Rabu, 30 Agustus 2017

Penyebab Dan Cara Mengobati Sakit Campak Sampai Sembuh

Sakit campak.  adalah infeksi yang terutama menyerang anak-anak namun bisa terjadi pada usia berapapun. Hal ini jarang terjadi di Inggris, karena imunisasi. Penyakitnya tidak menyenangkan tapi kebanyakan anak sembuh total. Namun, beberapa anak mengalami komplikasi serius.
sakit campak
Sakit Campak juga disebut  penyakit yang sangat menular yang disebabkan oleh virus. Virus ini hidup di lendir hidung dan tenggorokan orang dengan infeksi ini. Kontak fisik, batuk dan bersin bisa menularkan infeksi. Selain itu, tetesan lendir yang terinfeksi dapat tetap aktif dan bisa dilalui dengan cara menyentuh (mereka menular) selama sekitar dua jam. Ini berarti virus bisa hidup di luar tubuh - misalnya pada permukaan dan gagang pintu.

  • Penyebab sakit campak
Penyebab campak adalah virus yang bereplikasi di hidung dan tenggorokan anak yang terinfeksi atau orang dewasa.

Bila seseorang dengan batuk campak, bersin atau berbicara, tetesan yang terinfeksi menyemprotkan ke udara, di mana orang lain dapat menghirupnya. Tetesan yang terinfeksi mungkin juga mendarat di permukaan, di mana mereka tetap aktif dan menular selama beberapa jam.

Anda dapat mengontrak virus dengan memasukkan jari ke mulut atau hidung atau menggosok mata setelah menyentuh permukaan yang terinfeksi.

  • Gejala sakit campak
Begitu Anda terinfeksi virus, virus berlipat ganda di belakang tenggorokan dan di paru-paru Anda. Kemudian menyebar ke seluruh tubuh Anda. Berikut adalah gejala campak yang paling umum:
  1. Suhu tinggi (demam), mata sakit (konjungtivitis) dan pilek biasanya terjadi lebih dulu.
  2. Bintik putih kecil biasanya berkembang di dalam mulut sekitar satu hari kemudian. Ini bisa bertahan selama beberapa hari.
  3. Batuk kering yang keras biasa terjadi.
  4. Pergi dari makanan, kelelahan dan sakit dan nyeri biasanya terjadi.
  5. Diare dan / atau sakit (muntah) biasa dilakukan.
  6. Ruam merah bercak biasanya berkembang sekitar 3-4 hari setelah gejala pertama. Biasanya mulai di kepala dan leher dan menyebar ke seluruh tubuh. Dibutuhkan 2-3 hari untuk menutupi sebagian besar tubuh. Ruam sering berubah warna kecoklatan dan secara bertahap memudar selama beberapa hari.
  7. Anak-anak biasanya kurang sehat dan sengsara selama 3-5 hari. Setelah ini, demam cenderung mereda dan kemudian ruam memudar. Gejala lainnya secara bertahap mudah dan cepat.
Kebanyakan anak lebih baik dalam 7-10 hari. Batuk yang menjengkelkan bisa terjadi beberapa hari setelah gejala lain hilang. Sistem kekebalan tubuh membuat antibodi selama infeksi. Ini melawan virus dan kemudian memberikan kekebalan seumur hidup. Oleh karena itu jarang memiliki lebih dari satu serangan campak.

Beberapa orang menyalahkan ruam akibat virus campak lainnya. Campak bukan hanya ruam merah ringan yang segera terjadi. Virus campak menyebabkan penyakit yang tidak menyenangkan dan terkadang serius. Ruam hanyalah salah satu bagian dari penyakit ini.

Baca juga ini : Cara Menghilangkan Sariawan Tanpa Rasa Sakit Terbukti Ampuh

  • Diagnosis
Dokter Anda biasanya dapat mendiagnosis campak dari kombinasi gejala Anda, terutama ruam karakteristik dan bintik-bintik kecil di dalam mulut Anda. Namun, tes darah atau air liur sederhana biasanya dilakukan untuk memastikan diagnosisnya.

  • Komplikasi sakit campak
Komplikasi lebih mungkin terjadi pada anak-anak dengan sistem kekebalan tubuh yang buruk (seperti mereka yang menderita leukemia atau HIV), mereka yang kekurangan gizi, anak-anak berusia di bawah 5 tahun dan orang dewasa. Banyak anak-anak yang kekurangan gizi di dunia meninggal saat mereka terkena campak, biasanya dari infeksi paru-paru sekunder (pneumonia). Masih ada laporan berkala tentang anak-anak di Inggris yang meninggal karena komplikasi campak. Anak-anak ini biasanya belum diimunisasi.

Komplikasi sakit campak yang lebih umum meliputi:
  1. Infeksi mata (konjungtivitis).
  2. Peradangan kotak suara (radang tenggorokan).
  3. Infeksi telinga menyebabkan sakit telinga.
  4. Infeksi saluran udara, seperti bronkitis dan croup, yang bisa umum terjadi.

Komplikasi sakit campak yang kurang umum meliputi:
  1. Kecocokan febrile (kejang) terjadi pada sekitar 1 dari 200 kasus. Hal ini bisa mengkhawatirkan, namun pemulihan penuh biasa terjadi.
  2. Peradangan otak (ensefalitis). Ini adalah komplikasi yang jarang tapi sangat serius. Itu terjadi pada sekitar 1 dari 5.000 kasus. Biasanya menyebabkan kantuk, sakit kepala dan sakit (muntah) yang dimulai sekitar 7-10 hari setelah onset ruam. Ensefalitis dapat menyebabkan kerusakan otak. Beberapa anak meninggal karena komplikasi ini.
  3. Infeksi hati (hepatitis).
  4. Pneumonia. Ini adalah komplikasi serius yang kadang kala berkembang. Gejala khasnya meliputi pernapasan yang cepat atau sulit, nyeri dada dan umumnya menjadi lebih sakit.
  5. Squint lebih sering terjadi pada anak-anak yang pernah menderita campak. Virus bisa mempengaruhi saraf atau otot mata.
Penyakit otak yang sangat langka yang disebut panencephalitis sklerosis subakut dapat berkembang bertahun-tahun kemudian pada sejumlah kecil orang yang menderita campak. Hal ini terkadang bisa terjadi beberapa tahun setelah terkena campak. Kondisi ini bisa berakibat fatal.

  • Pengobatan sakit campak
Tidak ada obat khusus yang membunuh virus campak. Pengobatan bertujuan untuk meredakan gejala sampai sistem kekebalan tubuh membersihkan infeksi. Untuk kebanyakan kasus, istirahat dan tindakan sederhana untuk mengurangi suhu tinggi (demam) adalah semua yang dibutuhkan untuk pemulihan penuh. Gejala biasanya akan hilang dalam 7-10 hari.

Langkah-langkah berikut ini sering berguna:
>   Anak harus minum sebanyak mungkin untuk mencegah kekurangan cairan dalam tubuh (dehidrasi). Kue es adalah cara yang berguna untuk memberi cairan ekstra dan tetap dingin.

>   Parasetamol atau ibuprofen dapat diambil untuk meredakan demam dan nyeri dan nyeri. Anda harus menjaga agar anak tetap dingin (tapi tidak dingin).

  Antibiotik tidak membunuh virus campak dan biasanya tidak diberikan. Mereka mungkin diresepkan jika komplikasi berkembang, seperti infeksi telinga bakteri sekunder atau infeksi paru-paru bakteri sekunder (pneumonia).

Baca ini juga : Obat Sariawan Untuk Bayi Untuk Bayi 1 Tahun Yang Aman

  • Imunisasi sakit campak
Imunisasi rutin di Inggris sebagai bagian dari vaksin campak, gondong dan rubela (MMR). Dua dosis biasa - yang pertama untuk anak berusia antara 12 dan 13 bulan dan yang kedua biasanya diberikan pada usia 3 tahun dan 4 bulan sampai 5 tahun. Imunisasi memberi perlindungan yang sangat baik dan campak sekarang langka di Inggris. Namun, sayangnya, campak menjadi lebih umum terjadi pada anak-anak di beberapa wilayah di Inggris. Hal ini disebabkan beberapa anak tidak menerima vaksin MMR. Imunisasi campak dapat diberikan pada usia berapapun dan terkadang ditawarkan pada anak yang lebih tua saat wabah.

Apakah sakit campak menular?
Ya,  itu sangat menular. Hal itu diteruskan dengan batuk dan bersin virus ke udara. Dibutuhkan antara 7 dan 18 hari (paling sering 10-12 hari) untuk mengembangkan gejala setelah terinfeksi. (Ini adalah masa inkubasi.) Anda menular dan bisa menyebarkannya kepada orang lain dari empat hari sebelum empat hari setelah onset ruam. Oleh karena itu, anak-anak dengan campak sebaiknya tidak bergaul dengan orang lain dan harus tinggal di luar sekolah.

Bagaimana jika kita berhubungan dengan orang yang terkena campak?
Beberapa orang belum diimunisasi campak. Juga, beberapa orang lebih rentan terhadap komplikasi jika terkena campak. Secara khusus, orang dengan sistem kekebalan tubuh yang buruk - misalnya:
  1. Mereka yang menjalani kemoterapi atau yang memiliki HIV, dll.
  2. Wanita hamil.
  3. Bayi muda di bawah usia 12 bulan.
Jika Anda atau anak Anda bersentuhan dengan seseorang dengan campak, Anda harus menemui dokter Anda sesegera mungkin. Hal ini sangat penting jika Anda atau anak Anda berada dalam kelompok yang lebih rentan terhadap komplikasi. Anda mungkin disarankan untuk memiliki tes untuk memeriksa imunitas Anda terhadap campak. Dan jika perlu, Anda mungkin akan segera diberi imunisasi atau suntikan antibodi (imunoglobulin) yang melindungi.

Terima kasih anda sudah meluangkan waktu sejenak untuk mengunjungi blog  www.seh4t.com semoga artikel ini dapat bermanfaat.
Previous Post
Next Post

0 komentar: