Minggu, 23 Juli 2017

Obat Batuk Pilek Anak 1 Tahun Tradisional Paling Ampuh

Obat Batuk Pilek Anak 1 Tahun Tradisional Paling Ampuh

www.seh4t.com Penyakit pilek memang bisa terjadi pada siapapun, termasuk dewasa dan anak-anak. Bahkan pilek juga bisa terjadi pada bayi yang baru dilahirkan atau bayi yang sudah berumur beberapa bulan. Merawat bayi yang pilek tentu akan membuat orang tua merasa sedih. Biasanya bayi yang pilek akan menangis terus menerus karena tidak nyaman, demam, batuk, tidak nafsu minum dan tubuh bayi terlihat sangat lemah

Pengertian Mendalam Tentang Batuk Dan Pilek

Penyakit batuk dan pilek merupakan penyakit yang sangat mudah sekali menyerang tubuh manusia. Penyakit pilek disebut juga Influenza atau disingkat menjadi Flu. Pilek terjadi karena adanya peradangan yang terjadi pada lapisan hidung dan tenggorokan, sehingga menyebabkan produksi lendir menjadi lebih banyak. Penyakit ini disebabkan oleh virus RNA dari famili Orthomyxoviridae (virus influenza). Gejala yang biasanya muncul dari penyakit ini diantaranya demam, badan menggigil, nyeri tenggorokan, nyeri otot, sakit kepala, batuk – batuk, mudah leleah, lemas, dan perasaan tidak nyaman. Biasanya pilek ditandai dengan adanya bersin – bersin pada penderita.

Penularan penyakit ini dapat terjadi secara langsung dan tidak langsung. Pada penularan langsung terjadi karena adanya virus yang masuk ke dalam tubuh karena menghirup butiran – butiran bersin yang dikeluarkan oleh penderita flu. Sedangkan penularan tidak langsung bisa terjadi ketika seseorang memegang benda yang telah terkontaminasi virus penyebab flu dan virus tersebut masuk ke dalam tubuh melalui hidung atau mulut. Jadi biasanya orang yang menderita flu disarankan untuk menggunakan masker agar tidak menularkan atau mengontaminasi ruangan dengan virus agar terhindar dari penularan penyakit flu.

Sakit flu yang ditandai dengan batuk dan pilek menjadi penyakit yang paling banyak diderita oleh manusia. Hal ini sangat erat kaitannya dengan musim atau cuaca. Satu orang bisa mengalaminya berkali-kali dalam setahun. Namun demikian masih banyak yang belum mengetahui cara yang benar-benar ampuh untuk mengobati flu batuk pilek ini. Namun Obat tradisional merupakan cara alami yang bisa menjadi alternatif disamping obat medis dari dokter. Selain alami, obat tradisional juga sudah teruji karena merupakan warisan turun temurun dari nenek moyang hingga kini. berikut ini kita akan membahas tentang apa saja yang cocok untuk Obat Batuk Pilek Anak 1 Tahun Tradisional Paling Ampuh. silahkan disimak ya,,

Kenapa Lebih obat tradsional?

Obat tradisional bersifat herbal dan sangat aman bagi tubuh. Karena itu banyak orang yang memilih pengobatan tradisional sebagai media jika tidak ingin mengonsumsi obat kimia. Obat tradisional pun menjadi alternatif pilihan karena harganya yang relatif lebih murah dibandingkan dengan obat dari dokter. Selain itu obat tradisional juga dipercaya lebih manjur daripada obat kimia.

Banyak sekali penyakit yang bisa diatasi dengan obat tradisional mulai penyakit yang ringan seperti batuk pilek hingga penyakit yang berat. Penyakit – penyakit ringan seperti batuk pilek dapat menyerang tubuh berkali – kali dalam waktu yang berdekatan maka dari itu banyak orang yang lebih memilih mengatasinya menggunakan obat tradisional dibandingkan dengan menggunakan obat kimia atau harus mengunjungi dokter. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai berbagai tips dan cara mengatasi batuk dan pilek secara tradisional.

Perlukah mengatasi Gejala Flu?

di antara gejala-gejala flu yang menurut Anda mengganggu sebenarnya merupakan proses penyembuhan alami dan tidak perlu diobati, bahkan itu mrupakan bukti bahwa sistem kekebalan tubuh sedang melawan penyakit. Gejala-gejala yang dimaskud antara lain adalah :
  1. Filek
  2. Demam
  3. Batuk
  • 1. Pilek dan Hidung tersumbat,
Pilek dan Hidung tersumbat hal ini terjadi ketika aliran darah pada daerah hidung meningkat sekresipun meningkat (pengeluaran lendir). Aliran darah yang meningkat dapat menghangatkan daerah yang terinfeksi dan membantu sekresi membawa kuman keluar dari tubuh.
  • 2. Demam
Demam adalah cara tubuh untuk membunuh virus dengan menciptakan lingkungan yang lebih panas dari normal agar virus tidak betah. Selain itu, tubuh yang panas akan membuat protein dan sel-sel daya tahan tubuh pembunuh kuman dalam darah menjadi lebih cepat beredar dan bekerja lebih efektif. Jadi, jika demam yang ringan-sedang dipertahankan satu atau dua hari, justru akan memberikan kesembuhan yang lebih cepat.
  • 3. Batuk
Batuk, gejala ini akan membersihkan saluran pernapasan dari lendir tebal yang dapat membawa kuman ke paru-paru dan ke seluruh tubuh.

Inilah Beberapa Penyebab Batuk Pilek Pada Anak

Mayoritas anak-anak memiliki periode batuk yang berulang namun berlangsung singkat. Penyebab dari batuk seperti ini paling sering adalah infeksi virus pada saluran pernapasan atas, seperti common cold (batuk pilek biasa).

Batuk dan pilek biasa bisa disebabkan karena infeksi virus pada hidung, tenggorokan, dan sinus. Anak kecil berusia 1 tahunan bisa lebih sering mengalami batuk dan pilek daripada anak yang lebih tua dan orang dewasa karena anak kecil umuran 1 tahunan belum mempunyai sistem kekebalan tubuh yang kuat. Anak kecil belum membangun kekebalan tubuh ke lebih dari 100 virus berbeda yang menyebabkan batuk-pilek.

Sebelum usia 7 tahun, sistem kekebalan tubuh anak belum kuat sepenuhnya. Selain itu, saluran pernapasan atas anak (termasuk telinga dan bagian sekitarnya) belum sepenuhnya berkembang sampai setelah usia sekolah. Sehingga, hal ini memungkinkan bakteri dan virus lebih bisa menyerang imunitas anak yang berumur 1 tahunan.
Obat Batuk Pilek Anak 1 Tahun Tradisional Paling Ampuh
Bayi pilek
Namun, jika anak sering mengalami batuk dan pilek, jangan langsung beranggapan bahwa anak Anda mempunyai sistem kekebalan tubuh yang lemah. Pada saat ia terkena batuk dan pilek, ia hanya sedang terpapar dengan banyak virus. Jika pilek sering menyebabkan masalah yang lebih serius, mungkin sistem kekebalan tubuh anak sedang menurun.

Anak bisa mendapatkan batuk dan pilek karena tertular dari orang sekitarnya, seperti saudara, orang tua, anggota keluarga, teman, dan lainnya. Anak yang sering bermain dengan temannya, mungkin akan lebih sering mengalami batuk dan pilek. Anak kecil biasanya tidak menutup mulut mereka saat batuk atau bersin, sehingga memudahkan penyebaran kuman ke temannya yang lain. Selain itu, anak kecil yang berumur 1 tahun juga sering memegang hidung dan mulut, kemudian memegang benda-benda di sekitarnya, sehingga virus dan kuman bisa lebih menyebar.

Musim penghujan juga dapat memengaruhi batuk dan pilek pada anak. Pada musim ini, anak bisa lebih sering mengalami batuk dan pilek. Anak usia balita bisa mengalami batuk dan pilek sampai 9 kali setiap tahun. Sedangkan, orang dewasa bisa terkena batuk sebanyak 2-4 kali dalam setahun.

Saat anak sudah pernah terkena virus yang menyebabkan batuk dan pilek, maka sistem kekebalan tubuh anak akan mengenalinya sehingga kekebalan tubuh anak pun menjadi lebih kuat. Oleh karena itu, frekuensi batuk dan pilek akan menurun pada anak yang lebih tua.

Obat Batuk Pilek Anak 1 Tahun Tradisional Paling Ampuh

  • 1. Mandikan Anak Dengan Air Hangat
Salah satu gejala dari pilek adalah mengalami demam. Biasanya penderita akan berusaha menghilangkan rasa demam itu dengan minum air yang segar. Selain itu biasanya juga penderita ingin mengguyur badannya yang panas dengan air yang dingin. Hal itu justru tidak dianjurkan untuk dilakukan karena sebenarnya demam merupakan cara tubuh untuk mengusir virus dengan menghangatkan tubuh. Virus sangat suka dengan udara dingin dan dapat tahan di udara yang sejuk. Dengan mandi menggunaka air hangat anda membantu tubuh dalam upaya mengusir virus agar tidak lagi menghinggap. Selain itu dengan mandi air hangat membuat tubuh segar karena semua pori – pori kulit terbuka. Jadi hindari mandi menggunakan air dingin karena justru semakin membuat virus betah dan tubuh akan bekerja lebih keras untuk mengusir penyakit ini.
  • 2. Madu
Si manis yang satu ini juga mempunyai komponen antiperadangan sehingga bisa mengatasi sakit tenggorokan. Bila dipadukan dengan jeruk lemon akan semakin bermanfaat untuk mengatasi batuk. Sebagai tambahan guna membantu meredakan batuk dan pilek anak Mom, OBH Combi Anak Batuk Plus Flu juga memiliki varian Rasa Madu. Rasa madu yang manis tentu akan lebih mudah diterima oleh indera perasa anak.
  • 3. Minyak Pijat
Pemijatan lembut pada dada bayi menggunakan campuran minyak zaitu dan minyak essential akan membuat bayi lebih mudah bernafas. Anda dapat menggunakan minyak essential yang sehat seperti kayu putih, rosemary, dan minyak peppermint.
  • 4. Berikan Banyak Air Asi Untuk Anak
Hal yang paling penting untuk diberikan ketika bayi Anda pilek adalah ASI. Bagi ibu yang memberikan ASI eksklusif maka ASI menjadi obat alami untuk meredakan pilek sehingga perlu menjauhi pantangan ibu menyusui. Pertama ASI akan mengatasi bayi dari dehidrasi sehingga tidak membuat pilek bayi menjadi lebih parah. Sementara itu ASI juga mengandung jenis antibodi khusus yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi. ASI adalah obat yang paling menguntungkan untuk bayi Anda. Jika bayi Anda tidak mau minum ASI secara langsung maka cobalah cara memerah ASI dengan tangan dan melakukan cara memperbanyak ASI perah. Bayi Anda bisa menjadi lebih nyaman dengan cara ini
  • 5. Keluarkan Lendir Dari Hidung Bayi Anda
Umumnya bayi masih menggunakan hidung sebagai saluran utama untuk bernafas. Ketika bayi Anda terkena pilek maka biasanya bayi akan sulit untuk bernafas dan membuat bayi tidak bisa tidur. Terlebih untuk bayi yang baru lahir dan sering tidur dengan posisi telentang sesuai dengan posisi tidur bayi yang baik. Sebab bayi tidur tengkurap setelah lahir memang tidak diperbolehkan dalam dunia medis. Bayi umumnya belum bisa membersihkan lendir dari hidung sehingga Anda perlu membantu.
  • 6.Uap Air
Uap bisa membantu melancarkan hidung yang menyumbat. Caranya, nyalakan air panas di kamar mandi hingga menghasilkan uap. Lalu tutup pintu dan duduklah bersama anak Anda dalam ruang tersebut selama kurang lebih 15 menit. Lakukan terapi ini dua kali sehari.
7. Buat Posisi Kepala Bayi Agak Tinggi Saat Tidur
Ketika bayi tidur saat terkena pilek maka biasanya bayi tidak nyaman dan sering terbangun. Untuk mencegah bayi tidak cukup tidur maka tinggikan bagian kepala bayi saat tidur. Posisi ini bisa membantu mengalirkan lendir dari hidung bayi sehingga bayi bisa bernafas dengan baik. Untuk itu Anda bisa mencoba menempatkan beberapa handuk yang lembut dibawah kepala bayi. Jangan mengganjal kepala bayi dengan bantal karena bisa menyebabkan bayi tidak bisa bernafas dengan baik. Selama bayi tertidur maka jaga agar kepala bayi tidak tegak karena posisi yang kepala yang tidak nyaman
  • 8.Membuat Bayi lebih banyak tidur
Bayi Tertidur Lelap
Tidur dan istirahat untuk bayi bisa membantu tubuh bayi lebih sehat dan nyaman saat terkena pilek. Namun umumnya bayi akan sulit tidur saat pilek karena nafas yang tidak lega, sakit kepala, demam dan berbagai gangguan lain yang tidak nyaman. Karena itu Anda bisa mencoba membantu bayi agar bisa tidur dengan baik. Caranya dengan menemani bayi saat tidur, memberikan ASI hingga bayi merasa puas, mengatur tempat tidur yang nyaman untuk bayi dan memberikan dekapan untuk bayi. Jika bayi rewel saat tidur maka cobalah menggendong bayi. Ada berbagai manfaat menggendong bayi yang bisa membuat bayi lebih baik saat terkena pilek.
Baca Juga Ini : Ramuan Obat Batuk Tradisional Untuk Balita Paling Mujarab
Itulah beberapa cara tradisional dalam menanggulangi atau mengurangi gejala penyakit flu dan batuk pada tubuh anak kita. Dengan menggunakan Obat Batuk Pilek Anak 1 Tahun Tradisional Paling Ampuh anda bisa menghindari efek buruk yang ditimbulkan oleh obat kimia. Karena obat kimia memiliki efek samping dan juga memiliki dampak buruk bagi organ tubuh anda. Selain itu cara – cara diatas tergolong lebih mudah dan lebih murah. Sejak dulu nenek moyang kita belum mengenal obat kimia, mereka menggunakan cara tradisional untuk meredakan penyakit flu dan batuk. Selain itu penggunaan obat kimia yang berkepanjangan dapat anda terjangkit banyak penyakit kronis seperti ginjal dan hati karena kelebihan zat kimia dalam tubuh bisa menjadi racun bagi tubuh. Penyakit flu sebenarnya juga merupakan penyakit yang dapat sembuh dengan sendirinya, hanya saja gejala – gejala yang ditimbulkan sangat membuat penderita tidak nyaman dan akhirnya memilih untuk meredakan gejala tersebut dengan berobat. Namun cara yang paling mudah sebenarnya adalah sengan menjaga pola hidup, asupan makanan dan juga kebersihan diri anak. Demikianlah artikel tentang obat batuk pilek anak,yang bisa kami infokan semoga bermanfaat dan jagalah kesehatan tubuh anda karena sangat berpengaruh pada bayi anda. Terima kasih. salam www.seh4t.com
Previous Post
Next Post

0 komentar: