Rabu, 12 Juli 2017

Obat Cantengan Jempol Kaki Sakit Tradisional Yang Sudah Parah

Cantengan atau istilah medisnya paronychia merupakan suatu penyakit akibat peradangan yang terjadi pada area kuku jempol baik itu pada kaki dan bisa juga terjadi pada tangan ditandai dengan rasa sakit yang berdenyut warna nya kemerah –merahan bengkak dan juga kadang mengeluarkan nanah dan bau yang tidak sedap. Cantengan lumayan sangat mengganggu penampilan kita jadi merasa tidak percaya diri kalau sedang berkumpul dengan teman takut contengan tersebut mengeluarkan bau yang tidak sedap dan membuat suasana jadi tidak nyaman. Cara menyembuhkan cantengan memang bukan perkara yang mudah seperti mengobati jerawat atau bisul ini kadang juga harus di obati dengan cara mencabut kuku nya atau dengan operasi . lalu bagaimana cara mengobati contengan dan apa saja obatnya.
obat cantengan jempol kaki

Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai obat cantengan jempol kaki yang sudah parah secara tradisional , sebelum membahas mengenai obat cantengan ada baiknya kita mengetahui dulu apa itu contengan penyebabnya dan juga obat apa saja yang dapat di gunakan untuk mengobati contengan pada kaki. Cantengan biasanya di akibatkan oleh pertumbuhan sisi kuku yang menjorok atau menusuk kedalam sehingga membuat luka pada kulit dan biasanya cantengan lebih sering terjadi pada jempol kaki di banding pada tangan.
baca juga : cara menyembuhkan cantengan yang sudah lama dengan cepat tanpa operasi 
                obat cantengan di apotik jempol di jari tangan dan kaki 
Sebenarnya cantengan bukan masalah yang serius bagi kesehatan tapi cantengan dapat membuat kita merasa kurang nyaman apalagi kalau contengan itu terinjak maka akan merasakan rasa ngilu yang sangat luar biasa. Cantengan juga membuat kita merasa terganggu karena sakit yang di timbukalkan dari cantengan itu sebagian orang kadang ada yang mengalami cantengan sampai berbulan –bulan dan tidak juga kunjung sembuh.
Setelah mengetahui penyakit cantengan itu maka selanjutnya kita akan mengetahui apa saja penyebab cantengan, penyebab nya adalah sebagaimana yang di sebutkan di bawah ini :

  •  Kesalahan ketika memotong kuku
Ketika kuku yang di potong melewati batas maksimal pertumbuhan dengan di tandai kulit yang merah di bagian bawah atau memotong kuku yang tak rata di bagian kanan dan kirinya maka akan menyebabkan peradangan bakteri dan akhirnya berujung menjadi cantengan.

  •  Sering mengorek kuku kaki
Saat kuku terkena kotoran akibat habis bekerja di sawah atau di lading kita bakal berusaha membersihkannya dengan cara mengorek –ngorek bagian dalam kuku. Mungkin pada waktu itu kuku langsung bersih namun tidak memperhatikan akibat yang di timbulkan dalam jangka waktu panjang karena akan menyebabkan kuku menjadi cantengan.

  • Mengggunakan kaos kaki atau sepatu yang sempit
Ketika kita memakai sepatu atau kaos kaki yang sempit di bagian depan maka akan menyiksa kuku kita dan dalam waktu yang lama akan menimbulkan peradangan dan akhirnya menjadi cantengan.

  • Kurang nya menjaga kebersihan kuku
Ini sebenarnya terkesan sepele dan sering kurang di perhatikan namun biasanya hal sepele inilah yang dapat menimbulkan masalah di kemudian hari, seperti masalah ini juga akibat kurnag menjaga kebersihan kuku, kotoran di biarkan mengumpul dan berdiam di sana dalam jangka waktu yang lama maka apabila kuman hinggap pada kuku itu akan menimbulkan peradangan dan ini sangat tersiksa sekali ketika peradangan itu berubah menjadi cantengan.

  •  Kebiasaan menggigit kuku
Ada beberapa orang yang mempunyai kebiasaan aneh diantaranya suka menggigit kuku jari tangan, belum jelas apa tujuan dan maksudnya namun akibat kebiasaan ini dapat menimbulkan kulit menjadi terinfeksi karena lapisan yang melapisi kulitnya 

obat cantengan 

Itulah yang menyebabkan terjadinya cantengan selanjutnya apabila sudah terjadi cantengan maka sebaiknya cepat di obati agar tidak semakin parah dan contengannya cepat sembuh dan kita merasa nyaman lagi, inilah obat tradisional yang bisa di gunakan untuk mengobati contengan :

  • Menggunakan daun pacar kuku
Anda bisa menggunakan daun pacar kuku untuk ramuan obat cantengan jempol kaki caranya dengan menyiapkan daun pacar kuku secukupnya, terus gula merah secukupnya, 1 sdt perasan jeruk nipis, setelah semua bahan siap maka cucilah semua bahan hingga bersih selanjutnya haluskan semua bahan stelah halus lalu tambahkan air perasan jeruk nipis setelah semuanyatercampur rata tinggal tempelkan ramuan tadi pada bagian yang kuku yang terkena contengan atau bisa juga dengan cara di kompreskan.

  • Dengan menggunakan jahe
Anda juga bisa menggunakan jahe untuk mengobati cantengan caranya adalah dengan cara perban lah kuku yang contengan dengan menggunakan parutan jahe yang sebelumnya telah di campur dengan sedikit minyak kelapa yang sudah di panggang di atas api tapi ingat pangganggnya ajangan sampai kering cukup dalam kondisi hangat untuk mengobati lebih cepat sembuh baiknya ganti perban tiap pagi dan sore hari lakukan lah cara ini kurang lebih selama 3 hari sampai kukunya lepas.

  • Menggunakan bawang merah
Bawang merah juga ternyata bisa di gunakan untuk obat cantengan jempol kaki  caranya ambillah 2-3 siung bawang merah lalu haluskan dengan cara di parut atau dengan di giling setelah halus bubuhi dengan satu sendok minyak kelapa dan balutkan pada daun pisang dan selanjutnya sangrai hingga daunnya layu lalu balutkan pada jari – jari yang contengan dengan menggunakan perban , lakukan cara ini 2-3 kali sehari kurang lebih selama 3 hari. Pada saat pertama kali melakukan pengobatan ini pasti anda akan merasakan berdenyut- denyut nyeri pada ujung jempol kaki yang contengan dan lambat laun rasa nyeri nya berkurang dan pada hari ke empat cantengannya akan hilang.

  • Menggunakan daun inai
Cara yang lain untuk mengobati cantengan adalah dengan menggunakan daun inai atau daun pacar ini biasanya di gunakan untuk aksesori kutex ternyata daun inai bisa juga di gunakan untuk mengobati luka.di antaranya adalah untuk mengobati contengan ketika kuku anda bengkak dan saat jari tersandung batu anda juga bisa menggunakan obat ini. Caranya adalah dengan mengambil daun inai secukupnya dan tumbuklah sampai halus campurkan dengan tawas setelah tercampur lalu tempelkanlah ramuan ini pada bagian luka yang sakit begitupun juga pada contengan kita.

  • Menggunakan daun dan batang tempuh wiyang
Anda juga dapat menggunakan daun dan batang tempuh wiyang selanjutnya tambahkan gula pasir secukupnya haluskan tempuh wiyang nya terus campur dengan gula pasir kalau sudah tercampur tempelkan ramuan itu pada luka yang sakit.

Cantengan memang bukan penyakit yang mematikan namun tetap saja membuat kita tidak nyaman dan membuat kita jadi tidak percaya diri dengan adanya contengan semoga artikel www.seh4t.com ini dapat membantu memberikan solusi obat tradisional bagi yang menderita contengan, terima kasih sudah berkunjung dan jaga selalu kebersihan kita dengan selalu menjaga kebersihan .
Previous Post
Next Post

0 komentar: