Selasa, 11 Juli 2017

Penyebab Mata Bintitan Kelopak Mata Atas Dan Cara Mengobatinya

Hotdeolum atau dalam istilah kita di sebut dengan bintitan yaitu salah satu penyakit mata yang lumayan sangat mengganggu dan juga mengganggu penampilan kita. Bintitan berupa bintil yang lumayan menyakitkan bentuknya mirip jerawat atau bisul letaknya di tepi klopak mata. Namun tidak perludi khawatirkan karena tidak berdampak buruk pada kemampuan penglihatan pendderitanya. Biasanya bintitan muncul pada salah satu mata.
Biasanya bintitan terjadi di klopak mata bagian luar, namun kadang ada juga bintitan munculnya di bagian dalam dan yang perlu di perhatikan bintil yang muncul di dalam lebih menyakitkan di banding bintil yang tumbuh di bagian luar.
penyebab mata bintitan

Saat mata terkena bintitan ini sangat mengganggu penampilan kita, bintitan umumnya timbul karena kita kurang menjaga kesehatan mata kita seperti suka mengucek mata dengan menggunakan tangan kotor, ataupun dengan cara jarang membasuhnya dan lain sebagainya, walaupun bintitan ini tidak mengganggu penglihatan kita namun tetap saja ini lumyan cukup mengganggu penampilan kita oleh sebab itu penting bagi para penderita bintitan untuk mengetahui penyebab dan gejalanya agar bisa menghindari penyebab mata bintitan sehingga tidak muncul lagi dan bila sudah muncul gejalanya dapat segera mengobtainya dengan cepat .
Perlu kita perhatikan saat kita sedang mengalami bintitan jangan lah sekali –kali menguceknya karena takut jadi semakin membahayakan mata kita. Oleh karena itu artikel kali ini kan membahas mengenai penyebab mata bintitan dan cara mengobatinya serta gejalanya apa saja .
                           apa gejala dan penyebab bintitan terus menerus  

Penyebab mata bintitan

Mata merupakan salah satu indra penglihatan yang sangat berguna sekali bagi tubuh, dengan matamaka kita dapat melihat indahnya dunia dan segala yang ada di sekitar kita, sering kali mata kita ada sakitnya karena sudah menjadi fitrah bagi manusia kadang kala sehat dan kadang kala juga terkena penyakit. Biasanya mata merasa tidak nyaman karena ada benda masuk ataupun karena mata kotor sehingga menyebabkan mata bermasalah, benda asing inilah yang membuat mata menjadi bintitan atau mata merah.
Sebenarnya penyebab mata bintitan adalah berasal dari bakteri, yaitu bakteri stafilokokus salah satu contoh infeksi yang di akibatkan oleh bakteri ini adalah bakteri yang menumbulkan mata bintitan pada akar bulu mata , infeksi klenjar minyak dan kelenjar keringat.
Bakteri stafilokokus biasanya tidak menimbulkan rasa sakit dan hidup pada kulit manusia, namun bila mata kita disentuh dengan tangan yang kotor maka akan meningkatkan resiko bintitan selain itu juga ada faktor lain yang menyebabkan mata bintitan :
  1. Memakai kosmetik yang sudah kadaluarsa
  2. Sebelum tidur tidak membersihkan kosmetik
  3. Suka memakai lensa kontak yang tidak steril dan bisa juga karena tangan anda yang kotor saat memasangkannya
  4. Mengidap blefaritis atau peradangan pada klopak mata, terutama yang kronis ini di sebabkan oleh kompilasi dari penyakit kulit rasaseae atau infeksi bakteri

Gejalanya :
Saat mata mengalami bintitan biasanya suka timbul gejalanya. Gejala yang sering dialami adalah rasa gatal yang lumayan membuat tidak nyaman pada daerah mata selain itu gejalanya biasanya adalah sebagai berikut :
  1. Munculnya benjolan pada bagian atas atau bawah klopak mata
  2. Biasanya benjolannya berwarna merah
  3. Ada bintik kecil dengan warna kuning atau putih
  4. Klopak mata menjadi bengkak
  5. Mata terasa nyeri dan mengeluarkan air
  6. Saat bintitan semakin parah maka bintitan akan pecah dan bernanah 


Saat mengalami bintitan biasanya tidak membutuhkan penanganan yang serius karena bisa sembuh dengan sendirinya namun tetap saja resiko komplikasi bisa saja terjadi oleh sebab itu sebaiknya perikasakan diri ke dokter apabila pembengakakn nya mulai menyebar ke bagian pipi adan tidak menunjukkan tanda –tanda membaik setelah 2 hari

Cara mengobati  mata bintitan

Biasanya mata bintitan sembuh dalam waktu dua atau seminggu dan kadang jugaada yang nyampe dua puluh hari baru sembuh, bintitan akan segera sembuh bila sudah pecah dan mengeluarkan nanah walaupun demikian anda jangan pernah untuk memecahkan atau memencet benjolan sendiri karena akan memicu terjadinya infeksi oleh karena itu tunggulah sampai benjolan itu pecah dengan sendirinya secara alami.

Anda juga dapat mmenggunakan langkah –langkah berikut ini untuk mengobati dan mengurangi gejala bintitan dan ketidak nyamanan akibat adanya bintiitan tersebut, langakah yang bisa di lakukan adalah :
a. Jagalah kebersihan mata , salah satunya dengan menghindari pemakaian kosmetik untuk sementara waktu
b. Hentikan dulu pemakain lensa kontak , sebaiknya jangan dulu memakai lensa kontak sampai bintitan nya sembuh
c. Kompres selama 5 sampai 10 menit. Anda juga dapat mengkompres dengan menggunakan air hangat selama 5 sampai dengan 10 menit ini tujuannya agar dengan di kompres dapat mengurangi rasa anyeri karena bintitan dan mempercepat proses penyembuhan
d. Menenggunakan teh celup. Anda juga dapat menggunakan teh celup untuk mengobati mata bintitan caranya adalah dengan mengambil satu kantong teh celup yang sebelumnya telah di gunakan untuk menyeduh teh dan pastikan terlebih dahulu kantong teh nya dalam keadaan bersih setelh itu gunakan kantiing teh celup itu dengan cara mengkompres mata yang terkena bintitan cara ini biasanya akan mengurangi sakit bintitan pada mata anda.
e. Menggunakan kunyit . ya sekali lagi kunyit ini banyak sekali manfaatnya, kunyit dapat mengobai berbagai macam jenis penyakit dan bisa juga untuk mengobati mata bintitan, kunyit memiliki sifat anti inflamasi dan anti bakteri yang mampu membunuh kuman yang menyerang tubuh kita oleh karena itu kunyit bisa di andalkan saat mata kita bintitan caranya adalah dengan cara menumbuk kunyit yang sebelumnya sudah di bersihkan setelah halus kompreskan pada mata yang sedang mengalami bintitan dengan menggunakan kunyit ini dapat meredakan dan menyembuhkan bengkak dengan cepat pada bintitan .
f. Bunga. Bunga biasanya suka di pakai sebagai penghias tanaman dan wangi nya yang harum banyak di sukai oleh wanita dan ternyata bunga juga mempunyai manfaat lain di antaranya untuk mengobati mata bintitan bunga yang biasa di gunakan antara lain bunga kenanga, mawar, melati, bunga sepatu dan juga bunga yang lainnya, bila ingin menggunakan bunga – bunga ini sebagi obat untuk mengatasi bintitan caranya dengan meremas –remas bunga yang sebelumnya sudah di cuci lalu oleskanlah pada mata yang terkena bintitan , bunga juga dapat di gunakan untuk mengobati mata bengkak yang di akibatkan oleh gigitan serangga ataupun air kencing serangga seperti air kencing kecoa.

Itulah informasi mengenai penyebab mata bintitan kelopak mata dan cara mengobatinya semoga informasi dari www.seh4t.com ini bermanfaat dan senantiasa membantu anda dalam mengatasi masalah kesehatan terima kasih sudah berkinjung salam seh4t.

Previous Post
Next Post

0 komentar: