Kamis, 13 Juli 2017

Obat Luka Bernanah Dan Bengkak Berair Infeksi Agar Cepat Kering

Sebelum membahas mengenai obat luka bernanah kita akan menyebut kan dulu apa luka itu? luka itu adalah sesuatu kerusakan atau fungsi pada tubuh karena suatu paksaan atau tekanan kimiawi maupun fisik. Luka bernanah adalah tanda kalau terjadi infeksi pada luka tersebut. Bila kondisi luka sudah seperti ini maka membutuhkan proses penyembuhan yang lumayan lama walaupun begitu bukan berarti penyakit ini tidak bisa di obati . 
obat luka bernanah

Saat luka bernanah dalam kebanyakan kasus di sebabkan oleh beberapa hal antara lain :
1. Infeksi pada luka
Ada berbagai cara luka dapat terkena infeksi diantara nya luka terkena infeksi berasal dari lingkungan yang kotor seperti air, tempat bermain, rumah juga bisa oleh lingkungan sekitar kita. Infeksi pada luka juga bisa di sebabkan oleh pakaian yang tidak steril .
2. Inflamasi pada luka
Inflamasi pada luka juga dapat terjadi tanpa adanya infeksi tapi di akibatkan oleh luka yang meradang sehingga menimbulkan gejala yang lebih parah dan munculnya nanahan pada luka
3. Luka bernanah karena sistem kekebalan yang lemah

Berdasarkan penelitian membuktikan bahwa pasien yang mengalami berbagai intervensi memiliki penyakit serius pada organ internal seperti penyakit jantung, paru –paru , diabetes , ginjal, infeksi HIV dan lain –lain mempunyai luka bernanah lebih sering di bandingkan dengan orang yang sehat. Ini di karenakan sistem kekebalan tubuhnya berkurang.


Selain penyebab di atas luka bernanah bisa di sebabkan oleh hal-hal berikut ini :

  1.  Penyakit kulit misalnya eksim, kurap dan lain –lain.
  2.  Kulit yang kering
  3. Diabetes
  4.  Alergi
  5. Gangguan ginjal
  6. Gangguan tiroid
  7.  Stress
  8. Obat-obatan dan lain –lain

Gejala luka nanah

Ketika mengalami luka biasanya muncul gejala-gejala kalau luka itu bernanah gejalanya adalah :

  1. Suhu tubuh menjadi tinggi, dan lebih banyak mucul pada malam hari
  2. Merasakan nyeri luka dalam jangka waktu yang cukup lama, dan saat sedang parah bisa nyampai berminggu-minggu
  3. Ada tanda-tanda peradangan pada luka seperti munculnya warna kemerahan pada kulit sekitar luka, suhu sekitar luka menjadi meningkat , dan bengkak
  4.  Luka tersebut mengeluarkan nanah


Mungkin juga muncul gejala lainnya karena pada setiap orang berbeda-beda oleh sebab itu bila muncul gejala seperti di atas segera periksakan ke dokteragar cepat mendapatkan penanganan secepatnya.
Cara mengurangi gejala

  1. Bila gatal usahakan jangan di garuk, tapi cukup dengan di usap ringan pada bagian yang gatal
  2. Bisa juga dengan cara di kompres apabila terasa gatal
  3. Gunakan pakian yang longgar agar bahan nya tidak membuat luka iritasi
  4. Bila luka nya pada kaki jangan memakai sepatu tapi pakai sandal sebagai alas kaki
  5. Gunakan juga lotion calamine bila terasa gatal
baca juga : nama obat kuku rusak di apotik dan secara alami 
Selain itu anda juga bisa melakukan perawatan agar lukanya tidak bertambah parah juga membantu peroses penyembuhannya, perawatannya pun bisa di lakukan dengan sendiri jadi sangat mudah cara nya adalah :

  •  Bersihkan luka dengan menggunakan air yang bersih dan steril bisa juga dengan menggunakan rivanol sambil membersihkan sisa pus atau darah pada luka
  • Tutup luka dengan menggunakan kassa steril
  •  Saat terkena air segera lap dengan lap kering dan jaga jangan sampai kotor
  •  Usahakan lukanya jangan sampai digaruk atau dengan menggunakan tangan yang kotor
  • Cuci tangan saat akan membersihkan luka dan juga setelahnya

obat luka bernanah 

anda juga mesti melakukan perawatan pada luka yang bernanah dan bengkak anda juga harus mengobatinya agar lukanya cepat kering dan sembuh. Luka yang mengeluarkan nanah sangat mengganggu makanya anda bisa mengobati dengan obat tradisional ataupun juga dengan menggunakan obat yang berasal dari apotik :

  • Salep futadem

Futadem merupakan salah satu obat yang sering di gunakan untuk mengobati luka bernanah agar cepat kering. Salep antibiotic ini mengandung 20 mg sodium fusidate yang bisa membantu meredakan infeksi dan radang pada kulit namun sebaiknya anda menggunakan obat ini berdasarkan resep dokter, cara pemakaiannya pun cukup mudah anda cukup mengoles tipis –tipis pada bagian yang mengalami peradangan secara merata sebanyak 3 sampai 4 kali sehari

  •  Salep anti biotik kalmicetine

Anda juga bisa menggunakan kalmicetine untuk menyembuhkan infeksi pada kulit yang di sebabkan oleh bakteri dan juga bakteri –bakteri yang peka pada chloramfenikol. Salep ini mengandung 20 mg chloramphenicol, chloramphenicol ini sangat ampuh untuk mengahambat sintesa protein sel mikroba juga mampu merangsang pembentukan kulit baru pada tubuh. Obat ini sebaiknya harus dengan petunjuk dokter tujuannya agar tidak ada efek samping dan dosisnya sesuai , cara penggunaan obat ini dengan cara di oles pada bagian yang luka yang sebelumnya di bersihkan dulu, obat luka bernanah ini bisa di beli di apotek dan harganya pun cukup terjangkau.

  •  Daun kemanggi

bisa menggunakan obat –obatan yang alami untuk mengobati luka bernanah dan bengkak, salah satunya dengan menggunakan daun kemanggi. Daun kemanggi ini sangat banyak sekali manfaatnya selain di gunakan untuk lalapan atau bumbu masak juga bisa di gunakan untuk mengobati luka bernanah ini di karenakan daun kemanggi dapat mengurangi keinginan kita untuk menggaruk luka tersebut. Karena daun kemanggi mengandung zat anti gatal yang disebut thymol dan kapur barus. Cara menggunakannya adalah dengan mengambil segenggam daun kemanggi lalu tumbuk sampau hancur setelah itu tempelkan ramuan itu langsung pada kulit yang bernanah.

  • Lidah buaya

Selanjutnya obat luka bernanah yang berasal dari obat tradisional adalah lidah buaya, tanaman ini sangat banyak sekali manfaatnya selain bisa membuat rambut sehat dan menghaluskan kulit, tanaman ini juga bisa di gunakan untuk mengobati luka yang bernanah dan berair caranya cukup dengan memotong satu potong batang lidah buaya dan oleskan pada bagian yang luka secara rutin dan teratur sampai luka bernanah nya kering dan sembuh. Tanaman lidah buaya juga bisa di gunakan untuk mengobati gatal –gatal pada kulit.

  •  Salep garamycin


Obat luka bernanah selanjutnya yaitu salep garamycin obat in merupakan obat antibiotic yang mampu meredakan kulit yang terinfeksi di sebabkan oleh peradangan kulit , salep ini tergolong kepada obat aminoglikosida yang mampu mengobati infeksi kulit yang di sebabkan oleh bakteri gram negatif, dalam 1 gram salep ini mengandung 1 mg gentamycin sulfate yang sangat bermanfaat untuk kulit yang terinfeksi oleh bakteri , cara kerja obat ini adalah dengan cara mengikat sub unit 30s sehingga menghambat pertumbuhan bakteri , cara menggunakannya adalah dengan cara mengoleskan pada bagian yang luka dan mengalami peradangan, oleskan secara merata sebanyak 3 sampai 4 kali dalam sehari hingga lukanya benar –benar kering dan sembuh benar.


Itulah beberapa obat luka yang bisa di gunakan untuk mengobati luka bernanah agar cepat kering dan sembuh semoga informasi ini bermnfaat dan terima kasih sudah berkunjung salam www.seh4t.com 



Previous Post
Next Post

0 komentar: