak tidak selalu dengan mengkonsumsi obat-obatan kimia saja, Anda bisa memberikan obat batuk tradisional untuk anak yang terbuat dari campuran bahan-bahan alami yang aman untuk anak, yang perlu Anda perhatikan sebelum memberikan obat-obatan herbal ini, pastikanlah jika tubuh anak Anda bisa menerima obat herbal, agar lebih yakin Anda bisa bertanya ke dokter disaat melakukan imunisasi atau medical check up rutin, karena tidak semua anak cocok dengan obat-obatan herbal.
  • 2. Daun Kemangi
Obat batuk anak 2 tahun ini mungkin tidak akan disukai oleh anak-anak karena rasanya yang tidak enak. Akan tetapi, kemangi memiliki kandungan alami yang baik untuk meredakan batuk pada anak, maka dari itu cobalah membuat ramuan obat herbal dari daun kemangi ini, caranya cukup mudah, Anda hanya perlu merebus daun kemangi hingga air rebusan mendidih, tambahkan madu beberapa sendok dan minumkan ramuan ini setelah ramuan menjadi hangat. Agar anak Anda tidak rewel, Anda bisa menyertakan makanan kesukaan anak selama pemberian obat batuk herbal berlangsung.
  • 3. Kunyit
Selain daun kemangi, masih ada rempah lainnya yang sangat aman dijadikan obat batuk untuk anak. Kunyit tak hanya dapat dimanfaatkan sebagai bumbu masak, tapi juga mengatasi penyakit batuk. Cukup dengan memotong kunyit yang sudah Anda cuci, oleskan potongan kunyit ke puting payudara ibu. Khusus untuk bayi yang batuk, biarkan si kecil menyusu seperti biasa setelahnya. Untuk bayi yang sudah menggunakan dot, siapkan bubuk kunyit secukupnya untuk dicampurkan ke air susu, minumkan susu di dalam dot tersebut seperti biasa pada sang buah hati.
Baca Juga Ini : Penyebab Batuk Pada Bayi 1 Dan 2 Bulan Dan Cara Mengatasinya
  • 4.Belimbing Waluh
Belimbing wuluh bukanlah belimbing dalam bentuk buah, melainkan salah satu jenis sayuran yang memiliki rasa asam. Bentuk dari belimbing wuluh ini hampir sama dengan mentimun, hanya saja kulit tak begitu tebal dan keras, serta ukurannya lebih kecil. Namun untuk obat batuk anak, yang Anda butuhkan adalah bunga dari belimbung wuluh.

Untuk mengatasi batuk, siapkan segenggam bunga belimbing wuluh, berikut juga ½ gelas air matang, sesendok makan gula batu, sesiung bawang merah, dan buah pala secukupnya. Bawang merah perlu Anda potong-potong lebih dulu menjadi 4 bagian, sementara buah pala Anda lumatkan hingga kecil-kecil. Timlah seluruh bahan selama 1 jam.

Setelah 1 jam berlalu, Anda bisa menyaring air dari bahan yang sudah ditim tadi, dan air tersebutlah yang dapat diminumkan pada si kecil. Supaya lekas membaik, dosis yang paling tepat adalah sehari 3-4 kali masing-masing 1 sendok makan. Hanya saja, obat ini tak dianjurkan untuk diberikan pada anak-anak dengan umur 1 tahun ke bawah.
  • 5.Madu
Madu

Madu sesungguhnya lebih efektif dalam memerangi batuk pada anak daripada obat batuk yang Anda beli di supermarket.

Madu mengandung zat antimikrobial dan antioksidan alami memperkuat tubuh untuk memerangi bibit penyakit. Madu juga menstimulasi salivasi yang memicu keluarnya air liur dan meredakan rasa kering pada tenggorokan.

Aturan pemberian madu pada anak adalah sebagai berikut :
  • Setengah sendok teh madu untuk anak berusia 2 hingga 5 tahun
  • 1 sendok teh madu untuk anak berusia 6 hingga 11 tahun
  • 2 sendok teh madu untuk anak berusia 12 tahun ke atas.
Ingat, jangan berikan madu pada bayi berusia kurang dari 1 tahun, karena sistem pencernaan bayi belum cukup kuat untuk mencerna zat yang terkandung dalam madu.
  • 6. wild cherry
Obat batuk anak 2 tahun yang bisa kita berikan  adalah wild cherry, ceri liar memiliki kandungan alami yang baik untuk mengobati batuk, bagian dalamnya bisa dimanfaatkan untuk meredakan tenggorokan yang sakit sekaligus batuk.

Banyak obat batuk anak yang dibuat dengan cita rasa cherry karena memang buah cherry berkhasiat untuk melawan batuk. Namun, pastikan terlebih dahulu jika anak Anda tidak alergi dengan wild cherry untuk menghindari terjadinya komplikasi atau reaksi alergi yang tidak diinginkan selepas Anda memberikan anak Anda wild cherry
  • 7. Daun Sirih
Memberikan anak obat batuk tradisional yang terbuat dari daun sirih adalah ide yang bagus. Daun sirih tak hanya bisa mengobati batuk pada orang dewasa saja. Segala gejala batuk kering dan gatal pun sanggup ditangani oleh daun sirih ini. Cucilah selembar daun sirih, lalu rebus bersama dengan segelas air putih. Campurkan juga dengan beberapa potong jahe, didihkan, angkat, lalu saring dan minumkan pada anak Anda secara teratur sekali sehari selama beberapa hari.
  • 8. Kencur
Anda bisa mencoba mengobati batuknya dengan kencur. Kencur ini sangat ampuh bila dijadikan sebagai obat batuk herbal dan aman diminumkan ke anak dengan usia minimal 2 tahun. Sediakan saja kencur 5 gram, cuci sampai bersih, lalu parut.

Parutan kencur tersebut dapat ditambahkan dengan air putih matang sebanyak 2 sendok makan. Jangan lupa untuk mengaduk-aduknya sampai merata, barulah ramuan disaring. Untuk pemanis supaya anak menyukainya, tambahkan madu sesendok makan saja. Minumkan obat herbal ini pada anak Anda sebanyak 2-3 kali sehari supaya batuknya cepat reda
  • 9. Banyak Istirahat
Obat Batuk Anak 2 Tahun
Obat batuk anak yang paling ampuh sebenarnya adalah banyak-banyak istirahat. Ketika anak kecil sangat mudah terserang flu dan batuk, ini menandakan bahwa daya tahan tubuhnya sedang lemah. Dengan banyak istirahat atau tidur, anak akan cepat pulih dan batuk pun akan lebih cepat sembuh.
Rata-rata anak paling suka bermain dan menggunakan waktunya semaksimal mungkin untuk melakukan kegiatan favoritnya. Sebagai orang tua yang baik, beritahukan secara pelan-pelan bahwa mereka perlu cukup tidur dan istirahat supaya batuk bisa cepat sembuh. Untuk sementara, jangan biarkan anak Anda terlalu aktif karena ia akan mudah kelelahan.
  • 10. Air Garam
Baik anak-anak maupun orang dewasa dapat menggunakan air garam sebagai obat batuk. Jadi para orang tua dapat menyiapkan secangkir air hangat yang kemudian ditambahkan dengan setengah sendok teh garam ke dalamnya. Campurkan sampai rata, lalu ajak anak berkumur dengan air garam ini, atau bisa juga Anda berikan 2-3 tetes pada setiap lubang hidung anak Anda satu demi satu. Suruh anak Anda untuk menghembuskannya sehingga hidung yang kiranya tersumbat juga ikut lega.

 Sekian artikel kami tentang Obat Batuk anak 2 Tahun ke atas yang telah terbukti ampuh secara racikan tradisional. semoga dapat membantu anda dalam proses penyembuhan batuk anak anda. salam dari kami www.seh4t.com
Previous Post
Next Post

0 komentar: