Jumat, 14 Juli 2017

Obat Gondongan Alami Atau Tradisional Pada Anak Mujarab

Penyakit gondong/gondongan yang di dunia medis dikenal dengan nama Mump / Parotitis telah dilaporkan kasusnya terjadi hampir di seluruh belahan dunia, demikian juga di Indonesia resiko anak terkena gondok mungkin masih tinggi. Gondok masih endemik di banyak negara di seluruh dunia, sedangkan vaksin MMR digunakan hanya 57% dari negara-negara yang menjadi anggota Organisasi Kesehatan Dunia, terutama di Negara-negara maju. Di Inggris dan Wales, sebuah epidemi gondok yang dimulai pada 2005, telah dilaporkan 56.390 kasus kematian.

Oleh karena itu kita perlu mengetahui akan Obat Gondongan Alami Atau Tradisional Pada Anak Mujarab untuk antisipasi terhadap penyakit yang satu ini dengan bahan-bahan yang dapat ditemkan di sekitar kita dan juga aman bagi kesehatan.

Gondongan Pada Anak


Penyakit ini terjadi karena terinfeksi oleh virus (Paramyxovirus) yang menyerang kelenjar ludah (kelenjar parotis) di antara telinga dan rahang sehingga menyebabkan pembengkakan pada leher bagian atas atau pipi bagian bawah.

Penyakit gondongan tersebar di seluruh dunia dan dapat timbul secara endemic atau epidemik. Gangguan ini cenderung menyerang anak-anak yang berumur 2-14 tahun. Peningkatan kasus yang besar biasanya didahului pada penularan di tempat sekolah. Pada orang dewasa, infeksi ini bisa menyerang testis (buah zakar), sistem saraf pusat, pankreas, prostat, payudara dan organ lainnya.

Adapun mereka yang beresiko besar untuk menderita atau tertular penyakit ini adalah mereka yang menggunakan atau mengkonsumsi obat-obatan tertentu untuk menekan hormon kelenjar tiroid dan mereka yang kekurangan zat Iodium dalam tubuh. Kematian karena penyakit gondong jarang dilaporkan. Hampir sebagian besar kasus yang fatal justru terjadi pada usia di atas 19 tahun.

Pemberian vaksinasi MMR(mumps, morbili, rubela) untuk mencegah penyakit gondong merupakan bagian dari imunisasi rutin pada masa kanak-kanak, diberikan melalui injeksi pada usia 15 bulan. Imunisasi MMR dapat juga diberikan kepada remaja dan orang dewasa yang belum menderita Gondong. Pemberian imunisasi ini tidak menimbulkan efek panas atau gejala lainnya. Imunisasi MMR didunakan di Amerika Serikat sejak tahun 1967. Advisory Committee on Immunization Practices (ACIP) menganjurkan penggunaannya untuk anak, masa remaja, remaja, dan dewasa. Pada saat itu, masyarakat menganggap pencegahan penyakit gondok bukan merupakan priritas utama dalam pencegahan kesehatan masyarakat dan dinyatakan ACIP imunisasi MMR adalah merupakan program kesehatan masyarakat yang kurang efektivitasnya. Namun, pada tahun 1972, ACIP mengeluarkan rekomendasi yang kuat untuk menunjukkan bahwa imunisasi MMR merupakan program yang sangat penting. Saat itu ACIP merekomendasikan vaksinasi rutin untuk semua anak-anak berusia 12 tahun atau lebih.

Pada tahun 1980, telah dinyatakan sebagai rekomendasi kuat untuk vaksinasi pada anak-anak, remaja dan dewasa yang rentan. Setelah itu vaksinasi MMR semakin komprehensif dan rekomendasi pengundangan undang-undang pada negara bagian sehingga memerlukan vaksinasi tersebut harus dianjurkan pada saat anak masuk sekolah. Namun, selama 1986 dan 1987, wabah besar terjadi di antara kelompok kohort underimmunized atau orang yang lahir selama 1967-1977, sehingga terjadi perubahan puncak angka kejadian dari usia 5-9 tahun bergeser pada usia 10-19 tahun. Dalam tahun 1989, direkomendasikan ACIP pemberian vaksin campak dan MMR pada anak-anak berusia 4-6 tahun pada saat masuk ke taman kanak-kanak atau kelas satu. Selama tahun 1988-1998 menurun di antara semua kelompok umur. Pada tahun 1989-1990, wabah besar terjadi di kalangan siswa di dasar dan sekolah menengah, sebagian besar siswa di sekolah tersebut telah divaksinasi, menyatakan bahwa kegagalan vaksinasi. Pada tahun 1991, wabah lain terjadi di sebuah sekolah menengah di mana sebagian besar siswa yang telah divaksinasi, kejadian ini juga banyak dikaitkan dengan utama kegagalan vaksinasi.

Obat Gondongan Alami Atau Tradisional Pada Anak Mujarab

  1. Jahe. Kita semua pasti tahu bagaimana efektifnya rempah satu ini untuk mengatasi batuk, sakit tenggorokan dan masuk angin. Rasanya yang pedas dan juga efek hangatnya benar-benar memberikan rasa aman dan nyaman. Jahe pun ternyata bagus untuk dijadikan Obat Gondongan Pada Anak Mujarab. Cara 1: Siapkan saja sekitar 2 rimpang bahan herbal satu ini. Setelah itu, jahe dapat kita kupas lebih dulu sebelum dilanjutkan dengan proses menumbuk. Tumbuklah sampai teksturnya lembut dan tambahkan air secukupnya hanya untuk membuatnya seperti pasta. Setelah jadi, langsung pakai untuk dioleskan ke daerah gondongan. Cara 2: Untuk alternatifnya, boleh juga ramuan yang sudah jadi di atas untuk diaplikasikan lebih dulu ke kain lembut. Barulah kain tersebut dipakai untuk mengompres pembengkakan di wajah. Dijamin bengkak plus nyeri akan berkurang.
  2. Belimbing Wuluh. Belimbing wuluh ini bukan belimbing yang biasanya buahnya bisa kita nikmati kesegarannya. Buah ini juga dikenal dengan istilah belimbing sayur yang biasanya ibu-ibu pakai untuk bahan memasak. Namun bukan buahnya yang akan kita pakai di sini, melainkan bagian daunnya. Caranya: Cukup ambil daun belimbing wuluh segenggam saja bersama bawang putih sedikit yang kemudian dapat dicampur dan ditumbuk bersama. Pastikan ramuan telah halus sebelum akhirnya bisa dikompreskan ke bagian wajah yang membengkak dan sakit. Bengkak serta nyeri di bagian rahang akan dapat hilang hanya dengan beberapa kali pemakaian. Meski daunnya kecil, khasiatnya untuk gondongan tak dapat kita remehkan.
  3. Dandelion. Kita pasti sudah cukup sering mendengar namanya walaupun masih agak kurang familiar dengan bentuk aslinya. Tanaman gulma cantik ini dikenal juga sebagai bunga yang bila kita tiup akan mampu beterbangan di udara. Bukan bunganya yang akan kita gunakan kali ini, melainkan bagian daunnya. Caranya: Cukup sediakan beberapa lembar daun dandelion, lalu cucilah sampai bersih hingga kotoran tak ada yang menempel. Cara penggunaannya adalah dengan dikonsumsi dan dijadikan lalapan. Daun ini akan sangat berguna untuk membuat rasa sakit akibat bengkak menghilang. Konsumsi setiap hari secara teratur akan membantu penyembuhan lebih maksimal. Jadikan lalapan untuk setiap masakan yang kita nikmati, lalu lihat hasilnya.
  4. http://www.seh4t.com/2017/07/obat-gondongan.html
  5. Bubuk Margosa dan Kunyit. Kombinasi kedua bahan ini bakal memberikan efek luar biasa pada daerah yang mengalami gondongan. Kunyit sendiri sebenarnya bisa menjadi tambahan atau campuran bahan lainnya untuk menyembuhkan gondongan. Caranya: Bubuk margosa serta kunyit perlu kita sediakan secukupnya, lalu campur keduanya. Haluskan kunyit lebih dulu agar lebih mudah untuk membuat pasta setelah ditambah bubuk margosa. Pasta dapat dibentuk ketika kita menambahkan air sedikit saja. Obat oles herbal sudah jadi dan ramuan dapat langsung kita oles ke bagian wajah yang meradang. Pengobatan setiap hari dalam beberapa hari akan memberikan hasil maksimal.
  6. Lendir Lidah Buaya. Kebanyakan dari kita mungkin sudah tahu akan khasiat lidah buaya untuk kulit dan rambut. Namun sebenarnya lidah buaya juga bermanfaat untuk mengobati gondongan. Secara efektif, bahan alami ini akan membuat rasa sakit dapat menjadi lebih ringan. Caranya: Ambil atau potong daun lidah buaya secukupnya. Ambil bagian lendir atau gelnya, lalu gosokkan ke area yang terkena peradangan dan membengkak. Pemakaian dari luar ini begitu sederhana tanpa menguras banyak waktu. Bila ingin lebih ampuh, coba tambahkan juga bubuk kunyit sedikit saja. Menggunakannya sehari 3 kali selama beberapa hari, bengkak dan nyeri dipastikan hilang secara alam tanpa adanya efek samping berbahaya.
  7. Selada Air. Gondongan pun dapat dicoba diobati menggunakan selada air. Bahan ini bukanlah hal yang sulit dijumpai karena setiap kali kita makan sandwich dan burger, selalu ada selada di dalamnya. Rupanya, selada air pun mampu menyembuhkan gondongan secara efektif. Caranya: Kita bisa memasaknya dan alangkah nikmatnya bila selada air ini kita jadikan sup. Mengonsumsinya secara sering dan setiap hari selama gondongan akan mengurangi keluhan. Pembengkakan dan rasa nyeri otomatis akan berkurang dalam beberapa hari. Tak hanya garam yang memiliki kandungan iodium, tapi selada air juga berkadar iodium cukup tinggi. Selada inilah yang cukup canggih untuk kita andalkan sebagai pengempis pembengkakan.
  8. Air Garam. Air Garam. Garam yang beryodium, bakal sangat efektif dalam menyembuhkan gondongan. Salah satu faktor risiko gondongan adalah kurangnya iodium di dalam tubuh. Jadi tak ada salahnya menggunakan bahan paling gampang sebagai obat. Meski iodium tak hanya bisa didapat dari garam, namun ramuan ini sangat patut untuk dicoba. Caranya: Cukup sediakan segelas air yang lalu bisa ditambah garam beryodium secukupnya saja. Air yang dipakai harus air matang. Setelah jadi, kita bisa menggunakannya untuk berkumur. Dari anak-anak hingga orang dewasa sangat mengandalkan bahan satu ini sebagai obat gondongan ampuh. Tak ada risiko atau efek samping berbahaya juga dari ramuan ini sehingga aman bagi tubuh.
  9. Adas, Temu Ireng, Kencur, Temulawak dan Kunyit. Ketika dicampur untuk dijadikan Obat Gondongan Tradisional, kelima-limanya akan bekerja secara efektif. Baik rasa nyeri maupung bagian wajah yang membengkak, keduanya akan mereda. Caranya: Sediakan adas dan temu ireng 5 gram, temulawak dan kunyit 20 gram, dan kencur sebanyak 10 gram. Pastikan juga untuk menyiapkan air 2 liter. Segala bahan kemudian dapat dicampur dan direbus bersama air tersebut. Tunggu sampai mendidih dan bersisa setengah, lalu saring dan tiriskan. Ramuan kemudian dapat ditambah dengan gula aren sebelum diminum 2 kali per hari (pagi dan sore). Pengobatan beberapa kali saja akan memberikan hasil terbaik.
  10. Ranting Belimbing dan Bawang Merah. Agak terdengar aneh memang kalau kita menggunakan ranting tanaman belimbing ketimbang buahnya. Namun bisa dibuktikan keampuhan dari kombinasi antara ranting belimbing ini dengan bawang merah. Terlepas dari efek samping bawang merah, manfaatnya pun cukup besar, apalagi sebagai obat penyembuh gondongan. Caranya: Ambil bawang merah 4 siung saja, berikut juga ranting belimbing sebanyak 10 ranting. Hanya saja, pastikan kesepuluh ranting tersebut masih muda. Caranya sederhana karena ranting tersebut bisa dihaluskan bersama dengan bawang merah. Setelah benar-benar bertekstur lembut, ramuan dapat ditempel atau dikompreskan ke area yang sakit. Melakukannya secara teratur bakal menyembuhkan gondongan secara lebih cepat dan total.
  11. Madu. Ketahui lebih dulu cara membedakan madu asli dan palsu supaya kita bisa membeli yang benar-benar murni. Madu murni tak hanya baik untuk kesehatan kulit maupun penyakit organ dalam kronis. Infeksi virus yang menyerang kelenjar air liur juga dapat diatasi dengan madu. Caranya: Sediakan saja madu murni yang bisa kita pakai satu sendok makan setiap kali minum. Campurkan dengan air satu gelas, lalu minumlah paling tidak sehari dua kali. Melakukannya setiap hari atau rutin akan otomatis mempercepat penyembuhan. Hanya dalam hitungan hari kita akan dapat melihat kemajuannya, di mana pembengkakan mengempis dan nyeri pun hilang.
  12. Simbar Menjangan. Ada lagi obat herbal yang bahan-bahannya tak sulit untuk ditemukan dan dibuat sebagai ramuan pengobatan gondongan. Bahan satu ini bisa diambil daunnya dan dapat diramu untuk menghilangkan atau mengempiskan bengkak pada rahang. Nyeri pun akan memudar seiring pemakaian ramuan secara rutin. Caranya: Daun simbar menjangan bisa kita tambah dengan garam secukupnya pada satu wadah. Lalu siapkan dan tuang air secukupnya saja ke dalam wadah. Air yang diperlukan sedikit saja supaya kita bisa mulai menggiling kedua bahan tersebut secara lebih gampang. Setelah jadi, ramuan tersebut bisa kita pakai untuk mengompres daerah yang terserang gondongan. Penggunaan rutin dalam beberapa hari akan menunjukkan hasil optimal.
  13. Blawu dan Daun Tapak Dara. Blawu cukup cocok bila dikombinasikan dengan bahan lain untuk dijadikan obat gondongan. Bagian rahang plus leher yang membengkak dapat dikempiskan dengan kedua bahan ini. Caranya: Tak usah susah-susah, cukup menyiapkan daunnya sekitar segenggam dan juga blawu secukupnya, kita bisa mulai. Sama seperti cara sebelumnya, tuangkan air sedikit agar kita dapat menggiling kedua bahan hingga halus. Penambahan air akan lebih memudahkan proses penggilingan sampai teksturnya lembut mirip pasta. Setelah jadi, tinggal tempelkan ramuan ke pembengkakan di bagian leher maupun rahang. Jadikan sebagai pengompres dan lakukan secara rutin demi hasil memuaskan.
  14. Blawu. Nama lain dari bahan ini adalah kapur biru dan memang sudah terkenal ampuh dalam mengatasi gondongan. Blawu akan membantu meringankan rasa sakit dan mengempiskan pembengkakan pada rahang. Caranya: Siapkan kapur biru atau blawu secukupnya saja, bersama dengan air. Air tak usah banyak-banyak, lalu blawu tersebut bisa dilarutkan. Setelah larut, lanjutkan dengan membalurkan ramuan ke daerah yang terkena gondongan secara merata. Pengobatan alami atau tradisional ini benar-benar efektif kalau dilakukan rutin. Bengkak akan mengempis dalam beberapa kali penggunaan dan akhirnya sembuh total.
  15. Mengkudu. Bahan satu ini sebenarnya sudah tak asing lagi karena di dunia medis pun segala macam gangguan kesehatan dapat diatasi. Tak hanya diabetes dan darah tinggi yang dapat diobati dengan mengkudu, gondongan pun bisa. Cara 1: Bila senang mengonsumsi jus, maka khusus untuk kondisi gondongan, mengkudu bisa dibuat jus sebelum dinikmati. Memang selama gondongan, kita sebaiknya menghindari jus buah. Namun khusus untuk pengobatan, tak ada salahnya untuk mencoba jus mengkudu. Cara 2: Selain dapat dijus, bila merasa bahwa agak merepotkan dengan membuat jus, silakan konsumsi langsung buah mengkudu tersebut. Hanya saja, mengkudu yang boleh dikonsumsi sebagai obat bukan yang berwarna hijau. Pilihlah buah mengkudu yang telah matang atau tua. Sehari 3 kali adalah konsumsi yang tepat supaya gondongan cepat pulih.
  16. Bawang Putih. Walau kita tahu ada beberapa bahaya bawang putih mentah, bahan ini tetap terpercaya dalam menyembuhkan segala macam penyakit. Mengencerkan darah yang kental dan menurunkan kadar kolesterol tinggi adalah efek dari bawang putih. Bahkan gusi bengkak dan sakit gigi juga dapat disembuhkan dengan bumbu dapur ini. Meski ada efek samping bawang putih, bahan ini tetap diyakini bisa menjadi Obat Gondongan Alami. Caranya: Kita hanya perlu menggunakan lebih banyak bawang putih pada saat memasak. Tambahkan bawang putih dengan jumlah yang lebih banyak ke dalam masakan tersebut. Masakan dapat kita nikmati seperti biasa dan bawang putih akan bekerja secara efektif dalam menstimulasi produksi gluthatione. Kelenjar parotid akan kembali bekerja dengan baik berkat gluthatione ini. Bengkak pun akan dibuat mengempis secara perlahan dengan perawatan secara rutin.
  17. Nanas. Mengandung kadar vitamin C tinggi, buah ini memang lebih sering masuk ke dalam daftar pantangan. Para ibu hamil muda, jelas tidak diperbolehkan untuk mengonsumsi nanas dulu. Namun bagi penderita gondongan, nanas adalah buah tepat untuk dikonsumsi sebagai obat. Caranya: Belilah buah nanas yang kemudian dapat dikupas dan dibersihkan hingga tak licin lagi. Bila masih merasa licin, itu tandanya getah pada buah tersebut masih banyak. Jika mengonsumsi bersama dengan getahnya, ini akan membuat lidah menjadi gatal-gatal. Setelah dicuci bersih, nikmati setiap potongan buah nanas secara langsung. Tapi jangan terlalu banyak hanya dalam sekali makan.

Baca Juga:
Penyebab Dan Gejala Penyakit Gondok Beracun, Bahaya Dan Pantangannya

Obat Sakit Gondongan Pada Orang Dewasa Secara Alami Dan Apotik

Sekian artikel ini kami akhiri, semoga dapat bermanfaat. Dan kami berharap anda dapat memaklumi akan kekurangan dan juga kesalahan yang terdapat didalamnya. Salam sehat dari kami www.seh4t.com terima kasih.
Previous Post
Next Post

0 komentar: