Rabu, 12 Juli 2017

Obat Sariawan Alami Yang Paling Ampuh Untuk Ibu Hamil

Obat Sariawan Alami Yang Paling Ampuh Untuk Ibu Hamil

www.seh4t.com Sebelum kita membahas secara detile tentang apa saja obat sariawan yang alamiyang cocok untuk kita serta tak ber efek samping, ada baiknya kita mengetahui dulu apa sih yang dinamakan dengan sariawan?

Pengertian Sariawan

Sariawan atau dalam istilah kedokteran lebih dikenal dengan nama stomatitis aftosa merupakan luka terbuka yang disebabkan karena peradangan yang terjadi di dalam mulut dan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa. Penyakit ini bisa muncul dimana saja dan kapan saja, seperti misalnya di lidah, gusi dan bagian mulut lainnya. Selain itu sariawan itu sendiri dapat terbagi menjadi 2 bagian diantaranya sariawan ulkus aphthous dan sariwan herpes simplex.

Sariawan Terbagi 2 Macam

  1. Sariawan ulkus aphthous
  2. Sariwan herpes simplex.

  • Sariawan Ulkus Aphthouse
Sariawan ulkus aphthouse adalah jenis sariawan yang biasanya sering kali di alami oleh kalangan masyarakat. Selain itu sariawa ini memiliki ciri warna yang pucat atau kekuningan.
  • Sariwan herpes simplex
Sedangkan untuk Sariwan herpes simplex atau sariwan  iritasi adalah sariawan yang terjadi akibat adanya iritasi pada mulut yang akan membuat lapisan mukosa menjadi rusak dan menyebababkan luka pada area mulut. Apapun jenis sariawan tersebut semua dapat diatasi dengan mengunakan obat sariawan alami.

Penyebab Sariawan

  • 1. Obat-obatan
Konsumsi obat-obatan anti-inflamatori, beta blockers, agen kemotrapi dan nicorandil menjadikan seseorang berada pada tingkat tertinggi pada risiko menderita sariawan.
  • 2. Panas Dalam
Mengkonsumsi makanan pedas dapat menyebabkan sariawan. Hal ini dikarenakan makanan pedas tersebut dapat memicu meningkatnya suhu dalam tubuh. Panas tubuh yang berlebihan dapat menyebabkan sariawan.
  • 3. Trauma
Trauma bukan penyebab utama sariawan, tetapi hanya sebagai faktor yang berhubungan dengan berkembangnya sariawan pada penderita, tetapi trauma hanya faktor pendukung yang dapat dipertimbangkan keberadaannya.
  • 4. Alergi dan sensitivitas
Alergi merupakan kondisi dimana tubuh menolak terhadap alergen tertentu atau disebut dengan hipersensitifitas. Sariawan bisa terjadi karena mulut sensitif terhadap beberapa bahan pokok yang terkandung dalam pasta gigi, obat kumur, lipstik, bahan gigi palsu, permen karet dan bahan makanan.
  • 5. Tergigit
Hal ini biasa terjadi saat kita berbicara atau saat kita makan dengan tergesa-gesa. Namun diantara kedua hal tersebut yang sering menjadi penyebab terjadinya sariawan di lidah maupun di mulut adalah makan tergesa-gesa.
  • 6. Salah Dalam Memilih Produk Pembersih Gigi
Mungkin sobat di rumah hampir tidak percaya tapi pada kenyataannya sariawan juga bisa muncul saat kita tidak tepat dalam memilih produk pembersih mulut.
Misalnya bulu sikat yang kurang halus,pasta gigi maupun mouthwash (obat kumur) bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya sariawan.

  • 7. Stress

Jika sebelumnya sariawan nampak lantaran permasalahan kesehatan serta kebersihan dengan cara fisik, jadi sariawan nyatanya bisa nampak lantaran ada permasalahan dari kesehatan secara mental.

Permasalahan kesehatan secara mental ini bukanlah bermakna anda hilang ingatan serta mesti masuk rumah sakit jiwa, tetapi keadaan pikiran serta mental yang condong tertekan serta terganggu atau di kenal dengan permasalahan psikologis, seperti stress serta depresi bisa menyebabkan sariawan.

Dalam soal ini permasalahan psikologis itu bakal menyebabkan dampak psikosomatis. Di mana nampak beragam tanda-tanda fisiologis, yang sesungguhnya nampak lantaran ada permasalahan psikologis. Untuk hindari timbulnya sariawan lantaran permasalahan psikologis, anda bisa lakukan banyak hal tersebut :

Janganlah gampang panik
Saat mulai terasa tertekan, cari media yang bisa merelaksasi, seperti jalan – jalan serta beristirahat
Kenali semua jenis beban yang perlu anda hadapi, lantas buat skala prioritas, kurang lebih beban mana saja yang bisa anda kerjakan terlebih dulu, serta beban mana saja yang memerlukan perhatian lebih

Jika dibiarkan pun sebetulnya sariawan bisa sembuh dengan sendirinya, namun proses pemulihan secara alami cukup memakan waktu. Jika terlalu lama membiarkan sariawan berada di area mulut, keinginan untuk makan akan berkurang, bukan karena hilangnya hawa nafsu, tetapi rasa sakit yang timbul jika makanan menyentuh sariawan.

Obat Sariawan Alami Yang Paling Ampuh Untuk Ibu Hamil

Ada banyak obat sariawan dari bahan-bahan yang disediakan oleh alam selain obat-obatan yang beredar di apotek dan pasaran. Namun kita dapat dengan mudah menemukan obat penyembuh sariawan dengan bahan-bahan alami yang ada disekitar kita. Apa saja obat sariawan alami tradisional yang paling ampuh? Berikut adalah beberapa kumpulan obat sariawan alami yang berhasil kami himpun dari beberapa sumber terpercaya.
  • 1. Madu
Berikutnya adalah dengan menggunakan madu. Madu merupakan bahan alami yang paling ampuh untuk mengatasi sariawan. Caranya pun sangat mudah oleskan madu pada bagian bibir yang mengalami sariawan hingga merata. Menggunakan madu merupakan cara aman dan efektif untuk mengatasi sariawan tanpa efek samping.
Baca Juga Ini : Pengertian, Gejala Sariawan Dan Makanan Yang Baik Dan Yang Dilarang
  • 2. Garam
Campuran air dan garam biasanya digunakan untuk mengobati penyakit diare pada anak maupun pada orang dewasa maupun orang hamil. Diare tidak boleh disepelekan sebab bisa menyebabkan seseorang mengalami dehidrasi. Bahaya dehidrasi tidak boleh disepelekan sebab bisa membuat tubuh seseorang mengalami pengentalan darah. Darah yang kental akan sulit sekali melalui pembuluh darah yang tipis sehingga akan membuat pembuluh darah pecah maupun robek oleh sebab itu anda jangan menyepelekan bahaya dari dehidrasi.

Cara mengobati sariawan menggunakan air dan garam ini sangat mudah sekali, anda tinggal mencampurkan segelas air hangat dengan satu sendok teh garam. Kemudian aduk kedua bahan tersebut agar tercampur dengan sempurna. Setelah itu gunakanlah air garam tersebut untuk berkumur. Air garam itu juga bisa digunakan sebagai obat sakit gigi yang ampuh sebab kandungan antibakterial pada garam mampu menangkal bakteri penimbul rasa sakit.
  • 3. Daun Kemangi
Kebiasaan Anda lalap dengan daun kemangi akan memberikan manfaat yang positif, karena kandungan alami yang dimiliki oleh daun kemangi efektif untuk mengatasi sariawan. Cukup dengan mengunyah daun kemangi atau berkumurlah dengan menggunakan daun kemangi.

Obat sariawan tradisional di atas akan membantu Anda mengatasi sariawan secara alami sehingga sariawan mengempis dan benar-benar sembuh, mulut atau lidah Anda pun terbebas dari sariawan.
  • 4.Air kelapa
Obat Sariawan Alami Yang Paling Ampuh Untuk Ibu Hamil
Air Kelapa
Banyak cara dan obat yang dapat membantu mengobati luka di mulut akibat munculnya sariawan dan salah satu obat yang efektif adalah air kelapa karena terakadang sariawan yang muncul di area mulut Anda disebabkan oleh panas di dalam tubuh yang berlebihan, memberikan air kelapa dinilai efektif untuk mendinginkan tubuh dari dalam, maka dari itu minumlah obat tradisional untuk sariawan ini secara teratur untuk membantu mengurangi sariawan secara efektif.
  • 5. Air Beking Soda
Cukup dengan mengusapkan saja campuran dari pasta baking soda dengan air tepat di bagian mulut yang terdapat sariawannya, rasanya perih dan tidak nyaman namun cara ini cukup baik untuk membantu mengatasi sariawan dan mempercepat proses penyembuhannya.
  • 6. Temu Kunci
Salah satu bumbu dapur yang bisa Anda gunakan untuk mengobati sariawan yaitu temu kunci. Anda cukup dengan mengunyah temu kunci untuk memngobati sariawan. Jika dilakukan dengan rutin maka akan membantu mempercepat penyembuhan sariawan yang Anda derita.

Demikian beberapa ramuan alami untuk mengobati sariawan. Hindari makanan pedas dan asam selama sariawan karena bisa memperparah iritasi sariawan. Dengan pengobatan yang telaten maka akan mempercepat proses penyembuhan.

Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin untuk mencegah timbulnya sriawan. Biasanya sariawan dipicu oleh peradangan akibat kekurangan vitamin. Konsumsi makanan sehat dan bergizi. Semoga bermanfaat.

Pencegahan Sakit Sariawan

# Perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan lain serta makanan yang mengandung asam folat, zat besi dan vitamin B12 untuk menghindari penyakit sariawan.

# Pada faktanya stres dapat memicu sariawan, oleh karena itu sebaiknya hindari stres berlebihan.

# Hindari trauma pada rongga mulut dengan menyikat gigi dengan cara yang benar bukan keras agar tidak timbul trauma. Selain itu, jika bisa

#Hindari agar mulut tidak tergigit.

# Menjaga kebersihan mulut karena sariawan disebabkan oleh mulut yang tidak bersih sehingga bersarang kuman dan bakteri. Penyakit sariawan pun adalah penyakit sistemik, oleh karena itu menjaga kebersihan mulut adalah caranya untuk meminimalisir penyakit tersebut.

# Jika Anda bisa mengidap sariawan karena alergi terhadap suatu makanan tertentu maka sebaiknya hindari untuk mengonsumsi makanan dan minuman penyebab alergi tersebut.

Terimakasih telah berkunjung ke blog kami semoga bermanfaat serta berkah ya,,,  salam sehat dari kami www.seh4t.com
Previous Post
Next Post

0 komentar: