Minggu, 09 Juli 2017

Obat Biduran Pada Anak Bayi Yang Aman Dan Efektif

Biduran dapat terjadi pada siapa saja baik pada anak-anak orang dewasa dan bahkan biduran bisa terjadi pada bayi , kenapa bisa demikian ? biduran bisa terjadi pada bayi di karenakan kondisi kulit bayi yang masih sensitif, oleh karena itu artikel ini akan menjelaskan mengenai obat biduran pada anak bayi yang aman dan efektif sehingga tidak ada efek sampingnya bagi bayi .
obat biduran pada anak

Biduran biasanya sama dengan penyakit gatal lainnya bisa hilang dengan sendirinya seiring dengan berjalannya waktu terus bagaimana fungsinya obat, pengobatan untuk penyakit biduran biasanya di gunakan tujuannya agar anak merasa lebih nyaman dengan kondisi kulitnya dan cepat pulih seperti sedia kala sehingga para ibu pun akan kembali lega dan tidak khawatir melihat kondisi anak nya kaau sudah sehat kembali.
Biduran pada bayi biasanya menimbulkan benjolan dan gatal –gatal seperti di gigit nyamuk, namun sebenarnya biasanya bayi mengalami biduran karena adanya akibat dari paparan allergen, untuk anak yang sudah besar dan orang dewasa biasanya menggunakan obat antihistamin untuk mengobati nya namun jika untuk bayi obat ini sangat tidak di anjurkan apalagi untuk anak yang usianya masih di bawah satu tahun
Banyak cara untuk mengobati biduran pada anak yang sedang mengalami biduran namun sebelum di obati dengan obat –obatan ada baiknya kita mengatasi biduran dengan langkah –langkah yang ada di bawah ini :
  •  Cari tahu dulu penyebab gatal-gatal , ingat-ingat kembali aktifitas si kecil dalam satu hari kebelakang karena biasanya penyebab umum terjadi nya biduran pada si kecil adalah karena gigitan serangga, makanan yang di konsumsi bayi, obat-obatan dan juga cuaca yang sedang panas .
  • Bisa juga dengan cara menghentikan penggunaan iritasi tropical misalnya sabun, pelembut kain, lotion lebih utama lagi terhadap sesuatu yang di pakai oleh bayi baru –baru ini ataupun bisa juga pada pakaian yang sedang anda gunakan. Bila anda sedang menyusui dan sedang menambahkan asupan makanan seperti susu sapi, telur, kedelai, kacang –kacangan maka pertimbangkan lagi untuk memakannya dan sebaiknya hentikan dulu karena itu bisa saja menjadi faktor penyebab biduran pada anak.
  •  Gunakan juga pakaian yang longgar dan tidak ketat dan juga pakaikanlah pakaian yang terbuat dari katun ini bertujuan untuk menghindari rasa gatal pada bayi dan usahakan juga kulit yang terkena biduran itu jangan di garuk karena yang ada bukannya sembuh malah akan memperburuk kondisi kesehatannya.
  • Dan yang terakhir bisa juga dengan menggunakan obat-obatan yang aman dan efektif ini untuk meminimalkan gatal dan iritasi pada si kecil .

obat biduran pada anak 

Bila dengan cara tersebut anak kita masih belum sembuh maka ada baiknya di obati dengan menggunakan obat –obatan yang ada di bawah ini :
  • Menggunakan kunyit

Kunyit sudah di kenal memiliki banyak manfaat jenis tanaman rimpang ini masih mudah di temukan di sekitar kita baik di pekarangan rumah maupun di kebun, namun bagi anda yang tidak memiliki kunyit ini anda bisa membelinya di warung ataupun pasar tradisional, kunyit banyak sekali manfaatnya biasanya ibu –ibu memanfaatkan kunyit sebagai bumbu dapur dan juga untuk bumbu untuk ikan agar amis nya hilang, selain itu kunyit juga di manfaatkan untuk kecantikan karena berguna dapat menghaluskan kulit. Bagi anak kita yang terkena biduran anda juga bisa memanfaatkan kunyit ini sebagai oabt biduran pada anak caranay ambillah beberapa rimpang kunyit yang sudah di bersihkan lalu siapkan juga bahan campurannya berupa kapur sirih, jeruk nipis dan juga garam dan air. Haluskan kunyit dengan cara di tumbuk ataupun dengan cara di parut selanjtnya masukkan sedikit garam dan campur semua bahan menggunakan segelas air. Setelah semua selesai diamkan selama semalaman sampai terjadi cairan bening di dalam endapan lalu gunakan lah cairan bening itu sebagai obat biduran.
  • Menggunakan jeruk nipis

Anda juga bisa menggunakan jeruk nipis sebagai obat biduran pada anak caranya belah lahjeruk nipis yang sudah di bersihkan terlebih daahulu kemudian peras untuk di ambil air nya, setelah itu ambil beberapa kunyit bersihkan lalu tumbuk sampai halus dan tambahkan air secukupnya saja setelah itu ambil dua sendok makan air junyit tersebut, dan campurkan air perasan jeruk nipis dengan dua sendok kunyit sampai rata dan jadilah ramuan tersebut siap diminum untuk mengobati biduran pada anak anda.
  • Menggunakan biji adas

Anda juga bisa menggunakan biji adas sebagai alternative lain untuk mengobati biduran pada anak caranya siapkan biji adas, bawang merah, kunyit, dan juga air panas. Stelah itu bersihkan lah kunyit dan bawang merah lalu haluskan biji adas, bawang merah beserta kunyit tambahkan air panas secukupnya dan aduk sampai semua bahan tercampur rata. Lalu saring semua ramua itu dari ampasnya dan ambil airnya. Ramuan itu bisa ibu minumkan pada bayi anda dengan dosis tiga kali sehari minumkanlah secara rutin dan teratur selama tiga hari untuk mengobati biduran.

cara mencegah biduran pada anak  

Apabila bayi sudah sembuh dari biduran ada baiknya kita melakukan pencegahan agar penyakit bidurannya tidak kembali, caranya adalah :
  • Para orangtua hendaknya mengetahui penyebab biduran pada bayi, bisa juga dengan mengingat makanan dan minuman apa pendukung ASi, lihat juga kondisi pakaian tempat tidur dan lingkungan bermain si kecil, simpulnya kita harus mengetahui apa penyebab biduran si bayi.
  •  Bila muncul lagi biduran dalam jumlah yang baru sedikit maka segeralah kompres dengan air dingin bila ada es batu anda juga bisa menggunakan es batu dengan pelindung handuk yang lembut, tapi perlu di perhatikan bila biduran nya semakin banyak maka hentikan cara ini.
  •  Saat memandikan bayi campur kan dengan tepung jagung atau oatmeal
  •  Lindungi bayi juga dari sinar matahari secara langsung, panas dari sinar matahari secara langsung dapat menyebabkan biduran pada bayi.
  •  Bila bayi tidak memiliki alergi terhadap bedak misalnya caladine anda bisa mengoleskan caladine untuk mengurangi rasa gatal.
  • Gunakan pakaian yang berbahan katun yang lembut.
  • Jangan lupa untuk selalu memotong kuku bayi agar tidak menyebabkan bagian biduran terluka akibat di garuk oleh bayi.

Selain hal di atas rawatlah bayi kita dan selalu jaga kebersihannya agar bayi selalu sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Karena kalau bayi kita sehat maka tumbuh kembangnya tidak terganggu dan tumbuh dengan sempurna .

Itulah yang bisa di sampaikan www.seh4t.com mengenai obat biduran pada anak bayi yang aman dan efektif semoga informasi ini bermanfaat dan tetap jaga selalu kesehatan . terima kasih sudah berkunjung.

Previous Post
Next Post

0 komentar: