Minggu, 09 Juli 2017

Penyebab Biduran Di Malam Hari Terus Menerus Dan Apakah Menular?

Biduran bisa muncul kapan saja dan kadang bisa juga bisa muncul pada malam hari saat kita mau tidur dan beristirahat sejenak dari rutinitas harian kita tentu itu akan sangat membuat kita tidak nyaman dan gatal sekali.
penyebab biduran


Saat biduran berlangsung lama dan tidak kunjung smebuh juga pasti akan membuat kita pusing dan merasa tidak nyaman namun terkadang yang menyebabkan biduran itu adalah hal yang sepele. Biduran adalah salah satu jenis penyakit kulit yang merupakan reaksi alergi yang paling sering terjadi pada semua orang. Biasanya bentuk biduran adalah bentol bentol yang kecil dan juga berupa ruam merah dan bentuknya mengembang yang menyebabkan gatal yang lumayan menyiksa,. Bulatan merah akibat biduran itu selain merasakan rasa gatal juga dapat merasakan panas dan kurang nyaman. 

penyebab biduran 


Penyebab biduran pada malam hari antara lain karena di picu oleh perubahan suhu yang dingin di malam hari, biduran jenis ini biasanya di sebut alergi dingin namun jangan khawatir karena biduran seperti ini tidak menular. Untuk lebih jelasnya akan di jelaskan mengenai apa saja yang menyebabkan biduran. Penyebab nya adalah sebagai berikut ini :
1. Cuaca
Penyebab biduran yang paling utama terjadinya biduran apalagi terjadinya pada malam hari adalah karena cuaca. Sebagaimana di ketahui di atas kalau cuaca di negri kita tidak stabil suka berubah-rubah, beberapa penderita biduran biasanya suka kambuh ketika berkunjung ku suatu wilayah atau daerah yang sangat dingin atau terlalu panas. Biduran terjadi karena tubuh memberikan reaksi akibat perubahan cuaca tersebut. Biasanya biduran akibat cuaca ini akan hilang dengan sendiriya dalam waktu empat jam namun bila dalam jangka waktu tersebut belum kunjung sembuh juga maka segera periksa ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.
2. Akibat olahraga yang berlebihan
Beberapa orang ada juga yang terjadi biduran karena olahraga yang terlalu berlebihan, ini mungkin muncul ketika tubuh merasa lelah ataupun merasa panas karena habis melakukan olahraga yang berlebihan dan ada juga karena waktu sedang olahraga nya tubuh dalam keadaan kurang fit sehingga muncullah biduran .
3. Obat-obatan
Ada juga orang yang terkena biduran karena adanya pengaruh obat-obatan yang di konsumsi nya, obat-obatan yang dapat menimbulkan biduran biasanya antara lain aspirin, obat penghilang rasa sakit, obat penenang rasa sakit, obat tekanan darah dan juga obat anti inflamasi. Keadaan ini biasanya terjadi pada pasien yang telah melakukan operasi, cara mengetahuinya bisa dengan tes alergi agar mengetahui reaksi alergi tehadap obat dan mencegah biduran.
4. Alergi makanan
Biduran juga kadang bisa terjadi akibat kita memakan makanan tertentu, jenis makanan yang biasanya menimbulkan biduran antara lain ikan laut, cumi, udang, kerang, keju dan juga telur. Anda bisa mengetahui nya denagn cara tes alergi tujuannya agar seseorang itu alergi terhadap makanan apa saja. Makanan tersebut menimbulkan reaksi yang berlebihan karena sel darah putih dalam tubuh tidak dapat melawan senyawa tertentu. Bila kita sudah mengetahui penyebab bidurannya dari makanan maka sebisa mungkin hindari makanan tersebut.
5. Akibat gigitan serangga
Biduran bisa juga di sebabkan oleh gigitan serangga misalnya nyamuk dan serangga lainnya, kadang kita anggap sepele akibat gigitan serangga itu namun perlu di ketahui mulanya gigitan serangga tersebut hanya membuat gatal pada daerah yang digigit nyamuk tapi ketika terus di garuk maka rasa gatal itu terus menyebar dan makin bertambah parah. Oleh sebab itu bila kita terkena gigitan serangga segera obati dan jangan di garuk karena hanya akan membuatnya semakin parah.
6. Stress
Beberapa orang ada juga munculnya bidurankarena stress, kenapa bisa demikian ? ternyata stress mengahasilkan reaksi alergi yang berlebihan, pengaruhnya ini mulai dari tingkat perubahan hormon dalam otak dan terusmenyebar ke seluruh tubuh dan saat sudah meneyebar maka tubuh tidak dapat melawan infeksi apalagi kalau di tambah dengan alergi dari makanan, cara terbaik untuk mencegah biduran ini adalah dengan cara mengontrol diri kita agar terhindar dari stress
7. Penyakit flu / influenza
Saat sedang sakit influenza kondisi kekebalan tubuh berkurang dan lemah. Penyakit flu menyerang karena tubuh tidak bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit flu biasanya biduran ini terjadi pada anak kecil dan biasanya akan sembuh saat beranjak dewasa, karena saat dewasa tubuh menjadi lebih kuat dan bisa melawan sumber infeksi dengan baik.
baca juga : salep obat biduran di apotek yang ada untuk dewasa dan anak -anak 
                obat biduran pada anak bayi yang aman dan efektif  

Mengatasi biduran di malam hari

Biduran dapat terjadi kapan saja namun bila biduran yang muncul pada malam hari tentu ini akan mengganggu tidur dan waktu istirahat kita. Anda bisa menggunakan cara –cara di bawah ini untuk mengobati bidurannya :

  • obat anti histamineobat ini ada dalam dua bentuk baik dalam bentuk tablet maupun krim. Obat ini berguna sekali untuk meredakan gatal yang terjadi akibat reaksi alergi. Cara kerja obat ini adalah dengan memghambat ikatan histamine dengan sel sehingga mencegah penyebab gejla alergi.


  • KompresAnda juga bisa mengkompres dengan air dingin ini sangat berguna sekali untuk mengurangi iritasi dan juga dapat melindungi kulit dan mencegah menggaruknya saat gatal. Saat biduran terjadi usahakan jangan terlalu sering di garuk ini tidak baik karena dapat merusak kulit dan menyebabkan biduran nya semakin banyak.


  • Mandi dan berendam dalam larutan oatmelAda baiknya bila terjadi biduran pada malam hari kita mandi atau pun berendam dalam air yang di campur oatmel. Kandungan oatmeal ini mengandung senyawa kimia avenantramida yang sangat ampuh meredakan gatal dan radang kemerahan caranya anda bisa menghaluskan oatmeal dengan cara di blender lalu taburkan dalam bak mandi dan berendamlah minimal 15 menit sebelum tidur.


  • Kenakan pakaian yang longgarSaat biduran terjadi di malam hari agar tidak menimbulkan iritasi ada baiknya kita mengenakan pakaian yang longgar dan bisa juga memakai pakaian yang berbahan sutra ini sangat baik untuk membantu mengurangi iritasi dan hindari juga pakaian yang berbahan dari wol karena dapat membuat kulit iritasi.


  •  Hindari benda yang dapat membuat kulit iritasiAnda juga di sarankan untuk tidak memakai benda yang dapat membuat kulit iritasi diantaranya jangan memakai perhiasan, parfum produk pembersih dan lainnya 


Itulah penyebab biduran yang sering terjadi dan kadang juga terjadi di malam hari. Dan yang paling penting bagi kita selalu mengetahui penyebab biduran agar biduran tidak terjadi lagi. Bila biduran itu terjadi lagi maka sebaiknya hubungi dokter agar mendapatkan pengobatan lebih cepat dan tepat agar bidurannya tidak semakin parah dan segera sembuh sehingga kita bisa beristirahat dengan tenang dan saat tidur pun tidak terganggu.

Itulah informasi yang di berikan dari www.seh4t.com terima kasih sudah berkunjung dan jaga selalu kesehatan kita.
Previous Post
Next Post

0 komentar: