Senin, 17 Juli 2017

Nama Obat Batuk Berdahak Dan Gatal Di Apotik Resep Dokter


Batuk sebenarnya bukan merupakan penyakit, batuk merupakan respon untuk melindungi tubuh dari benda asing yang masuk ke tubuh dan dapat mengakibatkan kerugian bagi tubuh, benda asing yang masuk berupa debu, asap kendaraan atau benda asing lainnya yang masuk melalui mulut atau hidung dan masuk ke saluran pernapasan. Oleh karena itu agar benda asing tersebut tidak masuk maka tubuh meresponnya dengan cara mengeluarkan batuk. Seperti yang telah kita ketahui batuk terdiri dari dua jenis ada yang batuk kering da nada juga yang batuk berdahak.
obat batuk berdahak dan gatal
Setelah kita mengetahui jenis batuk nya jadi kita tidak akan salah untuk membeli atau mengkonsumsi obat batuk karena akan sesuia dengan jenis batuk yang sedang kita alami. Kebanyakan orang mengkonsumsi obat batuk namun tidak memperhatikan obat batuk apa yang dia minum dan penyakit batuk apa yang sedang di alami sehingga karena tidak sesuai maka bukannya sembuh yang ada sakitnya malah makin tambah parah.


Nama obat batuk berdahak dan gatal di apotik


Setelah melihat penjelasan di atas maka pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai nama obat batuk berdahak dan gatal di apotik sesuia dengan resep dokter

Batuk berdahak

Batuk berdahak beda dengan batuk kering karena kalau batuk kering batuknya tidak mengeluarkan dahak sedangkan batuk berdahak sebaliknya ketika batuk sambil mengeluarkan cairan , batuk berdahak biasanya terjadi ketika tubuh menghasilkan banyak cairan, dan memproduksi lendir yang berlebihan, lendir ini di produksi mukosa yang menyebabkan ketika batuk mengeluarkan dahak. Saat kita mengalami batuk berdahak maka kita akan merasa tidak nyaman ini sangat masuk akal sekali karena saat kita batuk juga menegluarkan lendir sehingga kita akan membuat orang lain juga tidak nyaman dengan lendir yang kita keluarkan, tenggorokan juga akan terasa gatal ketika kita mengalami batuk berdahak.
baca juga : Obat Batuk Berdahak Tradisional Paling Ampuh Sampai Sembuh
                  Nama Obat Batuk Paling Ampuh Di Apotik kimia farma Resep Dokter
Batuk berdahak biasanya di sebabkan oleh infeksi di paru-paru. Biasanya infeksi paru –paru di sebabkan oleh virus akibat paru –paru nya terinfeksi maka tubuh mengeluarkan reaksi berupa batuk berdahak , virus yang masuk itu biasanya menyebabkan penyakit yaitu penyakit pneumonia atau di sebut dengan penyakit paru-paru basah. Saat tubuh terkena infeksi maka secara spontan tubuh akan memproduksi lendir yang banyak ini bertujuan untuk melindungi tubuh dari infeksi. Nantinya pada saat batuk kita akan mengeluarkan cairan atau istilah lainnya dahak.
Batuk berdahak juga bisa di akibatkan oleh hal lain yaitu karena paru –paru terinfeksi jamur. Ketika jamur masuk ke dalam paru –paru maka akan mengahasilkan gelembung udara di dalam paru –paru. Ketika kondisi kesehatansedang kurang baik maka gelembung udara pun akan dibarengi dengan cairan situasi akan bertambah buruk lagi ketika kondisi udara tidak mendukung dan kurang baik karena udara yang kotor mengandung banyak debu dan bisa saja membawa jamur sehingga menyebabkan kita batuk berdahak, bisa di simpulkan udara yang kurang baik dan kotor bisa menjadi kan kita terjadinya batuk berdahak.

Nama obat batuk berdahak di apotik

Pada perinsipnya untuk mengobati batuk berdahak adalah adalah dengan tidak menekan atau di hentikan batuk nya tapi harus di tingkatkan batuknya dan dahak pun kan mudah keluar dengan memberikan obat yang mengandung ekspektoran dan mukolitik
Ekspektoran merupakan golongan obat untuk mengobati batuk berdahak, ekspektoran mengandung zat yang dapat mengusir dahak atau lendir misalnya ammonium klorida dan guafenesin sedangkan mukolitik berfungsi untuk mengencerkan dahak obatnya misalnya bromhexine dan ambroxol da nada juga obat resep dokter yang sudah mengandung keduanya sehingga dapat cepat menyembuhkan batuk berdahak dan gatal.
Inilah nama obat batuk berdahak dan gatal yang bisa di temukan di apotik :
  • 1. Ambroxol

Obat ini tergolong kepada obat mukolitik obat ini berguna untuk mengencerkan batuk berdahak dan sangat bermanfaat sekali untuk mengatasi gangguan pernapasan yang diakibatkan oleh produksi dahak yang berlebihan. Dengan menggunakan obat ini maka dahak nya akan menjadi encer dan mudah untuk di keluarkan saat batuk dari tenggorokan. Ketika dahak mudah di keluarkan maka saluran pernapasan pun menjadi terbuka dan akan terasa lega. manfaat lain dari obat ini adalah di gunakan dalam beberapa penyakit yang mengahasilkan dahak seperti emfisema, bronkitis asmatik, bronkiektasis dan pneumoconiosis bronkitis.
Bentuk obat
Obat ini biasanya berbentuk tablet dan sirup
Peringatan
untuk wanita hamil harus sesuai petunjuk dokter
Hati –hati terhadap penderita tukak lambung atau ulkus
Dosis ambroxol
dosisnya sebenarnya di sesuaikan dengan kondisi pasien , respon tubuh terhadap obat dan juga parahnya penyakit. Untuk dewasa biasanya dosisnya 30 sampai dengan 120 mg perhari. Dan untuk anak-anak disesuaikan dengan petunjuk dokter.
Efek samping
efek samping obat ini berupa muntah, mual dan nyeri pada ulu hati namun anda tidak perlu khawatir karena efek samping ini tergoolong ringan.
  • 2. Actifed syrup

obat ini merupakan obat batuk berdahak berbentuk sirup dan mudah ditemukan di apotik. Obat ini mempunyai banyak keunggulan selain menyembuhkan batuk berdahak juga dapat meringankan kondisi flu atau alergi pada saluran pernapasan .kandungan triolidine dalam Actifed bekerja dengan meringankan tanda flu dan semuanya tergantung pada histamine yang di lepaskan dan Actifed juga mengandung dekongestan yang sangat baik sekali untuk mengobati batuk gatal untuk dosisnya bisa lihat dalam kemasan atau sesuai dengan petunjuk dokter.
  • 3. Guaifenesin

Selanjutnya obat batuk berdahak dan gatal yang dapat di konsumsi dan merupakan resep dokter yaitu guaifenesin. Obat ini merupakan golongan eksfektoran dan mamapu menangani batuk dan juga filek akibat penyumpatan dahak, obat ini juga membuat tenggorokan menjadi lega dan mencairkan lendir yang menyumbat pada tenggorokan sehingga saat batuk dahak nya mudah di keluarkan.
Sebaiknya obat ini harus dengan resep dokter dan jangan di gunakan untuk anak di bawah 12 tahun, dan juga untuk ibu hamil harus sesuai dengan petunjuk dokter.peringatan lainnya adalah hati –hati terhadap penderita epilepsy, gangguan ginjal dan hati , dosisnya adalah 100 mg hingga 200 mg sebanyak 3 -4 kali sehari, bila dalam waktu 5 hari batuk tidak kunjung sembuh maka segera hubungi dokter.
  • 4. Bromhexine

Obat ini sangat bagus untuk batuk berdahak karena dapat mengencerkan dahak pada saluran pernapasan karena obat ini tergolong kepada obat mukolitik, obatnya ada yang berbentuk tablet da nada juga berbentuk sirup dosis yang digunakan biasanya untuk dewasa 8 mg sebanyak 3 kali sehari sedangkan untuk anak –anak di bawah 12 tahun adalah 4 mg perhari 3 kali. Peringatan obat ini untuk wanita hamil dan menyusui sebaiknya konsultasikan dulu ke dokterhati hati juga terhadap penderita tukak lambung gangguan hati dan lain –lain .

Itulah nama obat batuk berdahak dan gatal di apotik yang bisa di sampaikan menurut resep dokter, semoga informasi ini bermanfaat salam www.seh4t.com  
Previous Post
Next Post

0 komentar: