Selasa, 25 Juli 2017

Penyebab Pilek Dan Cara Mengatasinya Dalam Sehari Saja

Pilek bisa dialami oleh siapa saja dan kapan saja terlebih lagi saat pergantian cuaca dan perubahan suhu yang signifikan dan pilek ini juga data menyerang mulai dari anak-anak hingga dewasa. Namun dengan gejala yang dirasakan masih dalam tahap normal, janganlah anda terlalu khawatir akan keluhan kesehatan yang satu ini karena seyogyanya pilek dapat sembuh dengan sendirinya dan disaat pilek yang salah satu efek sampingnya mengeluarkan lendir yang berlebih dari hidung kita dapat membantu dalam proses mengeluarkan kotoran yang terdapat dalam saluran pernafasan. Disaat seseorang terserang pilek, aktifitas keseharian pasti akan sedikit terganggu dengan gejala - gejala yang ditimbulkannya. Ada baiknnya kita mengetahui akan Penyebab Pilek Dan Cara Mengatasinya Dalam Sehari Saja agar kondisi kita sehat seperti biasannya dan agar dapat menjalani aktifitas keseharian bebas tanpa ada kendala.

Pilek


Perlu kita ketahui akan pengertian pilek itu sendiri ialah infeksi ringan pada hidung, saluran sinus, tenggorokan, dan saluran pernapasan bagian atas akibat serangan virus. Dan seseorang yang terkena sakit pilek akan mengalami beberapa gejala seperti berikut:
  • Hidung terus-menerus mengeluarkan ingus
  • Sering bersin
  • Sering batuk
  • Pernapasan tidak lancar (hidung terasa tersumbat)
  • Tidak enak badan
  • Suara serak

Masa inkubasi virus penyebab pilek biasanya berlangsung selama 2-3 hari. Masa inkubasi adalah waktu yang diperlukan oleh virus untuk menimbulkan gejala setelah menginfeksi tubuh. Kebanyakan penderita akan merasakan gejala-gejala pilek yang parah dan sangat mengganggu setelah 2-3 hari kemunculannya (selepas masa inkubasi). Agar lebih jelas, lihat skema di bawah ini.

Virus masuk→Inkubasi (2-3 hari)→Gejala muncul→Puncak tingkat keparahan gejala (2-3 hari)→Gejala berangsur pulih sampai sembuh total (waktu bervariasi).


Balita cenderung mengalami gejala pilek lebih lama dibandingkan anak-anak yang berusia di atasnya atau orang dewasa. Pilek pada balita bisa berlangsung sepuluh hari hingga dua minggu, sedangkan pada anak-anak usia di atas lima tahun atau orang dewasa biasanya berlangsung seminggu sampai sepuluh hari (terkecuali untuk gejala batuk yang bisa berlangsung 2-3 minggu).

Anak-anak lebih rentan dan lebih sering terkena pilek dibandingkan orang dewasa. Diperkirakan anak-anak bisa mengalami sebanyak 8-12 kali dalam setahun, sedangkan orang dewasa hanya 2-4 kali.

. Gejala Pilek


Gejala-gejala yang sudah disebutkan di atas merupakan gejala utama yang terjadi terhadap pengidap pilek. Selain itu, ada juga gejala-gejala lainnya yang jarang menyertai, di antaranya:
  • Demam
  • Nyeri otot
  • Mata berair
  • Sakit kepala
  • Nyeri telinga
  • Tenggorokan gatal
  • Nyeri tenggorokan
  • Badan terasa lelah
  • Hilang nafsu makan
  • Berkurangnya daya penciuman dan pengecapan
  • Seperti ada tekanan pada wajah dan telinga

. Penyebab Pilek


Terjangkitnya pilek disebabkan oleh virus Human rhinovirus (HRV). Jenis virus ini adalah kelompok virus yang paling banyak menyebabkan pilek. Selain virus tersebut, penyakit ini juga bisa disebabkan oleh coronavirus, adenovirus, human parainfluenza virus (HPIV), dan respiratory syncytial virus (RSV).

Virus masuk ke tubuh manusia melalui hidung, mulut, atau bahkan mata sebelum berinkubasi dan menimbulkan gejala. Masuknya virus bisa terjadi ketika tanpa disengaja menghirup percikan liur penderita pilek di udara yang dikeluarkan melalui bersin atau batuk. Selain itu, virus juga bisa masuk ketika seseorang memegang badan penderita pilek atau permukaan benda yang telah terkontaminasi percikan liur yang mengandung virus pilek, kemudian tangan memegang hidung, mulut, atau mata sendiri.

Berikut ini sejumlah faktor yang dapat meningkatkan risiko terkena pilek, di antaranya:
  1. Merokok.
  2. Udara dingin.
  3. Usia anak-anak.
  4. Memiliki riwayat penyakit kronis.
  5. Memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah.
  6. Berada di tengah keramaian orang-orang (di pasar, sekolah, kantor, atau kendaraan umum).

. Cara Mengatasinya Dalam Sehari Saja


Dibawah ini adalah cara untuk mengatasi pilek dalam waktu sehari saja. Melenyapkan keluhan pilek dalam sehari dengan langkah - langkah dibawah ini seperti dikutip dari Daily Mail, Senin (17/12/2012).
  • Pukul 7 - Mandi air hangat. Saat bangun pagi dengan perasaan tidak nyaman di badan, kemungkinannya Anda akan merasa malas untuk langsung mandi. Namun mengguyurkan air hangat ke badan akan membuat kondisi tubuh anda akan merasa lebih enak, sementara uapnya bagus untuk melegakan sinus yang meradang.
  • Pukul 8 - Sarapan bubur dengan buah beri. Diet merupakan salah satu dalam masa penyembuhan saat pilek. Dengan meminum jus jeruk untuk mendapatkan vitamin C, atau masukkan beberapa potong buah beri ke dalam bubur hangat.
  • Pukul 10 - Semburkan uap hangat ke wajah. Saat pilek, hidung meler atau tersumbat bisa menyebabkan stres dan sakit kepala. Obat-obat untuk mengatasinya banyak dijual bebas, atau lakukan cara penyembuhan tanpa obat yakni dengan memanfaatkan uap panas untuk melegakan saluran napas.
  • Mengatasi Pilek

  • Pukul 12 - Keluar untuk jalan-jalan. Saat tidak enak badan, rasanya pasti malas untuk keluar jalan-jalan. Tetapi menyempatkan diri untuk melakukan aktivitas fisik ringan di luar ruangan sebelum makan siang terbukti ampuh membangkitkan mood atau suasana hati sekaligus daya tahan tubuh. Tentunya pastikan dulu cuacanya mendukung dan tidak banyak polusi.
  • Pukul 13 - Ganti menu makan siang. Bagi yang terbiasa makan siang dengan keripik, ganti dulu dengan ayam dan salad selama masih tidak enak badan. Baiklah, karena dua-duanya tidak populer di Indonesia maka untuk mudahnya ganti saja makan siang dengan lebih banyak kandungan protein. Orang yang kurang protein saat sakit cenderung lebih susah sembuh.
  • Pukul 15 - Seduh teh. Teh herbal, teh biasa atau minuman apapun yang hangat akan membantu mencairkan lendir pernapasan sehingga saluran napas jadi lebih longgar. Minum jus tidak akan memberi efek secepat itu, tetapi tetap dibutuhkan untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Pukul 16 - Makan kari. Untuk menu makan malam, pilih makanan yang memiliki bumbu-bumbu merangsang seperti merica, jahe serta bawang putih. Asal tekun mencari dari literatur terpercaya, sebenarnya ada banyak bumbu dapur yang punya khasiat antivirus dan antibakteri.
  • Pukul 20 - Rendam kaki dengan air hangat. Akhiri hari yang melelahkan dengan relaksasi, caranya dengan merendam kaki yang pegal-pegal. Tidak hanya air hangatnya yang melegakan otot, uapnya lagi-lagi juga bisa membantu melegakan hidung yang mungkin masih agak tersumbat.
  • Pukul 10 - Tidur. Terakhir, untuk menuntaskan perlawanan terhadap pilek maka istirahat yang cukup akan sangat membantu. Agar sisitem kekebalan tubuhnya makin kuat, ikuti pola tidur seperti biasa. Hindari kopi, alkohol atau aktivitas melelahkan seperti nonton TV karena hal itu akan membuat jadwal tidur molor dari yang seharusnya.

Baca Juga;
Obat Batuk Pilek Anak 1 Tahun Tradisional Paling Ampuh
Apa Ciri Dan Penyebab Batuk Kering Terus Menerus Dan Yang Harus Dihindari


Sekian artikel ini kami akhiri semoga dapat bermanfaat dan kami berharap agar anda dapat memaklumi akan kekurangan dan kesalahan yang terdapat didalamnnya. Salam sehat dari kami www.seh4t.com terima kasih.
Previous Post
Next Post

1 komentar:

  1. Pilek memang menjengkelkan sebab menganggu aktivitas

    BalasHapus