Senin, 17 Juli 2017

Obat Batuk Kering Dan Gatal Di Tenggorokan Untuk Dewasa Resep Dokter Dan Alami


Batuk terbagi kepada dua jenis yang pertama adalah batuk berdahak dan juga batuk kering.sehingga untuk obat batuk nya pun ada yang khusus batuk berdahak dan ada juga yang khusus batuk kering. Obat batuk berdahak biasanya mengandung ekspektoran yang berfungsi untuk mengencerkan dahak sedangkan batuk kering merupakan batuk yang tidak menghasilkan lendir atau pun dahak jadi obatnya pun berbeda.
obat batuk kering dan gatal
Pada artikel kali ini akan membahas mengenai obat batuk kering dan gatal yang bisa di gunakan baik dari obat-obatan yang alami maupun dari apotik. Pada perinsipnya obat batuk kering adalah menekan batuk maksudnya yaitu mengurangi rangsangan batuk sehingga keinginan untuk batuk berkurang dan menghilangkan batuk yang kering. Sebelum menjelaskan mengenai obat batuk kering dan gatal ada baiknya kita mengetahui dulu penyebab batuk dan juga gejalanya

Penyebab batuk kering

Segala sesuatu pasti ada penyebabnya begitu juga dengan batuk kering pasti ada penyebabnya. Biasanya batuk kering di sebabkan oleh hal-hal berikut ini :
  1. Adanya infeksi saluran pernafasan. Infeksi itu biasanya berasal dari serangan kuman pada saluran pernafasan
  2. Meningkatnya asam lambung karena akibat mengkonsumsi makanan pedas
  3. Di sebabkan juga oleh penyakit serius lainnya seperti kanker, radang paru-paru, dan juga akibat efek samping sebuah obat.
  4.  Bisa juga disebabkan oleh alergi terhadap debu, asap kendaraan polusi dan juga anu.

Itulah beberapa sebabyang mengakibatkan batuk kering selanjutnya akan menjelaskan mengenai obat batuk kering dan gatal.

obat batuk kering


Sebelum anda memilih obat batuk kering ada baiknya anda mengenali dulu jenis batuk yang di alami karena tidak jarang yang menyangka kalau mereka batuk kering karena tidak berdahak tapi ternyata itu adalah batuk berdahak yang dahak nya tidak bisa keluar sehingga tetap saja di sebut batuk berdahak. Obat batuk keriny yang beredar di pasaran baik di apotik maupun di toko obat sudah ada yang mengkombinasikan antara penekan batuk dan juga mengurangi gatal dan bagi penderita batuk kering hendaknya menghindari gabungan dekongestan dan ekspektoran di karenakan obat batuk tersebut untuk batuk berdahak bukan untuk batuk kering
Inilah obat batuk kering dan gatal yang bisa di gunakan baik dari apotik ataupun tradisional :
  • 1. Dekongestan

Obat batuk dekongestan adalah obat yang di kombinasikan dengan antihistamin dan juga antitussive yang mnafaatnya untuk menekan batuk dan mengurangi rasa gatal di tenggorokan. Obat dekongestan dan antihistamin biasanya di gunakan untuk mengatasi berbagai macam masalah pernafasan sperti hidung, tenggorokan dan juga mulut. Karena masalah syang sering berkaitan dengan hidung mulut dan tenggorokan adalah batuk, flu dan juga alergi obat ini juga bisa mengobati batuk kering namun juga bisa di gunakna untuk mengobati batuk berdahak karena mengandung dekongestan dan antihistamin.
  • 2. Sterpsils

Obat batuk ini sudah sering kita dengar baik melalui media dan banyak orang yang memakainya untuk mengatasi batuk kering, cara mengkonsumsi obat ini pun cukup mudah karena bentuknya menyerupai permen dan di khususkan untuk mengobati gatal di tenggorokan batuk kering dan sebagainya.
  • 3. Menggunakan jahe dan kencur

Batuk kering juga bisa di obati dengan menggunakan obat tradisional dari jahe dan kencur, jahe dan kencur sangat banyak sekali manfaatnya untuk berbagai macam pengobatan dan sudah banyak digunakan oleh orang tua kita dari dulu karena manfaat yang di kandungnya. Jahe dan kencur juga sangat baik digunakan sebagai obat batuk kering dan gatal karena dalam jahe dan kencur itu dapat melegakkan tenggorokan dan juga sebagai anti inflamasi yang mampu mengurangi gejala batuk kering caranya adalah sediakan sekitar ukuran 3 cm jahe dan kencur secukupnya lalu iris dan jahe tersebut dan rebus hingga air nya mendidih setelah itu saring airnya dan minum lah air rebusannya itu untuk mengobati batuk kering.
  • 4. Kunyit

Kunyit bisa di gunakan untuk mengobati batuk kering yang berbahan tradisional , kunyit ini banyak sekali khasiatnya karena memiliki kandungan zat anti biotik alami sehingga sangat bagus sekali untuk menyembuhkan penyakit batuk bila kita ingin membuat kunyit untuk menyembuhkan batuk caranya adalah dengan mengambil kunit secukupnya lalu haluskan dengan cara di parut setelah itu perasa dan ambil airnya, lalu campurkan dengan segelas air panas untuk lebih nikmat bisa juga anda menambahkan madu secukupnya dan minum lah secara rutin dan teratur agar manfaat dari kunyit tersebut bisa segera kita dapatkan .
  • 5. Serai

Serai tanaman yang banyak di gunakan sebagai bumbu dan membuat masakan lebih harum ini mempunyai banyak khasiat di antaranya untuk mengobati batuk kering dan caranya pun cukup mudah anda hanya perlu menyiapkan beberapa akar serai secukupnya lalu bersihkan setelah rebus dengan menggunakansatu gelas air sampai mendidih selama 15 menit setelah itu saring airnya dan minum lah dua kali sehari secara teratur agar batuknya segera sembuh
baca juga : apa ciri dan penyebab batuk kering terus menerus dan yang harus di hindari 
               nama obat batuk tidak berdahak tablet dan sirup paling ampuh  

  • 6. Belimbing wuluh

Belimbing wuluh mempunyai rasa yang lumayan asam biasanya di manfaaatkan untuk pembuatan sayuran asam dan juga ada yang mengolahnya sebagai manisan, dan tenyata belimbing wuluh juga bisa di gunakan untuk mengobati penyakit batuk kering yang lumayan ampuh caranya pun sangat sederhana dan cocok sekali untuk mengobati batuk kering pada orang dewasa cara nya adalah dengan membersihkan 10 buah belimbing wuluh kemudian parut hingga halus dan masukkan ke dalam segelas air lalu tambahkan sedikit garam lalu saring dan buang ampasnya, air yang telah di saring tadi minum tiap pagi dan sore secara teratur.
  • 7. Jeruk nipis

Sudah bukan rahasia lagi kalau jeruk nipis mempunyai banyak manfaatnya oleh sebab itu tidak jarang kalau tanaman jeruk nipis suka ada di pekarangan rumah masyarakat ini di maksudkan agar mudah mengambilnya ketika saat di butuhkan. Jeruk nipis mempunyai manfaat lain untuk mengobati batuk kering kandungan vitamin c nya terbukti dapat meningkatkan kekebalan tubuh , cara menggunakan jeruk nipis sebagai ramuan obat batuk kering adalah dengan memotong satu buah jeruk nipis menjadi dua bagian kemudian peras dan ambil airnya lalu masukkan perasan itu dalam satu gelas air hangat dan bisa menambahakn kecap atau madu secukupnya sebagai pemanis lalu minum secara teratur.

Saat mengalami batuk kering sebaiknya anda melakukan olahraga juga secara teratur ini bertujuan untuk menjaga kesehatan kita dan konsumsi buah dan sayuran untuk mempercepat peroses penyembuhan juga hindari stress dan istirahat yang cukup. Dan bila setelah melakukan pengobatan ini batuk nya tidak kunjung sembuh ada baiknya untuk segera konsultasi ke dokter agar mendapatkan penanganan lebih lanjut .
Itulah yang bisa di sampaikan mengenai obat batukk kering semoga informasi www.seh4t.com ini bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung salam .

Previous Post
Next Post

0 komentar: