Senin, 21 Agustus 2017

Penyebab Sariawan Di Gusi Alasan Jangan Remehkan Radang Gusi Dan Sariawan

Penyebab Sariawan Di Gusi Alasan Jangan Remehkan Radang Gusi Dan Sariawan

www.seh4t.com Mengenal Jenis-Jenis Sariawan dan Penyebabnya Sariawan dalam istilah medis disebut stomatitis, merupakan istilah umum yang menunjukkan peradangan dan rasa sakit pada mulut sehingga dapat membuat penderitanya terganggu saat makan, bicara, dan tidur. Sariawan dapat terjadi di bagian mana saja dalam mulut, termasuk pada pipi bagian dalam, bibir, gusi, lidah, dan langit-langit. Nah kali ini kita akan bahas secara detile tentang Penyebab Sariawan Di Gusi Alasan Jangan Remehkan Radang Gusi Dan Sariawan

Pentingnya Peran Gusi Yang Harus Kita Jaga

Gusi sangat penting terhadap kesehatan mulut seseorang. Gusi merupakan jaringan kokoh yang umunya berwarna pink karena terdapat banyak pembuluh darah yang kecil-kecil dan rapat, Gusi membungkus tulang rahang atas dan bawah, juga menempel pada bagian bawah gigi sehingga apa yang terjadi pada gigi bisa berdampak pada gusi. Gusi bengkak berarti pada gusi tersebut terjadi peradangan atau inflamasi sehingga berwarna lebih merah dari sekitarnya (gusi yang sehat), gusi jadi menonjol, terkadang terlihat kekuningan diujungnya sebagai tanda adanya nanah. Gusi bengkak menjadi sensitif dan biasanya terasa sangat sakit bahkan terasa berdenyut seperti mau meledak. Tak jarang pula gusi bengkak mudah berdarah ketika menggosok gigi. Adapula yang bengkaknya sampai pipi wajah, terlihat wajahnhya jadi tidak simetris.

Penyebab Gusi Bengkak

Ini adalah penyebab paling umum pembengkakan gusi. Plak adalah lapisan tak terlihat pada gigi dan gusi yang terbentuk oleh bakteri di mulut.
Plak akan terlihat jika gigi tidak dibersihkan secara rutin sehingga menimbulkan zat berwarna kekuningan pada permukaan gigi. Plak dapat dihilangkan dengan menyikat gigi karena konsistensinya yang lunak.
Plak tidak hanya menyebabkan gigi berlubang tapi juga menyebabkan infeksi. Plak yang menumpuk dapat masuk ke dalam gusi dan menyebabkan peradangan.
  • Plak dan Tartar
Tartar terbentuk dari plak yang mengeras dan juga dikenal dengan sebutan dental kalkulus atau karang gigi. Plak akan berubah menjadi tartar dalam kurun waktu tertentu atau biasanya lebih dari 10 hari.
Biasanya tartar terbentuk di antara celah gigi dan gusi yang sulit dijangkau oleh sikat gigi, sehingga pembentukannya cenderung tidak terkontrol dan hanya bisa dibersihkan oleh dokter gigi.
  • Karna Efek Obat-obatan Tertentu
Jika anda sudah sangat baik dalam merawat kesehatan gigi tapi masih mengalami gusi bengkak, maka saatnya untuk mencurigai obat yang Anda konsumsi.
Beberapa obat seperti obat untuk menurunkan tekanan darah tinggi dapat membuat pertumbuhan berlebih dari jaringan gusi yang terlihat seperti bengkak.
  • Karena Iritasi
Reaksi alergi terhadap bahan yang terkandung dalam pasta gigi, makanan, obat-obatan atau bahkan kawat gigi, dapat menyebabkan iritasi dengan gejala kemerahan dan pembengkakan pada jaringan gusi.
Banyak orang baru menyadari bahwa mereka mengalami gusi bengkak setelah mengganti pasta gigi jenis yang berbeda dari biasanya.
Baca Juga Ini : Cara Mengobati Sariawan Di Lidah Super Cepat Dan Tidak Perih

  • Sisa Makanan Yang Ada Di Sekitar Gusi
Makanan yang masuk masuk ke bawah gusi atau melekat di sela-sela gigi seringkali sulit untuk dibersihkan. Salah satu contoh makanan yang sering terjebak di bawah gusi adalah popcorn dan serat daging.
Satu atau dua hari sesudah sisa makanan terselip, terjadilah pembengkakan yang baru akan mereda setelah sisa-sisa popcorn dibersihkan atau keluar dengan sendirinya.
  • Minimnya Asupan Vitamin
Kurangnya asupan vitamin C dalam tubuh akan mengakibatkan anda mudah terkena sariawan dan gusi bengkak. Kekurangan vitamin B, asam folat dan kalsium adalah salah satu penyebab gusi bengkak juga. Oleh karena itu mengkonsumsi makanan sehat dan seimbang sangatlah penting.
  • Kawat Gigi Atau Bahel Yang Berkualitas Kw.
Terkadang kawat gigi atau behel yang kualitas nya sembarangan tampa melalui prosedur dari dokter juga bisa mengalami pembengkakan gusi/ sariawan. Behel yang dipasang terlalu ketat atau terlalu menempel dengan gusi adalah salah satu penyebab gusi bengkak. Hal ini terjadi karena terjadi iritasi secara terus menerus pada gusi. Pada akhirnya gusi akan mengalami peradangan dan bengkak.

Cara Mengobati sakit Gusi Dengan Ampuh

Bagi anda yang takut dengan efek samping dari obat kimia anda bisa menggunakan bahan-bahan yang telah disediakan oleh alam untuk mengatasi gusi bengkak yang anda alami. Selama ini alam telah menyediakan berbagai macam tumbuhan yang berguna bagi kehidupan manusia, hanya manusia saja yang tidak tahu dan memiliki pengetahuan yang terbatas tentang semua tumbuhan yang ada di muka bumi ini. Berikut ini adalah obat tradisional yang bisa anda gunakan untuk mengatasi gusi bengkak yang anda alami :
  • Bawang Putih
Siapa yang tidak kenal bawang putih ini, selama ini bawang putih dipercaya bisa digunakan untuk menjaga kesehatan manusia. Bawang putih dipercaya bisa digunakan sebagai obat sakit gigi paling ampuh dikarenakan kandungan antiseptik yang ada di dalam bawang putih itu. Kandungan antiseptik di bawang putih itulah yang bisa digunakan untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan terutama yang diakibatkan oleh kuman dan bakteri.

Kandungan antiseptik yang ada di bawang putih itu juga yang dipercaya bisa digunakan untuk mengatasi gusi bengkak. Sebelum anda menggunakan bawang putih sebagai obat untuk gusi bengkak anda sebaiknya anda tahu efek samping bawang putih sehingga anda tidak mengkonsumsinya secara berlebihan. Cara membuat ramuan bawang putih untuk mengobati gusi bengkak sangat mudah yaitu sebagai berikut ini :
  1. Ambil satu siung bawang putih yang sudah dikupas.
  2. Haluskanlah bawang putih sampai benar-benar halus, anda bisa memarutnya atau menguleknya. Setelah dihaluskan, anda bisa menambahkan garam ke dalam bawang putih yang telah dihaluskan itu.
  3. Oleskanlah bawang putih yang sudah dihaluskan dan sudah dicampurkan dengan garam tersebut ke dalam gusi yang bengkak.
  4. Diamkanlah selama 5 menit agar bawang putih itu bisa meresap secara sempurna ke dalam gusi yang bengkak itu.
  • Minyak Cengkeh
Pernahkah anda melihat minyak cengkeh ini?, minyak cengkeh merupakan minyak yang terbuat dari esktrasi cengkeh. Minyak ini bermanfaat sebagai obat radang tenggorokan yang ampuh dan efektif. Minyak cengkeh pun dipercaya bisa digunakan sebagai obat untuk gusi bengkak. Anda harus pandai-pandai memilih minyak cengkeh ini dikarenakan saat ini banyak beredar minyak cengkeh yang palsu. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal anda tentunya harus menggunakan minyak cengkeh yang asli. Cara mengobati gusi bengkak menggunakan minyak cengkeh ini adalah sebagai berikut ini :
  1. Teteskan minyak cengkeh tersebut ke sendok teh.
  2. Oleskanlah secara perlahan minyak cengkeh itu ke bagian gusi anda yang terasa sakit.
  3. Sebelum mengoleskan minyak cengkeh itu anda harus benar-benar memastikan bahwa jari tangan anda bersih dari kuman.
  4. Anda bisa menggunakan cara ini sebanyak dua kali dalam sehari.
  5. Dalam waktu singkat anda bisa mengempeskan gusi yang bengkak menggunakan minyak cengkeh tersebut asalkan anda rajin dan teratur dalam melakukan cara tersebut.
  • Kompres
Selama ini penyakit yang identik dengan kompres adalah demam. Namun siapa sangka jika penyakit gusi bengkak bisa diatasi menggunakan kompres. Tujuan dilakukan kompres itu adalah meredakan rasa nyeri yang berdenyut-denyut di gusi yang membengkak. Hal ini merupakan pertolongan pertama yang bisa dilakukan untuk penderita yang mengalami gusi bengkak. Untuk menghilangkan rasa sakit gusi bengkak anda bisa menempelkan kompres itu ke wajah anda tepatnya bagian bawah wajah. Anda tidak bisa mengompresnya di gusinya langsung sebab mengompres gusi secara langsung bisa membuat gusi semakin teriritasi akibat perubahan suhu yang mendadak menjadi dingin atau hangat. Berikut ini adalah cara membuat kompres yang bisa digunakan untuk mengobati gusi bengkak:
  • 1.Kompres hangat. 
Rendam handuk kecil atau waslap yang bersih ke air yang hangat, kemudian peraslah handuk atau waslap itu sampai kondisinya menjadi lembab bukan basah. Tempelkanlah di bagian bawah wajah anda ( hidung sampai dagu ) agar rasa nyeri yang anda rasakan mulai berkurang.
  • 2. Kompres dingin. 
Selain kompres hangat, anda bisa membuat kompres dingin. Cara membuat kompres dingin pun sangat mudah sekali yaitu ambil beberapa pecahan es batu dalam ukuran sedang. Bungkus es batu itu menggunakan kain yang bersih. Setelah itu ikat bagian ujung kain agar es batu tidak keluar dari dalam kain tersebut. Kompreslah bagian wajah anda yang ada bagian gusi bengkaknya. Misalnya saja adalah gusi bengkak ada di bagian wajah kiri maka anda bisa menempelkan kompres itu di bagian wajah kiri anda. Kompres dingin itu bermanfaat untuk membuat mati rasa sehingga rasa sakit akibat gusi yang bengkak bisa dihilangkan atau diatasi.

Jangan Coba-Coba Remehkan Penyakit radang gusi dan sariawan

Penyebab sariawan di gusi alasan jangan remehkan radang gusi dan sariawan
Penyakit Radang Gusi
Tanpa disadari, sebagian orang kadang menganggap "enteng" sariawan dan penyakit rongga mulut lain, seperti bau napas tak sedap hingga gusi berdarah dan gigi ompong.

Tanpa disadari, sebagian orang kadang menganggap "enteng" sariawan dan penyakit rongga mulut lain, seperti bau napas tak sedap hingga gusi berdarah dan gigi ompong. Padahal, penelitian terakhir menunjukkan adanya kaitan erat antara bertumpuknya bakteri di rongga mulut dengan penyakit berat lain, seperti diabetes, serangan jantung, infeksi darah, hingga soal bayi dengan berat tidak memadai.

Radang gusi diakui menjadi faktor utama kasus gigi tanggal dan kerusakan jaringan penyangga gigi. Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Amerika Serikat (CDC) memperkirakan 30 persen warga AS mengidap radang gusi pada tingkat periodontitis, sedangkan satu dari lima orang menderita sariawan atau radang gusi ringan.

Tidak mengherankan jika pada tahun 2005 sebanyak 500 juta warga AS rutin ke dokter gigi. Berarti, diperlukan dana sekitar 84 miliar dollar AS setahun. Itu menurut perkiraan Asosiasi Dental Amerika (ADA). Lebih dari itu, setiap tahun, sebanyak 28.000 warga AS terkena kanker mulut dan tenggorokan. Sekitar 7.200 di antaranya meninggal dunia.

Masalah itu mengusik Dr Jean Connor, ahli kesehatan gigi dari Cambridge, Massachusettes, yang baru terpilih sebagai Ketua Asosiasi Kesehatan Gigi AS. Menurut dia, radang gusi dicurigai memberi kontribusi cukup signifikan pada "rusaknya" kondisi kesehatan keseluruhan melalui aliran darah.

"Jadi, jika jari Anda infeksi dan Anda diamkan saja, lama-lama (infeksi itu) akan berpengaruh ke seluruh tubuh. Begitu juga dengan mulut," kata Dr Connor kepada media kesehatan Health Day, Sabtu (14/10). "Penyakit gusi atau rongga mulut memproduksi bakteri yang luar biasa banyak. Jadi, jika ada masalah di katup jantung Anda, bakteri-bakteri itu akan menyerbu dan menyebabkan infeksi jantung.

Tips Pencegahan Sakit Gusi

Menyikat gigi secara teratur dengan benar merupakan salah satu langkah efektif dalam mencegah berbagai gangguan gigi dan mulut, termasuk gusi bengkak. Namun, hindari menyikat gigi terlalu keras karena dapat merusak jaringan lembut pada gusi.
Pilih bulu sikat gigi dari nilon lembut dengan ujung tumpul. Ujung sikat gigi yang keras, kemungkinan dapat menganggu enamel gigi atau gusi. Banyak yang menggerakkan sikat gigi secara maju mundur, padahal menyikat gigi sebaiknya dilakukan dengan gerakan memutar.

Selain itu, untuk mencegah gusi bengkak, Anda juga dapat melakukan :
  1. Konsumsi makanan dengan gizi seimbang, termasuk kalsium dan vitamin C. Lalu perbanyak minum air putih dan hindari makanan atau minuman yang terlalu panas atau dingin.
  2. Jauhi rokok atau produk tembakau lain.
  3. Lakukan relaksasi. Stres berlebihan dapat meningkatkan risiko peradangan, termasuk gusi.
Peran gusi dalam mulut sangatlah penting. Gangguan yang terjadi pada gusi dapat berakibat pada bagian mulut lain. Jaga kebersihan mulut dengan cermat dan rutin melakukan perawatan tiap enam bulan ke dokter gigi demi memiliki gusi dan gigi yang sehat.

Kapan Waktunya Kedokter

Penyebab sariawan di gusi alasan jangan remehkan radang gusi dan sariawan

Jika gusi anda bengkak selama lebih dari dua minggu, Anda harus berobat ke dokter. Dokter gigi akan mengajukan pertanyaan tentang kapan mulai terjadi bengkak dan seberapa sering itu terjadi. Dia juga akan menanyakan apakah Anda sedang hamil dan menanyakan apakah ada yang berubah pada pola makan anda . Tes darah juga dapat dilakukan untuk melihat apakah ada infeksi atau tidak.

Jika ternyata gusi bengkak disertai nanah (abses gingiva), maka tindakan yang akan dilakukan yaitu insisi dan drainase, yakni nanah akan dikeluarkan melalui sayatan kecil pada gusi kemudian dibiarkan mengalir hingga bersih, prosedur ini dilakukan setelah dilakukan pembiusan jadi tak perlu takut, karena tidak sakit. Dalam kasus gingivitis yang berat, pembedahan mungkin diperlukan. Salah satu pilihan pengobatan umum adalah kuretase, suatu prosedur dimana gusi bengkak akan dikerok agar gusi yang tersisa dapat tumbuh dengan sehat.

Sekian Info Tentang Penyebab sariawan di gusi alasan jangan remehkan radang gusi dan sariawan
 Semoga Bermanfaat salam sehat dari kami www.seh4t.com
Previous Post
Next Post

0 komentar: