Sabtu, 29 Juli 2017

Obat Herbal Batuk Kering Dan Berdahak Racikan Sedndiri Di Rumah

Obat Herbal Batuk Kering Dan Berdahak Racikan Sedndiri Di Rumah

www.seh4t.com Batuk adalah salah satu penyakit yang paling umum dan paling sering menyerang siapa saja, apalagi pada saat musim hujan dan musim pancaroba. Namun apapun jenis batuknya, baik itu batuk karena flu, batuk kering, atau batuk berdahak, pasti sangat menggangu dan tidak nyaman, beraktifitas menjadi tidak maksimal, tidur tidak nyenyak. Pada umumnya, batuk terjadi karena ada sesuatu benda asing yang berupa debu atau kuman yang merangsang selaput lendir di tenggorokan. Hal ini kemudian membuat merasa gatal dan benda tersebut ingin dikeluarkan dengan cara batuk.

Untuk menghilangkan batuk banyak cara yang bisa dilakukan, baik dari segi pengobatan medis maupun pengobatan tradisional. Namun sebelum menggunakan pengobatan medis alangkah baiknya jika menggunakan yang tradisional karena lebih aman dan tanpa efek samping pada kesehatan, juga tidak perlu biaya mahal.

Kita pasti lebih memilih menggunakan berbagai tanaman herbal sebagai obat batuk tradisional untuk dewasa dibanding menggunakan jenis obat-obatan lain, seperti beberapa obat-obatan tradisional yang akan kita bahas di bawah ini, yang merupakan rempah-rampah asli dan banyak ditemukan di Indonesia. Obat Herbal Batuk Kering Dan Berdahak Racikan Sedndiri Di Rumah

Siapa yang tidak pernah merasakan batuk? Kita semua tentu pernah merasakan keluhan satu ini sepanjang hidup kita. Batuk merupakan salah satu dari sekian banyak respon yang diberikan oleh tubuh kita, jika terdapat benda asing yang masuk terutama ke dalam saluran pernapasan. Pada umumnya keluhan yang dirasakan terbagi menjadi 2 jenis, yakni batuk kering dan batuk berdahak.

Secara umum tadi di atas telah kami sebutkan bahwa, batuk dibagi ke dalam dua kelompok, yaitu batuk produktif (batuk berdahak) dan batuk non-produktif (batuk tidak berdahak atau batuk kering). Batuk berdahak adalah batuk yang disertai dengan keluarnya dahak dari batang tenggorokan sedangkan batuk kering adalah batuk yang tidak disertai keluarnya dahak. Kedua macam batuk ini membutuhkan cara penanganan yang berbeda. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui dan mengidentifikasi jenis batuk yang sedang dialami sebelum memutuskan untuk mengonsumsi suatu jenis obat batuk.

Penyebab Batuk Berdahak

Penyebab batuk dahak beragam. Hal terbaik dinilai dalam kategori penyakit dan kondisi di mana batuk berdahak adalah gejala.
  • Infeksi
  • Infeksi pada saluran pernapasan adalah penyebab paling umum dari batuk berdahak
  • Bronkitis akut biasanya bakteri di alam dan cenderung berkembang setelah flu dingin atau umum. Hal ini lebih sering terlihat pada perokok
  • Pneumonia adalah infeksi paru-paru yang dapat disebabkan oleh bakteri, virus atau jamur
  • Tuberkulosis adalah bentuk pneumonia yang disebabkan oleh Mycobacterium tuberculosis
Bila anda menderita batuk berdahak, hindari makan makanan olahan, kelebihan gula dan produk susu. Ini cenderung membuat dahak lebih tebal. Juga menghindari obat yang mengandung alkohol dan asap rokok karena ini mengiritasi tenggorokan, memburuknya kondisi. Tidak makan makanan yang sangat pedas karena hal ini dapat mengiritasi lapisan meradang tenggorokan dan memperparah atau menyebabkan batuk.

Penyebab batuk Kering

Pada umumnya , baik itu batuk berdahak maupun batuk kering , biasanya muncul dikarenakan adanya gangguan pada reseptor saluran pernafasan , baik itu disebabkan karena debu , lendir dan dahak , ataupun dikarenakan bakteri . Sehingga ketika hal tersebut terjadi , maka akan berakibat menjadi batuk dikarenakan lapisan syaraf pada saluran pernafasan secara refleks akan merespon secara terus menerus dan merangsang otot-otot tubuh untuk mengeluarkan benda asing tersebut (debu,lendir,bakteri ) .

Obat Herbal Batuk Kering Dan Berdahak Racikan Sedndiri Di Rumah

  • 1. Dengan Menggunakan Jahe
Obat Herbal Batuk Kering Dan Berdahak Racikan Sedndiri Di Rumah
Jahe Obat
Jahe merupakan salah satu obat batuk berdahak tradisional yang terkenal di negara-negara Asia. Rasa hangat yang diberikan setiap kita mengkonsumsi jahe akan memudahkan kita untuk mengeluarkan dahak yang berasal dari paru-paru maupun dari saluran pernapasan kita. Selain itu rasa hangat tersebut juga dapat mengurangi rasa gatal yang dapat memicu timbulnya batuk pada pasien dengan batuk kering.

Anda bisa mencoba membuat teh jahe dengan cara siapkan 3 buah jahe ukuran medium, yang sudah dicuci bersih dan dipotong. Kemudian masukan ke dalam 4 gelas air lalu direbus, anda juga bisa tambahkan daun peppermint secukupnya. Campuran ini direbus hingga cairannya tersisa setengah.

Tunggu cairan ini hingga hangat, kemudian anda bisa menyajikannya dengan menambahkan madu untuk menambah rasa manis. Minumlah ramuan teh jahe ini sebanyak 2 kali sehari untuk membantu mengeluarkan dahak dan mengurangi rasa gatal di tenggorokan.
  • 2. Daun Thyme
Bahan berikutnya memang bukan merupakan bahan asli Indonesia, namun sudah banyak dipasarkan di negara kita. Daun ini berasal dari Mesir berbentuk oval dan berukuran kecil dengan tangkai yang keras. Daun ini sudah dipakai sejak dahulu oleh orang Yunani sebagai obat. Sebagai pereda batuk, daun ini memiliki efek anti bakteri dan juga memberikan rasa lega di tenggorokan.

Haluskan segenggam daun thyme dan campurkan dengan 1 setengah gelas air panas dan aduk selama 10 sampai 15 menit. Anda bisa menambahkan 1 sendok makan perasan lemon atau madu untuk menambah rasa pada ramuan ini. Minumlah ramuan ini 2 sampai 3 kali sehari terutama sebelum tidur.
  • 3. Kunyit
Kandungan anti-biotik pada kunyit dapat mengatasi peradangan saluran pernafasan yang mengakibatkan batuk kering. Caranya, siapkan satu sendok bubuk kunyit dan setengah sendok teh bubuk merica, campurkan kedua bahan tersebut dalam air mendidih lalu aduk hingga rata. Minum ramuan tersebut selagi hangat dua kali sehari.
  • 4. Belimbing Waluh
Rasa asam pada belimbing wuluh yang sering digunakan pada sayur asam ternyata juga bisa untuk mengobati batuk. Caranya, bersihkan 10 belimbing wuluh lalu parut hingga halus. Masukan parutan tersebut dalam segelas air, tambahkan sedikit garam. Saring dan buang ampas belimbing wuluh, minum hasil saringan tersebut sebanyak dua kali sehari tiap pagi dan sore.
  • 5. Jeruk Nipis
Selain bahan-bahan di atas, ada juga jeruk nipis yang dapat melegakan tenggorokan dan membantu mengeluarkan dahak. Sebagai obat batuk tradisional untuk dewasa jeruk nipis dapat dengan mudah dikonsumsi, yakni cukup campurkan 1 sendok makan perasan jeruk nipis dengan kecap dan diminum 2 kali sehari.
Selain itu, anda bisa mencoba campuran jeruk nipis dan madu yang juga dapat membantu meredakan batuk. Cukup campurkan 3 sendok makan perasan jeruk nipis dengan 3 sendok makan madu murni dan 5 sendok air panas. Aduk hingga rata dan campuran ini dapat anda konsumsi 2 kali sehari.
  • 6. Lada
Bahan dapur yang satu ini juga ternyata memiliki kemampuan untuk meredakan batuk, terutama untuk lada hitam. Lada hitam diketahui dapat mengurangi batuk dengan dahak yang banyak dan juga rasa sesak di dada. Akan tetapi pengolahannya haruslah tepat, jika anda tidak ingin bersin-bersin karena menghirup aroma bahan yang satu ini.

Untuk meredakan batuk berdahak, gunakanlah lada hitam yang sudah digiling. Bubuk lada ini dapat anda buat menjadi teh yang dapat anda konsumsi 1 sampai 2 kali per hari. Caranya ambillah 1 sendok teh bubuk lada dan masukkan ke dalam 1 gelas air panas. Kemudian aduk hingga rata dan guna menambah rasa manis juga efek anti bakteri anda dapat menambahkan 1 sendok makan madu ke dalam teh ini.
Baca Juga Ini : Merek Obat Flu Paling Ampuh Di Apotik Resep Dokter Untuk Dewasa
  • 7. Madu
Obat Herbal Batuk Kering Dan Berdahak Racikan Sedndiri Di Rumah
Madu Pembasmi Batuk
Obat batuk tradisional berikutnya adalah madu. Salah satu penelitian yang dilakukan oleh Penn State College of Medicine menemukan bahwa madu memiliki efek yang dapat membantu meredakan batuk. Dengan mengkonsumsi madu, rasa sakit di tenggorokan akan berkurang karena madu memilki kekentalan yang cukup untuk melapisi dan menenangkan lapisan mukosa tenggorokan yang meradang.

Selain itu kandungan enzim tertentu yang dimiliki oleh madu memberikan efek anti bakteri yang dapat mempercepat proses penyembuhan jika anda mengalami infeksi bakteri. Anda cukup mengkonsumsi 1 sendok makan madu sebanyak 1 sampai 3 kali sehari untuk mengurangi rasa gatal maupun nyeri di tenggorokan.
  • 8. Daun Sirih
Untuk mengobati dengan daun sirih caranya rebus daun sirih secukupnya dengan beberapa iris jahe. Minum air rebusan daun sirih dan jahe minimal sekali sehari agar tubuh tetap sehat dan hangat.

Sekian Artikel Kami Mengenai Obat Herbal Batuk Kering Dan Berdahak Racikan Sedndiri Di Rumah Semoga Bermanfaat ya,, Selamat Mencoba semoga cepat sembuh guys. salam dari kami
www.seh4t.com
Previous Post
Next Post

0 komentar: